Friday, 2 February 2018

Blogger Kreatif, Menuju Indonesia Maju

14:21:00 2 Comments

Dear Friends ,

Menjadi seorang blogger nggak melulu soal membuat konten dan menyebarkannya ke media sosial . Sesekali blogger juga perlu belajar bagaimana cara membuat konten blog yang tak hanya menarik tetapi juga informatif . 

Beruntung sekali hari ini saya bersama para blogger lain bisa hadir di acara Flash Blogging yang diselenggarakan oleh Dinas Kominfo Provinsi Jawa Tengah beserta Ditjen Informasi dan Komunikasi. Acara yang bertempat di Hotel Santika Premiere Semarang ini mengambil tema "Menuju Indonesia Maju" dan menghadirkan beberapa narasumber. Ada wartawan senior, pak Anto Prabowo yang menyampaikan materi tentang "Menulis Kreatif dan Agenda Membangsa" dan pak Andoko Darta yang mengupas tentang "Sudut Istana" . 

Acara Flash Blogging dibuka oleh pak Deden Suryanandika dari Direktorat Kemitraan Komunikasi. Beliau juga berpesan kepada para blogger agar mendukung program pemerintah. Selain itu para blogger juga diharapkan mampu menuliskan hal-hal yang bermanfaat dan tidak terkontaminasi dengan berita-berita hoax. Pak Deden juga menyampaikan bahwa Kominfo kini memiliki alat pendeteksi berita hoax. Jadi jangan sembarangan nulis berita atau menyebarkan berita-berita yang belum tentu kebenarannya ya, friends. 

Sesi Sharing 


Pak Anto Prabowo menyampaikan materi dengan tema "Menulis Kreatif dan Agenda Membangsa". Wartawan senior ini menyampaikan beberapa perbedaan antara penulis zaman dulu dan penulis zaman sekarang .  Penulis zaman dahulu berjuang demi meningkatkan martabat kaum bumi putra, sedangkan penulis zaman sekarang lebih banyak menulis tentang idealisme pribadi.

Untuk menghindari anggapan plagiasi dari pihak lain karena kesamaan materi konten , sebisa mungkin kita banyak membaca dan menggali informasi dari berbagai sumber kemudian menuliskannya dari sudut pandang yang berbeda.

Selain itu, jadilah diri sendiri. Sampaikan informasi dengan gaya kita sendiri. 



Pak Andoko sebagai pemateri kedua menyampaikan informasi tentang "Sudut Istana". Beliau menyampaikan bahwa pemerintah sudah banyak melakukan perubahan dalam kurun waktu 2 tahun. Pemerintah membangun banyak infrastruktur untuk berbagai tujuan.

Selain  untuk mengejar ketertinggalan dari negara lain, pembangunan infrastruktur juga dimaksudkan untuk membangun masyarakat agar memiliki kemampuan yang sama dengan masyarakat negara lain. 

Pemerintah telah melakukan banyak hal demi mewujudkan kesejahteraan bangsa kita. Bagaimana dengan kita? Apa yang sudah kita lakukan untuk negara kita? 

Dukung pemerintah dengan berkarya di bidang yang kita geluti saat ini dan jangan pernah lelah mencintai Indonesia. 




Wednesday, 31 January 2018

ASUS X555QA, Sahabat Sejati untuk Pekerjaan Sehari-hari

22:58:00 10 Comments


Dear Friends,

Tak terasa sudah hampir 4 tahun ini saya berkecimpung di dunia digital. Sejak memutuskan untuk berhenti mengajar, saya benar-benar fokus bekerja dari rumah dan menjadi seorang freelancer. Sebagian besar pekerjaan saya berhubungan dengan media sosial. Saya menulis artikel di blog, melakukan buzzing lalu menyebarkannya ke media sosial. Enaknya menjadi seorang freelancer itu bisa bekerja kapan pun dan dimana pun. Kadang saya bekerja di rumah, coworking space atau kafe. Bahkan saat sedang melakukan perjalanan saya juga masih bisa menyelesaikan pekerjaan saya. . Selama ada laptop dan koneksi internet, pekerjaan pun bisa dilakukan.

Dunia digital bergerak sangat dinamis. Selalu saja ada hal baru yang bermunculan. Sebagai seorang yang bergelut di bidang digital mau nggak mau harus lebih kreatif, produktif dan profesional kalo nggak mau dilibas oleh para freelancer yang lebih muda *eh tapi saya juga masih muda, kok. LOL.


Photo by Handikoo

Baca juga : Lebih Kreatif dan Profesional Dengan ASUSPRO B8230

Laptop sudah jadi bagian dari hidup saya. Saya menulis, belajar membuat infografis, mengedit foto, membuat laporan, mengajari anak saya mengetik, bahkan menonton film favorit menggunakan laptop. Tanpa laptop, saya mati gaya karena nggak bisa kerja. Seperti yang terjadi selama hampir 5 bulan belakangan ini. Laptop yang menemani saya sejak jaman kuliah dulu mendadak mati. Alhasil, saya jadi nggak produktif. Iya sih di rumah ada komputer, tapi saya musti bergantian dengan suami dan anak-anak untuk memakainya.

Mau nggak mau, saya harus segera mencari pengganti laptop saya yang mati. Tentunya dengan spek yang mampu mengakomodir kebutuhan saya sebagai freelancer. Nggak cuma punya performa yang tangguh dan penampilan yang oke, tapi harganya sesuai dengan isi dompet saya.

Beberapa teman merekomendasikan ASUS X555QA dan memperlihatkan spek-nya pada saya. Hmm...mata saya langsung berbinar begitu melihatnya.


Spek ASUS X555QA


Buat kalian yang juga sedang butuh laptop seperti saya, bisa mempertimbangkan ASUS X555QA sebagai sahabat sejati kalian. ASUS X555QA diperkuat oleh prosesor AMD 10-9620p yang memiliki empat inti prosesor (quad core) dan grafis berbasis Radeon R5. Kalian harus tahu bahwa varian AMD A10 adalah prosesor kelas menengah dari AMD yang menawarkan performa mumpuni dan hemat energi. Konsumsi dayanya maksimal hanya 15 watt aja.

ASUS X555QG sudah dilengkapi dengan sistem operasi Windows 10 di dalamnya. Jadi kita udah nggak perlu repot membeli dan susah-susah menginstal sistem operasi laptop ASUS ini sebelum menggunakannya.

Photo by Handikoo

ASUS X555QA merupakan notebook all-rounder yang harganya relatif terjangkau dan sempurna untuk bekerja dan hiburan. Selain tampilan grafis yang indah, laptop ini juga dilengkapi dengan audio bersertifikasi ASUS SonicMaster. Saya bakalan betah kerja nih, karena bisa kerja sambil dengerin lagu-lagu favorit saya.

ASUS X555QA diperkuat oleh prosesor AMD 10-9620p yang punya 4 inti prosesor (quad core) dan grafis berbasis Radeon R5. AMD A10-9620P ini merupakan APU kelas menengah berbasis Bristol Ridge dengan 4 core (dua modul Excavator) yang bekerja di kecepatan 2,5GHz sampai 3,4GHz. Kebayang dong gimana cepatnya kalo kerja pake ASUS ini.

