Friday, 5 May 2017

# Ads # Finansial

Pakai 5 Cara Ini Supaya Uang Bulananmu Tidak Cepat Habis


Dear Friends,

Adakah diantara teman-teman yang tinggal di kost? Nah, bagi kalian yang sekarang sedang tinggal di kost atau istilahnya "ngekos", baik untuk keperluan pendidikan maupun pekerjaan, tentunya harus menghemat biaya bulanan, ya.  Hal ini dilakukan agar anggaran bulanan tidak habis sebelum tanggal tua. Namun seringkali "konsistensi" tidak dimiliki oleh setiap orang, ada saja keperluan mendadak yang tidak bisa diprediksi sehingga uang habis sebelum tanggal tua. Kayaknya ini sudah seperti cerita klasik ya buat anak kost. Penyebab habisnya uang bulanan sebelum waktunya bisa jadi karena banyak hal. Bukan hanya karena terlalu banyak shopping, tetapi juga karena gagal berhemat. Gagal berhemat disebabkan karena sistem yang digunakan kurang tepat.

Nah, bagi kalian yang sering gagal berhemat, coba deh pakai 5 cara berikut ini agar uang bulananmu tidak cepat habis. Simak baik-baik, ya!

1. Belanja Sesuai Kebutuhan

Belanjakan uang bulananmu karena memang kalian butuh bukan karena kalian ingin. Biasanya saat mendapatkan uang gaji atau uang dari orang tua, kita akan langsung menyerbu toko swalayan atau mall untuk membeli barang-barang yang sebenarnya nggak perlu-perlu amat. Terkadang, kita rela membeli barang-barang paling "kekinian", padahal barang sejenis masih ada di rumah sendiri. Nah, mubazir kan. Jadi agar kalian bisa menyelamatkan uang bulanan kalian, sebaiknya belanjalah sesuai kebutuhan.

2. Survei Harga Tempat Makan

Meskipun berusaha untuk menghemat biaya bulanan, kalian juga masih bisa kok makan enak. Tapi sebaiknya sebelum makan di kafe, kalian cari tahu terlebih dulu harga makanan yang dijual di kafe maupun tempat makan lainnya. Kalian bisa saja melakukan survei harga dengan mengunjungi satu persatu tempat makan tersebut. Bisa juga dengan cara yang lebih mudah dan murah yaitu dengan melakukan browsing. Kalian bisa mengunjungi situs-situs brand kuliner lalu cek daftar harga yang ditawarkan oleh situs-situs tersebut. Selain itu kalian juga bisa melakukan survei harga lewat sosial media seperti Twitter atau Instagram. Pokoknya kalau kalian mau "ngirit", sebaiknya rajin-rajin deh survei harga makanan.

3. Gunakan Voucher

Sekarang ini lagi ngetren belanja lewat online shop ya. Ya karena belanja online memang lebih mudah dan efisien. Tinggal buka market place, lihat-lihat barang, pilih trus bayar. Nggak capek-capek lagi keluar rumah dn keliling mall. Ya, kan. Nah agar biaya bulanan kalian selamat dan tetap bisa berhemat, kalian bisa memanfaatkan online shop yang menawarkan promo berbentuk voucher. Salah satunya yaitu Blibli yang merupakan salah satu online shop berkonsep mall terbesar di Indonesia. Dengan menggunakan voucher Blibli ini, tentunya kamu bisa belanja keperluan bulanan dengan biaya yang lebih murah. Nah voucher Blibli 2017 ini bisa kamu temukan di situs Blibli maupun di beberapa situs yang berafiliasi dengan Blibli. Jadi, selamat berburu voucher ya!

4. Cuci Baju Sendiri

Di era yang semakin instan seperti sekarang, menggunakan jasa laundry untuk mencuci pakaian adalah pilihan paling umum. Namun sebenarnya kalian pun bisa mencuci pakaian sendiri, loh. Dengan mencuci pakaian sendiri, kalian bisa berhemat. Akhirnya uang yang harusnya keluar untuk laundry bisa disimpan atau ditabung.

