Monday, 14 November 2016

# Lifestyle # Review

Langkah Mudah Merawat Perabot Rumah

Dear Friends,

Pekerjaan ibu rumah tangga itu tidak jauh-jauh dari urusan dapur, sumur dan kasur. Memasak, mencuci atau bersih-bersih dan mengurus anak. Ya, nggak? Meskipun sekarang banyak juga ibu rumah tangga yang punya asisten rumah tangga, tapi nggak mungkin juga urusan domestik rumah dipasrahkan begitu saja pada asisten rumah tangga. 

Saya sendiri sejak masih kecil sudah dibiasakan mengerjakan pekerjaan rumah tangga. Apalagi kalau bukan tugas cuci piring dan menyapu seluruh rumah. Kemudian, menginjak remaja saya sudah diberi tugas tambahan mencuci pakaian dan menyetrika. Setelah bertambah usia, saya wajib tahu bumbu-bumbu dapur dan belajar memasak. Menurut Ibu saya, anak-anak perempuan wajib dibekali "life skill" seperti itu. Jadi, kalau suatu saat menikah sudah memiliki bekal yang cukup untuk mengurus rumah tangga. Atau kalau kita harus jauh dari orangtua, kita sudah siap mengerjakan segala sesuatu sendiri.

Memang bener sih, apa yang diajarkan Ibu pada saya berguna sekali saat saya merantau hingga kemudian menikah. Saya yang sudah terbiasa mengerjakan pekerjaan rumah tangga, merasa biasa-biasa saja ketika menikah dan mengurus rumah tangga. Semua yang diajarkan oleh Ibu, benar-benar saya terapkan ketika menjadi ibu rumah tangga. Termasuk tentang cara merawat perabot rumah tangga.

Dulu, Ibu selalu mencuci piring menggunakan sabut kelapa dan abu gosok yang dicampur dengan sabun krim. Beliau selalu menyarankan untuk mencuci gelas, piring dan peralatan makan terlebih dahulu baru kemudian mencuci peralatan masak. Dulu Ibu memasak menggunakan kompor biasa, yang kadang membuat pantat panci menjadi gosong. Jadi, peralatan memasak selalu di cuci belakangan. 

Peralatan memasak yang pertama kali saya beli adalah teflon anti lengket dan ceret untuk menjerang air. Saat itu yang kepikiran adalah saya butuh teflon untuk membuat telur dadar dan memanggang roti. Saat itu mbak-mbak pramuniaga toko juga menawarkan sabut untuk mencuci teflon.

Sabut Spons Hijau (ID30)

"Supaya lapisan anti lengketnya nggak cepat terkelupas, mencucinya pake sabut spons ini, Bu,"ujar si mbak pelayan seraya  menyodorkan sabut spons bermerk Scotch-Brite.

Si mbak kemudian menjelaskan cara menggunakan sabut spons dua warna tersebut. Sabut spons hijau (ID 30) digunakan untuk membersihkan peralatan masak, sedangkan sabut spons anti gores (ID37) digunakan untuk membersihkan alat makan dan peralatan masak anti lengket (teflon).

"Jangan sampai keliru ya, Bu,"pesan si Mbak.

Saya ingat baik-baik kata si Mbak. Sejak itulah saya selalu memakai sabut spons Scotch-Brite. Meski harganya lebih mahal dari sabut spons yang lain, tapi Scotch-Brite ini lebih awet.

Scotch-Brite (ID37) untuk peralatan anti gores

Memang betul istilah ada harga ada rupa. Scotch-Brite lebih mahal karena mengandung serat dan mineral berkualitas serta teknologi yang ampuh untuk membersihkan kotoran. Buat saya sih, nggak masalah. Yang penting perabot rumah saya bersih dan terawat.