Dilengkapi dengan fitur resume 2 detik dari kondisi sleep mode, pengguna ASUS X555QA ini bisa berpindah mode dengan cepat. Selain itu, ASUS juga memiliki konektivitas USB 3.0 yang akan membantu saat harus memindahkan atau mentransfer data penyimpanan eksternal ataupun perangkat input-output lainnya dengan cepat. Kecepatannya bahkan 10 kali lipat dari kecepatan USB 2.0 , loh.

Meskipun harganya terjangkau, bukan berarti ASUS X555QA memiliki kualitas yang biasa saja. Desain dan finishing ASUS yang berkualitas tinggi memberikan rasa premium bagi para penggunanya. Nggak cuma performa dan desain, ASUS juga menyertakan seluruh konektivitas modern pada notebook ini untuk memenuhi kebutuhan komputasi.

ASUS X555QA menggunakan baterai Li-Polymer yang awet hingga 2,5 kali lebih baik dibandingkan dengan baterai silinder Li-Ion biasa. Meski telah ratusan kali diisi ulang, tetapi berkat teknologi ekslusif yang digunakan, baterai tersebut masih tetap mampu menyimpan setidaknya hingga 80 persen dari kapasitas aslinya saat baru dibeli.

Sedangkan dari sisi layanan purna jual, ASUS juga memanjakan pengguna X555QA dengan garansi penuh termasuk service dan sparepart selama 2 tahun. Ini berlaku secara global. Waaah, kereeen.

Dengan segala kelebihan yang dimiliki ASUS X555QA, saya semakin yakin untuk memilih ASUS X555QA sebagai sahabat sejati saya untuk pekerjaan sehari-hari saya sebagai freelancer.




Artikel ini diikutsertakan pada Blog Competition ASUS AMD - Laptop For Everyone yang diselenggarakan oleh bocahrenyah.com

 


Saturday, 27 January 2018

6 Tips Hemat ala Ibu Rumah Tangga Jepang

11:39:00 9 Comments
Dear Friends,

Jepang merupakan salah satu “negeri impian”, dimana banyak orang yang ingin mengunjunginya. Sepertinya tak ada tempat lain di dunia dimana orang-orangnya sangat sopan, makanannya enak, kondisi alam yang asri, dan memiliki teknologi yang super canggih seperti Jepang. 

Meski begitu, Jepang termasuk negara dengan biaya hidup sangat tinggi. Kalian yang pengen banget pergi ke Jepang, jangan coba-coba pergi kesana saat dompet sedang tipis. Bisa-bisa kalian jadi gelandangan disana. Hihi..

Tak hanya dirasakan oleh wisatawan asing saja, biaya hidup yang tinggi juga dirasakan oleh penduduk asli Jepang. Itulah mengapa tiap ibu rumah tangga di Jepang terbiasa hidup hemat. 

Nah, buat kalian yang susah berhemat, coba deh cek 6 tips hemat ala ibu rumah tangga Jepang berikut ini!

1. Membawa Daftar Belanjaan

Salah satu kebiasaan baik yang sering dilakukan oleh ibu rumah tangga di Jepang yaitu membawa daftar belanjaan saat shopping di supermarket. Yups, kebiasaan membawa daftar belanjaan ini sering dilakukan ibu-ibu di Jepang dengan tujuan agar mereka bisa terhindar dari over-budget. Kalian pun bisa mencontoh kebiasaan orang-orang Jepang ini dengan cara menyiapkan daftar belanjaan dari rumah. Setelah di supermarket, kalian nggak akan bingung lagi harus beli apa. Selain itu, dengan adanya daftar belanjaan ini kalian dapat terhindar dari membeli barang yang tidak terlalu diperlukan.

2. Tarik Tunai



Kebiasaan baik ala ibu-ibu Jepang lainnya yaitu selalu menarik tunai semua uang yang ada didalam rekening. Jadi ketika ibu-ibu ini mendapatkan uang dari hasil bisnis atau kiriman suami, maka mereka akan langsung menariknya dalam bentuk cash. Setelah diambil, uang tunai tersebut disimpan baik-baik di rumah. Tujuan dari penarikan tunai ini yaitu agar lebih mudah dalam mengelola keuangan. Jika disimpan di bank, maka siapapun mesti bolak-balik ke ATM ketika memerlukan uang. Berbeda jika ditarik tunai, kalian akan dapat dengan mudah memanfaatkan uang yang ada. Misalnya ketika akan membayar listrik, belanja keperluan dapur, atau belanja keperluan anak, kalian tinggal mengambilnya di dompet. Lebih simple, kan.

3. Selektif Ketika Belanja

Ibu rumah tangga di Jepang selalu melakukan survey sebelum shopping, baik ketika akan belanja di toko fisik maupun online. Mereka selalu melakukan komparasi produk, kira-kira produk mana saja yang harganya murah namun tidak murahan. Kalian pun bisa mencontoh ibu-ibu di Jepang ini dengan selalu melakukan survey produk-produk. Supaya lebih hemat, kalian cobalah mencari produk-produk dengan diskon. Salah satu marketplace yang bisa kamu andalkan untuk mendapatkan item dengan diskonnya adalah Blibli. Dengan memanfaatkan diskon Blibli ini, kalian bisa menghemat uang bulanan berkali-kali lipat. Oh iya, jangan lupa gunakan promo Blibli kartu kredit karena potongan harganya jauh lebih tinggi daripada promo biasa.

4. Tak Pernah Menyepelekan Uang Koin


Uang koin nominalnya memang kecil, tapi kalo dikumpulkan, uang koin ini bisa menyelamatkan keuangan keluarga. Ibu-ibu di Jepang juga sangat peduli dengan uang koin ini dan tak pernah menyepelekannya satupun. Mereka selalu berusaha menyimpan uang-uang koin yang ada di celengan atau tempat-tempat lainnya di rumah. Jika dikumpulkan secara rutin, uang koin ini bisa dijadikan backup dana bulanan loh. Nggak cuma itu, uang koin ini juga berguna untuk berbagai keperluan seperti bayar parkir, ngasih pengamen, uang jajan anak, dan lain-lain.

5. Bawa Botol Minuman Sendiri

Kebiasaan orang Jepang lainnya yang layak ditiru yaitu selalu membawa botol minuman sendiri kemanapun mereka pergi. Hal itu dilakukan selain untuk menghemat uang, juga karena untuk menghindari pembelian soft drink. Jangan malu membawa botol minuman sendiri, karena selain hemat, kalian juga bisa terhindar dari dehidrasi.

6. Mengelola Barang Bekas

Kebiasaan baik lainnya yang biasa dilakukan ibu-ibu di Jepang yaitu mengelola barang bekas. Barang bekas yang terkumpul di rumah dikelola lalu disimpan dengan tujuan agar nantinya barang-barang tersebut bisa dijual kembali. Lumayan kan, buat nambah-nambah uang belanja.

