Ubah Pola Makan demi Jaga Kesehatan

Dear friends,

Memiliki tubuh sehat dan kuat adalah impian banyak orang, apalagi kalau bonusnya adalah badan yang ramping dan singset. Sayangnya, banyak orang hanya berangan-angan saja tanpa melakukan tindakan. Cuma mimpi punya tubuh sehat, kuat dan langsing tapi nggak mau usaha. Nggak pernah olahraga, bahkan makan minum juga nggak dijaga. Kalau sudah begitu, punya badan sehat dan kuat hanya impian belaka. 

Tahun lalu saya, setelah hanya menyusun rencana-rencana dan wacana, akhirnya saya memulainya. Saya merasa badan saya semakin hari semakin berat, mudah capek, loyo dan mudah banget ngantuk. Saya merasa diri saya dalam bahaya. Akhirnya dengan tekad bulat saya mulai menjalankan pola hidup sehat. Mulai olahraga juga, meski hanya jalan kaki dan senam di rumah.

Pola hidup sehat juga menjadi salah satu resolusi yang saya jalankan tahun ini. Saya mulai googling dan bertanya pada teman-teman yang sudah menjalankan pola hidup sehat. Saya juga masih melakukan diet IU 5 hari dalam sebulan.

Untuk makanan sehari-hari, saya berusaha selalu menghadirkan lebih banyak buah-buahan dan sayuran. No more karbo, no more junk food. Saya juga sedang berusaha "eat clean", yaitu makan makanan yang tidak terlalu banyak diproses.

pict. source by pixabay

Sebenarnya, beberapa tahun lalu saya pernah menjalani pola food combining, bahkan saya juga masuk ke dalam grup FC. Awalnya karena saya mengeluh sakit kepala yang terus menerus (sampai sekarang masih sering kambuh), hingga suatu hari adik saya menyarankan untuk bergabung dengan grup FC tersebut. Namun sayangnya, saya hanya bertahan beberapa saat saja karena tidak konsisten.

Pola makan saya mulai kacau dan ngawur lagi. Berat badan mulai merangkak naik, karena sudah tidak pernah olahraga. Duuh, pokoknya kacau banget deh. Badan yang tadinya lumayan enteng, kembali berat lagi. Persendian sering terasa sakit dan rasanya berat ketika bergerak. Nggak enak banget deh, pokoknya.

Saya merasa tubuh saya seperti sudah renta sekali, karena mudah lelah dan lemah. Kesehatan dan kualitas hidup saya terasa menurun, hingga akhirnya saya sadar saya harus segera berubah. Saya harus meninggalkan "cangkang" saya yang lama. Cangkang yang membuat saya abai terhadap kesehatan dan malas bergerak.

Saya pernah tiba-tiba menangis karena tiba-tiba takut mati, sedangkan anak-anak saya masih kecil dan masih butuh perhatian saya. Bukannya saya menentang kuasa Tuhan ya, tapi kalau boleh meminta, saya minta dipanjangkan umur agar dapat memperbaiki kualitas hidup saya

"You are what you eat" itu memang benar.  Badan saya membesar begini karena cara makan saya yang salah. Saya nggak pernah mikir efek dari apa yang saya makan. Duuh, terus terang ini juga bikin saya ketakutan. Pasalnya saya suka makan makanan yang enak-enak (berbahaya).

dokpri. Sesekali nge-gym bareng teman

Tahun ini usia saya memasuki 41 tahun. Sudah bukan usia muda lagi. Saatnya berbenah diri, memperbaiki pola hidup supaya bisa menjalani masa tua dengan sehat.  Saya belajar dari beberapa teman yang sudah menjalankan pola makan eat clean, eat right dan eat smart dengan lebih banyak mengonsumsi sayur dan buah. Saya juga memadukan konsumsi herbal ala dokter Zaidul Akbar. Saya membuat ramuan herbal dari rempah-rempah yang membantu membersihkan racun-racun tubuh.

