All about my life

Tuesday, 24 November 2015

Resep Garang Asem khas Kudus

resep-garang-asem-khas-kudus
Garang Asem khas Kudus ala saya

Sstt... tahu nggak, masakan tersusah yang pertama kali saya buat untuk suami setelah menikah adalah Garang Asem. Waktu itu, saya gaya-gayaan aja pengen masak sesuatu yang beda. Sebelumnya saya hanya bisa masak tumis-tumisan. Hari ini tumis kacang panjang campur tempe, besok tumis kangkung, besoknya lagi tumis sawi, besoknya kembali tumis kacang panjang lagi...hadeuuh. Mungkin suami pengennya protes, tapi dia maklum...karena saya 15 tahun lalu kan masih unyu-unyu. Huweek  *ada yang mules nggak?
Jadi begitu saya membuatkan masakan yang lain, si dia begitu excited. Katanya, rasa Garang Asem bikinan saya nggak kalah sama yang ada di rumah makan (ini sih, biar istrinya senang aja). Padahal resepnya nyontek dari Tabloid. 

Nah, hari Minggu kemarin tetiba pengen banget masakin ini untuk para kekasih. Biarpun ribet masaknya, tapi tak apalah...yang penting mereka suka.

Pengen masak Garang Asem juga?  Nih, saya bagi resepnya.

Resep Garang Asem khas Kudus

Bahan  : 
500 gram ayam, potong kecil (sesuai selera)
10 pasang rempelo ati (kalo suka), rebus dulu, potong kecil (sesuai selera)
7  buah tomat hijau, potong-potong
5  buah belimbing wuluh, potong-potong
2  gelas santan

Bumbu  :
8  butir bawang merah, iris halus
7  siung bawang putih
10  buah cabai merah
5  buah cabai rawit (sesuaikan selera)
2  batang serai, keprek
1 ruas lengkuas, memarkan
1/2  ruas jahe
Daun salam
Daun jeruk purut
1  sdm gula jawa 
1/2  sdm garam
kaldu bubuk (optional, kalo suka)
Daun pisang
Lidi untuk menyemat

Cara membuat  :
1]  Haluskan bawang putih, cabai, jahe. 
2]  Tumis bawang merah hingga harum, masukkan bumbu halus, serai, lengkuas. Aduk rata.
3]  Masukkan potongan daging ayam dan rempelo ati. Aduk hingga bumbu tercampur dan ayam berunah warna.
4]  Masukkan santan. Tambahkan garam, gula dan kaldu bubuk, aduk rata. Masak hingga santan mendidih. Setelah santan mendidih, cicipi apakah rasanya sudah pas. Masukkan potongan tomat dan belimbing wuluh. Matikan api.

resep-garang-asem-khas-kudus

5]  Ambil 2 lembar daun pisang. Buat pincukan, letakkan daun salam dan daun jeruk sebagai alas. Masukkan potongan ayam, beri irisan tomat dan belimbing wuluh, tambahkan santan kemudian semat dengan lidi. Begitu seterusnya hingga semua bahan habis.

resep-garang-asem-khas-kudus

6]  Kukus Garang Asem selama 30 menit. Angkat, sajikan dengan nasi hangat.

resep-garang-asem-khas-kudus
Siap disantap

Gimana resepnya? Gampang banget ya, ternyata. Ribetnya sih cuma di persiapan memasaknya aja. Tapi semua itu akan terbayar ketika para kekasih makan dengan lahab dan tersenyum sambil memuji. Hmm...enaaak, mak nyuss Bundaaa. Wah, rasanya semangat buat masak lagi nih buat mereka.

Selamat mencoba resep saya, yaa..


36 comments:

  1. untungnya suamiya senang sama tumis2an hehehe
    yang namanya garang asem, saya sukaaa banget, tapi saya blm pernah nyoba masaknya *hadeuh*

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ayo nyoba bikin mb Santi....pasti lebih enak...

      Delete
  2. Aku baru tahu ada makanan dengan nama garang asem. Rasanya gimana? Mirip sayur lodeh?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Rasanya mirip rica2 tp berkuah mb anisa....coba deh bikin..

