Friday, 17 March 2017

# Islam # Lifestyle

Yuk, Hitung Zakatmu Dengan Kalkulator Zakat!


Dear Friends,

Saya yakin kalian semua pasti tahu bahwa di dalam harta kita ada hak orang lain yang musti kita keluarkan. Saya juga percaya semua umat muslim tahu bahwa zakat merupakan salah satu dari rukun Islam yang wajib dikerjakan bagi yang mampu dan memiliki harta yang sudah mencapai nishab. Zakat berfungsi membersihkan harta kita dan memberikan rasa tenteram apabila kita telah menunaikannya. 

Dalam Al-Qur'an pun dijelaskan “Ambillah zakat dari sebagian harta mereka, dengan zakat itu kamu membersihkan dan mensucikan mereka, dan mendo`alah untuk mereka. Sesungguhnya do`a kamu itu (menjadi) ketenteraman jiwa bagi mereka. Dan Allah Maha Mendengar lagi Maha Mengetahui”. (QS. At-Taubah:103)

Lalu kemana kita musti menyalurkan zakat kita?
Dompet Dhuafa adalah lembaga nirlaba milik masyarakat Indonesia yang berkhidmat mengangkat harkat sosial kemanusiaan kaum dhuafa dengan dana ZISWAF (Zakat, Infak, Sedekah, Wakaf). Dompet Dhuafa akan terus mewujudkan masyarakat berdaya yang bertumpu pada sumber daya lokal melalui sistem yang berkeadilan.

Tentang Zakat

Ada 3 jenis zakat yang wajib kita ketahui, antara lain Zakat Maal, Zakat Harta Penghasilan dan Zakat Harta Simpanan. Zakat Maal adalah zakat yang dikeluarkan dari harta apabila sudah mencapai batas tertentu dan dalam waktu tertentu. Harta yang dimaksud di sini adalah sesuatu yang dapat dimiliki atau dikuasai dan dapat dipergunakan atau dimanfaatkan. Zakat Penghasilan dikenakan pada seorang karyawan atau profesional seperti dokter, pengacara, arsitek dan lainnya yang memiliki penghasilan rutin dan telah mencapai nishab.Zakat Simpanan dikenakan kepada seseorang yang memiliki harta simpanan baik berupa uang, emas, maupun perak. Zakat harta simpanan dikeluarkan setelah jatuh tempo satu tahun (haul). Nishabnya adalah senilai 85 gram emas atau 20 dinar. Zakat yang harus dikeluarkan adalah 2,5% dari total harta yang disimpan.

Dompet Dhuafa  menyalurkan zakat yang kita keluarkan kepada masyarakat yang membutuhkan. Ada 4 bidang yang menjadi concern Dompet Dhuafa antara lain bidang kesehatan, pendidikan, ekonomi dan pengembangan sosial. 

Imam Baihaqi, Pimpinan Cabang DD Jateng
Pimpinan Cabang Dompet Dhuafa (DD) Jateng Imam Baihaqi  menyampaikan beberapa program Dompet Dhuafa yang telah dilaksanakan di beberapa kota. Dompet Dhuafa mendirikan sekolah asrama Smart Ekselensia di Parung Bogor yang ditujukan bagi siswa berprestasi dari kalangan kurang mampu. Sedangkan di bidang kesehatan, kini telah berdiri Rumah Sehat Terpadu yang akan memberikan pelayanan kesehatan gratis bagi kaum dhuafa. Meski gratis, fasilitas dan pelayanan yang diberikan berkualitas.

Untuk mempermudah masyarakat menyalurkan zakat, pada tanggal 10 Maret 2017 lalu di D'Cost Resto Semarang Dompet Dhuafa meluncurkan sebuah website atau landing page bernama kalkultorzakat.com. Website ini bertujuan untuk memberikan edukasi, informasi seputar zakat juga cara penghitungan zakat yang benar.

landing page kalkulatorzakat.com
Selain mendapatkan informasi tentang zakat, kita juga bisa secara langsung menghitung zakat kita sendiri dan bisa langsung membayarkannya apabila telah mencapai nishab, yaitu apabila penghasilan kita setara dengan 522 kg beras. Zakat yang harus kita keluarkan adalah sebesar 2,5% dari total penghasilan kita sebelum dikeluarkan untuk kebutuhan sehari-hari.

