All about my life

Thursday, 12 February 2015

Cara Membersihkan Telinga yang Benar

cara-membersihkan-telinga-dengan-benar
Gambar dipinjam dari sini

Telinga yang sering gatal kadang membuat kita jengkel. Mau digaruk nggak bisa, dikorek berbahaya. Ternyata membersihkan telinga juga ada aturannya, lho. Tidak boleh terlalu sering dibersihkan karena berbahaya bagi organ bagian dalam telinga.

Lalu bagaimana cara membersihkan telinga yang benar?  Setidaknya ada beberapa cara yang bisa dilakukan, untuk membersihkan kotoran telinga, antara lain :
Menggunakan minyak zaitun                                                                             
Membersihkan telinga menggunakan minyak zaitun merupakan cara yang paling aman dan bisa mengeluarkan kotoran telinga. Celupkan sepotong kapas ke dalam minyak zaitun hangat. Peras kelebihan minyak dan tempatkan kapas di telinga. Keluarkan kapas setelah 15 menit. Ulangi cara ini hingga kotoran telinga berkurang.
Menggunakan baby oil                                                                                  
Membersihkan telinga menggunakan baby oil merupakan alternatif berikutnya. Baby oil sangat lembut dan tidak memiliki efek samping untuk setiap jenis kulit. Lakukan proses yang sama seperti minyak zaitun.
Menggunakan cuka dan alkohol                                                                       
Membersihkan  telinga menggunakan cuka dan alkohol. Campurkan 2 cairan tersebut, kemudian semprotkan ke telinga (2 tetes saja). Lalu, ambil kapas yang bersih dan lembut dan pijatlah telinga bagian dalam. Ulangi proses ini hingga kotoran telinga yang berlebihan bisa diangkat.
Menggunakan air garam                                                                                                               Membersihkan telinga menggunakan air garam ini adalah obat terbaik untuk menghilangkan kotoran telinga. Buatlah larutan garam menggunakan air suam-suam kuku. Ketika siap, miringkan kepala ke samping dan teteskan air perlahan-lahan ke dalam telinga. Kembalikan kepala pada posisi normal dan gunakan kapas untuk membersihkan telinga. Ulangi proses untuk telinga yang lain.
Menggunakan air hangat                                                                                                             Membersihkan telinga menggunakan air hangat ini bisa dilakukan setelah mandi. Cucilah telinga menggunakan air hangat.
Menggunakan minyak kelapa                                                                                                      Membersihkan telinga menggunakan minyak kelapa. Tuangkan minyak kelapa ke dalam sendok. Panaskan sendok dengan api lilin. Setelah agak hangat, celupkan kapas bola lalu peras. Pasang kapas di telinga. Panas dari minyak kelapa akan merontokkan kotoran telinga.
Menggunakan gliserin                                                                                                                   Membersihkan telinga menggunakan gliserin. Tuangkan 2 atau 3 tetes gliserin ke telinga. Kemudian bersihkan menggunakan kapas bola. Ulangi proses hingga telinga bersih.
Menggunakan bawang putih                                                                                                        Membersihkan telinga menggunakan bawanng putih. Haluskan bawang putih, letakkan diatas sendok dan panaskan diatas lilin hingga bawang mengeluarkan minyak. Teteskan minyak yang ada ke telinga. Ini dapat membantu membersihkan kotoran telinga.
Menggunakan hidrogen peroksida                                                                                              Membersihkan telinga  menggunakan hidrogen peroksida. Mungkin terdengar terlalu kimiawi ya, tetapi hidrogen peroksida adalah bahan alami. Campurkan hidrogen peroksida dengan air dengan komposisi yang sama kemudian tuangkan cairan ke dalam kapas. Peras kapas dan masukkan ke dalam telinga.
Menggunakan cuka apel                                                                                                               Membersihkan telinga menggunakan cuka apel adalah resep rumahan yang cukup efektif. Tinggal miringkan kepala ke samping kemudian teteskan 2 atau 3 tetes cuka apel. Mudah, bukan?
Pilihlah salah satu cara yang menurut kita paling mudah dilakukan. Ingatlah untuk berhati-hati ketika membersihkan telinga, karena telinga merupakan organ yang sensitif.



14 comments:

  1. Sederhana tapi penting pesannya....

    ReplyDelete
  2. Bukan dikorek-korek ya?. Makasih infonya Mba.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Korek2nya buat cuping telinganya aja mb Ety, bagian dalam pake cara diatas...

      Delete
  3. Jangan di korek2 ya. Aku pakenya baby oil aja, blm.pernah nyoba pk yg lain.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hehe iya mb Dwina, saya juga seringnya pake baby oil....

      Delete
  4. Akhir2 ini telingaku sering banget gatel.mbak tp klo dibersihin pake cotton bud tu ga ada apa2nya sampe.sebel rasanya..aku.mo nyobain pake.minyak zaitun ah x aja berhasil. Tfs mbak

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hehe..perlu dicoba tuh mb Muna....semoga berhasil yah... :)

      Delete
  5. kalau bersihin telinga si kecil pakek air hangat, kalau bersihin telinga sendiri, nggak pernah..*emak jorok, hehe..
    pakek air biasa..
    gk berani pakek katen bat bwt ngurek2,
    makasih infonya ya mak

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hihi...cotton bud nya buat bersihin cuping telinganya aja Mumaa....

      Delete
  6. wah keren yah,.,... hadeh saya ajdi kepikiran kapan terkahir kali bersihin telinga.....

    ReplyDelete
  7. Haduh, aku jarang memperhatikan bun...Kl bersihin ya tinggal korek korek aja hehehe...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Dulu aku juga gitu..., tapi adikku punya pengalaman buruk pake korek kuping...hehe
      jadinya pake cara yang aman ajah... hehe

      Delete

Terima kasih sudah berkunjung dan tidak meninggalkan link hidup. Jangan lupa komentarnya yaaa.....
bundafinaufara.com

ID Corners

ID Corners

KEB

BRID

Blogger Perempuan

Fun Blogging Community

IDFB

Blogger Muslimah

Gandjel Rel

IIDN

IIDN

Warung Blogger

Warung Blogger

KOPI

KOPI

Copyright © My Life on Words | Powered by Blogger

Design by Anders Noren | Blogger Theme by NewBloggerThemes.com