Belanja di Pasar Tradisional lebih Mudah dengan Aplikasi Tumbas.in


Dear friends,

Meski hampir 20 tahun menjadi ibu rumah tangga, saya termasuk orang yang jarang belanja di pasar tradisional. Jarang ke pasar bukan berarti nggak pernah sama sekali lho, ya. Sesekali kalau sedang kepengen ya saya ke pasar. Untuk masak sehari-hari biasanya saya belanja di tukang sayur keliling atau ke warung langganan. 

Banyak alasan kenapa saya enggan pergi ke pasar. Yang pertama, saya nggak betah dengan aroma pasar yang ya gituu deh (tahu sendiri kan aromanya gimana?). Yang kedua, saya nggak bisa berada di tengah keramaian. Bisa mendadak pusing gitu. Kan bahaya jadinya. 

Karena itulah saya pilih belanja di tukang sayur atau ke warung langganan, deh. Sayangnya, baik tukang sayur dan warung langganan sering banget liburnya. Kalau sudah begini, biasanya saya jadi nggak masak alias jajan. Kalau nggak jajan, pasti ya mlipir ke supermarket cuma buat beli sayur dan lauk. Kebayang kan, harga sayurannya pasti juga berkali lipat dari tukang sayur atau warung langganan. Kalau begini terus, jatah belanja bulanan bakalan habis sebelum waktunya. Huhuu...

Di tengah kegundahan saya sebagai ibu rumah tangga yang sering mager kalau harus ke pasar sendiri, bersyukur banget karena sekarang sudah ada aplikasi yang bisa membantu. Namanya aplikasi Tumbasin. 

Aplikasi tumbasin ini adalah aplikasi karya dari anak muda Semarang, loh. Sebagai warga kota Semarang, saya patut berbangga hati, karena ada aplikasi karya anak muda asli Semarang yang keren. Bahkan aplikasi ini didukung oleh Pemkot Semarang, loh. Aplikasi tumbasin membantu masyarakat kota Semarang terutama para ibu rumah tangga dan ibu bekerja yang tak punya waktu untuk pergi ke pasar tradisional. Tumbas.in siap membantu membelanjakan berbagai kebutuhan sehari-hari.

dokpri. Berbagai kebutuhan yang bisa dibeli melalui tumbasin

Kalian semua musti nyobain aplikasi keren ini. Kenapa? Ada beberapa alasan mengapa kalian musti nyobain tumbas.in ini

Hemat Waktu, Tenaga dan Biaya

Buat saya yang males pergi ke pasar, jelas aplikasi tumbasin ini bantu banget. Saya nggak perlu lagi berkejaran dengan waktu antara belanja, masak dan mengantar anak-anak ke sekolah. Tahu sendiri lah, gimana riweuhnya aktivitas ibu-ibu di pagi hari. Mulai dari menyiapkan sarapan buat keluarga (ini kadang juga dikerjain sambil nyuci baju, nyuci piring dan sebagainya), menyiapkan anak-anak berangkat sekolah dan suami yang akan berangkat kerja hingga mengantar anak-anak ke sekolah. Saya bisa memanfaatkan waktu yang harusnya saya pergunakan untuk ke pasar dengan melakukan aktivitas lain, misalnya bersih-bersih rumah atau beresin kerjaan lain sambil nunggu belanjaan saya diantar kurir deh.

Biasanya saya pesan belanjaan malam hari, supaya bisa diantar kurir tumbasin pagi-pagi. Sebenarnya sih, bisa aja pesen pagi-pagi, asal nggak lebih dari jam 8 pagi, tapi takut paginya bakalan riweuh nggak bisa pegang hape, malah nggak jadi belanja. Kan berabe, bisa nggak masak lagi, deh.

Nah, itung sendiri deh, berapa banyak waktu, tenaga dan biaya yang bisa saya hemat karena tumbasin.

