Pentingnya Edukasi Manajemen Kebersihan Menstruasi pada Anak Sejak Dini

 Dear friends,

Pentingnya edukasi manajemen kebersihan menstruasi pada anak sejak dini. Fase menstruasi umumnya dianggap sebagai fase pubertas yang dialami oleh remaja perempuan. Sayangnya, tak sedikit dari remaja putri yang merasa malu untuk bertanya seputar hal menstruasi karena dianggap terlalu tabu. Padahal, penting untuk mengetahui bagaimana cara membersihkan darah menstruasi agar kebersihan alat reproduksi selalu terjaga.

Sebagai orangtua yang memiliki anak remaja perempuan, saya juga mulai memberi informasi mengenai menstruasi dan bagaimana cara menjaga kebersihannya kepada anak perempuan saya, bahkan sejak sebelum dia mendapatkan menstruasi pertamanya. Jadi, pada saat dia mendapatkan menstruasi pertamanya menjelang kelulusannya dari Sekolah Dasar, dia sudah tahu apa yang harus dilakukan saat menstruasi, misalnya saja seperti mengganti pembalut tiap 4 jam sekali dan mencuci tangan dengan sabun sebelum dan sesudah mengganti pembalutnya. 



Alhamdulillah pada Jum'at (28/05/2021) lalu, saya mengikuti webinar yang digagas oleh Kementrian Kesehatan bersama PT. Mundipharma yang bertemakan "Sehat dan Bersih Saat Menstruasi". Banyak sekali ilmu yang yang saya dapatkan dari webinar tersebut dan insyaallah sangat bermanfaat terutama bagi para ibu yang memiliki anak perempuan seperti saya. 

Mentrual Hygiene Day

Tahu nggak sih, kalau setiap tanggal 28 Mei diperingati sebagai Menstrual Hygiene Day atau Hari Kebersihan Menstruasi? 

Awalnya perayaan ini diinisiasi oleh organisasi non-pemerintah asal Jerman pada tahun 2013, Wash United. Namun perayaan Hari Kebersihan Menstruasi ini baru dirayakan setahun setelahnya, pada 28 Mei 2014 sampai sekarang. 


Berdasarkan Sensus Penduduk pada tahun 2020, terhitung ada sekitar 11,5 juta perempuan di Indonesia yang berada di kelompok usia 10-14 tahun, di mana mayoritas remaja perempuan mengalami menstruasi pertama mereka.

Namun sayang, hanya 63% dari remaja perempuan yang benar-benar memahami apa yang terjadi pada saat mereka pertama kali menstruasi dan hanya 55% di antaranya yang merasa sehat.

Diketahui pula ada 1 dari 2 remaja perempuan yang tidak mengganti pembalut mereka setiap 4-8 jam serta tidak mencuci tangan mereka dengan sabun sebelum dan sesudah menggantinya.

Menstrual Hygiene Management  memiliki dua pengertian yakni, perempuan dalam siklus menstruasi menggunakan material yang bersih untuk menyerap darah menstruasi. Material yang digunakan pun sebaiknya diganti secara berkala.

Selain itu, Menstrual Hygiene Management  juga mengandung pengertian menjaga kebersihan tubuh dengan sabun dan air bersih serta memiliki akses untuk membuang material yang sudah digunakan. Hari kebersihan menstruasi layak digaungkan untuk meningkatkan kesadaran akan menjalani masa haid dengan bersih dan tanpa mengganggu aktivitas sehari-hari.

Untuk itu penting sekali untuk memberikan edukasi tentang manajemen kebersihan menstruasi kepada remaja perempuan. 



Nah, beberapa pola hidup bersih yang dapat diterapkan selama masa menstruasi antara lain, sebagai berikut :


Ganti Pembalut Secara Rutin
Pembalut menstruasi sebaiknya diganti setiap 3-4 jam sekali, terutama di hari-hari pertama menstruasi karena pada umumnya darah yang dikeluarkan akan lebih banyak di hari-hari setelahnya. Selain itu jangan lupa mencuci tangan sebelum dan sesudah mengganti pembalut.