Jepang memang dikenal memiliki society yang sangat teratur dan memiliki disiplin tinggi. Ada banyak hal positif yang bisa kita tiru dan kita terapkan dalam kehidupan sehari-hari.
Semoga tips hemat ala ibu rumah tangga Jepang tadi bermanfaat, ya. 



Tuesday, 23 January 2018

Menyusun Resolusi 2018

12:38:00 13 Comments

Dear Friends,

Setiap akhir tahun, sebagian orang biasanya membuat resolusi yang ingin dicapai di tahun yang akan datang. Meskipun tak jarang, ada juga yang berseloroh dan selalu mengatakan bahwa "resolusi tahun ini adalah menjalankan resolusi tahun lalu". Yaah, berarti resolusi tahun lalu gagal dong. Hihi..

Menurut sumber yang saya baca, 42 hingga 92 persen resolusi tahun baru pada akhirnya gagal tercapai. Dari seluruh resolusi yang dibuat, ternyata 80 persen akan ditinggalkan pada minggu kedua bulan Februari dan hanya 8 persen orang yang memenuhi keseluruhan resolusi mereka.

Ternyata membuat resolusi itu nggak gampang, loh. Kita musti mengukur kemampuan diri kita untuk mencapainya. Kadang kita menetapkan target terlalu tinggi tapi tanpa rencana untuk mencapainya. Sama aja boong, dong.

Alhamdulillah, resolusi saya tahun lalu sebagian besar terwujud. Hanya ada 1 atau 2 yang belum terwujud. Mungkin karena saya kurang konsisten dan kurang keras memperjuangkannya, kali ya. Makanya resolusi itu jadi resolusi dari tahun ke tahun. Hihi..

Nah, tahun ini saya mau ngapain aja, ya? Berhubung Lestari "Taro" si embak kantoran yang juga salah satu founder Gandjel Rel melempar tema tentang resolusi di tahun 2018, ya udah deh tulis aja sekalian di blog. Siapa tahu ada yang terinspirasi juga sama resolusi saya *pede amat, yak. LOL

Tahun ini resolusi saya bagi menjadi resolusi secara material dan spiritual. Pengennya sih resolusinya nggak melulu soal keduniawian aja. Biar imbang, gitu.

Secara spiritual, saya pengen banget bisa meningkatkan kualitas ibadah. Selama ini saya hanya menganggap ibadah hanya sebagai kewajiban yang harus rutin dijalankan, bukan sebagai kebutuhan. Padahal Allah itu nggak butuh kita, tapi kita lah yang butuh Dia. 

Ada beberapa hal yang ingin saya ubah, diantaranya :
  • Sholat diawal waktu. Kalo sedang di rumah, saya berusaha untuk selalu sholat diawal waktu. Saya juga berusaha untuk tidak meninggalkan sholat ketika sedang beraktivitas diluar rumah atau ketika sedang bepergian. Doakan saya supaya istiqomah ya, friends. ;)
  • Merutinkan ibadah sunnah. Saya akui beberapa waktu belakangan, jarang sekali sholat sunnah maupun puasa sunnah. Kalo pas kebetulan bisa bangun malam, kadang bisa sholat beberapa rakaat, tapi kalo enggak ya bablas. Begitu juga dengan puasa sunnah, sudah jarang sekali dilakukan. :'(
  • Tilawah One Day One Juz. Saya sudah tiga tahun ini bergabung dengan komunitas one day one juz. Hanya saja, karena banyak kegiatan ((alasan aja ini, sih)) mulai keteteran karena nggak bisa membagi waktu untuk tilawah. Karena keteteran, akhirnya sering nggak selesai tilawah tepat waktu dan akhirnya harus " tasmi' " atau hanya mendengarkan murottal saja. Mulai awal tahun ini saya kembali rutin menjadwalkan tilawah setelah sholat Maghrib.
  • Ikut Majelis Taklim. Saat tinggal di Purworejo, dalam seminggu saya bisa ikut tiga kali kajian di Majelis Taklim yang berbeda. Belajar fikih, tafsir Al Qur'an, liqa, hingga belajar shalawat al barzanji. Tapi setelah tinggal di Semarang, saya belum pernah sekalipun ikut kajian lagi. :'(   



Sedangkan resolusi secara material, banyak banget sebenernya. Ada banyak sekali target yang pengen banget saya wujudkan tahun ini, antara lain  : 
  • Memiliki usaha sendiri. Sudah sejak lama saya punya keinginan untuk berwirausaha di rumah. Namun keinginan itu belum juga terwujud karena berbagai kendala. Akhir tahun lalu, akhirnya saya dan suami nekat membongkar tabungan untuk mendirikan sebuah bangunan di samping rumah. Rencananya bangunan itu akan kami jadikan sebagai tempat usaha kami. Sayangnya target kami meleset, karena hingga awal tahun ini bangunan itu belum selesai. Semoga Allah beri rezeki lagi untuk menyelesaikannya dan mimpi kami memiliki usaha sendiri menjadi nyata.
  • Mulai Menabung. Saya termasuk orang yang nggak bisa lama-lama pegang uang. Punya uang lebih dikit aja, biasanya langsung bablas. Makanya mulai tahun ini pengen banget mulai menabung penghasilan sendiri. Siapa tahu bisa buat naik haji, kan. Aamiin. :D
  • Hidup Lebih Hemat. Hidup hemat bukan berarti pelit. Meski bukan golongan yang suka menghambur-hamburkan duit buat beli barang nggak penting, tapi saya punya kebiasaan yang kata suami termasuk kategori "boros". Contohnya, dalam sehari saya bisa masak beberapa masakan sekaligus. Padahal belum tentu semua masakan itu habis dalam sehari. Kadang, anak-anak sudah nggak mau makan masakan yang diangetin, jadi mubazir. Nah, mulai tahun ini saya pengen banget bisa hidup lebih hemat. Masak secukupnya, makan secukupnya. 
Selain resolusi secara spiritual dan material, saya juga masih punya resolusi yang dari tahun ke tahun sama. Kesehatan. Alhamdulillah, tahun lalu Allah beri saya nikmat sehat sepanjang tahun. Palingan cuma sakit kepala yang kambuh, tapi sudah nggak sesering dulu. 

Saya mulai menerapkan lagi pola makan non karbo. Meski berat tapi gimana lagi dong. Daripada badan saya semakin berat, mau nggak mau harus mulai mengurangi karbo, gula, gluten dan garam. Tapi sesekali  masih cheating sih, hihi. 

Kayaknya muluk-muluk banget ya resolusi saya? Tiap orang punya target hidup sendiri-sendiri, begitu pun saya . Target yang saya buat tentu saja sudah saya sesuaikan dengan kemampuan saya. Seperti yang sudah saya bilang diatas, resolusi tanpa usaha juga akan sia-sia. 

Nah, kalo kalian, apa resolusi kalian tahun ini?  


Wednesday, 17 January 2018

Merencanakan Liburan Berkesan ke Pantai Glagah Indah

11:02:00 40 Comments
Dear Friends,

Apa yang biasa kalian lakukan kalau sedang melihat kalender? Pasti tanggal merah. Ya, kan? Ngaku aja, deh. Soalnya, saya juga begitu. Hihi..

