Tuesday, 26 December 2017

# Health # Lifestyle

Dukung Indonesia Menjadi Tuan Rumah Asian Para Games 2018


Dear Friends,

Sudah tahu belum, kalau tahun depan Indonesia bakalan menjadi tuan rumah Asian Para Games (APG)?

Atau jangan-jangan ada yang belum tahu apa itu Asian Para Games? Jadi, Asian Para Games merupakan ajang olahraga yang diselenggarakan tiap dua tahun sekali untuk para atlet difabel. Pesertanya adalah para atlet penyandang cacat (difabel).

Sebagai tuan rumah Asian Para Games (APG) tahun 2018, Indonesia akan menerima kehadiran sekitar 3000 atlet difabel dan oficial dari 43 negara Asia yang merupakan anggota dari Asian Paralympic Committe. Akan ada kurang lebih 18 cabang olahraga dengan 582 nomor pertandingan yang akan dipertandingkan mulai tanggal 6-13 Oktober 2018. 

Berbagai persiapan pun mulai dilakukan untuk menyambut Asian Para Games 2018, salah satunya melakukan sosialisasi ke 16 kota di Indonesia. Indonesia Asian Para Games Organizing Committe (INAPGOC) akan terus menginformasikan tentang Asian Para Games kepada masyarakat sehingga masyarakat tertarik untuk mengapresiasi secara langsung maupun tidak langsung. Sosialisasi mengenai Asian Para Games ini dilakukan melalui media massa, media sosial dan kegiatan offline.

Semarang merupakan salah satu kota yang disinggahi INAPGOC dalam rangka sosialisasi Asian Para Games 2018. Aktivitas ini melibatkan perwakilan dari National Paralympic Committe (NPC), perwakilan INAPGOC, atlet penyandang disabilitas, komunitas difabel, komunitas hobi dan juga pengunjung toko. Booth Asian Para Games dibuka mulai tanggal 22-24 Desember yang lalu di Sri Ratu Pemuda.

Pada kesempatan itu hadir pula Doni Yulianto, seorang atlet balap kursi roda yang berbagi pengalamannya mengikuti Asian Para Games dan berhasil mendapatkan medali emas. Mas Doni ini mengawali kariernya sebagai atlet balap kursi roda sejak tahun 2009 lalu. Awalnya karena ditawari dan dimotivasi oleh gurunya, akhirnya bisa berhasil menjadi juara. Salut banget deh, sama atlet penyandang disabilitas. Meski memiliki kekurangan dalam hal fisik namun tetap semangat untuk meraih prestasi.

Doni Yulianto, atlet balap kursi roda

Asian Para Games memiliki slogan "The Inspiring Spirit and Energy of Asia" dengan empat misi yaitu determination, courage, equality dan inspiration. Empat misi tersebut diharapkan mampu menunjukkan tekad kuat serta kepercayaan diri para atlet dalam menghadapi semua tantangan baik secara fisik maupun mental.

Ajang empat tahunan ini juga mengingatkan kita akan kesetaraan dalam hidup bermasyarakat dan menjadikan para atlet penyandang disabilitas sebagai sumber inspirasi dan motivasi.

Indonesia merupakan negara di Asia Tenggara pertama yang terpilih sebagai tuan rumah untuk menyelenggarakan Asian Para Games 2018. Kesempatan ini menjadi salah satu implementasi dari UU No. 8 tahun 2016 mengenai Penyandang Disabilitas. Melalui momen ini Indonesia memiliki kesempatan untuk mewujudkan kesamaan hak dan kesempatan bagi penyandang disabilitas menuju kehidupan yang sejahtera, mandiri tanpa diskrimimasi, hidup maju dan berkembang secara adil dan bermartabat. Hal ini menjadikan Indonesia sebagai salah satu negara yang ramah bagi penyandang disabilitas.
 Yuk, dukung Indonesia menjadi tuan rumah Asian Para Games 2018!

Blogger Gandjel Rel, mendukung Asian Para Games 2018


2 comments:

  1. Salut banget. :D Semoga Indonesia menjadi tuan rumah asian para games. Terharu banget kalau lihat perjuangan penyandang disabilitas.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aamiin, kita dukung dengan doa juga Nisa ;)

      Delete

Terima kasih sudah berkunjung dan tidak meninggalkan link hidup. Jangan lupa komentarnya yaaa.....
bundafinaufara.com

Follow Me @ikapuspita1