Sunday, 6 November 2016

# Jelajah Gizi # Jelajah Gizi Minahasa

Fillet Kakap Cabai Hijau, Olahan Mudah, Lezat nan Bergizi

Dear Friends,
Saya bersyukur memiliki suami dan anak-anak yang tak pernah rewel soal makanan. Ibaratnya, apapun yang yang terhidang di atas meja makan pasti mereka makan. Sebisa mungkin saya selalu menyediakan makanan yang bergizi dan seimbang. Makanan bergizi tak harus mahal. Pandai-pandainya kita sebagai ibu rumah tangga saja yang mengaturnya. Lauk pauk biasanya saya selang-seling. Untuk memenuhi kebutuhan protein anak-anak yang masih dalam pertumbuhan, saya selalu berusaha menyediakan lauk yang memiliki kandungan protein, baik protein hewani maupun nabati. Kebutuhan protein nabati bisa terpenuhi dari tempe atau tahu. Sedangkan untuk kebutuhan protein hewani bisa dipenuhi dari ikan baik ikan laut maupun ikan tawar, telur, daging sapi atau daging ayam.

Sebagai kota pesisir, Semarang kaya akan hasil laut terutama ikan. Saya sangat beruntung karena bisa menemukan berbagai jenis hasil laut dengan mudah dan murah. Mau ikan segar atau ikan olahan seperti panggang ikan pari hingga ikan manyung juga ada. Yang lebih menyenangkan bagi ibu rumah tangga seperti saya adalah harga ikan dan hasil laut lainnya sangat  terjangkau. 

Ibu rumah tangga, selain harus pintar mengatur keuangan keluarga tentunya juga harus pandai berkreasi dalam hal makanan. Tujuannya? Tentu agar keluarga tidak bosan dengan olahan makanan yang itu-itu saja. Apalagi anak-anak saya cukup gemar makan ikan. Jadi seminggu sekali atau dua kali pasti saya membuatkan lauk ikan pada mereka. Seperti yang saya lakukan beberapa hari yang lalu. Saya mengolah fillet ikan kakap menjadi masakan yang berbeda dari biasanya. Biasanya fillet ikan kakap hanya saya goreng tepung kemudian di beri saus asam manis, sampai-sampai anak-anak protes karena bosan. 

Fillet ikan kakap seberat 500 gram saya olah menjadi masakan kakap cabai hijau. Cara memasaknya cukup praktis dan mudah. Rasanya juga tak kalah lezat dari olahan ikan lainnya. Mau tahu cara membuatnya?

Fillet kakap cabai hijau
Bahan  :
500 gram fillet ikan kakap
5 buah cabai hijau besar
2 siung bawang putih
5 butir bawang merah
2 sdm kecap manis
1/2 sdt gula pasir
1/2 sdt garam
100 ml air
Minyak untuk menggoreng

Cara membuat  :
1.  Iris fillet ikan kakap, tidak terlalu tebal dan tidak terlalu tipis
2. Panaskan minyak dalam wajan. Goreng irisan fillet kakap hingga kering. Angkat bila sudah berubah warna.
3. Iris bawang merah, bawang putih dan cabai hijau.
4. Tumis bawang merah dan bawang putih hingga harum. Masukkan cabai hijau, tumis hingga layu.
5. Masukkan fillet ikan kakap goreng, aduk hingga rata.
6. Tambahkan bumbu-bumbu lain seperti kecap, gula pasir, garam dan sedikit air. Aduk rata, biarkan hingga air menyusut. 
7. Koreksi rasa. Bila rasa sudah pas, hidangkan fillet kakap cabai hijau dengan nasi hangat.

Sebagai informasi, ikan kakap memiliki kandungan dan nutrisi yang sangat baik untuk membantu pertumbuhan dan perkembangan anak-anak. Kandungan gizi yang terdapat pada ikan kakap antara lain Selenium, Vitamin A, Kalium, Omega 3 Asam Lemak. Apa saja manfaatnya?
  • Selenium, selenium bermanfaat untuk mendukung fungsi sel darah putih dan diperlukan untuk kelenjar tiroid agar dapat berfungsi dengan benar. Selenium adalah antioksidan yang dapat mencegah senyawa radikal bebas menyebabkan kerusakan DNA yang dapat menyebabkan penyakit rheumatoid arthritis, kanker dan penyakit jantung. 
  • Vitamin A, vitamin A penting sekali untuk sistem kekebalan tubuh, juga untuk produksi dan pemeliharaan tulang dan kesehatan kulit dan mata. Vitamin A juga berperan dalam sel reproduksi dan diferensiasi. 
  • Kalium, kalium merupakan zat yang dapat berguna sebagai mineral dan elektrolit. Kalium ini diperlukan oleh tubuh untuk memicu enzim yang dibutuhkan dalam metabolisme energi dan untuk kesehatan jantung dan rangka otot untuk berkontraksi dengan baik. 
  • Omega 3 Asam lemak. Dengan mengkonsumsi ikan yang kaya akan asam lemak omega-3 secara teratur secara signifikan dapat mengurangi risiko penyakit jantung, aterosklerosis (penyumbatan pada pembuluh darah) dan kolesterol tingg. 
Ikan kakap terdiri dari beberapa jenis, diantaranya yaitu ikan kakap merah dan ikan kakap putih. Ikan kakap ini merupakan ikan yang hidupnya berkelompok di dasar karang dan terumbu karang. Bentuknya bulat pipih dengan sirip panjang. Tekstur dagingnya yang lembut dan gurih membuat ikan ini digemari banyak orang termasuk anak-anak saya.

