Pesona Wisata Banyuwangi

Dear Friends,
Apa yang terlintas di benak teman-teman kalau mendengar kata Banyuwangi? Sebuah kota di ujung timur propinsi Jawa Timur yang paling dekat dengan pulau Bali. Sepanjang hidup saya ini, hanya dua kali melintasi kota Banyuwangi. Ya, cuma numpang lewat saja karena tujuan utama saya dulu adalah wisata ke Bali. Dulu saya hanya mengenal Banyuwangi dari buku yang saya baca tentang legenda kota Banyuwangi. Tapi tahukah kalian, bahwa ternyata Banyuwangi juga memiliki destinasi wisata, kuliner dan tradisi budaya yang tak kalah menarik dengan daerah lain.

Banyuwangi menarik untuk dijadikan destinasi wisata. Saya sendiri berangan-angan untuk bisa berwisata kesana bersama keluarga. Mengingat saya kan bepergian bersama keluarga, mau tak mau saya harus mempersiapkan segala sesuatunya jauh-jauh hari termasuk booking hotel melalui Traveloka. Kalau tidak booking jauh-jauh hari, takutnya nggak dapat penginapan seperti pengalaman beberapa teman saya. Selain booking hotel, yang tak kalah penting adalah membuat itinerary destinasi wisata yang akan dikunjungi.

Berhubung Banyuwangi memiliki banyak sekali destinasi wisata menarik, saya harus memilih beberapa lokasi yang cocok untuk dikunjungi bersama keluarga. Berikut ini beberapa destinasi wisata di Banyuwangi yang ingin saya kunjungi :

Pantai Watu Dodol

Pantai Watu Dodol
Pantai Watu Dodol terletak di lokasi yang cukup strategis dan mudah di temukan karena berada di jalur pantura. Pantai yang selalu ramai dikunjungi para wisatawan ini ditandai dengan adanya bongkahan batu yang berada di tengah jalan dan patung penari gandrung yang menjadi ikon Banyuwangi . Pantai Watu Dodol ini hanya berjarak sekitar 2 km dari pelabuhan Ketapang, jadi kita bisa melihat kapal fery yang lalu lalang di selat Bali.

Green Bay (Teluk Hijau) 

asliindonesia. Green Bay
Menurut beberapa teman, pantai teluk hijau (Green Bay) ini adalah salah satu pantai favorit yang sering dikunjungi bbanyak wisatawan. Pantai ini berwarna kehijauan dan bersih. Berada di kawasan Taman Nasional Meru Betiri, tak heran kalau di sekeliling Green Bay ini hijau dan asri dengan pemandangan hutan tropisnya. Kayaknya asik banget deh berenang di pantai ini, karena airnya cukup tenang. Di dekat pantai ada air terjun setinggi 8 meter yang konon katanya sering dijadikan tempat mandi para bidadari.

Pantai Sukamade

Melihat penyu yang hendak bertelur
Masih berada di kawasan Taman Nasional Meru Betiri, pantai Sukamade ini menjadi favorit para penyu untuk bertelur. Untuk sampai ke lokasi pantai Sukamade kita harus melewati track yang cukup ekstrim. Tapi semua ini akan terbayar begitu bisa melihat aktivitas para penyu yang bertelur di malam hari. Beberapa jenis penyu yang biasanya bertelur di pantai Sukamade ini antara lain Penyu Belimbing, Penyu Sisik, Penyu Hijau dan Penyu Slengkrah.

Air Terjun Kalibendo

Air Terjun Kali Bendo
Air terjun setinggi 10 meter ini terletak di Desa Kampung Anyar, dan berada di kawasan Agro Wisata Kalibendo dimana terdapat perkebunan kopi, karet dan cengkeh. Berjarak 15 km ke arah barat daya Banyuwangi, air terjun ini berada di kaki Gunung Ijen. Kayaknya asik banget mandi di bawah air terjun itu. Brr..dingiiin.

Kuliner Banyuwangi

Datang ke suatu tempat rasanya kurang lengkap kalau tidak melakukan wisata kuliner. Banyuwangi juga memiliki kekayaan kuliner yang tak kalah enak dari daerah lain. Sebut saja Sego Tempong, Pecel Pitik, Soto Rujak, Kupat Lodoh, Ayam Pedes hingga Sego Cawuk.

