Friday, 2 June 2017

# Culinary # Lifestyle

5 Menu Buka Puasa Berbahan Ayam Yang Wajib Dicoba

Dear Friends,
Alhamdulillah ya, kita sudah beberapa hari menjalankan puasa. Makin semangat dong puasanya? Biasanya awal-awal puasa begini banyak undangan untuk buka bersama. Sekali-kali dong, ajakin teman-teman kalian buka puasa di rumah trus dimasakin makanan yang enak. Trus ajakin saya. Hehe, maunya. 

Bingung mau masak apa buat buka puasa di rumah? Sini saya bisikin menu buka puasa berbahan ayam. Gampang-gampang banget kok bikinnya. Masaknya juga nggak butuh waktu lama. Siapin catetan, ya!

1. Ayam Masak Kecap

Ayam masak kecap
Ayam masak kecap buatan saya ini bumbunya nggak ribet. Siapin ayam bagian apa saja 1 kg, potong sesuai selera. Cuci bersih, sisihkan. Haluskan bumbu-bumbu seperti 8 butir bawang merah, 4 siung bawang putih, 1 sendok teh ketumbar, 1/2 sendok teh merica, 1 ruas jahe dan 2 butir kemiri. Tumis bumbu halus sampai harum, masukkan ayam, aduk sampai rata. Tambahkan kecap secukupnya (kalau saya sih sampai warna ayamnya kecoklatan), tambahkan garam, gula dan kaldu bubuk (optional) semuanya sesuai selera ya. Aduk hingga bumbu tercampur rata. Masukkan air matang kira-kira 1 gelas belimbing, lalu ungkep ayam hingga air menyusut atau menjadi karamel. Koreksi rasa. Taburkan irisan daun bawang, ayam masak kecap siap dihidangkan. 

Lama persiapan dan proses memasak ayam kecap ini tak lebih dari 30 menit, kok. Cepet, kan?

2. Ayam Cabai Ijo

Ayam cabai ijo
Keluarga saya penyuka makanan pedas, jadi kadang-kadang saya masak ayam dengan bumbu pedas seperti ayam bumbu balado. Tapi anak-anak saya lebih suka ayam bumbu cabai ijo. Katanya mirip dengan masakan Padang. Padahal sebenarnya ini sih, cuma ayam goreng biasa yang saya cemplungin ke cabai ijo. Cara sih membuatnya juga gampang banget. Siapkan ayam, saya sih sukanya bagian paha. Siapkan bumbu untuk merebus ayam yaitu ketumbar, kunyit, jahe, lengkuas, kemiri, bawang putih yang dihaluskan. Tambahkan serai, daun salam, daun jeruk dan bumbu-bumbu seperti gula jawa dan garam, lalu rebus ayam hingga bumbu meresap dan ayam empuk. Angkat, lalu goreng hingga berwarna kecoklatan.

Sementara itu siapkan untuk bumbu cabai ijo-nya. Goreng 5 butir bawang merah, 1 siung bawang putih, 20 buah cabai ijo, 5 cabai rawit dan 5 buah tomat hijau hingga layu. Setelah dirasa cukup matang, angkat lalu haluskan. Tambahkan garam secukupnya. Etapi jangan terlalu halus juga sih, ngulegnya. Biar ada sensasi ngigit cabainya. Kalo sudah, siramkan diatas ayam yang sudah digoreng tadi.

Gimana, nggak susah kan resepnya?

3. Sop Ayam

Sop ayam
Salah satu menu favorit keluarga saya adalah sop ayam plus sayuran. Rasanya menurut saya nggak kalah kok dengan sop ayam Klaten yang terkenal itu *iya lah saya yang masak. LOL. Bikinnya juga gampang banget, kok.

Siapkan ayam (kalo saya sih sukanya yang ada tulangnya), potong kecil, cuci bersih. Rebus air kurang lebih 1 liter. Masukkan ayam, daun bawang dan seledri, wortel hingga mendidih. Haluskan 5 siung bawang putih, 1 sendok teh merica, pala (secukupnya) dan 1 ruas jahe. Masukkan ke dalam rebusan ayam. Tambahkan sayuran (optional) seperti kentang, kol, kapri dan kembal kol. Beri bumbu seperti garam dan gula. Aduk hingga rata. Koreksi rasa. Taburkan bawang merah goreng sebagai penyedap.

Tuuh, gampang kan.

4. Ayam Teriyaki

Ayam teriyaki
Ayam teriyaki ala Jepang ini juga gampang banget cara membuatnya. Bahannya 1/2 kg filet dada ayam, dipotong kecil, kemudian di cuci bersih. Siapkan bumbu-bumbunya seperti 1 buah bawang bombay, 3 siung bawang putih, saus teriyaki, 1 sendok makan minyak wijen, 1/2 sendok teh merica bubuk, 2 sendok makan kecap manis, gula dan garam.

