All about my life

Saturday, 23 May 2015

Tiga Kata Ajaib

"Bun, mik putih," pinta Rara. 
"Boleh minta tolong, dek," kata saya.
"Bun, tolong air putih," Rara mengulangi permintaanya, meniru kata-kata saya.
Segera saya mengulurkan segelas air untuk putri kecil saya itu. 
"Terima kasih ya, Bun, " ucap Rara. 
Saya tersenyum dan menjawab, " Iya, sama-sama".
Dalam hati saya bangga, si Rara tahu kapan waktu mengucapkan terima kasih. 
Beberapa waktu yang lalu, tak sengaja Rara menjatuhkan sisir yang dibawanya dan mengenai muka saya yang sedang tiduran. Reflek saya mengaduh *padahal nggak sakit-sakit amat sih...hehe
"Maaf ya, Bun," kata Rara sambil mengusap pipi saya. Tidak hanya mengusap pipi, Rara juga memeluk dan menciumi saya. Tampaknya dia seperti menyesal menjatuhkan sisirnya di muka saya.

Rara, anak ketiga saya memang berbeda dengan kakak-kakaknya (bukan bermaksud membanding-bandingkan anak sendiri, lho). Ketiga anak saya memiliki kelebihan yang berbeda. Mungkin karena ketika mengandung Rara saya aktif kuliah dan mengajar. Jadi berefek positif pada perkembangannya. Rara lebih cepat berbicara dengan lafal jelas, lebih cepat belajar, lebih cepat hafal bila diajari sesuatu seperti doa dan mandiri. Di usianya yang menjelang 3 tahun (Agustus nanti) Rara sudah bisa mandiri. Rara sudah bisa makan sendiri, mandi sendiri, memakai baju sendiri (meski kurang rapi) dan memakai sepatu sendiri. Rara juga sangat suka buku. Kadang dia buka buku dan mulai membaca (seolah-olah sudah bisa membaca).

Rara usia 20 bulan
Oh ya..., soal tiga kata ajaib itu yakni "tolong, maaf dan terima kasih" saya tak pernah mengajarkannya tapi mencontohkannya. Saya sempat terkejut sekaligus bangga ketika pertama kali Rara bisa mengucapkan terima kasih, maaf dan tolong. Wah, mumpung Rara sedang dalam masa golden age dimana otaknya masih seperti spons yang mampu menyerap apapun dengan cepat, harus diberi stimulasi yang aktif nih. 
Saat ini, selain mampu mengucapkan tiga kata ajaib itu, Rara sudah mampu memegang pensil dengan benar (saya juga tidak pernah mengajari), mencoret-coret sesuatu dan menceritakannya. 

video


Belajar bareng si Mas


Kalo sedang kumat narsisnya, Rara paling seneng di foto. Dari bayi sudah terlihat talenta narsisnya...hihihi. Lihat aja nih...metamorfosa Rara dari bayi sampai sekarang.









Imut kaaa...aannn??

38 comments:

  1. imuuuttt ^o^...

    Akupun slalu ngajarin 3 kata itu ama ankku mba... sebagai ortupun aku g segan utk bilang maaf kalo aku slh..Supaya si kecil bisa tau, kalo bilang 'maaf' itu bukan hanya wajib utk org2 yg lbh muda ... tapi itu menunjukkan kebesaran hati kita dan bukan berarti minta maaf itu tndanya org yg kalah dan salah..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sipp mb Fanny...kalo aku nggak ngajari secara langsung, sih. Aku dan suami memberi contoh saja...mereka akhirnya terbiasa dengan 3 kata itu dan bisa menggunakannya di watu yang tepat.

      Delete
  2. Anak kecil sellau meniru apa yang dilihat dan didengarnya ya mak, jadi kudu hati2 bersikap dan bersuara nih hehehe

    ReplyDelete
  3. Mbak, Rara lucu banget, gembil.
    Semoga jd anak yg cerdas ya dek. Sudah kelihatan pintar dan santun

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aamiin tante Adit...makasih doanya :)

      Delete
  4. wah subhanallah masih kecil tapi udah terbentuk karakter yang akan dirindukan kehadirannya.
    salam kenal ya Rara :-D, dari Tante Muti'ah.. hihi

    ReplyDelete
    Replies
    1. Salam kenal juga tante Muti'ah.....doakan Rara ya..

      Delete
  5. Rara cantiiik, pintar dan imut

    ReplyDelete
  6. masya Allah,lucu bangettt hehehe.....pernah denger kata2 teman,di usia anak baru bisa ngomong atau belajar ngomong,ortu harus bener2 hati2 dalam berbicara,soalnya akan ditiru anak

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mak, ortu kudu punya rem yang pakem...*aku masih belajar terus nih..

