Wednesday, 8 August 2018

# Finansial # Lifestyle

6 Tips Hemat ala Ibu Rumah Tangga Jepang



Dear Friends,

Jepang merupakan salah satu “negeri impian”, dimana banyak orang yang ingin mengunjunginya. Kayaknya sih nggak ada tempat lain di dunia dimana orang-orangnya sangat sopan, makanannya enak, kondisi alam yang asri, dan punya teknologi yang super canggih seperti Jepang. 

Meski begitu, Jepang termasuk negara dengan biaya hidup sangat tinggi. Kalian yang pengen banget pergi ke Jepang, jangan coba-coba pergi kesana saat dompet kalian sedang tipis. Bisa-bisa kalian jadi gelandangan disana. Hihi..

Tak hanya dirasakan oleh wisatawan asing saja, biaya hidup yang tinggi juga dirasakan oleh penduduk asli Jepang. Itulah mengapa tiap ibu rumah tangga di Jepang terbiasa hidup hemat. 

Nah, buat kalian yang susah berhemat, coba deh cek 6 tips hemat ala ibu rumah tangga Jepang berikut ini!

1. Membawa Daftar Belanjaan

Salah satu kebiasaan baik yang sering dilakukan oleh ibu rumah tangga di Jepang yaitu membawa daftar belanjaan saat shopping di supermarket. Yups, kebiasaan membawa daftar belanjaan ini sering dilakukan ibu-ibu di Jepang dengan tujuan agar mereka bisa terhindar dari over-budget. Kalian pun bisa mencontoh kebiasaan orang-orang Jepang ini dengan cara menyiapkan daftar belanjaan dari rumah. Setelah di supermarket, kalian nggak akan bingung lagi harus beli apa. Selain itu, dengan adanya daftar belanjaan ini kalian dapat terhindar dari membeli barang yang tidak terlalu diperlukan.

2. Tarik Tunai



Kebiasaan baik ala ibu-ibu Jepang lainnya yaitu selalu menarik tunai semua uang yang ada didalam rekening. Jadi ketika ibu-ibu ini mendapatkan uang dari hasil bisnis atau kiriman suami, maka mereka akan langsung menariknya dalam bentuk cash. Setelah diambil, uang tunai tersebut disimpan baik-baik di rumah. Tujuan dari penarikan tunai ini yaitu agar lebih mudah dalam mengelola keuangan. Jika disimpan di bank, maka siapapun mesti bolak-balik ke ATM ketika memerlukan uang. Berbeda jika ditarik tunai, kalian akan dapat dengan mudah memanfaatkan uang yang ada. Misalnya ketika akan membayar listrik, belanja keperluan dapur, atau belanja keperluan anak, kalian tinggal mengambilnya di dompet. Lebih simple, kan.

3. Selektif Ketika Belanja

Ibu rumah tangga di Jepang selalu melakukan survey sebelum shopping, baik ketika akan belanja di toko fisik maupun online. Mereka selalu melakukan komparasi produk, kira-kira produk mana saja yang harganya murah namun tidak murahan. Kalian pun bisa mencontoh ibu-ibu di Jepang ini dengan selalu melakukan survey produk-produk. Supaya lebih hemat, kalian cobalah mencari produk-produk dengan diskon.

4. Tak Pernah Menyepelekan Uang Koin


Uang koin nominalnya memang kecil, tapi kalo dikumpulkan, uang koin ini bisa menyelamatkan keuangan keluarga. Ibu-ibu di Jepang juga sangat peduli dengan uang koin ini dan tak pernah menyepelekannya satupun. Mereka selalu berusaha menyimpan uang-uang koin yang ada di celengan atau tempat-tempat lainnya di rumah. Jika dikumpulkan secara rutin, uang koin ini bisa dijadikan backup dana bulanan loh. Nggak cuma itu, uang koin ini juga berguna untuk berbagai keperluan seperti bayar parkir, ngasih pengamen, uang jajan anak, dan lain-lain.

