All about my life

Monday, 20 April 2015

Berbagi Bahagia Bersama TabloidNova.com , Dengan Apa yang Saya Bisa

Berbagi kebahagiaan bisa dilakukan oleh siapa saja dan kapan saja. Selagi orang tersebut mau dan mampu. Saya jadi ingat bahwa sebaik-baik manusia adalah yang bermanfaat bagi orang lain. Menjadi manfaat bagi orang lain bisa membuatmu bahagia. Kata-kata itu selalu terngiang di telinga dan terpatri di benak saya. Kemudian saya bercermin dan mengingat, apakah saya sudah melakukannya? Apakah saya sudah berguna bagi orang lain, meski dengan hal kecil yang saya bisa? Apakah saya bisa berbagi bahagia? Apakah semua orang bisa merasa bahagia?

Bagaimana saya memulainya?

Saya memulainya dari lingkup kecil. Yaitu keluarga saya. Banyak hal yang bisa dilakukan untuk keluarga. Yang paling utama adalah bagaimana saya menjalankan peran saya sebagai ibu rumah tangga dengan baik. Saya  berusaha menjadi mitra yang baik bagi suami, menjadi pelindung dan sahabat bagi anak-anak. Hal lain yang biasanya saya lakukan juga sederhana. Dengan menyediakan waktu untuk bercengkrama dengan keluarga, menjadi guru kalau anak-anak bertanya, menjadi pendengar yang baik ketika anak-anak bercerita, menyajikan hidangan favorit mereka disela kesibukan saya. Itu saja, sih. Saya yakin hampir semua ibu rumah tangga pasti bisa melakukannya. Meski kami hidup sederhana, saya merasa bahagia bersama keluarga saya.  Kebahagiaan terbesar saya adalah ketika melihat mereka bahagia. Klise? Biarlah. Yang penting saya jujur pada diri saya sendiri bahwa saya memang bahagia. Saya bersyukur dan bahagia memiliki mereka. Mereka adalah inspirasi kebahagiaan saya.

berbagi bahagia bersama tabloidnova.com
Bahagia saat wisuda tahun 2013
Kebahagiaan saya yang lain adalah ketika saya bisa membuat orang lain bahagia atas apa yang saya lakukan. Saya sedikit melebarkan sayap untuk menebar manfaat di lingkungan sekitar saya. Tahun 2010 saya mendirikan PAUD khusus untuk anak-anak di sekitar tempat tinggal saya. Saya memakai rumah pribadi orangtua saya untuk semua kegiatan PAUD. Ada sekitar 28 anak yang menjadi angkatan pertama PAUD saya. Honor? Nggak ada sama sekali. Malah, lebih sering merogoh kocek sendiri untuk menambal kebutuhan PAUD. Selain aktif di kegiatan PAUD, saya juga menjadi kader posyandu baik posyandu balita maupun lansia. Bahagia? Iya. Saya hanya ingin  berbagi kebahagiaan meski hanya dengan sedikit ilmu yang saya punya. Bagaimana dengan mereka? Semoga mereka bahagia, bisa menyekolahkan anak-anaknya lebih dekat dan tak perlu keluar banyak biaya. Semoga mereka bahagia ketika bersama-sama senam lansia dengan  saya.

berbagi-bahagia-bersama-tabloid-nova.com
Bahagia ketika bersama anak-anak didik

berbagi-bahagia-bersama-tabloid-novacom
Bahagia bersama anak-anak didik

berbagi-bahagia-bersama-tabloid-novacom
Bahagia ketika melihat anak didik belajar
berbagi-bahagia-bersama-tabloid-novacom.
Bahagia melihat anak didik belajar
Meski memiliki kegiatan yang cukup padat, saya masih  meluangkan waktu untuk berkumpul dengan sahabat-sahabat saya ketika kuliah. Mereka juga rata-rata pendidik PAUD. Selain berbagi pengalaman ketika mengajar, kami juga berbagi ilmu tentang metode dan model pembelajaran yang diterapkan di lembaga pendidikan masing-masing. Kami juga sering bersama-sama mengikuti seminar atau pelatihan seputar pendidikan anak.

berbagi-bahagia-bersama-tabloid-novacom
Bahagia Bersama Teman Seperjuangan
berbagi-bahagia-bersama-tabloid-novacom
 Bahagia bisa belajar bersama Pak Munif Chatib
Dua tahun belakangan ini, saya mengikuti beberapa grup kepenulisan. Tujuan saya pada awalnya adalah untuk menulis apapun yang berhubungan dengan dunia pendidikan anak. Ternyata, setelah bergabung dengan beberapa komunitas menulis dan komunitas blogger saya malah mendapat pengalaman lebih. Di komunitas saya belajar dari para penulis dan blogger senior yang sudah malang melintang di dunia menulis maupun blog. Banyak hal yang saya peroleh. Tidak hanya ilmu, saya juga mendapat banyak sahabat. Kami saling support, saling memotivasi, saling mengkritik dan saling memberi informasi. Meski hanya bertemu di dunia maya, tetapi saya merasa bahagia bersama sahabat saya.


berbagi-bahagia-bersama-tabloid-novacom
 Bahagia Bersama Komunitas IIDN Semarang
berbagi-bahagia-bersama-tabloid-novacom
 Bahagia Bersama Komunitas Blogger

Bahagia? Ya, saya bahagia. Bahagia itu dicipta bukan diminta, kata adik saya Arinta. Dan saya membenarkannya. Apalagi kalau rasa bahagia itu bisa kita bagi pada sesama. 
Oooh, betapa indahnya dunia.