Memang sih, liburan akhir tahun lalu sudah usai tapi nggak ada salahnya dong bikin rencana liburan lagi. Apalagi tahun ini bakalan banyak long weekend, loh. Jadii, yuuk rencanakan liburan dari sekarang!

Bulan Februari adalah bulan spesial buat saya dan suami karena bulan itu kami merayakan wedding anniversary. Berhubung kami jarang banget merayakannya, pengen dong sesekali saya merayakannya dengan cara berbeda. Saya pengen banget bisa jalan berdua aja bersama suami. Pengennya sih ke pantai gitu, biar bisa merasakan suasana yang romantis.

Saya sih sudah ada ide mau ke pantai mana. Yang pasti, lokasi pantainya nggak usah terlalu jauh dari kampung halaman saya di Purworejo. Alasannya karena saya bisa sekalian menitipkan anak-anak di rumah eyang kakungnya. Jadi saya bisa jalan berdua suami, deh. Hihi…

Ada yang tahu kira-kira saya mau ke pantai mana? Yups, saya lagi pengen banget berkunjung ke Pantai Glagah Indah. Lokasi pantainya ada di Kabupaten Kulon Progo, kira-kira satu jam perjalanan dari Purworejo jadi nggak terlalu jauh. Meski dekat dengan kota kelahiran saya, tetapi saya termasuk jarang datang ke Pantai Glagah. Terakhir kesana kayaknya sekitar enam tahun lalu, deh. Pasti sudah banyak yang berubah dari Pantai Glagah Indah.

Dokpri. Pantai Glagah Indah

Menurut kabar yang saya dengar, Pantai Glagah kini sudah berbenah. Pantai Glagah Indah kini benar-benar tampil indah dengan potensinya. Kini pengunjung yang datang ke Pantai Glagah tak semata datang untuk bermain pasir dan air, tetapi juga karena ingin menikmati pemandangan yang nggak bakalan didapat dari pantai lain.

Rencananya mau ngapain aja di Pantai Glagah?

Mm…kalau ditanya mau ngapain aja di Pantai Glagah, rahasia dong. Hihi… Baiklah, saya bocorin nih :

Mengelilingi laguna menggunakan perahu

Mungkin berkeliling laguna menggunakan perahu terbilang biasa ya, tapi kalau di sebelah kita ada si “dia” yang tercinta? Pasti beda dong rasanya.

Bermain ATV

Selain ATV sebenarnya kita bisa mengendarai motorcross menyusuri pantai. Tapi karena saya pengennya bisa berkendara dengan tenang dan santai, jadi mending saya pilih menggunakan ATV aja deh.

Hunting foto di sekitar pantai dan dermaga

Pict by myworldarticle

Beberapa bulan belakangan ini saya sedang seneng-senengnya belajar fotografi menggunakan smartphone. Meski cuma pake smartphone kita juga bisa menghasilkan karya fotografi yang ciamik juga, kan. Sepertinya saya butuh memori bergiga-giga untuk menyimpan tangkapan gambar saya.

Menikmati senja di dermaga tetrapod

Pict by lookjogja

Kabarnya, dermaga Pantai Glagah kini menjadi salah satu dermaga tercantik dengan tetrapod terbaik di Kulon Progo. Konon, di dermaga Pantai Glagah ini merupakan spot terbaik untuk menyaksikan matahari terbenam (sunset). Kebayang kan, betapa romantisnya menyaksikan terbenamnya matahari bersama sang kekasih hati?

Gimana menurut kalian? Sungguh rencana liburan yang sempurna untuk merayakan wedding anniversary, kan?

Sebenarnya saya musti berterima kasih pada Blog Traveloka yang sudah memberikan informasi tentang Pantai Glagah dengan lengkap. Coba kalau nggak baca dulu, mana saya tahu Pantai Glagah sekarang sudah semakin menawan. Kalian juga bisa mendapatkan info lengkap mengenai destinasi wisata, tips-tips berwisata, info hotel dan sebagainya di Blog Traveloka.

Oh iya, buat kalian yang berada di luar kota dan pengen banget liburan ke Pantai Glagah, sebaiknya rencanakan dulu dengan matang. Mulailah dengan memesan tiket perjalanan dan hunting hotel untuk menginap. Ribet? Enggak, lah. Sekarang kan Traveloka punya layanan yaitu paket tiket pesawat dan juga hotel dalam satu paket. Keuntungannya jelas banyak. Selain hemat waktu, kalian juga akan lebih hemat biaya. Apalagi kalau pesan paket pesawat plus hotel secara bersamaan, kalian lebih hemat di banding pesan terpisah. Bahkan hematnya bisa sampai 20% tanpa kode promo apapun, loh. Yakin, nggak mau nyobain?

Yang pasti, saya akan membuat liburan saya berkesan bersama Traveloka dan orang tercinta.


Tuesday, 16 January 2018

Tips dan Trik Membeli Peralatan Elektronik Melalui Toko Online

23:27:00 20 Comments
Dear Friends,

Seiring perkembangan jaman, kebutuhan kita akan teknologi semakin meningkat. Berbagai penemuan-penemuan produk yang mampu mendukung kebutuhan kita juga mulai bermunculan. Nggak heran sih, karena kebutuhan manusia akan produk-produk tersebut juga semakin meningkat.

Pada dasarnya peralatan elektronik itu diciptakan dengan tujuan untuk memudahkan dan membantu manusia dalam melakukan segala kegiatan. Sebagian besar peralatan elektronik yang dibutuhkan kebanyakan adalah peralatan rumah tangga. Bisa juga dibilang, dengan adanya berbagai peralatan elektronik makin mendukung gaya hidup yang lebih modern dan dinamis. Orang-orang yang hidup pada jaman “now” rata-rata memerlukan peralatan elektronik yang dapat membantu aktivitas sehari-hari seperti mencuci, memasak, membersihkan rumah hingga peralatan elektronik untuk hiburan. Udah tahu lah ya, sekarang ini banyak yang mencuci menggunakan mesin cuci, membersihkan rumah pake vacuum cleaner, menanak nasi pake magic com bahkan membuat kopi pun memakai coffe maker.



Nah, terkadang saking sibuknya kita juga belanja peralatan elektronik melalui situs belanja online. Kalo belanja melalui situs belanja online kan, kita nggak usah capek keluar masuk toko elektronik. Belanja secara online kini sudah jadi pilihan sebagian besar masyarakat. Apalagi cara belanjanya pun sangat mudah. Kalo mau belanja, tinggal buka situs belanja online, pilih-pilih barang, bayar, tinggal tunggu barang pesanan diantar ke rumah. Enak, kan.

Bagi kalian yang belum pernah belanja online, ada baiknya untuk lebih berhati-hati. Pelajari dan pahami dulu mulai dari cara belanja, proses pembayaran, syarat dan ketentuan yang ada pada toko online hingga proses pengiriman. Jangan sampai pengalaman belanja online kalian rusak hanya karena kesalahan yang kita lakukan sendiri.

