Cegah Penyakit, Matikan Rokokmu Sekarang!


Dear friends,

Cegah penyakit, matikan rokokmu sekarang!- Setiap tanggal 31 Mei diperingati sebagai Hari Tanpa Tembakau Sedunia atau World No Tobacco Day. Peringatan Hari Tanpa Tembakau Sedunia atau World No Tobacco Day ini menyerukan kepada para perokok agar berpuasa tidak merokok (mengisap tembakau) selama 24 jam serentak di seluruh dunia. Hari Tanpa Tembakau Sedunia atau World No Tobacco Day ini dicetuskan oleh negara-negara anggota Organisasi Kesehatan Dunia (WHO)  pada tahun 1987. 

Hal ini bertujuan untuk menarik perhatian dunia mengenai menyebarluasnya kebiasaan merokok dan dampak buruknya terhadap kesehatan. WHO memperkirakan kebiasaan merokok ini setiap tahunnya menyebabkan kematian sebanyak 5,4 juta jiwa. 

Berbagai dampak negatif rokok terhadap kesehatan paru adalah kanker paru, penyakit paru obstruktif kronik, asma, penyakit infeksi paru, seperti tuberkulosis, pneumonia dan penyakit paru lainnya. Kebiasaan merokok meningkatkan risiko terinfeksi penyakit tuberkulosis dan kematian akibat kegagalan di sistem pernapasan. Meski begitu, para perokok nampaknya banyak yang tidak peduli. Mereka terus saja meneruskan kebiasaan merokoknya. 

Mereka yang sudah kecanduan akan rokok selalu mengatakan bahwa mereka lebih memilih tidak makan daripada disuruh berhenti merokok. Rokok adalah kehidupan, bagi mereka. Tanpa rokok mereka seolah enggan hidup. Gimana enggak. Bangun tidur yang dicari rokok, habis makan pasti merokok, baca koran juga sambil merokok, bahkan ke wc pun juga sambil merokok. Padahal mereka pun tahu kalau merokok itu sangat membahayakan kesehatan mereka. 

Saya bersyukur memiliki suami yang tidak merokok. Hanya Bapak saja yang merokok di keluarga saya. Tetapi sejak beberapa tahun lalu Bapak sudah berhenti merokok. Selain karena seringnya dinasehati oleh anak-anaknya, faktor usia menjadi alasan bagi Bapak untuk berhenti merokok. 

Bapak menjadi perokok sejak sebelum menikah. Pekerjaannya sebagai sopir membuat beliau menjadi perokok berat. Katanya kalau tidak merokok, bisa ngantuk ketika mengemudi. Bapak tidak pernah merokok di depan anak-anak dan istrinya. Beliau pasti menyingkir, menjauh dari kami ketika ingin merokok. 

Berbagai Penyakit yang Diakibatkan oleh Rokok

Rokok membahayakan hampir setiap organ tubuh, merusak kesehatan, dan menyebabkan banyak penyakit. Asap rokok mengandung 7000 senyawa kimia, yang 250 di antaranya beracun, dan lebih dari 70 telah diidentifikasi sebagai karsinogen, yaitu zat berbahaya yang bisa menyebabkan kanker. 

Efek buruk merokok sangatlah luas dan merusak. Bahkan penelitian menyebutkan bahwa merokok dapat mempersingkat hidup pria sekitar 12 tahun, dan wanita sekitar 11 tahun. Nah, beberapa penyakit yang ditimbulkan akibat rokok yang dapat terjadi, di antaranya :
  • Kanker paru-paru
    Merokok adalah faktor risiko nomor satu untuk penyakit kanker paru-paru. Selain itu, merokok juga penyebab utama atas 87% kematian akibat kanker paru-paru. Perlu diketahui bahwa kanker paru-paru merupakan penyebab utama kematian akibat kanker pada pria maupun wanita. Selain itu, kanker paru merupakan salah satu kanker yang paling sulit diobati.
  • Diabetes
    Jika merokok, kita lebih berpotensi mengalami diabetes tipe-2. Risiko diabetes tipe-2 pada perokok 30-40 persen lebih tinggi daripada yang bukan perokok. Selain itu, merokok juga meningkatkan risiko komplikasi diabetes, seperti aliran darah yang buruk ke kaki, kebutaan, dan kerusakan saraf. Rokok menyebabkan resistensi insulin meningkat sehingga sangat besar menyebabkan penyakit diabetes. Haduuh, ngeriii.
  • Penyakit Paru Obstuktif Kronis
    Penyakit paru obstruktif kronis ini merupakan penyakit paru jangka panjang. Semakin banyak dan semakin lama kita merokok, maka risiko PPOK akan meningkat. Kondisi ini akan semakin memburuk dari waktu ke waktu, dan belum ada obatnya. Mengi, sesak napas, dan batuk berlendir menjadi tanda awal PPOK. 
  • Bronkitis kronis
    Bronkitis kronis adalah penyakit di mana saluran udara menghasilkan lendir terlalu banyak. Saluran udara pun meradang dan batuk menjadi kronis. Masalah bronkitis kronis sebagai besar terjadi pada perokok. Jika dibiarkan,  penyakit ini dapat menyebabkan infeksi paru yang sangat buruk. 