Lalu bagaimana bila penghasilan kita belum mencapai nishab?

Bila penghasilan kita belum mencapai nishab, kita bisa mengeluarkannya dalam bentuk sedekah ataupun infak. Selalu ada cara untuk bisa membantu orang lain.

Program One Month One Care

Dompet Dhuafa juga memiliki program lain yaitu gerakan One Month One Care. Gerakan one month one care ini adalah gerakan untuk mengajak masyarakat untuk peduli pada sesama, yang membutuhkan bantuan dengan cara berdonasi setiap bulan. Hasil donasi nantinya disalurkan kepada masyarakat yang membutuhkan melalui program-program yang dimiliki Dompet Dhuafa.

Satrio Prajab, Fund Raising DD Jateng
Satrio Prajab koordinator Fund Raising DD Jateng menjelaskan bahwa program One Month One Care telah berjalan dengan melakukan advokasi kepada masyarakat yang membutuhkan. Program One Month One Care melakukan advokasi terhadap 258 anak tuna rungu, agar mereka juga memiliki masa depan. Tak hanya itu, seorang Ibu di daerah Mijen dan manusia kayu dari Sragen juga dibantu Dompet Dhuafa. Hal ini diharapkan mampu membuka mata hati dan kesadaran kita, betapa masih banyak orang di sekitar kita yang membutuhkan bantuan.

Gerakan One Month One Care juga membutuhkan dukungan dari masyarakat untuk menginformasikan keberadaan orang-orang yang membutuhkan uluran tangan kita. Beberapa komunitas juga telah bergabung dengan program One Month One Care antara lain Komunitas Runners, Komunitas 1000 Guru, Komunitas Ko-Jek dan Komunitas Mahasiswa Berbagi. Mereka merasa bangga bisa turut andil dalam program One Month One Care dan merasa mendapatkan wadah untuk berbagi pada sesama.

Hitung zakatmu, Bayarkan maka Tenteram hidupmu.



16 comments:

  1. Alhamdulillah yaa mb, ada sudah ada KalkulatorZakat, smg banyak ummat muslim yang tergerak hatinya untuk berzakat..Aamiin

    ReplyDelete
  2. Kak, maaf link yang mengarah ke kalkulatorzakat ko mengarahnya ke mercusuar ya... ??

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sudah bener link nya kok mas, coba aja. Saya klik tadi bisa ke web kalkulator zakat

      Delete
  3. makasih banget infonya mbak Ika, berguna banget nih.. eh link nya bisa kok.. sip!

    ReplyDelete
  4. Baru tahu ini Mbak Ika. Hem.. memang deh, yang dihitung tu kita ngeberi ke orang lain, ya. Tapi sering merasa sayang bange. Hiksss...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Memang baru launching nih Mbak Wahyu, biar yg mau berzakat makin mudah

      Delete
  5. Selain tentram tambah berkah dan tambah banyak rezekinya jika kita keluarkan zakat dan infaknya ya mbak

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mbak vita...banyak memberi makin banyak rezeki

      Delete
  6. Alhamdhulilah ada kalkulator zakat membantu banget ya mbak jd kita tau harus bayar berapa ya mbak

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya say...memudahkan kita yang kesulitan ngitung zakat dg benar

      Delete
  7. Semoga makin banyak orang sadar zakat dengan adanya webaite ini. Aamiin..

    ReplyDelete
  8. wah aku bisa ngitung zakat di situ yah, jadi ingat bulan ini belum setor zakat, makasi infonya mbak

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bisa mbak Ev, ngitung dan bayar zakat sekarang jadi lebih gampang

      Delete

Terima kasih sudah berkunjung dan tidak meninggalkan link hidup. Jangan lupa komentarnya yaaa.....
bundafinaufara.com

Follow Me @ikapuspita1