Begini Caranya Mencegah Gigi Berlubang pada Anak


Dear friends,

Begini caranya mencegah gigi berlubang pada anak. Memiliki anak-anak yang aktif dan sehat merupakan harapan dari para orang tua. Makanya kita selalu mengusahakan yang terbaik bagi anak-anak kita. Anak-anak sakit sedikit saja, kita pasti cemas sekali. Jangankan sakit yang berat, anak-anak sakit gigi saja bikin kita ikut merasakannya. 

Anak-anak memang rentan mengalami gigi berlubang yang bisa menyebabkan sakit gigi. Salah satu penyebabnya adalah kegemaran mereka menyantap makanan dan minuman manis. Sakit gigi akibat gigi berlubang bisa menghalangi aktivitas anak-anak, termasuk aktivitas belajar, makan bahkan beristirahat. Sebab itulah penting untuk mencegah gigi berlubang agar anak bisa senantiasa aktif, ceria, dan sehat.

Gejala sakit gigi pada anak bisanya adalah nyeri pada gigi, gigi yang berlubang, dan ada bagian gigi yang berubah warna menjadi cokelat atau hitam. Tidak heran jika hal ini terjadi pada anak-anak karena gigi berlubang membuatnya rewel dan tidak nafsu makan.

Apa Saja Penyebab Gigi Berlubang pada Anak

Permukaan gigi normalnya ditutupi dengan plak. Tetapi jika anak-anak jarang menyikat gigi, bakteri yang menumpuk pada plak gigi akan menghasilkan asam yang dapat mengikis mineral dari permukaan gigi .

Kebiasaan anak-anak mengonsumsi makanan manis akan menghambat kinerja saliva (air liur) untuk menetralisir dan mencegah asam yang menghilangkan mineral gigi. Mineral pada permukaan gigi yang semakin berkurang, ditandai dengan munculnya bintik putih pada gigi. Jika mineral yang hilang tidak diganti, permukaan gigi akan semakin melemah dan hancur lalu membentuk sebuah lubang pada gigi. Mineral ini bisa didapatkan dari pasta gigi yang mengandung fluoride. 

Ternyata ngeri juga efeknya, ya. Beberapa waktu lalu juga ada berita bahwa efek gigi berlubang juga bisa menyebabkan penderitanya hampir tewas jika tidak segera diberi pertolongan. Hal ini mengingatkan kita sebagai orangtua untuk concern pada kesehatan gigi anak

Cara Mencegah Gigi Berlubang pada Anak


Merawat gigi anak sebaiknya dimulai sejak dini, bahkan sebelum gigi pertamanya muncul. Mungkin kita menganggap bahwa gigi anak belum muncul, jadi tak perlu dirawat. Jangan salah, gigi yang belum terlihat bukan berarti gigi anak tidak ada. Bahkan saat lahir, bayi sudah memiliki 20 gigi utama yang masih berkembang di dalam rahang. 

Begini caranya merawat gigi anak supaya tidak berlubang :

  • Mulailah rutin membersihkan gigi anak setelah gigi susunya muncul dengan lembut. Cukup menggunakan sikat gigi berbulu lembut dan air.
  • Saat anak mulai besar, latih untuk menggosok gigi dan meludahkan busa yang muncul ketika menggosok gigi.
  • Saat anak berusia 3 tahun, latihlah untuk menggunakan pasta gigi yang mengandung fluoride ketika menggosok gigi, untuk melindungi giginya dari asam.
  • Biasakan untuk menggosok gigi setidaknya 2 kali sehari, setelah makan dan sebelum tidur. Pastikan untuk tetap mengawasi anak-anak ketika mereka menggosok gigi.
  • Mulai untuk membatasi konsumsi makanan dan minuman manis pada anak-anak. Makanan dan minuman manis dapat mengikis enamel gigi yang akan mengikis gigi dan menyebabkan gigi berlubang. 
  • Biasakan untuk menggosok gigi setelah anak makan atau minum manis
  • Cek/ kontrol kesehatan gigi secara rutin tiap 6 bulan sekali
Kesehatan gigi pada anak merupakan salah satu faktor penting dalam tumbuh kembang anak. Penting bagi kita sebagai orangtua untuk memperhatikan kesehatan gigi anak dan merawatnya agar tidak mengganggu tumbuh kembangnya. 




Posting Komentar

0 Komentar