Friday, 29 September 2017

# Lifestyle # Traveling

Ini yang Akan Saya Lakukan Jika Berlibur di Bali

Juni 1996

Remaja perempuan berumur 16 tahun itu membaca daftar nama siswa yang akan berangkat ke Bali. Sebuah senyuman tersungging dari bibirnya. Akhirnya setelah dua tahun menabung, dirinya bisa melunasi biaya studi wisata ke Bali sebesar 115 ribu rupiah. Awalnya dia tidak yakin bisa ikut ke Bali, karena Bapaknya hanya seorang sopir yang penghasilannya pas-pasan sedangkan Ibunya tidak bekerja. Akhirnya diam-diam dia mencari uang tambahan dengan menyanyi di hajatan-hajatan. Honor menyanyi yang ia terima dikumpulkannya sedikit demi sedikit untuk melunasi biaya studi wisata. Meski Bapak dan Ibunya tak bisa memberi banyak bekal, tapi bisa pergi ke Bali saja sudah membuatnya senang. Studi wisata ke Bali selama 5 hari menyisakan kenangan yang tak terlupakan. Tanah Lot, Pantai Kuta, Pantai Sanur, Pasar Seni Sukawati, Istana Tampaksiring, Pura Besakih, Pura Uluwatu, Pura Taman Ayun, Bedugul serta Ubud adalah tempat-tempat yang telah dikunjunginya. Perjalanan selama 5 hari itu meninggalkan kesan mendalam baginya. Rasanya belum puas menikmati tempat-tempat indah itu. Hingga terbersit dalam hatinya keinginan untuk bisa kembali lagi ke Bali suatu hari nanti, menikmati sebenar-benarnya Bali untuknya sendiri.

Bedugul, 1996. Ya ampun, culun banget saya. LOL
Dulu pernah ada istilah (jaman saya remaja dulu), belum dianggap keren seseorang bila belum pernah berlibur ke Bali *lalu tepuk dada karena pernah liburan di Bali. LOL. Berasa lebih keren lagi karena saya bisa liburan ke Bali dengan jerih payah sendiri.

Meski meninggalkan kesan mendalam, tapi rasanya belum puas karena saya belum sepenuhnya menikmati Bali. Apa daya karena keterbatasan waktu, saat itu kami harus singgah di beberapa tempat wisata dalam waktu singkat. Belum sempat benar-benar menikmati tempat wisata, kami sudah dipanggil lagi untuk naik bus karena harus berpindah ke lokasi lain. Kebayang banget kan, nanggungnya?

Kalau ada kesempatan berlibur ke Bali lagi?

Jika ada kesempatan berlibur ke Bali lagi, beberapa hal ini yang akan saya lakukan.

Melihat Matahari Terbit di Gunung Batur

Sumber gambar Bali Funky : Sunrise Batur Trekking

Saya ini termasuk orang yang tergila-gila pada matahari terbit dan matahari terbenam. Ada sensasi rasa yang sulit diungkapkan saat melihat bintang terbesar itu terbit maupun terbenam. Saya pengen banget merasakan bagaimana sensasi ketika menyaksikan matahari terbit di Gunung Batur, dimana kita musti trekking terlebih dulu untuk mencapai lokasi yang tepat. Apalagi Gunung Batur ini adalah gunung tertinggi kedua setelah Gunung Agung. Kata orang, sensasinya seolah-olah kita sedang berada di puncak tertinggi di dunia. Yang pasti saya harus menyiapkan diri secara fisik dan mental kalau akan kesini *sambil berharap badan saya bisa kurus setelah turun dari Gunung Batur. LOL.

Melihat Lumba-lumba di  Lovina

Sumber gambar Bali Funky : Dolphin Watching Tour

Masa kecil kurang bahagia? Mungkin iya. Entah kenapa dari dulu saya pengeeen banget bisa melihat lumba-lumba dari dekat. Saya pengen bisa melihat lumba-lumba yang beraksi di habitat aslinya. Di laut, bukan di sirkus. Baru ngebayangin menyaksikan lumba-lumba berlompatan di laut sembari menanti matahari terbenam itu aja udah bikin jantung berdesir. Apa ini yang dinamakan cinta? *lebay mode on.