Nah, buat kalian yang akan membeli peralatan elektronik via online, mungkin bisa baca tips dan trik berikut ini :

1. Sesuaikan dengan kebutuhan

Seperti yang sudah dijelaskan diatas, ada banyak sekali peralatan elektronik yang bisa menunjang aktivitas kita sehari-hari. Pilih barang elektronik yang memang sangat kita butuhkan. Kalau ada beberapa kebutuhan yang berbenturan, kita bisa pilih yang paling darurat. Misalnya saja kalau harus memilih antara mesin cuci atau coffe maker. Ya tentu saja, saya bakal memilih mesin cuci. Pertimbangannya adalah saat kita mencuci pakaian dengan mesin cuci kita bisa mengerjakan aktivitas lain seperti membersihkan rumah atau memasak. Kalau mau ngopi mah, kita masih bisa bikin dengan cara biasa. Ya, kan?



2. Sesuaikan budget

Setelah memilih peralatan elektronik yang kita butuhkan, langkah selanjutnya adalah menyesuaikan dengan budget. Pilih peralatan elektronik yang sesuai dengan budget yang kita miliki. Jangan pernah memaksakan untuk beli keperluan peralatan elektronik  yang harganya terlalu tinggi dan melebihi budget yang kita punya. Bisa tekor kita nanti.

3. Memilih toko online yang berkualitas

Untuk meminimalisir hal-hal yang dapat merugikan kita, lebih baik kita cek terlebih dahulu sepak terjang dari market place atau situs jual beli online yang akan dipilih. Kalau perlu lakukan perbandingan antara situs belanja yang satu dengan lainnya. Bandingkan mulai dari harga barang, kualitas barang hingga layanan yang diberikan.

4. Cek detail barang

Jangan pernah lupa untuk selalu melakukan cek ulang spesifikasi barang yang akan kita beli. Jangan sampai menyesal setelah membeli barang, ternyata barang yang dikirim tidak sesuai dengan pesanan hanya karena kita tidak membaca dengan detail keterangan dari barang tersebut. Yah, kadang ketika kita belanja online hanya fokus pada gambar produknya saja tanpa melihat keterangan yang ada pada produk tersebut. Misalnya saja dari segi kualitas, kelebihan dan kekurangan produk yang kita beli.

5. Pastikan garansi barang

Kita pasti tahu bahwa barang elektronik sangat rawan akan kerusakan, baik dalam pengiriman ataupun setelah digunakan beberapa saat. Nah, untuk meminimalisir kerugian yang harus kita tanggung, maka kita harus memastikan bahwa produk yang kita beli memiliki garansi. Apabila terjadi kerusakan pada produk yang kita beli, apakah pihak toko online yang akan membantu ataukah bisa langsung ke service center. Kerusakan pada barang elektronik sangatlah krusial, karenanya perlu adanya antisipasi dari kita sebagai konsumen.

Gimana friends, masih ragu untuk membeli peralatan elektronik melalui toko online? Atau jangan-jangan kalian bingung mau pilih situs belanja online yang bisa dipercaya? Wajar sih kalau bingung, karena belakangan ini banyak sekali situs belanja online berunculan ya. Nah, biar aman saat belanja peralatan elektronik via online, pilih saja situs belanja online yang memiliki rating tinggi dari segi kualitas, harga hingga layanannya. Jadi, kita bisa belanja dengan mudah dan aman, deh.

Selamat belanja ya, friends!


Saturday, 6 January 2018

Lunpia Cik Me Me, Ikon Kuliner Kota Semarang

22:50:00 32 Comments
Dear Friends,

Lunpia Cik Me Me, Ikon Kuliner Kota Semarang.  Semarang dikenal masyarakat luas sebagai kota lunpia. Kita bisa menemukan banyak sekali penjual lunpia di beberapa sudut kota Semarang. Mulai dari yang menggunakan gerobak hingga penjual yang sudah memiliki tempat permanen. Tak heran lunpia jadi salah satu kuliner khas yang paling dicari oleh orang-orang yang sedang berkunjung di kota Semarang.
Awalnya saya nggak begitu suka lunpia karena aromanya yang pesing. Kata suami saya yang asli Semarang, aromanya itu berasal dari rebung yang jadi bahan utama isian lunpia. Makanya saya tuh jarang banget makan lunpia.

Dokpri : Menikmati Lunpia favorit

Tapi sekarang jangan ditanya deh, seberapa sering saya makan lunpia. Apalagi sejak tahu ada lunpia yang sama sekali nggak ada aroma pesingnya.  Emang ada, lunpia yang nggak ada aroma pesingnya? 

Ada dong. 

Kalian musti datang ke Lunpia Cik Me Me untuk membuktikannya. Disana kalian akan menemukan lunpia dengan 6 varian rasa yang bisa dipilih. Ada rasa original (ini berisi rebung, udang, telur dan daging ayam), fish kakap (ikan kakap), crab (kepiting), raja nusantara (jamur), kajamu (kambing) dan plain yang hanya berisi rebung saja untuk para vegetarian. Lunpia dengan 6 pilihan rasa ini hanya ada di Lunpia Cik Me Me, loh.

Baca juga : Inovasi 6 Cita Rasa Nusantara Lunpia Delight

Dokpri : Lunpia Raja Nusantara favorit saya

Kalo kalian mencari lunpia halal saya pasti bakalan merekomendasikan Lunpia Cik Me Me, karena lunpia Cik Me Me sudah bersertifikasi Halal dari MUI. Menurut saya ini sebuah langkah bijak dari Cik Me Me mengingat sebagian besar masyarakat kita mayoritas muslim. Meskipun proses menuju sertifikasi Halal memerlukan proses yang cukup lama tetapi Cik Me Me tetap berkomitmen untuk memberikan rasa tenang pada konsumennya yang mayoritas muslim. Nggak cuma isian lunpianya saja yang harus melalui pengecekan MUI tetapi juga semua bahan bakunya.
Lunpia Cik Me Me ini jadi pelopor produsen lunpia bersertifikasi halal, loh. Makanya saya juga nggak khawatir merekomendasikannya kepada teman-teman atau saudara-saudara yang kepengen makan lunpia halal.

Dokpri : Suasana gerai Lunpia Cik Me Me
Lunpia Delight Kini Berganti Menjadi Lunpia Cik Me Me

Saya mengenal Lunpia Cik Me Me saat masih bernama Lunpia Delight. Saat itu Cik Me Me mendapatkan penghargaan dari LEPRID berkat inovasinya menciptakan varian rasa lunpia. Setelah hampir 3 tahun berlalu, Lunpia Cik Me Me mengalami perubahan nama dari Lunpia Delight menjadi Lunpia Cik Me Me. 

Mengapa namanya berubah?

Tepat saat Lunpia Delight berusia setahun tanggal 20 Februai 2015 lalu, Bapak Drs. Adi Trihananto, MSi selaku Setda Kota Semarang mempertanyakan mengapa lunpia sebagai kuliner lokal memakai nama asing. Tentunya tidak selaras dengan dengan identitas citra buadaya nusantara. Lalu beliau menyarankan agar lunpia sebagai kuliner tradisional menggunakan nama lokal yang mencirikan tradisi dan budaya lokal. Saran tersebut akhirnya mendapat perhatian serius dari manajemen Lunpia Delight. 

