Friday, 25 May 2018

# Ads # Fashion

Tips Merawat Dress Brokat Agar Awet

tips-merawat-dress-brokat-agar-awet


Brokat merupakan salah satu bahan yang digunakan untuk banyak jenis pakaian. Misalnya baju yang dipadupadankan menggunakan bahan brokat hingga dress full brokat yang cocok digunakan untuk acara resmi. Keunggulan dari bahan brokat ini banyak. Selain bahannya yang cantik, bahan brokat mempunyai banyak pilihan warna dan model yang bisa dipilih. Bahan brokat ini juga cocok digunakan untuk wanita yang ingin mempunyai tampilan badan yang lebih langsing. Gaun atau dress berbahan brokat ini  nggak hanya cocok dipakai untuk acara resmi tapi juga untuk acara santai. 

Gaun berbahan brokat ini bisa didapatkan di banyak tempat, kok. Kita bisa membelinya di pusat perbelanjaan seperti mall, butik atau fashion distro gitu. Kalo beli di mall atau butik kan kita bisa mencoba dulu mana yang lebih pas di badan kita. Jadi, lebih puas. Kita juga bisa memilih model dan warna gaun yang sesuai dengan keinginan kita. Yah, intinya sih kalo kita bisa beli secara langsung, kita bisa mendapatkan pilihan yang terbaik.

Meski lebih puas kalo belanja secara langsung, tapi kadang apa yang kita cari nggak selalu ada. Misalnya saja soal model atau warna baju. Kalo sudah begitu, biasanya sih saya lebih pilih untuk belanja online aja. Kadang online shop punya banyak model dan warna yang berbeda dengan stok banyak.

Gaun brokat memiliki kelebihan karena dapat memberikan kesan lebih anggun ketika digunakan., sehingga banyak orang memilih model dan bahan brokat untuk gaun yang digunakan. Nah, kalo kalian juga penggemar bahan brokat, maka kalian juga harus mengetahui cara untuk merawatnya supaya awet dan tidak mudah rusak.

Berikut ini cara merawat dress dari bahan brokat agar awet : 

1. Cara mencuci yang benar
Perawatan pertama untuk mencuci bahan brokat ini adalah dengan melakukan perendaman yang tidak terlalu lama. Sebelum mencuci, rendam baju ini setidaknya 10 menit saja dan tidak perlu dikucek karena akan merusak bahan brokat. Setelah dicuci, diamkan sejenak sebelum diberikan detergen atau juga pelembut pakaian.

2. Cara pengeringan
Setelah mencuci maka tahap perawatan yang harus diperhatikan adalah saat proses mengeringkan. Untuk mengeringkan baju berbahan brokat ini tidak perlu diperas terlalu kuat. Cukup diremas-remas saja agar bahan tidak terlalu berair. Saat menjemurnya usahakan untuk tak menjemur di bawah sinar matahari langsung karena akan merusak warna dan membuatnya cepat pudar. Kalo warnanya pudar, tentu dress tidak akan menarik lagi. Karena itulah cara penjemuran yang tepat cukup diangin-anginkan saja hingga kering. Proses pengeringannya juga cepat karena  brokat tak banyak menyerap  air sehingga dijemur di dalam rumah pun bisa kering dengan baik. 

3. Cara penyimpanan
Setelah dress brokat tersebut dicuci dan dikeringkan dengan benar, maka kita juga perlu tahu bagaimana cara menyimpan dress berbahan brokat dengan benar. Untuk menyimpan dress berbahan brokat ini tidak perlu disetrika terlebih dahulu, karena justru akan merusak tekstur dari brokatnya. Tapi jika dress terlalu kusut, kalian bisa menggunakan setrika khusus yaitu setrika uap yang tidak merusak bahan brokat. Sebaiknya dress brokat tidak dilipat karena akan membekas. Lebih baik dress brokat digantung menggunakan gantungan baju atau hanger.

Nah, gimana friends. Gampang kan cara merawat dress brokatnya. Selamat mencoba, ya!



7 comments:

  1. Aku punya dress brockat. Sayang jarang aku pakai, mbak.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aku punyanya kebaya2 brokat mbak, hihi

      Delete
  2. saya gak punya dress brokat Mba, tapi kalo misalnya suatu saat nanti punya saya akan melakukan tatacara di atas untuk merawatnya agar awet :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mbak Ira, siapa tahu suatu hari punya dress brokat semacam ini ya

      Delete
  3. Aku suka banget bahan2 brokat gini, aku punya dress & kebaya brokat, suka kalau dibawa bepergian dilipat di koper atau tas ga kusut hehehee

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya ya mbak, salah satu kelebihan bahan brokat kayaknya nggak gampang kusut ya

      Delete
  4. Bahan brokat butuh perawatan khussus yaa mbaak. . Saya punya beberapa kebaya kain brokaat 😄 hehehe makasih sharingnya dan salam kenaal. . 🙌

    ReplyDelete

Terima kasih sudah berkunjung dan tidak meninggalkan link hidup. Jangan lupa komentarnya yaaa.....
bundafinaufara.com

Follow Me @ikapuspita1