Menyusuri Pantai Eksotik di Nusa Penida
Sumber gambar Bali Funky : Nusa Penida

Duduk bersantai di pantai yang berpasir putih dan bersih itu mungkin sudah biasa. Tapi gimana rasanya menyusuri pantai dengan tebing, karang serta terumbu karang yang masih alami? Mungkin kita tidak bisa bersantai di pantai berpasir putih bersih, tapi kita bisa berenang di kolam alami yang berada di sekitar pantai. Saya sih sudah membayangkan betapa asyiknya duduk-duduk di tebing batu karang memandang lautan luas sambil ngelamunin mantan pacar. Ciyeeeh. Haha

Wisata Kopi di Bali Pulina Agro Wisata

Sumber gambar okezone : Mencicipi kopi Bali

Sebagai pecinta kopi, lokasi yang satu ini sudah jadi destinasi wisata incaran untuk saya kunjungi. Para pecinta kopi pasti tak akan melewatkan destinasi wisata yang satu ini. Di lokasi ini kita akan dikenalkan dengan berbagai jenis tanaman kopi, melihat proses pembuatannya hingga mencicipi satu set kopi yang terdiri dari delapan macam kopi. Sudah pasti seru bisa menikmati delapan macam kopi sekaligus*puk puk perut.

Keliling Bali dengan ATV

Sumber gambar Bali Funky : Bali ATV Ride
Melakukan perjalanan jauh menggunakan sepeda motor sudah menjadi hal yang biasa bagi saya. Tapi saya pengen banget berkeliling Bali menggunakan ATV. Menyusuri pedesaan, melintasi sawah Bali yang terkenal dengan sistem terasering-nya, melewati kebun kakao dan mencoba melintasi lereng-lereng perbukitan. Berani? Yang pasti nyali saya cukup besar untuk mencobanya.

Bersantai di Pantai Kuta

Sumber gambar piesusubali : Kuta Bali Beach

Sejak saat itu hatiku tak mampu
membayangkan rasa diantara kita
di Kuta Bali, kau genggam erat tanganku

Ealah, malah nyanyi. Lagunya Andre Hehanusa itu memang pernah booming banget puluhan tahun lalu.  Tiap denger lagu itu pasti ya ingat pantai Kuta Bali. Pantai Kuta adalah destinasi wisata ke dua begitu saya dan teman-teman tiba di Bali. Kebetulan saat itu kami tiba menjelang matahari terbenam. Saya dan teman-teman sempat berkenalan dengan beberapa bule yang sedang asyik duduk di pinggir pantai. Jika saya bisa kembali ke Bali, pantai Kuta pasti akan jadi tempat saya kembali. Saya ingin mengenang kembali bagaimana saya dulu duduk bersantai di tepi pantai bersama teman-teman.


 

38 comments:

  1. Waaahh ikutan juga, semoga bisa ketemu di Bali ya, Mba Ika! ^^

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aaamiin, Septi. Semoga bisa liburan bareng Bali Funky dan Pungky ya :D

      Delete
  2. Ke Pantai Kuta aja, aku juga belum pernah, padahal itu ngehits ya mbak, apalagi wisata-wisata lainnya.
    Kereen iihh, masa mudanya indah bnget brarti Mbk, Kerja kerasnya mmebuahkan hasil bisa terbang ke Bali, apalagi dg biaya sendiri, itu pencapaian yang ter-ter-terhebat ^_^
    Semoga bisa kemBali ke Bali lagi yah Mbak ^_^

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iyaa mb Rohmah, sekarang malah banyak lagi pantai2 yang ngehits di Bali loh, nggak cuma pantai Kuta aja

      Hhehe, mengenang masa dulu ketika harus bener2 berjuang biar bisa pergi ke Bali

      Delete
  3. Wah pengin ikut ke baliiiiiiii.....
    udah lama banget gak ke sana. Kangen!!!!! :(

    ReplyDelete
  4. Mba ika imuut...iyaa seru banget tuhh keliling pakai ATV yaa..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hihi..dulu aku gizi buruk mbak Dew, jadi kurus keriiing.

