Tuesday, 16 January 2018

# Lifestyle # Techno

Tips dan Trik Membeli Peralatan Elektronik Melalui Toko Online

Dear Friends,

Seiring perkembangan jaman, kebutuhan kita akan teknologi semakin meningkat. Berbagai penemuan-penemuan produk yang mampu mendukung kebutuhan kita juga mulai bermunculan. Nggak heran sih, karena kebutuhan manusia akan produk-produk tersebut juga semakin meningkat.

Pada dasarnya peralatan elektronik itu diciptakan dengan tujuan untuk memudahkan dan membantu manusia dalam melakukan segala kegiatan. Sebagian besar peralatan elektronik yang dibutuhkan kebanyakan adalah peralatan rumah tangga. Bisa juga dibilang, dengan adanya berbagai peralatan elektronik makin mendukung gaya hidup yang lebih modern dan dinamis. Orang-orang yang hidup pada jaman “now” rata-rata memerlukan peralatan elektronik yang dapat membantu aktivitas sehari-hari seperti mencuci, memasak, membersihkan rumah hingga peralatan elektronik untuk hiburan. Udah tahu lah ya, sekarang ini banyak yang mencuci menggunakan mesin cuci, membersihkan rumah pake vacuum cleaner, menanak nasi pake magic com bahkan membuat kopi pun memakai coffe maker.



Nah, terkadang saking sibuknya kita juga belanja peralatan elektronik melalui situs belanja online. Kalo belanja melalui situs belanja online kan, kita nggak usah capek keluar masuk toko elektronik. Belanja secara online kini sudah jadi pilihan sebagian besar masyarakat. Apalagi cara belanjanya pun sangat mudah. Kalo mau belanja, tinggal buka situs belanja online, pilih-pilih barang, bayar, tinggal tunggu barang pesanan diantar ke rumah. Enak, kan.

Bagi kalian yang belum pernah belanja online, ada baiknya untuk lebih berhati-hati. Pelajari dan pahami dulu mulai dari cara belanja, proses pembayaran, syarat dan ketentuan yang ada pada toko online hingga proses pengiriman. Jangan sampai pengalaman belanja online kalian rusak hanya karena kesalahan yang kita lakukan sendiri.

Nah, buat kalian yang akan membeli peralatan elektronik via online, mungkin bisa baca tips dan trik berikut ini :

1. Sesuaikan dengan kebutuhan

Seperti yang sudah dijelaskan diatas, ada banyak sekali peralatan elektronik yang bisa menunjang aktivitas kita sehari-hari. Pilih barang elektronik yang memang sangat kita butuhkan. Kalau ada beberapa kebutuhan yang berbenturan, kita bisa pilih yang paling darurat. Misalnya saja kalau harus memilih antara mesin cuci atau coffe maker. Ya tentu saja, saya bakal memilih mesin cuci. Pertimbangannya adalah saat kita mencuci pakaian dengan mesin cuci kita bisa mengerjakan aktivitas lain seperti membersihkan rumah atau memasak. Kalau mau ngopi mah, kita masih bisa bikin dengan cara biasa. Ya, kan?



2. Sesuaikan budget

Setelah memilih peralatan elektronik yang kita butuhkan, langkah selanjutnya adalah menyesuaikan dengan budget. Pilih peralatan elektronik yang sesuai dengan budget yang kita miliki. Jangan pernah memaksakan untuk beli keperluan peralatan elektronik  yang harganya terlalu tinggi dan melebihi budget yang kita punya. Bisa tekor kita nanti.

3. Memilih toko online yang berkualitas

Untuk meminimalisir hal-hal yang dapat merugikan kita, lebih baik kita cek terlebih dahulu sepak terjang dari market place atau situs jual beli online yang akan dipilih. Kalau perlu lakukan perbandingan antara situs belanja yang satu dengan lainnya. Bandingkan mulai dari harga barang, kualitas barang hingga layanan yang diberikan.

