Lakukan Cara Ini untuk Mengatasi Rambut Kering

 Dear friends,

Rambut merupakan mahkota yang harus senantiasa dirawat agar selalu terlihat indah dan menawan. Namun, terkadang kita memiliki masalah rambut yang beraneka macam. Ada yang mengalami kerontokan, ada yang rambutnya rapuh atau mudah patah, ada yang rambutnya selalu mengembang seperti rambut singa. 

Atau mungkin ada yang kayak saya, yang punya rambut lepek di bagian bawah dan belakang tapi mengembang dan kering di bagian atas dan depan? Saya memiliki problematika rambut kering yang mengembang sejak remaja. Sekian lama saya bingung bagaimana cara untuk mengatasi rambut kering saya ini. 


Rambut kering dan mengembang sering menjadi permasalan yang cukup mengganggu untuk saya. Apalagi jika harus memakai hijab, rambut sering banget keluar dari ciput sehingga terlihat tidak rapi.  Rambut kering ini juga salah satu tanda kerusakan rambut, untuk itulah menjaga dan segera mengatasinya adalah hal yang harus segera dilakukan. 

Gimana sih cara mengatasi rambut kering yang susah diatur ini?

Memilih Shampo yang Tepat 

Ada jenis shampo yang dapat membuat rambut menjadi kering, yaitu shampo anti ketombe. Shampo jenis ini akan membuat kepala menjadi terangsang dan rasa gatal akibat ketombe menjadi berkurang, namun akibatnya membuat rambut menjadi kering. Selain pemilihan shampo, penggunaan kondisioner akan membantu melembabkan dan menutrisi rambut sehingga rambut kita akan terhindar dari kekeringan dan mengembang. Sama seperti moisturizer, kondisioner berfungsi untuk melembabkan rambut dan mengganti minyak rambut yang hilang sehabis keramas. Gunakan shampo untuk rambut kering yang bisa mengatasi rambut kita yang kering dan mengembang. 

Creambath atau Hair Mask pada Rambut

Sebaiknya lungkan waktu melakukan perawatan rambut sedikitnya sebulan sekali agar nutrisi rambut terjaga dan rambut menjadi sehat. Jika kita menggunakan hijab, berikan waktu untuk rambut agar bisa bernafas setelah seharian tertutup hijab. 

Kurangi Penggunaan Hair Dryer atau Catokan

Panas yang dihasilkan dari catokan dan hair dryer berpotensi membuat rambut menjadi kering. Usahakan untuk tidak terlalu sering menggunakan dua alat styling rambut ini. Kalau memang terpaksa, jangan lupa gunakan vitamin rambut atau heat protection sebelum mencatok. 

Kita juga bisa membuat masker rambut menggunakan bahan-bahan alami yang melembabkan seperti madu, minyak zaitun, minyak kelapa, atau lidah buaya.

Selain perawatan secara langsung, kita juga harus memperhatikan kondisi tubuh. Memperbanyak minum air putih agar tidak dehidrasi. Mengonsumsi air putih dengan jumlah yang cukup mampu membuat rambut tumbuh dengan akar yang kuat dan tidak kering atau bercabang.


Posting Komentar

0 Komentar