Scotch-Brite memiliki beberapa jenis produk sabut spons, dengan warna dan fungsi yang berbeda-beda, antara lain :
  • Sabut Spons Scotch-Brite Hijau (ID 30) untuk mencuci alat masak.
  • Sabut Spons Scotch-Brite Kuning Anti-Gores (ID 37) untuk mencuci alat makan dan alat masak teflon/anti-lengket, warnanya pink.
  • Sabut spons Scotch-Brite khusus untuk mencuci botol minum anak, berwarna pink tetapi bentuknya lebih panjang.
  • Sabut Spons Scotch-Brite  warna putih  untuk mencuci peralatan makan anak-anak.
  • Sabut Spons Scotch-Brite warna biru untuk mencuci peralatan memasak anti-lengket.
Semua produk Scotch-Brite memiliki keunggulan 3x Cepat Bersih 3x Tahan Lama. Kalau tahan lebih lama pastinya lebih awet dan lebih hemat, dong. Pas banget dengan prinsip para ibu rumah tangga, kan.

Ada beberapa langkah mudah untuk merawat perabot rumah, diantaranya :
  1. Buang kotoran yang menempel pada peralatan makan sebelum di cuci
  2. Pisahkan peralatan makan, gelas dan peralatan masak sebelum dicuci
  3. Gunakan sabun pencuci piring dan sabut yang tepat saat mencuci perabot
  4. Segera bersihkan atau cuci perabot rumah begitu kotor
  5. Keringkan perabot setelah dicuci atau sebelum diletakkan di lemari/rak piring
Nah, itu tadi cara mudah membersihkan perabot rumah ala saya. Boleh dicoba, loh.

18 comments:

  1. Selain spon na, sabun/detergennya juga mempengaruhi ya. kesat bersihnya tetep beda, hehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mbak Wahyu..ada kan yang cuma pake sabun dikit tapi efektif membersihkan kotoran dan lemak

      Delete
  2. Emang betul, Scotch Brite lebih mahal... tapi awetnya bisa sampe berbulan-bulan. Anakku jadi pinter cuci piring, soalnya beda juga sih bersihnya sama sabut biasa

    ReplyDelete
    Replies
    1. Betul Teh..makanya aku setia pake scotch-brite ini..

      Delete
  3. Salam blogger mba ika dari garo-blog.com .....Syuperrr yekalii mba ikaa artikelanya...memang itu gampang-gampang susah buat membersihkan perabotann di rumahhh....tapi itu kan sudah menjadi kebiasan..kalo seaandainya perabotan kita kotor pastii gk enakk diliatnyaa...mungkin itu akan menjadi sarang penyakitt...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Salam blogger :)
      makanya untuk membersihkan perabot rumah pun harus memilih peralatan yang benar.

      Delete
  4. aku mau scoth brite jg ah, byr cpet klok cuci piring, dan yg paling utma bersih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Siip, Muma...pake scotch-brite yang ampuh dan terpercaya :D

      Delete
  5. Pakai Scoth-brith membersihkan perabot itu lebih enteng. Saya enggak perlu pakai abu gosok lagi (ampuuun daah saya ndeso banget)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hihi..akupun pernah pake abu gosok loh, duluu
      Tapi sekarang mah..cukup pake sabut scotch-brite aja, udah bersih

      Delete
  6. Mb ita jarang keliatan, lagi sibuk jalan jalankah hihi
    Aku saat ini pake spons yang disebutin di atas, selain biar tetep lembut, piring jg nnda borat baret

    ReplyDelete
    Replies
    1. hihi..iya nih, lagi jarang nulis Te Mbul. Eeh malas keterusen
      Pake scotch-brite memang enak kan..3x lebih cepat bersih

      Delete
  7. enak kalau pake Scotch-Brite. Awet :)

    ReplyDelete
  8. Pilih-pilih spons juga kudu telaten ya, aku juga pake Spons Scotch-Brite Hijau, hehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mbak...salah pilih malah nggak awet, deh.

      Delete

Terima kasih sudah berkunjung dan tidak meninggalkan link hidup. Jangan lupa komentarnya yaaa.....
bundafinaufara.com

Follow Me @ikapuspita1