Secara terencana dan sistematis logo Lunpia Delight mulai menyisipkan nama Cik Me Me. Logonya kini berfokus pada nama Cik Me Me namun tetap menyertakan tulisan "Delight" diatasnya. Logo yang semula bermakna "Lunpia yang Menyenangkan" kini berubah menjadi "Lunpia Menyenangkan milik Cik Me Me". Kini saat memasuki usia 4 tahun, dengan penuh rasa percaya diri nama Lunpia Delight berubah nama menjadi Lunpia Cik Me Me. Meski telah berganti nama, namun kita nggak perlu khawatir, kualitas dan rasa Lunpia Cik Me Me tetap sama seperti yang dulu. Tetap istimewa.

Logo baru Lunpia Cik Me Me

Tanggal 6 Januari 2018 kemarin, saya dan beberapa teman blogger diundang ke gerai Lunpia Cik Me Me di jalan Gajahmada. Kedatangan kami disambut oleh Cik Me Me sendiri. Selain diundang untuk icip-icip 6 varian rasa Lunpia Cik Me ME, dalam kesempatan itu Cik Me Me juga menceritakan perjalanan panjang bisnis lunpia nya. Seperti yang kita ketahui, Cik Me Me adalah putri dari master chef Tan Yok Tjay yang merupakan keturunan asli dinasti ke IV lunpia Semarang yang juga keturunan generasi ke II lunpia Mataram.

Foto milik Mas Jo : Serius mendengarkan cerita Cik Me Me

Selain berkisah mengenai silsilah keluarganya yang merupakan pelopor lunpia di Semarang. Cik Me Me juga berbagi rahasia mengenai lunpia nya yang tidak beraroma pesing seperti lunpia lainnya. Untuk menyajikan lunpia yang berkualitas ternyata harus melalui proses yang cukup panjang. Mulai dari pemilihan bahan bakunya, bumbu-bumbu hingga lama memasaknya yang menjadikan Lunpia Cik Me Me memiliki rasa yang istimewa. Semua ini masih ditangani langsung oleh Cik Me Me.

Foto milik Mas Jo : Cik Me Me menunjukkan sertifikat dan penghargaan dari berbagai pihak

Seiring berjalannya waktu, gerai Lunpia Cik Me Me pun mengalami perubahan. Kini pelanggan Lunpia Cik Me Me juga bisa menikmati makan lunpia di lantai dua. Kadang kalo sedang musim liburan, banyak yang nggak kebagian tempat untuk menikmati lunpia secara langsung di gerainya. Di lantai dua juga terdapat area playground yang bisa digunakan anak-anak bermain. Jadi kita bisa menikmati lunpia dengan tenang sementara anak-anak bermain.

Dokpri : Area Playground

Selain playground, Lunpia Cik Me Me juga menyediakan meeting room dengan kapasitas hingga 20 orang yang memiliki fasilitas termasuk proyektor.  Bisa nih bikin gathering atau meeting di sini dengan minimal pemesanan untuk 15 orang. Dengan hanya memesan makanan dan minuman senilai 50 ribu rupiah kita sudah bisa menikmati fasilitas meeting room selama 3 jam.

Dokpri : Meeting room

Oh iya, Lunpia Cik Me Me sekarang juga membuka gerai di Bandara A. Yani, loh. Jadi, kalo kita mau bawa lunpia buat oleh-oleh nggak perlu jauh-jauh belinya. Lunpia Cik Me Me juga bisa dipesan melalui Go Food atau bisa juga memanfaatkan fasilitas free delivery nya. di nomor di .

Kalo kalian lagi di Semarang dan pengen menikmati lunpia yang enak, halal dan memiliki banyak varian rasa, mampir ke Lunpia Cik Me Me aja.

Lunpia Cik Me Me
Jl. Gajahmada 107 Semarang
Jam operasional : 05.00-22.00 WIB
Free Delivery : (024) 3511006 / 3511007

Friday, 5 January 2018

Prudential Indonesia Berbagi Kebahagiaan Bersama Andik Lapas Tangerang

20:13:00 3 Comments

Dear Friends,

Apa yang terbersit dalam bayangan kalian kalau mendengar tentang Lapas Anak? Pasti langsung kepikiran sebuah tempat yang isinya anak-anak "nakal" dan anak-anak yang berurusan dengan hukum, ya. Kalo sudah begitu, stigma negatif  yang akan terus melekat pada anak-anak yang bermasalah tersebut. Untunglah pemerintah memiliki lembaga pemasyarakatan yang bertugas membimbing anak-anak dan menyelesaikan permasalahan hukum mereka. 

Prihatin dengan kondisi tersebut, Prudential tergerak untuk menjadi bagian dari pembangunan bangsa. Prudential hadir di Lapas Anak Tangerang untuk memberi pelatihan ketrampilan Bahasa Inggris sejak tahun 2012 hingga Juli 2017. 

Sebenarnya sejak tahun 2006 Prudential sudah melakukan kunjungan rutin ke Lapas Anak Tangerang sebagai bentuk syukur atas segala pencapaiannya. Acara kunjungan ini adalah salah satu program CSR yang termasuk dalam pilar edukasi. Prudential Indonesia memiliki tiga pilar CSR antara lain Edukasi, Kesehatan dan Tanggap Bencana. Hal ini merupakan bentuk dukungan Prudential Indonesia terhadap anak-anak di Lapas Anak Tangerang agar nantinya bisa kembali berbaur dengan masyarakat.



Tanggal 2 November 2017 lalu, Prudential Indonesia merayakan ulang tahunnya ke 22 tahun di Lapas Anak Tangerang. Acara yang digelar ke sebelas kalinya di Lapas Anak Tangerang ini dikemas dalam bentuk syukuran bersama anak-anak Lapas. Acara ini juga dimeriahkan oleh Band Kotak yang hadir  untuk menghibur Andik (anak didik) Lapas serta pertunjukan rebana dari anak didik. Acara ini juga tak lepas dari dukungan 75 relawan yang juga staff Prudential Indonesia

PT Prudential Life Assurance (Prudential Indonesia) didirikan pada tahun 1995 dan merupakan perusahaan penyedia asuransi jiwa terdepan di Indonesia. Prudential adalah bagian dari Prudential Plc yang merupakan sebuah perusahaan jasa keuangan terkemuka di Inggris yang sudah berpengalaman lebih dari 168 tahun di industri asuransi jiwa. Karena itulah Prudential kemudian berkomitmen untk mengambangkan bisnisnya di Indonesia.

Prudential mulai menjadi pemimpin pasar sejak meluncurkan produk asuransi yang dikaitkan dengan investasi pada tahun 1999. Lalu pada tahun 2007 Prudential Indonesia mendirikan unit bisnis Syariah dan dipercaya sebagai pemimpin pasar asuransi jiwa syariah di Indonesia sejak pendiriannya. 