4. Cek detail barang

Jangan pernah lupa untuk selalu melakukan cek ulang spesifikasi barang yang akan kita beli. Jangan sampai menyesal setelah membeli barang, ternyata barang yang dikirim tidak sesuai dengan pesanan hanya karena kita tidak membaca dengan detail keterangan dari barang tersebut. Yah, kadang ketika kita belanja online hanya fokus pada gambar produknya saja tanpa melihat keterangan yang ada pada produk tersebut. Misalnya saja dari segi kualitas, kelebihan dan kekurangan produk yang kita beli.

5. Pastikan garansi barang

Kita pasti tahu bahwa barang elektronik sangat rawan akan kerusakan, baik dalam pengiriman ataupun setelah digunakan beberapa saat. Nah, untuk meminimalisir kerugian yang harus kita tanggung, maka kita harus memastikan bahwa produk yang kita beli memiliki garansi. Apabila terjadi kerusakan pada produk yang kita beli, apakah pihak toko online yang akan membantu ataukah bisa langsung ke service center. Kerusakan pada barang elektronik sangatlah krusial, karenanya perlu adanya antisipasi dari kita sebagai konsumen.

Gimana friends, masih ragu untuk membeli peralatan elektronik melalui toko online? Atau jangan-jangan kalian bingung mau pilih situs belanja online yang bisa dipercaya? Wajar sih kalau bingung, karena belakangan ini banyak sekali situs belanja online berunculan ya. Nah, biar aman saat belanja peralatan elektronik via online, pilih saja situs belanja online yang memiliki rating tinggi dari segi kualitas, harga hingga layanannya. Jadi, kita bisa belanja dengan mudah dan aman, deh.

Selamat belanja ya, friends!


20 comments:

  1. Makasih tipsnya mbak insyaallah manfaat

    ReplyDelete
  2. Beli apapun harus sesuai dengan budget memang :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya..hehe, kalo nggak sesuai budget bisa-bisa kita tekor dong, hihi

      Delete
  3. Kadang suka kelupaan ngecek apa barang bergaransi, hehe. Makasih tipsnya ^^

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nah iya tuh, makanya harus dicek berkali-kali

      Delete
  4. Membeli barang secara online memang harus memperhatikan online shopnya yah, harus yang trusted

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mbak, kalo bisa sih pilih online shop yang sudah terpercaya

      Delete
  5. Iya budget nomor 1 ya mbak. Syukur-syukur bisa dapat barang dengan kualitas bagus tanpa harus merubah budget yang telah ditentukan. Butuh kejelian memang tapi sebagai manager keuangan yang baik harus begitu yah mbak.

    Kalau mau beli lewat OL shop harus lebih teliti lagi. Saya sukanya yang free ongkir hehe..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mbak Anjar.., beli barang elektronik dimanapun kita juga harus memperhitungkan budget. Kita juga tetep harus teliti juga. Eh sama, saya juga sukanya yang free ongkir. Apalagi kalo pas ada promo diskon juga...hihi

      Delete
  6. wahh...tipsnya berguna banget ini mbak. apalagi buat aku yang nggak mudeng soal beli beli barang elektronik gini

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hihi...belum pernah beli barang elektronik online ya Ola

      Delete
  7. Sesuai bugdet dan awet tahan lama itu penting ya mbak 😀

    ReplyDelete
  8. Memilih toko online yang berkualitas ini sangatlah penting. Biar tidak kena tipu dan pastinya duit juga aman.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya dong, jangan sampai sudah bayar mahal-mahal eh..ternyata yang dikirim barang abal-abal

      Delete
  9. tipsnya bisa langsung dipraktekan dah mbaa, temgkyu

    ReplyDelete
  10. Untuk memastikan barangnya bakal sampai dengan aman ada tipsnya nggak ya, mbak?

    Suami saya paling anti sama beli barang elektronik secara online. Soalnya dia tahu, barang di jasa pengiriman itu disortir/diprosesnya dengan cara dilempar2 dan ditumpuk2

    Kan serem banget klo barang elektronik dilempar & ditumpuk dengan barang2 berat lainnya :(

    ReplyDelete
  11. Lalu teringat komporku blom diserviiis...

    ReplyDelete

Terima kasih sudah berkunjung dan tidak meninggalkan link hidup. Jangan lupa komentarnya yaaa.....
bundafinaufara.com

Follow Me @ikapuspita1