Untuk detox, saya juga melakukan intermittent fasting. Saya hanya makan dalam waktu 5-8 jam, sedangkan sisanya saya berpuasa. Hal ini sangat membantu saya dalam upaya detoksifikasi tubuh juga. Selain itu, setiap menjelang tidur dan bangun tidur, saya rutin minum air putih hangat satu gelas besar. Kabarnya jika dilakukan dengan rutin, cara ini bisa membantu metabolisme tubuh sehingga bisa lebih cepat menurunkan berat badan.

Kalo kalian mau tahu kebiasan saya mengatur pola makan sehari, bisa cek dibawah ini. Boleh kok ditiru kalau memang cocok dengan kondisi badanmu.

  • Minum segelas air putih hangat, setelah bangun tidur. Lanjut dengan segelas jeniper (jeruk nipis peras) hangat. Setelah itu, minum segelas air hangat lagi (kalau masih sanggup ya). Kalau saya sih sanggup-sanggup aja minum 3 gelas air sekaligus. Malah bikin kenyang, loh.
  • Sarapan buah potong atau sebutir apel atau pear. Pokoknya buah yang mengandung air dan bisa mengenyangkan.
  • Jam 8 pagi, makan rebusan labu siam mini atau rebusan wortel. Sekenyangnya (tiap orang beda-beda kan, ya)
  • Jam 12-13 makan siang, sayur plus protein (bebas mau protein hewani atau nabati). Saya skip nasi, meski kadang masih makan karbo kompleks seperti ubi, jagung rebus atau singkong rebus (tergantung sayurnya apa)
  • Jam 15, snack time ya. Biasanya makan getuk, singkong atau ubi rebus yang ditumbuk. Gausah ditambah gula pasir,  ya. Tapi kalo pengen lebih manis rasanya, makan getuknya bisa sambil liatin foto saya (lempar plastik). LOL
  • Malam hari, saya tutup dengan minum milkshake (susu protein)

Gitu doang sih, gampang banget kan. Sayangnya, saya tuh angot-angotan alias nggak konsisten. Awalnya menggebu, tapi akhirnya males-malesan lagi. Coba saya konsisten dari dulu, mungkin badan saya sekarang sudah kembali ideal seperti jaman dulu. Duuh, semangatin saya doong.

dokpri. Ikutan PowerSwing

Selain mulai memperbaiki pola makan, saya juga mencoba untuk ikutan kelas olahraga seperti PowerSwing. Olahraga ini perpaduan antara yoga dan gymnastic. Bikin gobyos pokoknya. Katanya sih, kalau dilakukan secara rutin juga bisa mempercepat penurunan berat badan juga, loh.

Tahun ini saya berjanji untuk lebih tegas pada diri sendiri (maklum, saya permisif banget orangnya). Tahun saya harus lebih sehat dan lebih aktif bergerak. Saya harus keluar dari grup hobi rebahan dan masuk ke grup jaga kesehatan.

Maaf ya lemak, kolesterol, sakit kepala dan lainnya....saya harus meninggalkan kalian, demi kesehatan saya. Tolong, jangan nemplok-nemplok ke saya lagi.




2 comments

  1. Semangaat menjalani pola hidup dan makan sehat Bun, akupun

    ReplyDelete
  2. semangaaat Ika, daku juga "bersahabat" dengan diet yoyo, sampe hopeless udah turun - naik lagi - turun dengan cepat - membesar lagi dengan pesat
    udah coba DEBM - diet mayo bahkan keto, tapi ya emang semua tergantung niat

    sering colek aku yaaa kalo lagi share makanan sehat, biar semangat! Pasti Ika bisa langsing kembali!

    ReplyDelete

Terima kasih sudah berkunjung dan tidak meninggalkan link hidup. Jangan lupa komentarnya yaaa.....
bundafinaufara.com