Berkantor pusat di Jakarta, Prudential memiliki kantor pemasaran di beberapa kota diantaranya Medan, Surabaya, Bandung, Denpasar, Batam dan Semarang. Hingga Juni 2017, Prudential Indonesia telah melayani sedikitnya 2,4 juta nasabah melalui 271 ribu tenaga pemasar di 409 Kantor Pemasaran Mandiri (KPM) di seluruh nusantara termasuk Jakarta, Surabay, Medan, Bandung, Yogyakarta, Batam dan Bali.

Kepedulian Prudential Indonesia terhadap generasi muda Indonesia ditunjukkan melalui program CSR  dengan tiga pilar yang dimilikinya. Prudential percaya bahwa anak-anak dan remaja meruapakan aset yang sangat berharga yang akan menjadi penerus bangsa.

Nah, bagaimana dengan kita? Sudahkan berkontribusi dan peduli terhadap generasi penerus kita?


Cara Mudah Membuat Keripik Kentang yang Enak dan Sehat

14:59:00 6 Comments
Dear Friends,
Musim hujan begini paling asik ngumpul di rumah sambil nonton TV dan ngemil. Kalo anak-anak saya, yang penting disediain makanan atau cemilan yang mereka suka, udah deh jadi betah di rumah. Sebenarnya ini jurus jitu saya, biar anak-anak nggak main di luar sih. Hihi. 

Kebetulan anak-anak saya paling hobi ngemil keripik. Sebenarnya nggak cuma anak-anak sih, orang dewasa pun suka makan keripik. Hayo, ngaku.

Keripik adalah makanan ringan yang kini disajikan dengan berbagai rasa. Mulai dari rasa keju, barbeque, jagung manis, rumput laut, balado sampai rasa ingin memiliki sapi lada hitam. Dari sekian banyaknya jenis keripik, anak-anak saya paling suka makan  keripik kentang yang kadang saya buat sendiri di rumah bersama anak-anak. Kalo lagi banyak waktu sih, saya lebih suka bikin keripik sendiri. Apalagi kalo harga kentang sedang murah, saya bisa  lebih sering bikin keripik kentang sendiri.



Kentang menjadi salah satu bahan yang bisa dijadikan berbagai olahan makanan. Mau dibikin jadi makanan berat atau jadi makanan ringan atau cemilan juga bisa. Tergantung keinginan dan kreativitas kita aja. Kalo mau yang gampang, ya cukup dimasak aja jadi teman nasi. Tapi kalo mau sedikit ribet kita bisa mengolah kentang jadi cemilan yang bisa dinikmati seluruh anggota keluarga. Kalo saya sih, mending bikin sendiri. Selain bisa hemat pastinya juga lebih sehat, kan.

Sstt...buat Ibu-ibu kayak saya yang pengen banget bikin keripik kentang untuk keluarga, ada beberapa hal yang harus diperhatikan nih saat membuatnya.
  • Pilih kentang yang berkualitas, berukuran besar, berkulit halus tidak berbintik dan berumur tua.  
  • Sekedar tips nih untuk yang mau bikin keripik kentang buat anak-anak. Untuk menarik minat mereka, coba kita bikin keripik kentang dengan bentuk yang unik. Misalnya bentuk bergelombang yang menjadi kesukaan dari anak-anak jaman sekarang. Bisa juga kita bentuk jadi segitiga atau segi empat. Pasti anak-anak tertarik.
  • Untuk mendapatkan hasil keripik kentang yang krispi, rendamlah irisan kentang dalam larutan air dan kapur sirih lalu bilas dengan air bersih.
  • Bumbui kentang dengan garam, bawang putih bubuk, merica bubuk, gula dan paprika bubuk. 
  • Setelah dibumbui dengan rata, kentang sudah siap untuk dipanggang atau digoreng. Kalo pengen keripik kentang yang lebih sehat sih, sebaiknya dipanggang ya. Tapi kalo pengen digoreng, pilih minyak goreng tak jenuh ya. Lalu menggoreng keripik kentangnya juga dengan minyak goreng yang banyak. Goreng dengan api kecil agar matangnya merata. Ketika menggoreng, usahakan jangan terlalu sering mengaduk karena bisa membuat tekstur keripik kentang jadi rusak atau hancur. 
  • Tiriskan keripik kentang hingga kadar minyak berkurang menggunakan kertas tissue, lalu taburkan bumbu sesuai rasa yang diinginkan seperti rasa barbeque, balado atau yang lainnya.
Puas banget ya, kalo bisa membuatkan cemilan sendiri buat keluarga. Selain bisa menghemat, tentunya dari segi rasa dan kesehatan juga lebih terjaga. Kita bisa memilih sendiri bahan mana yang akan digunakan ketika membuatkan cemilan untuk keluarga kita. Kalo saya sih, biasanya belanja di toko langganan. Kalopun nggak bisa beli langsung, saya biasa belanja online. Apalagi sekarang kan ada toko online terpercaya yang menyediakan semua kebutuhan kita. 

Membuat cemilan sendiri juga salah satu cara untuk mengurangi konsumsi jajanan diluar pada anak. Kita kan nggak tahu, gimana kualitas jajanan yang ada di luar sana. Dengan membuat keripik sendiri dirumah Anak-anak tentu saja akan bisa mengkonsumsi kripik yang enak dan juga sehat untuk tubuh mereka setiap harinya.



Tuesday, 2 January 2018

Kaleidoskop Tahun 2017 dan Kisah-Kisah yang Mewarnainya

18:52:00 14 Comments
Dear Friends,

Tahun 2017 baru saja kita tinggalkan. Tentunya banyak kenangan yang tercipta selama 365 hari kita menjalaninya. Ada suka, ada duka. Ada sedih, ada gembira. Ada yang meninggalkan kenangan, ada pula yang ingin dikubur dalam-dalam *malah baper. Hihi. Pas banget dengan tema yang dikasih sama mbak Tanti "Mechta Deera" , blogger yang hobi fotografi dan berdomisili di Pekalongan serta Nuzha "De Ujha" , si blogger mungil owner blog Gayeman tentang pengalaman berkesan di tahun 2017.

Awal tahun lalu, saya pernah menuliskan beberapa target. Yang bikin saya "amaze" sampai sekarang adalah beberapa target yang saya tulis itu akhirnya "goal" juga. Meskipun belum semuanya tapi saya yakin suatu hari Allah akan memberikannya untuk saya. Saya jadi semakin percaya bahwa kekuatan doa dan afirmasi positif itu nyata adanya.

Mau tahu, pencapaian saya di tahun 2017 lalu?

Nggak Nyangka Menang Lomba Blog

Sebenarnya ini belum pantes dibanggakan, sih. Tahun lalu saya 2 kali menang lomba yang berhadiah uang tunai dan gadget. Alhamdulillah gadgetnya sekarang udah jadi komputer. Allah memang Maha Tahu apa yang dibutuhkan hambanya. Pas laptop saya mati (sampe sekarang masih opname. hiks) trus dikasih rezeki menang lomba. Pas butuh duit banget, eh dikasih juga menang lomba yang hadiahnya uang tunai, meskipun nggak banyak. Alhamdulillah.