Tapi yang paling membuat saya penasaran adalah SegoTempong. Jadi kuliner inilah yang akan saya buru ketika berada di Bayuwangi.

Sego Tempong
Sego tempong bisa disebut sebagai kuliner paling populer dan khas Banyuwangi. Sego tempong ini disajikan dengan berbagai macam sayuran seperti daun singkong, kacang panjang, timun, terong dengan lauk tahu, tempe, perkedel jagung, ikan asin dan sambal yang sangat pedas. Sambal yang sangat pedas inilah yang menyebabkan muka seperti ditampar "ditempong" setelah menyantapnya. Pantes aja dinamakan Sego Tempong.

Nah, kalau liburan sudah direncanakan jauh-jauh hari, pasti kita tenang kan. Kita tinggal mempersiapkan bekal selama perjalanan nanti. Liburan tenang, hatipun riang.




Posting Komentar

55 Komentar

  1. Banyuwangi emang keren banget.jd pengen kesana lagi baca ni

    BalasHapus
  2. Beberapa tahun lalu, banyuwangi kedengaran mengerikan dengan isu isu santet yang berkembang. Semoga sekarang sudah tidak

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya mas, sempat dengar juga isu itu. Sepertinya sekarang kondisinya sudah lebih kondusif...semoga

      Hapus
  3. Kalau seandainya saja nih ya Mbak :D pesen nasi tempong tapi sambelnya jangan pedes-pedes gitu masih bisa dinamakan nasi tempong nggak ya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bukan nasi tempong dong mbaaak..wkwkwk, nasi rames namanya :p

      Hapus
  4. Liat sambelnya menggoda banget, jadi laper...

    BalasHapus
    Balasan
    1. haha..ini nempong alias nampol bener lho Teh.. :D

      Hapus
  5. Aku wis ngomong mas Sofyan arep rono ah kapan2

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mas Sofyan ki sopo Mi? aku dijak ra? hihi :D

      Hapus
  6. Hal yang membuat saya ingin ke Banyuwangi adalah menurut pemberitaan, mentari terbit pertama kali di pulau Jawa ya di daerah Banyuwangi. Dari sini saya mupeng pengen ke sana

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iyaa..kan Banyuwangi letaknya ujung timur pulau Jawa dek...jadi mungkin benar begitu. Kayaknya asik banget ya kalo bisa lihat sunrise dari sana

      Hapus
  7. Penasaran sama sego tempong mbak... dulu cuman sampai jember. Ah, mbablas dikit dah smape banyuwangi. Kapan2 ah diagendakan mbolang sono

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iyaa...aku juga penasaran sama sego tempong ini, katanya sih pedesnya nampool..

      Hapus
  8. Pantainya sangat indah tapi paling tertarik dengan pantai sukamade karena ada penyu-penyu disana. Pengen lihat penyu bertelur kemudian ditetaskan dan penasaran gimana bentuknya bayi penyu. Tempurungnya kayak gimana ya kalau masih bayi? Hihi

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hihi..bikin penasaran ya mbak Anjar, pastinya lucu banget deh kalo liat tukik-tukik berlomba-lomba menuju ke pantai..

      Hapus
  9. Bikin mupeng habis...
    aku penggemar binatang bergoa itu..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Saya juga mbak...penasaran pengen liat penyu bertelur..:D

      Hapus
  10. Kita piknik yuk bareng2 kesana mbak ika, banyak yang ulas banyuwangi jadi penasaran nih pengen kesana 😊

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yuuk...asik kan kalo bisa piknik bareng..pasti seru deh

      Hapus
  11. Aq dah pernah sampe Sukamade, tahun berapa yaaaaa...95 an kalik :) Bukan piknik tapinya mba, ikutan pelatihan konservasi alam bareng temen kuliah. Iya menuju kesananya sungguh bikin pinggang encok, medannya warbiyasaaaa ;)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ya ampuun, sudah 20 tahun yang lalu ya. Oh iya ding, mbak Uniek kan Mapala yo...lihat konservasi alam, pasti seru ya mbak

