Sunday, 25 December 2016

# Lifestyle # Tipsku

10 Cara Mengatur Peralatan Dapur Dengan Ruang Kecil

Banyaknya peralatan masak yang dimiliki kadang membuat kita sebagai ratu rumah tangga bingung untuk menyimpannya. Apalagi kalau ternyata dapur yang kita miliki tidak lah besar. Pasti kita akan sulit menata semua peralatan masak yang kita punya. Tetapi tak perlu khawatir karena ada beberapa cara untuk menyimpan semua perlengkapan peralatan masak yang kita miliki didapur agar menjadi lebih tertata rapih.  


  • Buatkah gantungan di sisi dinding dapur, fungsinya adalah untuk menyimpan berbagai jenis panci yang kita punya. Disini juga kita bisa mengatur untuk menaruh panci yang sering dipakai agar mudah dicari. 
  • Jika mempunyai lemari di dapur, cobalah untuk memanfaatkan pintu lagi tersebut sebagai rak penyimpanan berbagai macam bumbu dapur disana. 
  • Kita juga bisa memanfaatkan area diatas tempat cuci piring, dengan memasang rak untuk menaruh piring serta gelas yang sudah dibersihkan. Selain berfungsi untuk menyimpan piring, gelas dan lainnya rak piring tersebut juga berfungsi untuk meniriskan air setelah dicuci. 
  • Atau  bisa juga memanfaatkan pintu kulkas. Dengan memasang magnet di bagian belakang tempat bumbu, kita bisa meletakan berbagai macam bumbu kering di bagian depan pintu kulkas. 
  • Untuk menyimpan resep atau menu makanan yang akan dibuat, moms bisa pintu laci tempat penyimpanan makanan atau peralatan dapur yang lain. Dengan begitu pada saat moms membutuhkannya, moms akan mudah menemukannya. 
  • Kita bisa menyulap wastafel dengan membuat laci benam, disitu kita bisa menaruh berbagai macam peralatan untuk mencuci piring seperti spons, sarung tangan, penyikat botol dan lainnya.
  • Untuk menyimpan talenan, nampan dan lainnya, kita bisa membuat sekat didalam cabinet yang ada didapur. Gunanya adalah untuk memudahkan kita dalam mengambil serta menata peralatan tersebut. 
  • Manfaatkan juga atap cabinet di dapur kita untuk menyimpan peralatan yang jarang dipakai. Seperti panci berukuran besa, panggangan dan lainnya. Karena biasanya peralatan tersebut hanya dipakai pada hari-hari tertentu saja. 
  • Kita juga bisa menumpuk beberapa peralatan masak, sehingga bisa menghemat ruangan penyimpanan. Sebagai contoh, kita bisa menumpukan beberapa piring dengan mangkuk atau wajan penggorengan dengan panci. 
  • Yang terakhir, manfaatkanlah sela-sela kecil didalam lemari makanan untuk menyimpan beberapa makanan kaleng seperti sarden atau kornet. Susunlah makanan kaleng tersebut diatas papan terbuka yang berbentuk vertikal, supaya  mudah untuk menjangkaunya.
Punya dapur kecil dirumah bukan berarti tidak bisa menyimpan banyak peralatan masak, kan. Selamat mencoba ya,  semoga tips di atas bermanfaat untuk para ibu rumah tangga seperti saya.


28 comments:

  1. Bisa ditiru nih. Barang2 di dapurku banyak, padahal dapurnya kecil. Suka bingung buat merapikannya. :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iyaa, samaa. Dapur di rumahku juga kecil, musti ada trik buat rapi2

      Delete
  2. Masih rencana buat bikin wastafel. :'D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hehe...musti punya trik biar tetep rapi ya meskipun ada wastafel nantinya

      Delete
  3. Kayanya cocok banget buat aku. :) Sumpek lihat peralatan dapur berserakan di mana2. :o

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hehe...toss. Peralatan dapur banyak tapi tempat kecil, susah ngaturnya ya :)

      Delete
  4. dapur jadi rapi dan masak jadi asyik

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya bu Ima, kalo dapur rapi maunya masak terus hehehe

      Delete
  5. Perlu ditiru nieh idenya mba... dapur yang rapi bakal bikin masak jadi nagih...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hehe..pastinya mbak Ira bakal betah di dapur deh.

      Delete
  6. wihh..mantaff nih ide nya mba...bagus nih solusinya memanfaatkan tempat peralatan dapur yang bisa digunakan dengan manata dengan baik

    ReplyDelete
  7. Dapurku juga kecil, boleh banget neh pake cara mba Ika buat mengatur peralatan dapur. TFS mba

    ReplyDelete
    Replies
    1. Selamat mencoba ya Teh Lis, yang pasti dapur jadi lebih rapi deh

      Delete
  8. Kalau dapur udah bersih, mau masak juga nyaman ya, Mbak :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya Ma Chi...jadi betah deh berlama-lama di dapur :D

      Delete
  9. paling sering bikin gantungan di dapur mbak ika :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hehe iya..praktis buat gantung2in panci dan sebagainya ya Pai

      Delete
  10. selalu suka dengan tulisan yang membahas dapur, dapur yang rapi bikin makin semangat masak

    ReplyDelete
    Replies
    1. hehe...sama mbak, aku juga suka kalo bahas seputar urusan ibu rumah tangga kayak gini

      Delete
  11. Pingin banget punya dapur idaman seperti di atas Mbak. Dapurku masih ala desa, belum lengkap :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. akupun mbaak, aku pengen banget punya dapur yang rapi modern gitu

      Delete
  12. Bisa ditiru bingits inii. Apalagi aku suka lupa naro printilan dapur. Ujungnya beli lagi, beli lagi, hahaha.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hehe..sering ketlingsut ya mbak, kalo sudah tertata begini kan jadi nggak ribet nyarinya

      Delete
  13. nah ini nih, aku lg cari ide utk ngerenovasi dapur soalnya mbak.. dapurnya kecil tp printilannya banyak ;p.. jd kesannya smakin sempit dan berantakan :(

    ReplyDelete
  14. Dapur aku pun secimiiiit hahahah dan ya gitu, pake gantungan2 biar semua peralatan cukup & bisa leluasa masak :D

    ReplyDelete
  15. Terima kasih tipsnya bunda Ika, kebetulan rumah saya termasuk kecil jadi dapurnya juga kecil.

    ReplyDelete

Terima kasih sudah berkunjung dan tidak meninggalkan link hidup. Jangan lupa komentarnya yaaa.....
bundafinaufara.com

Follow Me @ikapuspita1