      Delete
  3. Atuhlaaaah..
    Jangan yang susah2 sih masaknya, yang tinggal di cemplung2 aja gitu lhooo...bhahaha...
    *suka gampang cemen anaknya kalo baca resep*

    ReplyDelete
    Replies
    1. Duuh...bibi mah beli ajah di resto korea depan situu....hihihi..

      Delete
  4. Jadi pengen masak ini...
    *beli bahan dulu*
    Saya juga sekarang masih masak tumis-tumisan mba, banter-banter bikin sayur sop ato soto bandung aja yang gampang bumbunya hihihihi

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hayuk atuh nyobain bikin variasi menu....biar suami makin cintaaah....hihi

      Delete
  5. duuh kangen garang asem,,,yang legit gurih asem segerr kayak ini *nelenludah

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hihi mb Inayah...kemecer ya....langsung bikin dong, mba...

      Delete
  6. Waktu di Batam ini salah satu makanan favorit aku, kalau makan di warung pasti makan ini, enak banget. Tapi, di Bandung mah jarang yang jualan dan aku nggak bisa masak. >.<

    ReplyDelete
    Replies
    1. Di rumah makan soto kudus pasti ada kok, mb El...
      ato...coba tantang diri sendiri untuk masak garang asem sendiri...hahaha

      Delete
  7. Syegerr... Nom nom.
    Td kepikiran pingin bikin in mbak. Hbs di kasih ayam kampung sm mbah uti.
    Eh ga punya santen. Ya udah masak ala cirebonan bumbu kuning gt deh

    ReplyDelete
    Replies
    1. Waah...sebenernya pas banget tuh mb Ophi....ga pake santenpun ga pa2 sebenarnya, jadinya garang asem bening...

      Delete
  8. aaaa mb ika mah selalu update makanan kesukaanku..hihi
    aku suka seger seger efek blimbing wuluh kalok garang asem

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hehe...iya dooong, semacam ada maksud provokatif buat para mahmud yang baru belajar masak...wkwkwk

      Delete
    2. Siniiiii.....*sambil ngiming2i...hahaha

      Delete
  9. Hmm.. yummy...
    boleh nih dicoba
    kalo jaman kos dulu, pengen makan garang asem ya masak ayam bumbu garangasem tapi nggak dikukus. daripada nambah biaya lagi buat beli daun pisangnya. :P

    ReplyDelete
  10. Replies
    1. Iya dong...masakan tradisional selalu enak sepanjang jaman...

      Delete
  11. Asyiik... suamiku suka banget garang asam, tapi dapet beli da aku mah gak bisa masaknya... haha. coba resep yang ini aahhh....

    ReplyDelete
    Replies
    1. Siiip...., suami pasti makin cintaaa....deh

      Delete
  12. wah mba ika jago masaak...mupeng deeh liat fotonya hihihi

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hihi...jadi maluu....resepnya dulu nyontek itu mb Dew...

      Delete
  13. Kesukaan saya nih mbak, kalau yang asem2. Apalagi, asemnya dari blimbing wuluh hehe

    ReplyDelete
  14. suka banget saya garang asem,seger bangettt mbak...ngilerr

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ayo mba Hana bikin doong....enak banget ini loh... :))

      Delete
  15. Maunya dimasakin mba Ika deh. Kapan ya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Boleh...boleh dong mb Ety, hayuk lah kapan kopdaran lagi...

      Delete

Terima kasih sudah berkunjung dan tidak meninggalkan link hidup. Jangan lupa komentarnya yaaa.....
bundafinaufara.com

ID Corners

ID Corners

KEB

BRID

Blogger Perempuan

Fun Blogging Community

IDFB

Blogger Muslimah

Gandjel Rel

IIDN

IIDN

Warung Blogger

Warung Blogger

KOPI

KOPI

Copyright © My Life on Words | Powered by Blogger

Design by Anders Noren | Blogger Theme by NewBloggerThemes.com