Bagi ibu rumah tangga seperti saya, apapun bahan makanannya kalau diolah dengan kreatif pasti akan menjadi sesuatu yang spesial dan lezat. Karena masakan yang lezat akan selalu lekat dan diingat.

http://www.sarihusada.co.id/Nutrisi-Untuk-Bangsa/Aktivitas/Jelajah-Gizi/Jelajah-Gizi-4-Membedah-Nilai-Gizi-Masakan-Minahasa




24 comments:

  1. Berarti beruntung ya ibuku, punya anak dan suami yang gak rewel juga soal makan(an) :)

    Kalau di sini, ikan kakap itu paling enak jika diasinin. Dagingnya yang tebal enak banget dimakan sama nasi minyak khas Palembang mbak. Slruppp

    omnduut.com

    ReplyDelete
    Replies
    1. Pasti lah..kalo anak sama suami rewel soal makanan yang rempong emak-emak juga. Hihi.
      Waah..boleh doong kapan-kapan berbagi resepnya :D

      Delete
  2. Mba,aku juga suka ikan kakap..boleh d coba ni resepnya, makasih yaa mba

    ReplyDelete
    Replies
    1. Siip..gampang banget kan cara masaknya?

      Delete
  3. Alhamdulillah, di rumah pada suka ikan.
    Kandungan gizinya banyak dan bagus untuk tubuh ya Mba

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah seneng ya kalo di rumah suka semua sama ikan, jadi bisa makan semua :D

      Delete
  4. Ku suka olahan hasil laut juga, ntar nyobain ah resepnya 😊

    ReplyDelete
  5. wahhhh itu makanan kesukaanku...bagi2 dong kalo masak ikan...

    ReplyDelete
  6. Replies
    1. siiip..praktek trus ntar aku yang nyobain ya :D

      Delete
  7. Benar-benar bergizi tinggi ya Mbak. Aku mau coba resepnya Mbak Ika nih :) foto filetna bikin laper :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Betuuul mbak Wahyu..silahkan dicoba, pasti nambah terus

      Delete
  8. Ini coock dilidahku Mbak. Apalagi kalau pedas. Ehm...nyaamii..sayangnya di sini kakap agak susah Mbak. Kalau beli harus pesen dulu sama tukang ikan.

    ReplyDelete
    Replies
    1. waaah...pasti nambah terus nasinya ya Ummi Ghifa

      Delete
  9. anak2ku suka fillet ikan kakap biasanya digoreng krispi gitu...kapan2 dibumbu ini deh

    ReplyDelete
    Replies
    1. Anakku sudah bosen kalo cuma digoreng crispy mbak Ningrum, makanya aku bikin resep ini. Dan mereka sukaa

      Delete
  10. Saya suka...saya mau ....
    Dikirim dong kakaaakk....

    ReplyDelete
  11. Whaaaa semoga menang ya mbaaak, ikutan juga yaaa... Saya suka ikan dan seafood, dan ga pilih-pilih makananan, yuk kita makan makan hahahaha

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aamiin....semoga kita menang ya mbak Rora, biar bisa halan-halan bareng. Pengeeeen banget bisa ke Manado :)
      mari kita makan ikaaan

      Delete
  12. Ternyata kandungan ikan itu banyak juga, saya cuma taunya Omega 3 aja :D, jadi nambah informasi nih baca artikelnya Mba.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mbak Ipeh...dulu aku tahunya ikan itu pokoknya mengandung protein aja malah..hehe, padahal banyak kandungan lain yang bermanfaat bagi kita

      Delete

Terima kasih sudah berkunjung dan tidak meninggalkan link hidup. Jangan lupa komentarnya yaaa.....
bundafinaufara.com

Follow Me @ikapuspita1