Destinasi Wisata Favorit di Kabupaten Semarang

Dear friends,

Pariwisata menjadi salah satu sektor ekonomi yang terkena dampak besar krisis pandemi Covid-19. Bersyukur, beberapa waktu ini sektor pariwisata telah memasuki masa new normal dengan membuka beberapa destinasi wisata disertai penerapan protokol kesehatan khusus new normal.

Tren pariwisata di dunia termasuk Indonesia paska pandemi virus corona (covid-19) berubah. Tempat wisata outdoor dan wisata alam (adventure) diprediksi akan menjadi tujuan paling populer untuk perjalanan setelah pandemi corona berakhir.

Tempat wisata outdoor dan wisata alam (adventure) diperkirakan akan segera booming setelah pandemi corona berakhir. Diprediksi wisatawan akan lebih memilih melakukan perjalanan jarak dekat atau dengan waktu tempuh yang singkat. Karenanya jumlah wisatawan domestik akan meningkat.

Oleh karena itu, industri pariwisata nasional harus bersiap dan berbenah diri menyongsong tren perubahan di sektor pariwisata paska covid-19 ini. Di antaranya menerapkan protokol kesehatan secara ketat di destinasi-destinasi wisata.

Nah, untuk menyongsong wisata di era new normal, saya sudah menyiapkan list destinasi wisata yang menjadi favorit wisatawan di Kabupaten Semarang, nih. Tapi sebelum itu, kalian harus tahu bahwa Kota Semarang tuh beda dengan Kabupaten Semarang, lho ya. 

Kabupaten Semarang berada di selatan Kota Semarang dan memiliki 19 kecamatan yang meliputi wilayah Ungaran, Ambarawa, Bandungan, Bawen dan sekitarnya. Sebagian besar wilayah Kabupaten Semarang berada di dataran tinggi, makanya banyak penduduknya yang bermata pencaharian sebagai petani dan pedagang. Biasanya mereka menanam berbagai jenis sayur, buah dan tanaman bunga. Coba deh kalau kalian jalan-jalan ke daerah Bandungan dan sekitarnya, banyak sekali pedagang yang menjajakan hasil buminya seperti sayur dan buah-buahan di pinggir jalan (bikin kalap belanja). Belum lagi tanaman hiasnya yang berwarna-warni, siapapun pasti tertarik untuk membawanya pulang. 

Nah, saya sudah bikin rute destinasi wisata yang bisa kunjungi sekaligus dalam satu waktu dengan lokasi yang tidak terlalu berjauhan. Sekiranya kalian mau ajak keluarga buat liburan kesana, insyaAllah nggak akan memakan waktu terlalu lama menuju ke lokasinya.

Dusun Semilir

Dusun Semilir berlokasi di Kecamatan Ngempe, Kecamatan Bawen, Kabupaten Semarang, Jawa Tengah. Destinasi wisata yang tergolong masih baru ini memang sedang viral. Arsitekturnya yang unik mirip dengan stupa Candi Borobudur mampu membuat banyak orang penasaran sehingga berbondong-bondong untuk datang ke Dusun Sumilir Eco Park.

pict.by. dusunsemilir.com

Dusun Semilir terletak di pinggir jalan utama Solo-Semarang, sekitar 37 kilometer dari kota Semarang. Nggak terlalu jauh, kan? Hanya butuh waktu sekitar 45 menit dari kota Semarang. Dengan membayar tiket masuk sebesar Rp 15 ribu untuk hari biasa dan Rp 20 ribu untuk hari Sabtu-Minggu, kita sudah bisa berfoto di spot-spot yang instagramable di dalamnya.

Jika kita ingin bersantap di stan-stan resto dan kuliner harus menggunakan transaksi non tunai. Kita bisa membeli tiket khusus dengan harga Rp 50.000. Harga tiket tersebut, Rp 10 ribu untuk deposit kartu dan Rp 40 ribu untuk saldo. Jadi, kita bisa gunakan kartu tersebut jika ingin membeli makanan di berbagai stan di dalamnya.

Setelah puas menikmati berbagai wahana di Dusun Semilir, kita bisa melipir ke kawasan Bandungan. Disana banyak terdapat destinasi wisata yang lokasinya saling berdekatan, loh.

Taman Bunga Celosia

dokpri. Taman Bunga Celosia

Taman Bunga ini berlokasi di jalan Gedongsongo Bandungan, Kabupaten Semarang, Jawa Tengah, searah dengan jalan menuju Candi Gedong Songo. Kita bisa langsung ke Candi Gedong Songo selepas dari taman bunga Celosia.

Tak hanya menyajikan keindahan bunga, tetapi juga bergaya khas Eropa serta dilengkapi dengan landmark negara-negara di dunia. Para pencinta wisata alam tak hanya disuguhi dengan pemandangan alam dan bunga-bunga yang indah, tetapi juga wisata buatan seperti berbagai macam patung landmark dunia seperti miniatur patung merlion Singapura, menara Eiffel, kincir angin khas Belanda, rumah  Hobbit, rumah jamur, dan berbagai patung penghias yang sedap dipandang mata. 

dokpri. Sebelum ada covid-19 jadi nggak pake masker

Taman bunga Celosia juga memiliki fasilitas untuk anak-anak bermain. Selain itu terdapat pula fasilitas lain seperti mushola, toilet dan tempat makan. Jadi, untuk pengunjung yang nggak bawa bekal nggak usah khawatir kelaparan deh.

Tiket masuk lokasi ini masih cukup terjangkau yaitu Rp 20 ribu rupiah untuk weekdays dan Rp 25 ribu rupiah untuk weekend dan hari libur nasional.

dokpri. Senangnya piknik bersama keluarga

Oh iya, kalian perlu tahu bahwa destinasi wisata di atas sudah termasuk dari 31 destinasi wisata yang mendapatkan  rekomendasi ujicoba operasional di era adaptasi kebiasaan baru loh. Jadi kita yang ingin berkunjung ke 31 destinasi wisata tersebut sudah tidak perlu kuatir lagi karena pengelola destinasi wisata tersebut sudah menerapkan protokol kesehatan. 

Kita tetap bisa berwisata dengan aman dan nyaman asalkan tetap menjalankan protokol kesehatan dengan memakai masker, membawa hand sanitizer, jaga jarak dengan pengunjung lain dan tidak bergerombol. 

Yuk ah, kita jalan-jalan lagi. 






3 comments

  1. Waah aku mau ke Celosia belum keturutan nih. Apik yooo

    ReplyDelete
  2. keren ya wisata kabupaten semarang mbak apalagi jika mematuhi protokol kesehatan jadi pengunjung lebih aman dan nyaman

    ReplyDelete
  3. Kabupeten Semarang keren nih sudah mulai menerapkan protokol kesehatan di berbagai tempat wisata agar pengunjung terlindungi.

    ReplyDelete

Terima kasih sudah berkunjung dan tidak meninggalkan link hidup. Jangan lupa komentarnya yaaa.....
bundafinaufara.com