Wednesday, 28 February 2018

# Blog Competition # Lifestyle

5 Hal yang Mampu Membangkitkan Semangat dan Produktivitasku

Dear Friends,

Siapa bilang menjadi seorang freelancer itu adalah pekerjaan yang melulu menyenangkan. Jam kerjanya bebas, ngantornya bisa dimana aja bahkan bisa multitasking, sambil ngerjain ini dan itu juga bisa. Padahal dibalik semua hal yang kelihatannya menyenangkan itu kadang ada pertarungan sengit antara "mood" dan "deadline". Hihi. 

Yaah, namanya juga manusia, semangatnya pasti naik turun. Kadang ada masanya nggak semangat mau ngapa-ngapain. Buka laptop malah ngantuk. Pas mau nulis, pikiran melayang kemana-mana. Macet ide meskipun udah ngopi bergelas-gelas *eh emang ngaruh? LOL.

Kalo mood sedang bagus, semangat kerja naik, kreativitas dan produktivitas kerja juga naik. Kayaknya kerjaan setumpuk juga kelar dikerjain sehari. Tapi gimana kalo semangat kerja sedang turun? Pastinya nggak cuma memengaruhi kreativitas dan produktivitas kerja, tapi memengaruhi isi dompet juga. Lah gimana mau cepet bisa umroh kalo isi dompet cekak mulu?

Kondisi semacam itu kalo dibiarin berlarut-larut bisa bikin bahaya. Nggak cuma bahaya buat kondisi kantong kita, tapi juga bahaya buat masa depan pekerjaan kita. Nah, setelah beberapa kali mengalami kondisi tersebut makanya saya punya trik khusus untuk mengatasinya.

Pengen tahu kan, apa aja yang biasanya saya lakukan supaya semangat dan produktif lagi? chek it out!

Dengerin Musik

Pict by Pixabay

Saya suka musik, terutama yang bergenre pop dan slow rock. Katanya sih, musik bermanfaat untuk menurunkan stress, memperkuat daya ingat, baik untuk kesehatan jantung dan mampu meredakan sakit. Biasanya sih kalo sudah dengerin musik lalu ikut bersenandung, mood langsung balik lagi deh.

Masak Makanan Favorit

Pict by Me. Makanan favorit

Beberapa orang mengatasi stress atau bad mood dengan makan. Ada yang kulineran ada juga yang masak makanan sendiri. Kata suami, saya ini aneh. Kalo lagi stress atau sedang nggak semangat kerja, malah rajin bikin-bikin makanan. Kadang bisa seharian nguplek di dapur. Bikin kue lah, puding lah, bikin nasi ini nasi itu. Banyak pokoknya. Nggak semangat kerja tapi semangat makan. Hihi. Biarpun capek, tapi kalo masakan saya habis dan dapat pujian dari anak atau suami, rasanya puas banget. Besoknya pasti semangat kerja lagi, deh.

Beresin Meja Kerja

Pict by Pixabay.

Kadang kita sering nggak menyadari kalo kondisi tempat kita beraktivitas seperti meja kerja bisa memengaruhi produktivitas kerja. Bayangin aja kalo kita harus bekerja di tempat yang berantakan, pasti hawanya pengen uring-uringan aja. Untuk mengembalikan mood, biasanya saya (dibantu suami pastinya) mulai beres-beres meja kerja. Kalo meja kerja bersih dan rapi, pastinya enak dipandang dan nyaman. 

Jalan Bareng Sahabat

Pict by Tanti Mechta Deera

Meluangkan waktu untuk jalan bareng sahabat juga bisa menjadi mood booster yang lumayan ampuh, loh. Nggak perlu jauh-jauh dan ngga perlu keluar duit banyak. Jalan seharian dengan sahabat, nonton, ngafe, atau sekedar ngobrol ngalor ngidul, curhat dan berbagi obrolan random adalah hiburan tersendiri bagi saya. 