5. Manfaatkan Wi-Fi Gratis

Jaman serba online membutuhkan kuota internet yang tak sedikit. Coba kalau nggak ada kuota, dunia seakan terasa hampa kan ya. Karena itulah kadang uang bulanan bisa cepat habis karena kuota internet yang membengkak. Nah supaya kalian bisa berhemat, kalian bisa menyiasatinya dengan manfaatkan fasilitas-fasilitas umum yang menyediakan akses Wi-Fi gratis. Lumayan kan, kita jadi bisa berhemat.

Coba deh kalian yang masih "ngekos" pakai 5 cara ini. Lumayan bisa berhemat, loh. Jadi kalian nggak bakal tekor dan uang bulanan kalian bisa bertahan sampai akhir bulan.


22 comments:

  1. Wegah aku nek kon cuci baju sendiri aku suka bagi2 rejeki ama orang londry kok mbak biar berkah rejekinya
    #padahalmales

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hehe...kalo punya duit lebih ya bagi2 rezeki aja ke londri ya, hihi. Kalo buat anak kost ya mending nyuci baju sendiri, lebih hemat kan

      Delete
  2. Wah aku kos duku selama kuliah ya nyuci sendiri di ember hehe, ama makan suka bekal dafi rumah ortu kalau pas pulang kaya abon, susu, mie, telur, bawa fice cooker, dulu mah aman cuma sms ma telfon, kakau sekarang atur uang dipos-posin, keluarin zakatnya terus ditabung, umpetin deh, jadi gak melampaui bugdet

    ReplyDelete
    Replies
    1. Siip banget nih ceu Vita, udah khatam caranya ngatur duit ya. Sejak
      Siip, deh

      Delete
  3. wkwkwk,, kalo uang mepet alhamdulillah ga mepet2 sama tempat makan yg aga hi-level mba. cukup sedia mi sekardus atau nempel manjah sama warung hik aja aku mah. *curcol* wkwkwkwk

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wkwkwk...jadi kudu punya siasat ya mbak Rahma. Nempel manjah ke warung ato nempel manjah ke pacar? Hayoh?

      Delete
  4. Jaman ngekost, aku nyuci dewe. Kalo kumat malesnya ya bawa pulang, nitip nyuci di rumah, hahahaa

    ReplyDelete
    Replies
    1. Haha..ini juga ngirit ya mbak, gak usah bayar londri, wkwkwk

      Delete
  5. Nyuci baju dewe sih eveyday Mbak, hihihi. Bahkan aku nuci sehari 2 kali pagi ma sore :D. Yang wifi gratis nih yang aku gabisa. Gada wifi soalnya :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Waah...rajin bangte mbak Wahyu, hihi. Mosok sih ga ada wifi, jaman sekarang dimana-mana ada wifi, mbaak

      Delete
  6. Bisa diterapkan sama ibu rumah tangga nggak? :v Hihihihihi

    ReplyDelete
  7. Terkadang Khilaf kalau sudah ketemu sama sesuatu yang menggiurkan, wkwkwk
    sulit Nahannya ... akhirnya Bocor deh keuangan ...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nah.. itu. Jangan sering2 jalan ke Mall..hehe

      Delete
  8. Ini buat IRT macam aku juga cocok, Mbak. Godaanku itu paling ke jajanan, Mbak. Aku kalo udah masuk toko sering kalap. Beli roti ini, eh Kak Ghifa nggak suka, tapi aku suka, ah beli yang lain. Wis pokoke urusan perut mulu yang tak pikir.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Haha...mirip2 sama aku, Diyanika. Kalo aku godaannya kalo liat sepatu. Kalo liat sepatu bagus, mata ijo langsung kalap beli deh

      Delete
  9. ahahha cuci baju sendiri emang bikin hemat banget mba. makanya aps kuliah jarang ngelaundry. bela2in agendain sabtu buat nyuci wkkwkw

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nah..ini nih anak kost-an ya, hehe. Rajin nih, punya agenda buat nyuci meskipun seminggu sekali ya

      Delete
  10. Waaah aku juga fakir wifi nih kak, cocok banget yang nomor 5 hahaha. Ayok segera cari wifian! :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wkwkwk...ayok, di Semarang banyak loh Lek.. :p

      Delete
  11. Poin pertama sepertinya berlaku juga untuk emak2 😄😄

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yups...bener banget mbak Rin, hehe

      Delete

Terima kasih sudah berkunjung dan tidak meninggalkan link hidup. Jangan lupa komentarnya yaaa.....
bundafinaufara.com

Follow Me @ikapuspita1