Pilih Pembalut yang Tepat
Pastikan pada pembalut yang dipilih telah tercantum tulisan SNI dan belum memasuki masa kadaluarsa. Selain itu pastikan bahwa serabut pada pembalut tidak lepas saat digunakan dan memiliki daya serap yang tinggi.

Memahami Kesehatan Reproduksi
Anna Surti Ariani, S.Psi., M.Si, Ketua Ikatan Psikolog Klinis(IPK) Indonesia Wilayah Jakarta yang juga seorang Psikolog Anak dan Remaja menjelaskan bahwa edukasi reproduksi perempuan sangat penting untuk ditingkatkan supaya remaja perempuan dapat mengetahui cara menjaga kebersihan saat menstruasi dan apa implikasi dari tanggung jawab seksual di dalamnya. 

Ibu, yuk mulai mengenalkan menstruasi kepada anak kita bahwa menstruasi adalah hal yang normal dan patut disyukuri. Menstruasi bukanlah hal yang tabu untuk dibicarakan. Beritahukan pada anak tentang kondisi yang akan terjadi ketika menstruasi datang bahwa darah akan keluar dari vagina. Jika perlu praktekan langsung bagaimana cara memasang pembalut di celana dengan baik di depan anak. Jelaskan juga bagaimana perbedaan antara pembalut bersayap dengan pembalut yang tanpa sayap.

Jelaskan juga bagaimana caranya membersihkan pembalut dan membuangnya dengan benar. Begitu juga cara membersihkan celana dalam jika ada noda darah yang tertinggal di sana. Sebagai seorang muslimah tentu saja hal ini wajib diketahui untuk menghindari najis ya. 

Sebagai seorang ibu sekaligus sebagai perempuan yang juga merasakan menstruasi, kita juga tahu bahwa menstruasi tak hanya berdampak pada tubuh saja tetapi juga mood yang beribah karena peningkatan hormon. Oleh karena itu kita tentu harus menyadari dan memahami bagaimana harus bersikap ketika anak perempuan kita dalam kondisi seperti itu. 

Edukasi tentang menstruasi sejatinya tak hanya wajib diberikan kepada anak perempuan saja, tetapi juga kepada anak laki-laki. Hal ini ditujukan agar anak laki-laki bisa lebih empati kepada perempuan, sehingga tidak akan ada lagi anak laki-laki yang membully teman-teman perempuannya ketika teman-teman perempuannya sedang haid. Bahkan diharapkan anak laki-laki tidak malu-malu lagi ketika membantu teman perempuan, saudara perempuan atau bahkan ibunya ketika sedang menstruasi. Misalnya saja membantu membelikan pembalut atau mengambilkan air hangat. 

Country Manager Mundipharma Indonesia, Mada Shinta Dewi mengatakan bahwa Mundipharma Indonesia terus berkomitmen memperbaiki kualitas hidup masyarakat Indonesia, khusunya perempuan dalam menjaga kebersihan dan kesehatan area kewanitaannya.



Betadine Feminine Care memiliki rangkaian produk area kewanitaan yang lengkap, mulai dari pembersih kewanitaan untuk sehari-hari yang mengandung prebiotik, pembersih kewanitaan dengan kandungan daun sirih dan prebiotik, pembersih antiseptik kewanitaan khusus untuk mengatasi infeksi area kewanitaan serta antiseptik kewanitaan yang dilengkapi dengan aplikator. Ada juga tisu basah untuk pembersih kewanitaan dengan prebiotik yang 100% biodegradable atau flushable. Sangat aman dipakai untuk sehari-hari, dan juga eco friendly loh. 

