All about my life

Wednesday, 20 July 2016

Pahami Gizi dan Nutrisi Yang Dibutuhkan Anak

Dear Friends,
Tumbuh kembang anak adalah salah satu yang diupayakan dan harapan bagi orangtua dimanapun. Untuk melangkah dalam fase tersebut, seorang Ibu memiliki peran yang sangat penting dalam hal ini. Karena pertumbuhan dan perkembangan anak bergantung pada kualitas yang diberikan pada anak. Salah satunya adalah ASI yang merupakan susu anak terbaik sepanjang masa. Bila berbicara mengenai tumbuh kembang anak, ada beberapa organ penting yang harus diperhatikan yaitu otak dan usus. Sebab itulah orangtua harus benar-benar menyediakan dan memperhatikan asupan gizi dan nutrisi agar tumbuh kembang anak optimal. 

photo by katalogibu.com
Anak-anak pada masa bayi dan balita sangat membutuhkan asupan gizi dan nutrisi yang optimal untuk perkembangan otak dan pertumbuhan tulangnya. Kandungan yang dibutuhkan untuk perkembangan otak dan pertumbuhan tulang pada anak salah satunya terdapat pada susu, terutama ASI. Namun pada kenyataannya masih banyak Ibu yang yang tidak bisa memberikan air susunya pada anak-anaknya. Dengan alasan tertentu yang bisa diterima, akhirnya susu formula untuk anak menjadi salah satu alternatif sebagai pengganti ASI. Namun ternyata masih banyak orangtua yang belum mengerti bagaimana cara memilih susu formula yang tepat untuk anak, terutama untuk perkembangan otak dan pertumbuhan tulangnya.

Sebelum menentukan dan membeli susu formula untuk anak, alangkah baiknya jika orangtua memahami kandungan zat atau nutrisi yang baik untuk perkembangan otak dan pertumbuhan tulang yang berpusat pada usus. Dengan begitu, orangtua bisa menentukan susu yang yang sesuai dengan usia anak. Bagian terpenting dalam memilih susu formula sebagai alternatif pengganti ASI adalah kandungan nutrisi yang terdapat di dalamnya. Orangtua bisa memilih susu yang memiliki kandungan seperti AA, DHA dan nutrisi lain yang dibutuhkan untuk perkembangan otak dan tubuh. Hal lain alah yang tak kalah penting adalah mengetahui terlebih dahulu, apakah anak memiliki alergi terhadap susu atau efek samping dari mengonsumsi susu dalam jangka panjang. Misalnya susu yang di konsumsi mengakibatkan reaksi yang bisa membuat fungsi organ tubuh menjadi terganggu seperti sering batuk, terganggunya saluran pencernaan atau panas. Jadi, pilihlah susu balita yang tepat untuk anak-anak tercinta. 


12 comments:

  1. Kalau saya mah tidak ikut ikutan mbak tapi biasanya suka ibunya yang memilihnya, kalau saya mah tidak penting susu itu berkualitas baik atau yang lainnya yang penting mah sehat dan tidak membahayakan anak tentunya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Tugas memelihara, memperhatikan, bahkan hingga memilih susu pun bukan hanya tugas istri lho Kang..hehe

      Delete
  2. Susu punya peran penting ya Mbak, tapi jarang orang tua memperhatikan kandungan nutrisi susu. Asal si anak suka dan gak berpengaruh buruk ke tubuhya, anggap aja cocok..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mbak Yun, padahal susu memiliki peranan cukup penting buat perkembangan anak

      Delete
  3. pilih2nya jadi lebih susah krn semua punya kelibhan masing2 ya mba...tp pilihan biasanya jatuhnya cocok2an juga ke selera anak2

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya juga sih mbak Ophi, kadang orangtua sudah milih yang dirasa bagus ternyata si anak nggak cocok

      Delete
  4. nice share mba. kini saya dan istri saya sedang berjuang menaikkan berat badan si sekecil. mohon doa agar ia sehat selalu.

    Salam sejuk dari Bandung :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. makasih mas Okky..semoga si kecil selalu sehat dan tumbuh kembang dengan baik ya ;)

      salam hangat dari Semarang

      Delete
  5. ayo berikan nutrisi yang terbaik untuk anak, supaya mereka tumbuh jadi anak yang sehat cerdas dan multi talent

    ReplyDelete
    Replies
    1. Siap mbak Ev..semoga makin banyak orangtua yang concern soal ini ya :)

      Delete
  6. Anakku minum susu semua, aku dulu juga pilih-pilih susu. Lihat yang kandungan gizinya memenuhi syarat tapi kalo bisa nggak mahal. Kalo si sulung emang minumnya milih-milih karena tenggorokannya mudah iritasi kalo minum susu sembarangan. Kudu morinaga, tapi lumayan tuh dulu dapat mainan yang bagus buat merangsang perkembangan motorik anak.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Emang harus begitu mbak...orangtua kudu concern dan tahu pasti kandungan apa saja yang terdapat di susu pertumbuhan anak-anaknya.

      Delete

Terima kasih sudah berkunjung dan tidak meninggalkan link hidup. Jangan lupa komentarnya yaaa.....
bundafinaufara.com

ID Corners

ID Corners

KEB

BRID

Blogger Perempuan

Fun Blogging Community

IDFB

Blogger Muslimah

Gandjel Rel

IIDN

IIDN

Warung Blogger

Warung Blogger

KOPI

KOPI

Copyright © My Life on Words | Powered by Blogger

Design by Anders Noren | Blogger Theme by NewBloggerThemes.com