Kualitas Barang Terjamin

Seorang ibu pasti akan selalu memberikan yang terbaik bagi keluarganya, apalagi bahan makanan yang akan dikonsumsi oleh keluarga. Saya selalu mengutamakan kualitas ketika berbelanja. Yang paling saya suka dari tumbasin adalah meski belanja di pasar tradisional, tetapi tumbasin menjamin kualitas barang yang kita beli. Tumbasin bermitra dengan pedagang pasar yang hanya menjual barang-barang berkualitas. Terbukti, ketika saya belanja sayur, bumbu-bumbu dapur maupun lauk pauk, semuanya sampai ke tangan saya dalam kondisi segar.

dokpri. Belanjaan saya diantar pagi-pagi nih sama mas kurir

Banyak Promo

Perempuan mana yang nggak suka promo? Belanja lewat tumbasin dapat promo free tofu atau 1/4 kg telur ayam kalau kita belanja dalam jumlah tertentu. Lumayan banget, kan? Bisa ngurangin jatah belanja lauk deh. Bahkan, ada juga promo free beras. Omaigat, maaauuu.

Selain itu, kalau kita belanja 100 ribu aja, kita bakalan dapat free ongkir alias bebas biaya pengiriman. Tuh kan, makin hemat lagi jadinya.

dokpri. Pesanan saya

Aplikasi Mudah Digunakan

dokpri. Aplikasi tumbasin

Para founder aplikasi tumbasin ini tahu banget, kalau aplikasi ini menyasar para ibu rumah tangga. Jadi mereka membuat aplikasi tumbasin agar bisa digunakan dengan mudah. Istilahnya "user friendly" gitu. Mudah digunakan dan nggak ribet. Setelah mendaftar, kita langsung bisa gunakan untuk belanja-belanja. Tinggal pilih pasar tradisional terdekat dengan domisili kita, pilih barang belanjaan, lalu pilih cara pembayaran. Bisa pilih transfer atau bayar di rumah. Buat kalian yang nggak punya m-banking nggak perlu repot ke ATM, pilih aja untuk membayar di rumah. Tinggal siapkan uang tunai sesuai jumlah belanjaan yang musti kita bayarkan. Begitu kurir datang, tinggal kasihkan aja. Praktis poll.

Didukung Pemerintah untuk Membantu Keberadaan Pasar Tradisional

Satu hal yang membanggakan adalah dukungan pemkot Semarang terhadap aplikasi tumbasin, hingga akhirnya pada tanggal 20 Januari 2020 terjadi penandatanganan MoU antara Walikota Semarang Hendrar Prihadi dengan CEO Tumbasin, Bayu Mahendra Saubig di kantor Walikota Semarang. Pemkot Semarang memang sedang berupaya mewujudkan kota Semarang sebagai Smart City dan berharap warga kota Semarang mendukung upaya ini dengan mulai menggunakan aplikasi tumbasin.

Dengan begini, secara tidak langsung kita juga turut membantu keberlangsungan pasar tradisional yang mulai ditinggalkan. Melalui aplikasi tumbasin, pasar tradisional bisa go digital dan mulai bergairah kembali.

Gimana teman-teman, banyak keuntungan yang bisa kita dapatkan dengan belanja di pasar tradisional melalui tumbasin, kan?

Nggak usah ragu lagi, buruan download aplikasi tumbasin di playstore dan cobain. Rasakan sendiri pengalaman belanja yang asik dan berbeda melalui tumbasin!

Kalau sudah nyobain, ceritain dong pengalaman kalian di komen ya!




3 comments

  1. Wah, semakin praktis ya sekarang. Tumbasin ini hanya di Semarang kah? Rumahku lumayan jauh dari pasar, kalo ada ini kan lumayan banget ya mbk

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mba Hana, alhamdulillah sekarang jadi banyak yang terbantu dengan adanya tumbasin. Untuk saat ini tumbasin baru ada di Semarang, semoga nanti kota lainnya nyusul ya

      Delete
  2. Enak banget nih, jadi gak perlu panas dan capek2 lagi kepasar. Tinggal klak klik, belanjaan langsung diantar ke depan rumah.

    ReplyDelete

Terima kasih sudah berkunjung dan tidak meninggalkan link hidup. Jangan lupa komentarnya yaaa.....
bundafinaufara.com