Ngitung Invoice

Nggak bisa dipungkiri, salah satu alasan yang membuat para freelancer makin giat bekerja adalah manakala invoice cair. Memang sih, penghasilan freelancer itu nggak menentu. Tergantung banyak sedikitnya klien yang mengajak kerjasama. Meski begitu, saya biasa membuat catatan keuangan. Sederhana aja sih. Yang penting saya jadi tahu seberapa besar penghasilan saya dari waktu ke waktu. Ngitung invoice gini juga bisa bikin mood naik, loh. Apalagi kalo ngitungnya pake Casio Colorful Calculator, pasti jadi makin semangat. Pasalnya Casio kini memiliki produk baru berupa Colorful Calculator. Kita bisa pilih kalkulator dengan warna-warna favorit yang bikin mood naik. 

Pict by IG Casio
Kalo dulu kita cuma bisa nemu kalkulator yang warnanya cuma hitam sama abu-abu, sekarang kita bisa pilih kalkulator dengan warna yang colorful kayak gini. Yes!! #CasioMyStyle

Saya udah menemukan #CasioMyStyle favorit saya nih. Yups, saya paling seneng Casio Colorful Calculator yang warna kuning. Kayaknya pas banget dengan karakter saya yang kata orang selalu antusias, spontan, gampang bergaul dan sangat menikmati hidup. Hihi..

Pict by IG Casio. My favorit color
 
Oh iya, kalo kalian pengen punya #CasioMyStyle ini, kalian bisa beli di  MatahariMall dengan kode promo CASIOBLOGTI52. Ada potongan harga loh, kalo kalian beli dengan kode promo itu. Lumayan banget, kaaan?

Nah, itu dia 5 hal yang mampu membangkitkan semangat dan produktivitas saya. Sederhana, kan. Bagaimana dengan kalian? 


14 comments:

  1. Hahaha...tak surih stress aja, Mbak, biar masak mulu. Kita makan bareng biar gendutnya balapan. Hahaha.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Haha...jangaan atuh, ntar aku masak mulu, makan mulu. Tapi boleh deh kalo mau nyicipin masakanku

      Delete
  2. pokoknya kusalut sama para freelancer, apalagi dalam mengurus keuangan. Krn aku terbiasa jadi org kantoran, kl jadi freelancer keuangan bisa gonjang ganjing hihihihihi... btw mau kalkulatornya satu atulaaah yg pink mbaa.. plis plis hahhaha

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hihi....boleh lah kalo mau yang pink, itu sudah aku kasih kode promonya Mih.
      Yups, jadi freelancer kudu pinter2 nyimpen duit emang. Kalo lagi ga ada kerjaan kan masih bisa kongkow...wkwkwk

      Delete
  3. Wah, masakannya enak tuh mbak. Mendadak laper aku mbak. Kalkulatornya kekinian dan jaman now banget, warna-warni lucu dan imut gitu.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Haha...maaf ya bikin kamu jadi laper pagi2 gini. Iyah, aku naksir banget sama Casio yang warna warni ini

      Delete
  4. Dengerin musik itu bener2 bikin bahagia ya mbk,apalagi kl lagunya favorit,bisa diulang2...itu aku sih haha

    ReplyDelete
  5. Dengerin musik itu bener2 bikin bahagia ya mbk,apalagi kl lagunya favorit,bisa diulang2...itu aku sih haha

    ReplyDelete
    Replies
    1. Betuuul mbak Hana, dengerin lagu2 favorit bikin kita jadi semangat lagi ya

      Delete
  6. Aku belum jadi ngincipi mangut, mbaak

    ReplyDelete
  7. Kalo beberes meja kerja aku malah gak jadi nulis mba, kebablasen beres-beres sampe capek :)
    Kalo jalan, nah, buat aku manjur itu ... pulangnya sangu bahan buat tulisan :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalo aku beres2 meja dulu smp rapi lagi, baru deh mood nulis muncul lagi...hihi

      Delete
  8. sepertinya yang mampu membangkitkan semangat saya ketika lelah menulis adalah makan besar he he

    ReplyDelete

Terima kasih sudah berkunjung dan tidak meninggalkan link hidup. Jangan lupa komentarnya yaaa.....
bundafinaufara.com

Follow Me @ikapuspita1