5. Bawa Botol Minuman Sendiri

Kebiasaan orang Jepang lainnya yang layak ditiru yaitu selalu membawa botol minuman sendiri kemanapun mereka pergi. Hal itu dilakukan selain untuk menghemat uang, juga karena untuk menghindari pembelian soft drink. Jangan malu membawa botol minuman sendiri, karena selain hemat, kalian juga bisa terhindar dari dehidrasi.

6. Mengelola Barang Bekas

Kebiasaan baik lainnya yang biasa dilakukan ibu-ibu di Jepang yaitu mengelola barang bekas. Barang bekas yang terkumpul di rumah dikelola lalu disimpan dengan tujuan agar nantinya barang-barang tersebut bisa dijual kembali. Lumayan kan, buat nambah-nambah uang belanja.

Jepang memang dikenal memiliki society yang sangat teratur dan memiliki disiplin tinggi. Ada banyak hal positif yang bisa kita tiru dan kita terapkan dalam kehidupan sehari-hari.
Semoga tips hemat ala ibu rumah tangga Jepang tadi bermanfaat, ya. 



22 comments:

  1. Waah keren ya ibu rumah tangga di jepang..sangat teratur dan selektif dalam mengatur keuangan rumah tangga. Patut di contoh nih soalnya aku orangnya gampang laper mata yang bikin boros hehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hihi...aku juga nih pengen niru ibu2 Jepang, hidup hemat

      Delete
  2. Wajib niru niiih kebiasaan orang Jepang. Beberapa poin ini jleb banget buat diterapkan. Mana aku gampang tergoda. Huft.

    ReplyDelete
  3. Bener banget uang recehan kalau dikumpulin banyak dan nolong ketika belum gajian 😀

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hehe, iya...aku udah buktiin sih kalo soal ngumpulin uang receh :D

      Delete
  4. Aku malah boros klo punya uang tunai dlm jumlah banyak. Bawaannya pengen beli ini itu aja wkwkwk

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hihi...makanya perlu membiasakan diri supaya ga lapar mata, mak

      Delete
  5. Kalau uangnya dalam bentuk tunai, jadi tergoda buat dibelanjain mbak
    #eh :D

    Klo suami saya malah sengaja nggak menarik uang tunai banyak2. Biar males ngeluarin uang soalnya harus ke ATM dulu hihihi :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ternyata beda ya, kebiasaan orang Jepang dengan kita. Mereka konsisten banget menahan diri untuk nggak belanja barang yang ga perlu

      Delete
  6. Perlu dicontoh ya. Ibu mesti belajar hemat nih. Aku termasuk suka mengumpulkan koin. Lumayan kalau dikumpulkan buat belanja.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mbak Rochma, lumayan kalo dikumpulin bisa beli galon, bisa buat beli pulsa juga bahkan bisa buat beli keperluan dapur

      Delete
  7. Makasih informasinya bunda

    memang lengkap sekali info tentang hemat ala bunda...hehhe

    ReplyDelete
  8. Setuju!Jangan sepelekan uang recehan...karena ternyata pas dikumpulkan banyak jumlahnya dan berguna :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nah, bener kaan. Bahkan ada yang beli motor pake uang receh loh

      Delete
  9. Mengelola barang bekas. Yesss, berapa kali nengok DIY ala ala orang jepang, gilak barang bekas jadi barang kece. salut banget sama kreatifitas mereka.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iyaa...mereka kreatif2 banget memanfaatkan barang bekas. Coba kita juga bisa gitu ya?

      Delete
  10. Tak ada ruginya kita meniru hal2 baik dari budaya lain yang mba... TFS mba .

    ReplyDelete
  11. tips-nya keren sekali mbak Ika, bisa aku praktekan juga nih sebagai anak kosan >.<

    ReplyDelete

Terima kasih sudah berkunjung dan tidak meninggalkan link hidup. Jangan lupa komentarnya yaaa.....
bundafinaufara.com

Follow Me @ikapuspita1