All about my life

Monday, 26 October 2015

Resep Tahu Isi Seuhah

dok.pri  Tahu Isi Seuhah

Salah satu kebiasaan saya tiap sore adalah membuat cemilan untuk teman minum teh. Kalo lagi males bikin yang ribet-ribet biasanya cukup mengukus singkong, ubi atau jagung. Tapi kalo lagi rajin biasanya bikin cemilannya  yang lumayan ribet kayak sore ini. Kali ini anak-anak request ke Bundanya untuk bikin Tahu Isi Seuhah (pedas). Biar kekinian, sekarang apa-apa dibikin seuhah alias serba pedas. "Biar nggak usah lalap cabe lagi, Bun," begitu alasan mereka. Tapi dasar anak-anak suka makan pedas, biarpun isinya sudah pedas masih juga lalap rawit. Huh...haah...*keluar asap. 

Karena anak-anak pengennya Tahu Isi Seuhah, ya sudah Bunda siapin bahan-bahannya. Eh ya, kalo emak-emak pengen bikin juga, ini dia resepnya ...

Siapin bahan-bahannya, ya  :
  • 10  buah tahu pong (khusus untuk tahu isi)
  • 100  gram cambah atau taoge
  • 2  buah wortel, kupas lalu serut tipis
  • 2  batang daun bawang, iris halus
  • 2  batang sledri, iris halus
  • 6  lembar kol, iris tipis
  • 1  butir telur, kocok lepas
  • Minyak untuk menggoreng
Bumbu-bumbu yang dihaluskan  :
  • 2  butir bawang merah
  • 2  siung bawang putih
  • 5  buah cabai rawit merah
  • 2  buah cabai merah besar
  • 1  bungkus trasi udang (kemasan sekali masak, goreng dulu sebentar), bila suka (optional)
  • 1/2 sdt garam
  • 1/2 sdt gula pasir
  • 2 sdm minyak untuk menumis
Adonan tepung sebagai pelapis Tahu Isi  :
  • 150  gram tepung terigu
  • 50  gram tepung beras
  • irisan daun bawang 
  • 1/4 sdt garam halus
  • air untuk mengencerkan
Cara Membuat  Tahu Isi Seuhah 
1] Buat isian tahu. Tumis bumbu halus hingga harum. Masukkan sayuran yang telah di iris, aduk. Tambahkan bumbu-bumbu, aduk rata. Tambahkan telur yang sudah di kocok lepas, aduk-aduk lagi hingga telur tercampur rata. Masak hingga sayuran layu.  

dok.pri  Isian Tahu Seuhah

2] Belah tahu pong hingga separo bagian (untuk memasukkan isian). Masukkan isian ke dalam tahu pong. Kalo saya sih ngisinya penuh-penuh, biar puaaass. :D

dok.pri  Isiannya penuuuh, biar puas

3] Siapkan adonan tepung pelapis Tahu isi Seuhah. Encerkan dengan air. Jangan terlalu encer, jangan pula terlalu kental. Yang sedang-sedang aja...

dok.pri  Adonan tepung
4] Panaskan minyak dalam wajan, goreng Tahu Isi Seuhah hingga berwarna kecoklatan. Awaas....jangan sampe gosong, yaa. Kalo sudah matang, angkat dan tiriskan.

dok.pri  Goreng tahu isi

5] Tahu Isi Seuhah siap disantap.. Mau lalap pake rawit lagi, boleeeh. :D

dok.pri  Tahu Seuhah siap disantaap



Gimana? Tertarik untuk mencoba resepnya? Eh, tahu nggak....begitu selesai goreng Tahu Isi Seuhah ini, tandas pula tahunya. Sepertinya besok-besok harus bikin lebih banyak lagi...



12 comments:

  1. anak2 saya juga paling suka camilan yang serba seuhah. :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Tuuuh kaan, enak sih....pedesnya nagiiih... :))

      Delete
  2. wahh kesukaanku ni mba, biarpun besoknya sakit perut teteup aja dhajar hihihi...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalo nggak pedes nggak puas ya mb Dew... :)

      Delete
  3. seuhah bahasa mana ni mbak...? saya baru dengar deh...
    kalau pedes sekali biasanya : huuuaaahhh...
    btw tahu isi saya suka sekali... :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Seuhah itu bahasa Sunda.....kemarin pas ke Bogor saya juga nemu cemilan namanya Peyeum Seuhah...beneran pedes, makanya saya bikin yang pedes2 ini pake nama seuhah...hihi :D

      Delete
  4. baru tahu,seuhah itu pedas ya hehehe...

    ReplyDelete
  5. waah eta mah, seuhah pisaan. makin seuhah makin mantap yaaks hihi
    tahu isi dan bakwan memang ga ada matinya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mb Ophi.....seuhah nya bikin nagiiih....hihi

      Delete
  6. Kalau saya nyebutnya tahu jeletot, suka banget soalnya pedas2an.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah beda-beda ya...sebutannya..., yang pedes2 emang bikin nagih...

      Delete

Terima kasih sudah berkunjung dan tidak meninggalkan link hidup. Jangan lupa komentarnya yaaa.....
bundafinaufara.com

ID Corners

ID Corners

KEB

BRID

Blogger Perempuan

Fun Blogging Community

IDFB

Blogger Muslimah

Gandjel Rel

IIDN

IIDN

Warung Blogger

Warung Blogger

KOPI

KOPI

Copyright © My Life on Words | Powered by Blogger

Design by Anders Noren | Blogger Theme by NewBloggerThemes.com