      Delete
  7. Tiga kata ajaib itu memang perlu disosialisasikan kepada anak2 kita sejak ... agar anak2 kita menjadi santun dan bisa menghargai orang lain kelak ketika mereka dewasa... btw, itu bocah2nya imut2 banget ya... aku suka dengan senyum dan tawanya yg menggemaskan...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Betul mb Rita..., alhamdulillah memiliki anak-anak yang ceria..bawaannya senyuuum terus

      Delete
  8. Ih Rara lucu ih.... iya mak kalau sudah dibiasakan nanti jadi terbiasa ya Mak

    ReplyDelete
  9. Anak anak mmeang peniru ulung y mak..dan mencotohkan merupakan slh satu metode belajar yg cocok buat si kecil..
    Aku jg nyontohin 3 kata ajaib itu ke si kecil dan baru sampai di penggunaan kata makasih, yg 2 lg PR
    :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Pelan-pelan aja mak, insya Allah nanti si kecil terbiasa dengan 3 kata ajaib itu..

      Delete
  10. Lucu amaaat yaa anak-anakmu mba, dakuw msih berusaha ni ajarin tiga kata ajaib, ke alde terutama hihihi

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hehe...emaknya juga lucu to mb Dew? hihi *di toyor orang sekampung

      Delete
  11. Raraaa... lucu banget sih... boleh cubit gak pipi bakpaonya?
    Dan Rarapun menjawab "Maaf, ga boleh tante :)"

    Pinter deh Rara, saya senyum haru waktu baca cerita Rara minta maaf sambil ngusap pipi ibunya^^

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mb Irly...beneran Rara nya sampai kayak gitu. Dan akupun lebih terharu....

      Delete
  12. Nyesss banget kalo anak sendiri bilang "Maaf, tolong, terima kasih" ya Mak :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mak Tetty....kitanya juga harus biasa bilang seperti itu mak, biar anak-anak kita niru..

      Delete
  13. Iyesssimut :D pake banget.. Bisa jadi, selain dari orang tua Rara juga meniru dari kakak-kakaknya ya mbak.
    Sehat dan bagia ya Rara ^^

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahay...makasiiih tante, iya....alhamdulillah

      Delete
  14. Anak kecil suka banget ngikutin, padahal ga diajarin. Kayak anak kecil saya, tau2,bisa bahasa sunda ternyata kakaknya yg ngajarin.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mak Lis....harus bener2 hati2, apa yang kita lakukan, yang kita katakan bisa diikutin sama mereka..

      Delete
  15. Imuuut! hihi... iyah setuju, ajaib banget itu kata2 'Tolong', 'Terima kasih', dan 'Maaf' :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Betuul, mak. Sudah di ajarin ke anak2nya belum?

      Delete
  16. rara lucu sekali yaa .. itu beneran rara yang pakai kerudung ? asli lucu sekali :D .. hahahaha masukin ke model cilik deh lucu banget

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya itu yang pake kerudung si Rara, hihi...
      kerjaan om dan tantenya itu...

      Delete
  17. Rara lucuu dan cantiiik, hihiii
    Anak-anak emang peniru ulung mbak, makanya orang tua wajib beperilaku yang baik :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yak, betul mb Wati....meski kadang suka keceplosan siih...hihihi

      Delete
  18. salam kenal dek Rara dari kakak Nay n adek ayyan

    ReplyDelete
    Replies
    1. Salam kenal juga dari Rara buat kakak Nay dan kakak Ayyan.....mmmuach

      Delete
  19. lucu sekali mbak anaknya, apalagi anaknya pinter ya, tau terimakasih, minta maaf dan tolong ya mbak :)
    semoga jadi anak yang pinter kedepannya ya mbak, kalo ngurusin anak ribet ga sih mbak?hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hehe...makasih..
      ngurus anak tuh ribet tapi asyik, loh..

      Delete

Terima kasih sudah berkunjung dan tidak meninggalkan link hidup. Jangan lupa komentarnya yaaa.....
bundafinaufara.com

ID Corners

ID Corners

KEB

BRID

Blogger Perempuan

Fun Blogging Community

IDFB

Blogger Muslimah

Gandjel Rel

IIDN

IIDN

Warung Blogger

Warung Blogger

KOPI

KOPI

Copyright © My Life on Words | Powered by Blogger

Design by Anders Noren | Blogger Theme by NewBloggerThemes.com