Stay Healthy di Tengah Pandemi


Dear friends,

Ketika C0r0nA Melanda

Apa kabar, friends? Stay healthy meski di tengah pandemi, ya. Seperti yang kita ketahui bahwa wabah virus Covid 19 ini telah menyebar ke berbagai wilayah di dunia. Hal ini banyak yang menyebabkan beberapa negara melakukan "lockdown" pada wilayahnya untuk menghentikan penyebaran virus. Apalagi korban meninggal sudah ribuan.

Di negara kita sendiri, hingga hari ini tercatat sudah lebih dari 1500 orang positif terkenan Covid 19, ratusan lainnya berstatus OPD dan seratus lebih meninggal dunia. Kondisi inilah yang membuat pemerintah Indonesia menghimbau warga untuk tetap "Stay Home" agar virus Covid 19 tidak menyebar. 

Dampak dari menyebar luasnya virus ini luar biasa bagi semua sektor, terutama di sektor ekonomi. Banyak perusahaan yang meliburkan karyawannya dan perusahaan-perusahaan besar menerapkan "Work from Home". Yang paling merasakan dampaknya adalah pekerja harian dan pedagang-pedagang kecil yang berpenghasilan secara harian. Anjuran pemerintah untuk "stay at home" tak dihiraukan karena mereka harus tetap bekerja untuk menafkahi keluarga. Sedih ya.

Selain pemberlakuan "work from home" untuk para karyawan, pemerintah juga melakukan himbauan untuk "school from home" untuk murid-murid sekolah hingga perguruan tinggi. Anak-anak diliburkan hingga waktu yang belum bisa ditentukan. Hingga saat ini, sudah memasuki minggu ke 3 "stay at home". Udah kebayang kan, betapa riweuhnya para mommy yang mendadak harus jadi guru di rumah.

Stay Healthy di tengah Pandemi

Memasuki minggu ke 3 "stay at home", kesibukan saya di rumah bertambah. Ketika mulai mengerjakan tugas, anak-anak selalu minta disiapin cemilan dan minuman. Jadi, mau nggak mau saya harus membuat ekstra cemilan untuk mereka. Cemilan yang sehat, tentunya. Nggak mau kan, gara-gara makan jajanan nggak sehat malah jadi sakit. Selain dimakan sendiri, kue-kue ini bahkan bisa saya jual secara online, loh. Itung-itung, sambil mengajari anak-anak untuk belajar survive di masa pandemi ini.

dokpri. Klappertaart by me

Selain membuat cemilan sehat, tak ketinggalan cemilan lain yang juga menyehatkan, yaitu buah. Apalagi di tengah pandemi seperti ini, asupan sayur dan buah bisa jadi senjata untuk memperkuat imunitas tubuh. Macam-macam buah saya potong supaya anak-anak bisa langsung ngemil. Bersyukur anak-anak juga nggak protes kalau cemilannya lebih banyak buah daripada yang lain.

Studi National Institutes of Health (NIH) pada 2017 menemukan bahwa vitamin C berkontribusi untuk pertahanan kekebalan dengan mendukung berbagai fungsi sel, dapat menurunkan risiko infeksi pernapasan, dan membantu pertumbuhan dan perbaikan jaringan dalam tubuh.

Baca juga : Ubah Pola Makan demi Jaga Kesehatan



Hingga hari ini, angka kematian yang disebabkan oleh virus Covid-19 dan orang yang terpapar bertambah terus setiap hari. Untuk menghindarinya, kita harus mematuhi anjuran pemerintah untuk tetap di rumah saja. Selain itu kita juga bisa meningkatkan daya tahan tubuh dengan melakukan beberapa cara.