Nah, super lengkap kan rangkaian produk perawatan area kewanitaan dari Betadine  Feminine Care. Kita bisa pilih sesuai kebutuhan ya. Jangan lupa sediakan rangkaian produk Betadine Feminine Care di rumah, dan selalu bawa produk ini ketika kita bepergian, supaya area kewanitaan kita selalu bersih dan aman. Produk Betadine Feminine Care ini bisa dibeli di sini
 



Posting Komentar

12 Komentar

  1. Anakku yg perempuan udh 8 THN, hampir 9. Aku udh hrs bersiap sbnrnya utk ngajarin dia ttg mestruasi, cara2 bersihinnya, dan apa yg mulai nanti dia udh harus hati2 dalam bermain.

    Ga kepengn aja dia buta samasekali ttg ini. Soalnya dulu aku termasuk yg ga dijelasin detil Ama mamaku mba.

    Naah produk Betadine ini aku msh pake loh. Dulu pake yg khusus menstruasi. TRUS skr ini pake yg daily use. Kalo tisu basah kewanitaannya aku slalu nyetok pas mau traveling mba. Trutama ke negara yg ceboknya ga pake air :p. Aku jijik kalo udh Nemu toilet yg cuma pake tisu. Makanya tisu basah kewanitaan gitu penting banget dibawa

    BalasHapus
  2. inilah kenapa perlu ada acara seperti ini. Obrolan soal menstruasi kadang suka dianggap tabu, padahal penting sekali untuk dibahas supaya para perempuan terutama yang baru mengalami haid lebih paham dan tahu bagaimana merawat diri dan kesehatan saat menstruasi.

    BalasHapus
  3. Terima kasih mbak, tulisan kayak gini bisa bikin para pria-pria juga ikut memahami perempuan dan menstruasi. Baru tau juga ternyata betadine punya produk khusus untuk kewanitaan yaa

    BalasHapus
  4. Baru tahu ada hari menstruasi ya yang diperingati setiap tahun agar makin tinggi kesadaran untuk menjaga kesehatan dan kebersihan saat menstruasi

    BalasHapus
  5. Sepenting itu merawat area intim, dan saya menyadarinya setelah usia dewasa. Termasuk telat juga, tapi sekarang saya tidak ragu menggunakan produk-produk pembersih kewanitaan apalagi dengan rangkaian Betadine Feminine Care yang sangat membantu dan praktis banget digunakan. Favorit yang selalu saya bawa adalah tisu basahnya.

    BalasHapus
  6. Jadi pengen coba Betadine deh untuk membersihkan daerah kewanitaan sehari-hari. Kayanya oke juga ya biar tubuh semuanya bersih dan juga sehat.

    BalasHapus
  7. Nah pas banget bund, yang punya anak udah kuliah ya, hehehe aku pun belajar banget nih managemen kebersihan diri pas menstruasi. Jadi lebih rajin ganti

    BalasHapus
  8. Cara mendapatkan produk Betadine cukup mudah yaa..
    Dan aku jadi baca-baca lagi niih..megenai manfaatnya masing-masing produk.

    BalasHapus
  9. Wanita memang sangat detail dan perlu perhatian khusus makanya dimuliakan ya keren ini edukasiya cocok buat anak anakku jg krn 4 nya cewe semua thx mba

    BalasHapus
  10. Topik menstruasi ini mestinya gak dianggap tabu lagi ya, penting banget dibahas supaya anak remaja perempuan dapat pemahaman yg baik, laki2nya juga... Terlebih buat muslim ya, karena ada bahasan fiqihnya juga

    BalasHapus
  11. cara seminarnya pastinya bagus banget ya mba, sayangnya saya ga bisa ikutan padahal ini penting banget buat kaum perempuan terutama masih yang remaja

    BalasHapus
  12. Sebenarnya ideal dalam pemakaian pembalut masih membingungkan bagi saya. Tiap ditanya ponakan saya jawabnya maksimal 6 jam sekali. Ternyata lebih ideal jika pembalut diganti sesering mungkin ya bun.

    BalasHapus

Terima kasih sudah berkunjung dan tidak meninggalkan link hidup. Jangan lupa komentarnya yaaa.....
bundafinaufara.com