      Hapus
  12. wahh teluk hijaunya indah sekaliii.... woaaahhhhh..............>.< pantai kita keren-keren yahhhhhh...>.<' mantapppppppppppppppppppppp bening sekali itu airnyaaa... bikin seger liat beginian di siang hari hahaha

    BalasHapus
  13. ah udah lama pingin ke bayuwangi, semoga terwujud suatu saat dan bisa mengunjungi tempat-tempat ini

    BalasHapus
  14. Rupanya banyak pantai cantik di Banyuwangi :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya Mak Chi...masih banyak lagi pantai2 lainnya loh :)

      Hapus
  15. yok dolan ke Banyuwangi, aku pengen ke Sukamade.

    BalasHapus
  16. Waa...pengen ke Banyuwangi jugaa..pantai nya sangat mengundang, oy.. :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Pantainya bagus-bagus ya mbak Mechta...itu baru beberapa loh.. :D

      Hapus
  17. waduh.. itu penyu nya besar sekali ya mak

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya...apalagi kalo penyu belimbing..gede banget mbak :D

      Hapus
  18. aku baru ke watu dodol aja mbk ika, hiks
    pgn bgd yg ke teluk hijau, tp entah kpn, yg jelas gk lama2 kayak cinta, 14 tahun nunggu rangga, :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Haha...gimana kalo nunggu aku datang kesana Muma :D

      Hapus
  19. Aq blm pernah ke banyuwangi, banyune wangi po bun? Hehehe...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kata legenda sih begitu, dek. Entah sekarang masih wangi nggak ya..hihi

      Hapus
  20. Indonesia memang top.. tempatnya indah2. Baru tahu kalau Banyuwangi juga seindah ini :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iyaa...ini baru di Banyuwangi, loh. Belum yang ada di ribuan pulau lainnya.. :D

      Hapus
  21. Belum kesampaian nih ke Banyuwangi.
    Semoga bisa dikabulkan liburan kesana.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Semoga bisa wisata ke Banyuwangi ya mbak Ety...

      Hapus
  22. waaa...!! jadi pengen ke sana. ada Om (adiknya bapak mertua) yg tggl di Banyuwangi. moga kapan2 bisa silmi kesana. jauh banget sih ya kalo dr Semarang. mungkin asyiknya kalo ke sana setelah wisata di seputar banyuwangi lanjut nyebrang ke Bali. haha. maunya.. :P

    BalasHapus
    Balasan
    1. Haha..tinggal nyebrang sebentar udah nyampe Bali tuuh.
      Ayo kapan ke Banyuwangi?

      Hapus
  23. banyuwangi memeang udah makin maju ya..nggak kayak dulu

    BalasHapus
  24. Emang ya destinasi wisata Banyuwangi sungguh memikat belum lagi kulinernya yang namanya sego tempong. Mengingatkan makanankegemaran dalam keluarga mertua juga teri tempong yang digoreng garing biar krunchi. Nyuuus kriuk2 hehehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. Haha...itu yang mau aku cari disana mbak Tanty...

      Hapus
  25. Kayanya saya penasaran sama wisata melihat penyu yg hendak bertelur. .

    Banyuwangi banyak juga menawarkan lokasi wisata yg bagus ..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya pak...itu baru beberapa, lho. Masih banyak yang belum di eksplor...

      Hapus
  26. Aduuhh.. nyantai dan berjemur di Green Bay kayaknya nikmat banget itu..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya...kayaknya enak banget sambil menikmati es kelapa muda..hehehe

      Hapus
  27. Greenbay kyknya seru tu mbak. Nyong pengen kesana...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya, Green Bay bagus..asik buat nyantai

      Hapus
  28. Watu Dodol itu pantainya lumayan bagus mbak, banyak pohon kelapanya awas jangan suka diam di bawah pohon kelapa lho ya :D. Terus-terus aku ngiler ini lihat sego tempong super pedes yang suka nempong-nempong mulut aku *KetawaCentil*

    BalasHapus

Terima kasih sudah berkunjung dan tidak meninggalkan link hidup. Jangan lupa komentarnya yaaa.....
bundafinaufara.com