1. Mengonsumsi makanan yang bergizi seimbang

Kekurangan gizi dapat merusak kemampuan tubuh kita untuk melawan penyakit dan infeksi. Jika kita tidak terbiasa makan buah, sayuran, dan sumber protein tanpa lemak, maka sekarang adalah waktu yang tepat untuk memulainya. Sebab, tidak ada satu jenis makanan ‘super’ yang membantu sistem kekebalan tanpa konsumsi makanan yang seimbang. Beberapa buah yang dipercaya mampu membantu meningkatkan sistem imun tubuh diantaranya jeruk, strawberry, blueberry, dan kurma.

dok. by Mb Uniek. Kurma Medjool

2. Mencukupi kebutuhan vitamin D

Penelitian telah menunjukkan bahwa sistem kekebalan tubuh membutuhkan vitamin D untuk melawan virus. Kita bisa mendapatkan vitamin D secara alami melalui sinar matahari. Makanya, kita dianjurkan untuk berjemur antara pukul 10.00-12.00. Tapi jangan lupa, saat berjemur kita harus menggunakan sunblock dan kacamata ya. Selain itu, vitamin D juga ditemukan di beberapa makanan, termasuk ikan berlemak seperti salmon, tuna dan mackerel, hati sapi, telur, keju, serta jamur.

3. Istirahat Cukup

Salah satu cara untuk tetap sehat adalah cukup tidur. Artinya, kita sebaiknya tidur 7-9 jam setiap hari. Saat tidur, tubuh kita melakukan pemulihan kritis dan perbaikan fungsi-fungsi penting, termasuk sistem kekebalan tubuh. Tidur yang berkualitas juga akan meningkatkan sistem imun tubuh, loh. Makanya jangan begadang dan jangan meremehkan pentingnya istirahat.

4. Berolahraga


Olahraga juga dapat menjaga tubuh kita berfungsi dengan baik. Salah satu penelitian menunjukkan bahwa olahraga rutin dapat mengurangi peradangan dan mendukung sel-sel untuk melawan infeksi. Olahraga juga salah satu cara untuk me-manage stres di tengah kabar penyebaran pandemi tersebut. Artinya, mengelola stres tentang covid-19 sendiri merupakan strategi yang baik. Termasuk menjauhkan diri untuk sementara dari media sosial dan mengandalkan sumber media terpercaya saja untuk mencari informasi.

Kita juga bisa memilih kegiatan lain untuk bersantai seperti berjalan-jalan di sekitar rumah, membaca buku-buku favorit, menonton film secara maraton atau berlatih yoga.

Meski hanya di rumah saja, kita tetap bisa melakukan aktivitas tanpa mengabaikan kesehatan. Patuhi anjuran pemerintah untuk social distancing agar virus ini tidak menyebar.

Selain itu kita harus selalu berdoa, agar pandemi ini segera pergi dan kita semua bisa beraktivitas kembali dengan bebas seperti dulu lagi.

Jangan lupa untuk stay healthy ya, friends.


6 comments

  1. Ngemil sehat buat keluarga ya mbak agar tetap setrong selama pandemi ini, semoga segera berlalu dan kita tetap diberikan kesehatan

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mba Wati, usaha kita itu untuk tetap selalu sehat biar bisa jaga kesehatan keluarga juga. Semoga segera berlalu. Aamiin, mbaaa

      Delete
  2. Hoo iya berjemur juga penting ya tapi ada perdebatan waktu. Milih di antaranya aja biar ga pusing

    ReplyDelete
  3. As one understudy hacked on me a few times from over the table, I attempted to move out of the direction for dread it may be Corona- - only a characteristic response, I assume!N95 Face Mask

    ReplyDelete
  4. In case you're inert, have a go at going for more or energetic strolls, or in case you're on the ball and need to have the help of an expert have a go at going to a neighborhood fitness office.Weed Seeda

    ReplyDelete
  5. Brushing the teeth two times every day will keep the teeth from dental issues.wow read

    ReplyDelete

Terima kasih sudah berkunjung dan tidak meninggalkan link hidup. Jangan lupa komentarnya yaaa.....
bundafinaufara.com