      Ho oh mbak, pasti seru lah keliling naik ATV

      Delete
  5. yg paling berkesan waktu saya kesana itu pantai-pantainya :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya betul mb Kania, pantes kalo Bali disebut sebagai surganya wisata pantai

      Delete
  6. Ya ampuuun mba ika jadul ternyata imyuuut yaaah. Aku juga pengen liat dolphin langsung di laut

    ReplyDelete
    Replies
    1. Haha...sekarang udah ilang imutnya, tinggal amitnya.

      Kayaknya seru ya, liat dolphin di laut bebas

      Delete
  7. Lo itu beneran mbak ika ya emang jadi pangling aja

    ReplyDelete
    Replies
    1. Haha..iya bener, itu aku 21 tahun lalu mbak

      Delete
  8. Mbak ika dulu langsing 😊, wah Bali emang indah nian ya, wah aku belum pernah sama sekali ke Bali ini, gak kekinian ya wkwkwk

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hehe, iya mbak Vita.

      Ayok kapan2 ke Bali mbak Vit :D

      Delete
  9. Aku juga pengen lah liat dolphin mbak. Ntar aku dicangking ya klo kepilih hehehhe...

    ReplyDelete
  10. Itu foto lumba-lumbanya kern banget. Semoga bis ake Bali lagi, Mbak :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya Ma Chi, itu foto2nya Bali Funky.

      Aamiin, makasih doanya ya ;)

      Delete
  11. Semoga kita bisa ketemu di Bali ya mbak ikaaa 😚

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aamiin, dek say. Semoga bisa seru2an bareng ya

      Delete
  12. Aku fokus sama fotonya yang kiyut banget, Mba. Hehehe. Tapi wajah Mba Ika nyaris ga banyak berubah, ya :D.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hehe, kak Mollyta...aku jadi malu :p

      Delete
  13. Tahun 1996 aku belum masuk TK mbaaaa.. km udah main ke Bali aja :D
    Anw, spot-spotnya keren banget.. jadi pengen ke bali juga ..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Haha...ternyata akuh udah tua ya.

      Ayo cari tiket promo buat ke Bali

      Delete
  14. aahh semoga impian kita tercapai bisa ke Bali ya..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aamiin, Koh. Semoga bisa ketemu Koh deddy di Bali :D

      Delete
  15. 96 itu aku masih batita, wkwkwkkw

    Mbak Ika keren, jaman itu udah bs ke Bali. Kalau mau jemur, gak usah ke Kuta, Mbak. Rame bule bikinian. Kurang cucok kalau buat sante

    ReplyDelete
    Replies
    1. haha, itu juga karena studi wisatanya kesana, Jiah.

      Nggak pengen berjemur kok Jiah, cuma pengen duduk santai liatin orang2 yang berjemur..wkwkwk

      Delete
  16. Wah seru-seru bgt mba Agendanya ><. Waktu aku ke Bali ga ngelakuin semua itu huhu, mau ke Lovina tapi jauh sekali dari hotel -ku.

    Oiya sukses lombanya mba ^^

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mbak Andi, pengennya sih bisa liburan kayak gitu.

      Makasiih doanya mbaaak ;)

      Delete
  17. pengen keliling pakai ATV jugaaaaaaaa. pengen ke bali jugaa. belum pernah :')

    ReplyDelete
    Replies
    1. Semoga bisa ke Bali suatu hari nanti ya mbak Muthi ;)

      Delete
  18. Hazeekkk moga moga bisa liburan ke bali lagi yoo mbaaa

    ReplyDelete
  19. Lagu kuta bali andre hehanusa itu memang legeeeend :D. Ampe skr aku ga prnh bosen ama lagunya dan ada dong di playlist musikku :) . Padahal balinya sendiri aku ga gitu seneng mba hahahaha.. Panasnya ga kuat :p

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hehe...ternyata kita seangkatan ya mbaak. Sekarang Bali panas ya, dulu enggak sih :D

      Delete

Terima kasih sudah berkunjung dan tidak meninggalkan link hidup. Jangan lupa komentarnya yaaa.....
bundafinaufara.com

Follow Me @ikapuspita1