Monday, 12 March 2018

# Health # Lifestyle

Tips Menjaga Kebersihan Dinding Rumah

Dear Friends,

Punya rumah dengan dinding bersih tentu lah sedap dipandang. Tapi bagaimana kalau tembok di rumah kotor? Kita bisa saja menggunakan jasa bersih-bersih rumah yang saat ini banyak tersedia. Tapi kalo dinding rumah kita lebih sering kotor, mau tidak mau kita juga harus bisa membersihkannya sendiri. Apalagi kalo kita memiliki anak kecil di rumah. Hmm, nampaknya kita akan lebih sering bersih-bersih dinding rumah, nih karena pasti akan ada banyak lukisan anak-anak di sana.



Ada banyak cara yang dapat digunakan untuk membersihkan dinding tanpa merusak cat nya. Nah, berikut ini tips nya :
  • Sebelum mulai membersihkan dinding, cari tahu terlebih dulu jenis cat nya, apakah berjenis enamel atau semi-gloss. Cat jenis tersebut lumayan tahan terhadap pencucian. Jadi, kalo kita membersihkan dinding menggunakan bahan abrasif, noda atau cangkang telur sekalipun dapat dibersihkan. 
  • Apapun jenis cat dinding rumah kita, selalu bersihkan terlebih dahulu debu-debu atau kotoran yang menempel di permukaan dinding sebelum kita cuci. Jangan lupa, letakkan handuk atau kain di pinggiran dinding agar air tidak berceceran kemana-mana.
  • Noda di dinding paling ringan bisa dibersihkan hanya dengan menggunakan air saja. namun, jika noda di dinding susah dibersihkan, kita bisa menggunakan air hangat yang dicampur dengan sabun pencuci piring. Usapkan pada dinding yang bernoda, dan gosok perlahan. Lihat hasilnya. 
  • Cara lain yang bisa digunakan ketika noda masih membandel di dinding rumah adalah membersihkannya dengan menggunakan secangkir amonia, 1/2 cangkir cuka, 1/4 cangkir baking soda yang dicampur dengan segalon air hangat. Bersihkan noda menggunakan larutan tersebut dengan cara mengusapkannya pada dinding. Lakukan hingga noda berangsur menghilang. Jangan lupa segera lap dinding hingga kering untuk mencegah kerusakan akibat larutan kimia. 
  • Bila ada noda crayon yang membandel namun tidak terlalu banyak, bersihkan dengan menggunakan pasta baking soda dan sedikit air. Niscaya dinding akan kembali bersih. 
  • Bila dinding rumah terkena cat lateks, bersihkan menggunakan pembersih all-purpose non abrasive. 
Itulah beberapa tips membersihkan dinding rumah dari noda ataupun coretan anak-anak. Tapi jangan lupa untuk tetap memperhatikan keamanan saat kita membersihkan dinding. Apalagi dinding yang di area sekitarnya terdapat saklar lampu, kabel telepon atau benda-benda yang terkoneksi dengan listrik. Bila perlu, matikan listrik saat kita membersihkan dinding yang berdekatan dengan area berbahaya tersebut. Nggak ada salahnya untuk berhati-hati. Ya, kan. 

Selamat membersihkan dinding rumah, ya. 



6 comments:

  1. Kalau saya membersihkan dinding, tahapnya baru nyulaki mbak. Terima kasih tipsnya

    ReplyDelete
  2. Dinding rumahku juga banyak coretan bolpoin malahan. Sulit ngebersihinnya.

    ReplyDelete
  3. Wah sayangnya aku pakai cat biasa, jadi kalau ngebersihin pakai cat gak bisa.

    ReplyDelete
  4. Biasanya aku kalau ada noda di dinding lansung ditumpuk cat, wkwk.

    ReplyDelete
  5. Tembokku uda full banget segala macam coretan. Kl ada dana mo cat ulang aja deh

    ReplyDelete
  6. Baca postingan ini seketika jadi lihat tembok yang penuh coretan dan gambar hasil karya keponakan. Ternyata kalo mau membersihkan tembok dari noda banyak juga ya tipsnya mbak. Makasih sharingnya mbak.

    ReplyDelete

Terima kasih sudah berkunjung dan tidak meninggalkan link hidup. Jangan lupa komentarnya yaaa.....
bundafinaufara.com

Follow Me @ikapuspita1