  • Kebutaan
    Merokok bisa merusak mata sampai menyebabkan kehilangan penglihatan. Degenerasi makula terkait usia juga dapat disebabkan oleh kebiasaan merokok. Ini menjadi penyebab utama kebutaan pada lansia berusia 65 tahun atau lebih.
  • Asma
    Asap rokok dapat mengiritasi saluran udara sehingga bisa memicu serangan asma yang tiba-tiba dan parah. Asma bisa menyebabkan penderitanya sulit bernapas, dan merokok akan memperburuk kondisi ini.

  • Penyakit kardiovaskular
    Orang yang merokok memiliki risiko lebih besar terkena penyakit yang memengaruhi jantung dan pembuluh darah atau kardiovaskular. Merokok bisa menyebabkan stroke, penyakit jantung koroner, tekanan darah tinggi (hipertensi), gagal jantung, dan penyakit lainnya. Orang yang merokok kurang dari 5 batang sehari bahkan dapat memiliki tanda-tanda awal penyakit kardiovaskular.
  • Berbagai kanker
    Tak hanya kanker paru-paru, merokok juga dapat menimbulkan risiko kanker lainnya, seperti mulut, hati, tenggorokan, ginjal, serviks, kandung kemih, dan pankreas. 
Masih terdapat berbagai risiko penyakit lain yang disebabkan oleh merokok, seperti radang gusi, penuaan dini, dan impotensi. Bahkan para perokok pasif juga memiliki risiko terkena penyakit akibat rokok tersebut. 

Jika saat ini kalian masih merokok, segeralah berhenti. Berhenti merokok bermanfaat bagi kesehatan kalian, diantaranya :
  • Tubuh akan lebih sehat dan bugar
  • Aliran darah akan semakin lancar
  • Meningkatkan kemampuan indera pengecap dan penciuman. Setelah 48 jam berhenti merokok, sistem saraf akan membaik dan memperbaiki indera pengecapan dan penciuman.
  • Kulit lebih cerah dan mencegah keriput
  • Menurunkan risiko kanker
  • Memiliki lebih banyak energi
  • Nafas akan lebih lega
  • Memperpanjang usia
Hidup Lebih Sehat tanpa Rokok



Tidak ada kata terlambat untuk berhenti merokok, karena manfaat berhenti merokok dapat dirasakan kapan pun. Setelah berhenti merokok, mulailah menerapkan pola hidup sehat agar hidup jadi lebih sehat dan bahagia.

Setelah berhenti merokok, biasanya tubuh akan mengalami banyak perubahan. Efek racun dari rokok sedikit banyak memengaruhi kemampuan indra pengecap dan penciuman kita. Alhasil, kita akan merasa stress. 

Kita bisa memulai untuk mengatur pola hidup sehat, untuk memulihkan kondisi tubuh kita dari efek merokok. Mulai dengan kebiasaan mengonsumsi makanan dan minuman sehat yang bisa membantu memulihkan kondisi tubuh. 

Minum Susu

Susu ternyata bisa menghilangkan sensasi pahit di lidah akibat merokok. Susu juga termasuk minuman yang sehat untuk dikonsumsi. Jika terbersit keinginan untuk kembali merokok, segeralah ambil segelas susu. Susu bisa menjadi alternatif minuman untuk berhenti merokok. 

Makan Buah dan Sayur

Sama hal nya seperti susu, makan sayur dan buah dapat membantu mengembalikan sensitivitas lidah. Dengan begitu, kalian nggak akan lagi mencari rokok ketika stres, tetapi justru beralih ke sayur dan buah yang lebih sehat.

Buah yang sebaiknya dikonsumsi oleh mantan perokok adalah buah yang mengandung anti oksidan, seperti pisang, apel, jeruk dan pir. 



Sebuah penelitian yang diterbitkan dalam jurnal Nicotine and Tobacco Research tahun 2013 menyebutkan bahwa para mantan perokok yang suka makan sayur dan buah cenderung lebih mudah terbebas dari jeratan rokok. Bahkan, hasrat untuk berhenti merokok terus menguat hingga 30 hari ke depan, dibandingkan mereka yang jarang makan sayur dan buah. 

Biasakan juga mengonsumsi makanan yang sehat dan bernutrisi, untuk membantu memulihkan kondisi tubuh akibat racun-racun nikotin yang menumpuk. 

Sebuah penelitian menunjukkan bahwa pola makan sehat bisa membantu memperbaiki paru-paru mantan perokok. Penelitian ini juga menyimpulkan bahwa pola makan kaya buah dan sayuran bisa memperlambat proses penuaan alami paru-paru. 



Latihan Fisik

Mulailah untuk olahraga secara teratur. Jogging, bersepeda atau berjalan kaki mungkin awal yang bagus, untuk mengembalikan fungsi paru-paru. Setelah mulai terbiasa berolahraga, mulailah meningkatkannya secara bertahap. 

Merokok sangat membahayakan kesehatan, baik kesehatan diri sendiri maupun orang lain di sekitarnya. Berhentilah merokok, sebelum rokok menghilangkan nyawamu! 

Sayangi hidupmu, sayangi keluargamu. 


2 comments

  1. Rokok ini pada nyepelein padal efeknya bisa panjang buat kesehatan. Ngrokoknya sekarang, sakitnya sekian tahun ke depan padal.
    Tapi kesadaran masyarakat kita masih rendah untuk nggak ngrokok ya bun.

    sementara yang bisa kita sadarkan ya hanya orang terdekat ya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya say, rada sebel juga kalo ngadepin perokok yang ngeyelan

      Delete

Terima kasih sudah berkunjung dan tidak meninggalkan link hidup. Jangan lupa komentarnya yaaa.....
bundafinaufara.com