Iris bawang bombay, bawang putih kemudian tumis hingga harum. Masukkan ayam, aduk rata. Tambahkan bumbu-bumbu seperti saus teriyaki, minyak wijen, kecap manis, gula dan garam. Tambahkan air sedikit aja, tunggu hingga air menyusut. Koreksi rasa. Ayam teriyaki siap dihidangkan. Super gampang, kan.

5. Rica-rica Ayam


Rica-rica ayam
Rica-rica ayam ini kayaknya favorit banyak orang, terutama penyuka makanan pedas. Pengen bikin juga? Siapin bahan-bahannya ya. Satu ekor ayam, potong menjadi beberapa bagian (paling enak bagian paha), cuci bersih, lumuri dengan air jeruk nipis. Haluskan 10 butir bawang merah, 6 siung bawang putih, 12 buah cabai merah, 10 buah cabai rawit dan ½ sdt merica. Jangan lupa tambahkan 2 batang serai, daun jeruk dan tomat ya.

Goreng ayam setengah matang saja. Kemudian tumis bumbu halus sampai harum, masukkan serai, daun jeruk, tomat, aduk-aduk. Masukkan daging ayam, aduk sampai bumbu tercampur rata. Tambahkan gula, garam dan air secukupnya. Masak sampai air menyusut, ya. Koreksi rasa. Rica-rica ayam dah siap, pun.

Nah, gimana teman-teman. Resepnya gampang-gampang, kan. Menu-menu berbahan ayam ini cocok dimakan saat buka puasa. Boleh juga loh, buat menu bukber di rumah.

Kalo udah masak begini, ajakin saya bukber di rumah kalian doong. Haha. Selamat mencoba resepnya, ya!




24 comments:

  1. wah makanannya enak-enak nih yummy :)

    ReplyDelete
  2. Mbak minyak wijen gitu belinya di mana sih? di minimarket ada nggak? Aku belum pernah masakan pakai minyak wijen.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ada kok di supermarket, kalo aku sih biasanya beli di ADA Swalayan, hehe

      Delete
  3. Rica nih Mbak Ika, anak2 ma masbojoku suka :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Waah...sama dong dengan suami dan anak-anakku, mbak

      Delete
  4. Baca post ini, cacing2 d perutku langsung nyanyi mb. Bisa d coba resepnya, simpel.sy pasti bisa....hihihi.
    Menyemangati diri sendiri

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hihi...pasti bisa mbak Yun, cara bikinnya kan gampil banget

      Delete
  5. Masalah ayam memang selalu enak mba. Apalagi menjadi menu berbuka. Sayang anak kost tak selalu berjumpa dengan yang gurih2 kayak begini hihi

    ReplyDelete
    Replies
    1. Duuh...nasib anak kost ya..hihi. Sekali-kali boleh lah makan ayam, biar ada gizinya :D

      Delete
  6. Ayam teriyaki sepertinya saya suka, dan itu kayaknya ada bawang bombanynya ya Mbak, saya paling suka dengan bawang bombay ^^

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya ada bawang bombaynya, aku juga suka bawang bombay..hehe

      Delete
  7. Wah boleh juga tuh resep ayamnya, lagi gak nyetok ayam, besok kalau ada ayam di kulkas tak cobain resepnya 😊

    ReplyDelete
    Replies
    1. beli ayam yang dingin segar mbak Vita...trus nyobain semuanya

      Delete
  8. kalau masak salah satu dari makanan-makanan diatas kabari aku yaa mbak...ntar aku main ke rumah...hiihiihihi

    ReplyDelete
    Replies
    1. haha..oke deh Pai, asal mau dolan ke rumah aja..:D

      Delete
  9. suamiku ga doyan pedes jadi ga seru klo aku masak ayam ijo atau rica xixixi paling banter ayam goreng, opor atau kecap klo aku si mba

    ReplyDelete
    Replies
    1. Oh gitu...padahal enak banget yak. Tapi gimana lagi kalo emang gak doyan pedes mah..

      Delete
  10. Alhamdulillah udah nyoba semuanya. Bingung juga milik mana yang paling da best :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Enak semua jadi bingung mo pilih yang mana ya mbak :D

      Delete
  11. aku juga suka banget ayam teriyaki. Gampang bikinnya, anak-anak juga suka. Nanti sayur aku mau bikin ayam teriyaki ach, ada ayam filet

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ayam teriyaki juga anak-anak suka banget, mbak. Paling enak kalo pake flllet, jadi anak-anak gampang makannya

      Delete
  12. aku dah coba ke 5 nya ramadhan ini. masak sop malah hari ini gara-gara bangun kesiangan dan baru sadar belum masak apa2.. ahhahah... paling cepat dan praktis banget itu sop.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mbak, masak sop yang paling gampang dan cepet, hehe

      Delete

Terima kasih sudah berkunjung dan tidak meninggalkan link hidup. Jangan lupa komentarnya yaaa.....
bundafinaufara.com

Follow Me @ikapuspita1