Hadiah dari lomba blog
                                                                                                                                                                   


Traveling ke Labuan Bajo


Salah satu impian yang saya tulis terus menerus adalah bisa traveling ke tempat impian. Sebenarnya ada beberapa tempat yang hingga kini masih jadi impian untuk saya datangi. Kalau tahun lalu saya traveling ke Lombok karena menang lomba, tahun ini saya bisa traveling ke Labuan Bajo karena bekerja. Semua ini karena tawaran sebuah perusahaan dengan beberapa brand ternama yang mengajak kerjasama dalam beberapa proyek mereka. Setelah semua proyek mereka selesai, saya ditawari untuk menjadi KOL event Insto weekend escape yang berhadiah ke Labuan Bajo *semoga tahun 2018 juga ditawari lagi. Alhamdulillah, kerja keras saya membuahkan hasil. Saya ikut berangkat bersama pemenang lainnya ke Labuan Bajo selama 3 hari 2 malam. Ceritanya bisa baca disini.

Akhirnya bisa sampai di sini

Nggak cuma traveling ke Labuan Bajo tapi saya juga bisa traveling ke Brebes bersama beberapa teman blogger lain. Seneng banget, deh karena akhir tahun aktivitas saya malah banyak acara travelingnya. Semoga tahun ini juga bisa lebih sering traveling.

Terlibat dalam Beberapa Event 
Saya bersyukur banget, setelah memantapkan diri untuk menjadi freelancer (nggak cuma jadi blogger aja) tahun lalu saya bisa terlibat dalam beberapa event. Yang paling seneng saat saya diberi kepercayaan memegang beberapa event sekaligus. Itung-itung belajar lah, bagaimana cara me-manage sebuah event, meskipun ada "failed" nya juga tapi setidaknya saya jadi punya pengalaman berharga.

Bersama klien paling baik hati dan setia
Diantara kisah-kisah lain, 3 hal inilah yang paling berkesan buat saya. Tahun ini, saya harus segera bersiap menghadapi tantangan-tantangan yang ada di depan mata. Prinsip saya "never stop learning adn working" .

Nah, kalo kalian gimana? Apa pengalaman berkesan kalian selama tahun 2017?

Ayo, boleh loh d share !

                          

Saturday, 30 December 2017

Meski Bunda tak Selalu Bersamamu, Tapi Cinta Bunda Selalu Ada Buatmu

11:13:00 20 Comments




Dear Friends,

Saya ciumi berkali-kali pipi kecil itu dengan perlahan, karena takut dia terbangun. Saya raba keningnya yang masih hangat dan saya pandangi wajah mungilnya. Rasanya saya masih ingin memeluknya lebih lama dan menemaninya tidur hingga dia terbangun. Dengan suara lirih, suami mengingatkan kalau taksi online yang saya pesan sudah menunggu di depan rumah. Pagi itu saya harus segera berangkat menuju bandara karena saya berangkat ke Jakarta dengan pesawat paling pagi dari Semarang. Saya berangkat dengan hati berkecamuk diantara dua pilihan, menemani si kecil yang sedang demam atau menunaikan pekerjaan yang sudah lama terjadwal. Beruntung saya memiliki partner hidup a.k.a suami yang sangat pengertian dan selalu siaga menggantikan tugas saya sebagai Ibu.

Hati Ibu mana yang tidak teriris manakala melihat buah hatinya yang biasanya lincah dan ceria tiba-tiba tergolek tak berdaya karena demam. Apalagi Rara yang biasanya mandiri, tiba-tiba jadi manja dan maunya nempel pada Bundanya saja. Rasa bersalah makin menjadi, ketika membayangkan bagaimana reaksi Rara ketika bangun nanti tak menemukan saya disampingnya. Tapi apa boleh buat, saya harus tetap berangkat untuk menunaikan kewajiban saya kepada pihak klien yang sudah memberi pekerjaan. Apapun kondisinya, saya harus bertanggung jawab untuk menyelesaikannya.



Tahun ini memang lebih banyak pekerjaan yang mengharuskan saya pergi ke luar kota dan meninggalkan keluarga hingga berhari-hari lamanya. Meski begitu, tugas dan tanggung jawab saya sebagai Ibu tetap saya tunaikan. Sebelum berangkat, saya  menyiapkan semua kebutuhan anak-anak dan suami mulai dari menyetok makanan, menyiapkan pakaian (seragam sekolah) hingga obat-obatan kalau tiba-tiba anak sakit. Yah, inilah wujud cinta dan perhatian dari seorang Ibu. Meski sedang tidak bersama, tetapi ingin selalu merasa ada untuk anak-anaknya melalui apa yang disiapkannya.

Meski sedang berada jauh dari anak-anak, saya tetap berusaha memantau kondisi anak-anak melalui suami. Kami saling berkabar hampir setiap ada waktu. Biasanya sih, bertanya kabar seputar aktivitas anak-anak. Saya memang bukan sosok Ibu yang sempurna buat anak-anak tetapi saya selalu berusaha melakukan yang terbaik untuk mereka. Saya ingin menjadi orang pertama yang ada di hati anak-anak.

Sepanjang perjalanan saya berusaha untuk tenang. Saya terus berpikiran positif kalau Rara, putri kecil saya akan segera turun demamnya. Lagipula ada suami saya juga yang menungguinya di rumah dan ada Tempra Syrup yang selalu tersedia untuk mengatasi demamnya.

"Yah, nanti kalau masih demam, coba kasih Tempra lagi, ya. Jangan lupa, kompres ketiaknya juga biar panasnya turun. Kalau nggak ada perubahan, bawa ke Dokter aja," pesan saya pada suami.

Selalu ada buat berjaga-jaga

Tahun ini usia Rara 5 tahun, jadi saya berikan Tempra Syrup tiap kali demam. Tempra Syrup mengandung paracetamol yang bekerja sebagai antipiretika pada pusat pengaturan suhu di otak dan analgetika dengan meningkatkan ambang rasa sakit. Selain bisa meredakan demam, Tempra Syrup juga meredakan rasa sakit dan nyeri ringan, sakit kepala dan sakit gigi, demam setelah imunisasi. Tentu saja dengan petunjuk Dokter, ya.

Tempra Syrup ini aman di lambung, dosisnya tepat sehingga tidak menimbulkan over dosis ataupun kurang dosis.  Tidak seperti obat penurun demam lainnya, Tempra Syrup tidak perlu dikocok karena larut 100%. Makanya saya selalu sedia Tempra di rumah sebagai pertolongan pertama saat anak-anak demam. Tempra selalu menemani keluarga saya, sejak anak pertama saya hingga anak ketiga. 

Tak bisa selalu menemani bukan berarti tak mengasihi. Tak bisa selalu bersama bukan berarti tak cinta. Saya hanya ingin anak-akan tahu bahwa kasih sayang seorang Ibu tak akan pernah tergantikan meski kebersamaan terhapus oleh waktu.


Artikel ini diikutsertakan dalam lomba blog yang diselenggarakan oleh Blogger Perempuan Network dan Tempra



Follow Me @ikapuspita1