43 comments:

  1. Berbagi bahagia membuat kita tidak pernah merasa sepi. Banyak teman. Seru-seru acaranya ya mba, jalin silaturahmi.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mb Arin....bahagia juga membuat kita sehat jiwa raga...
      Terima kasih sudah mampir...;)

      Delete
  2. Berbagi bahagia membuat kita tidak pernah merasa sepi. Banyak teman. Seru-seru acaranya ya mba, jalin silaturahmi.

    ReplyDelete
  3. Berbagi kebahagiaan memang bisa kita mulai dari hal yang sederhana ya Mak :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya Mak....lakukan apa yang kita bisa...."just do it"
      Makasih sudah mampir mak Hilda...;)

      Delete
  4. Wow..merintis paud..salut mak:)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hehe...PAUD ndeso mak...
      makasih sudah mampir ya mak ;)

      Delete
  5. Luar biasa mba aktivitasnya, terutama yg PAUD itu...super :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hehehe...awalnya karena kasian aja, di desa saya waktu itu belum ada PAUD non formal..., cuma ada PAUd formal (TK) ...itupun cuma 2 biji mb Uniek..:)
      Matur nuwun sudah mampir ;)

      Delete
  6. Woww,, aku kagum banget sama mbak Ika, kegiatannya seabrek ya
    Sukses juga PAUD yang udah dirintis, kereeen :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Waduh...bu Wati bisa aja, belum bisa sehebat ibu2 yang lain ...
      Terima kasih sudah mampir ...:)

      Delete
  7. wah keren ... moga2 PAUD nya makin sukses ya mak.
    dari sini insyaallah dicetak generasi masa depan yg tangguh imtaq dan iptek nya :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aamiin....makasih mb Muna, sebenarnya masih banyak yang lebih keren....
      Makasih supportnya....

      Delete
  8. Melakukan aktivitas bersama anak-anak sungguh membahagiakan ya mbak...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mas Adi, bisa jadi obat hati..hehe
      salam kenal ya...makasih sudah mampir

      Delete
  9. Berbagi bahagia ke keluarga, siswa didik, dan sahabat..pasti bikin stok bahagianya mak selalu full..
    Sip..
    Good luck y mak :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Betul mak Inda...my life is full of happines..
      Makasih mak...;)

      Delete
  10. Keren mak..berbagi bahagia buahnya tidak cuma bahagia tapi banyak hal

    ReplyDelete
  11. Keren mak..berbagi bahagia buahnya tidak cuma bahagia tapi banyak hal

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mb Driani...insyaAllah buahnya pahala yng berlipat ganda.

      Delete
  12. Keren mak..berbagi bahagia buahnya tidak cuma bahagia tapi banyak hal

    ReplyDelete
  13. Mak ada typo tulisan hahagia di atas

    ReplyDelete
    Replies
    1. Oh...makasih sudah diingatkan mb Susan...;)

      Delete
  14. aktivitasnya menginspirasi, mak. apalagi yang mendongeng bareng anak2, semoga selalu semangat berbagi kebahagiaan bersama mereka ya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aamiin...makasih apresiasinya mb Ila...

      Delete
  15. Wah, hebat, Mak. Salut banget sama PAUD-nya, semoga lancar dan berkah terus, ya ^^

    ReplyDelete
  16. setuju bahagia itu di cipta, semoga lancar dan sukses PAUD nya

    ReplyDelete
  17. biar di tengah kesibukan, dengan banyak kegiatan, semua dijalani dg bahagia ya mak. bahagia memang dari diri kita. salam kenal ya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Betul mb Isma. Salam kenal diterima mb Isma...

      Delete
  18. Sukses mbak PAUD-nya. Saya juga kepingin banget suatu saat punya lembaga pendidikan sendiri terutama untuk anak-anak. Do'akan yaa mbak. hihi :)

    ReplyDelete
  19. Subhanallah, inspiratif kegiatannya Mak. Saya juga setuju, bahagia itu diciptakan bukan diminta. Semoga menjadi berkah buat Mak Ika dan keluarga ya ^_^

    ReplyDelete
  20. Oh...ini baru ya Bunda, Berbagi Bersama dengan Tabloid Nova.
    Saya pikir hanya "Berbagi bersama di Pizza Hut" hehehehehe

    ReplyDelete
  21. Mba ika kegiatannya super banget....barakallah mbaa...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aaah, masih kalah sama mb Dedew....hehe

      Delete
  22. Baru baca ini, Mbak Ika. Nyambung juga sama yang mengejar cita-citata, eh, cita-cita maksud saya :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hehe...kalo cita citata mah saya nggak akan ngejar ngejar...iya ini masih nyambung sama yg ngejar cita-cita. Panjang dan berliku....

      Delete
  23. MasayaAllah.. baru baca ini..
    Mba Ika keren!

    berbagai bahagia, memang bikin tambah bahagia :*

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mb Arina....bisa membuat orang lain bahagia jadi makin tambah bahagia.. :D

      Delete

Terima kasih sudah berkunjung dan tidak meninggalkan link hidup. Jangan lupa komentarnya yaaa.....
bundafinaufara.com

ID Corners

ID Corners

KEB

BRID

Blogger Perempuan

Fun Blogging Community

IDFB

Blogger Muslimah

Gandjel Rel

IIDN

IIDN

Warung Blogger

Warung Blogger

KOPI

KOPI

Copyright © My Life on Words | Powered by Blogger

Design by Anders Noren | Blogger Theme by NewBloggerThemes.com