Tuesday, 12 June 2018

# Lifestyle # Liputan

Eloknya Bandara Udara International Baru Ahmad Yani Semarang

Dokpri. Bandara International Ahmad Yani Semarang

Dear Friends,

Sudah tahu belum kalau tanggal 7 Juni 2018 yang lalu, Presiden Joko Widodo meresmikan bandara udara baru Ahmad Yani Semarang? Yups, bandara yang dibangun sejak Mei 2017 oleh PT Waskita Karya itu sudah beroperasi mulai tanggal 6 Juni. Meskipun pembangunannya belum sepenuhnya rampung, tetapi para penumpang sudah bisa menggunakan bandara baru. 

Bandara Udara International Ahmad Yani yang baru ini memiliki terminal dengan luas 58.652 meter persegi. Besarnya sembilan kali lipat dibanding terminal lama. Kalo bandara lama hanya bisa menampung 800 ribu penumpang per tahun, kini bandara baru mampu menampung penumpang hingga 6,9 juta penumpang per tahun. Jadi permasalahan lack of capacity  yang terjadi beberapa tahun terakhir telah mendapatkan solusi.

Bandara baru ini dibangun diatas rawa-rawa dan merupakan bandara terapung di atas air pertama di Indonesia. Untuk membangun Bandara International Ahmad Yani yang baru ini, pemerintah menginvestasikan dana sebesar Rp2,075 triliun, loh. Hebatnya lagi bandara baru ini merupakan karya anak negeri. Makin bangga deh, jadi warga Semarang. 

Eloknya Bandara International Ahmad Yani Semarang 

Sebagai warga Semarang tentunya saya penasaran dong, pengen melihat seperti apa sih kondisi bandara baru di Semarang. Maklum lah, terakhir kali ke bandara bulan November lalu. Itupun masih di terminal lama. Nah, kebetulan banget, saya diajak untuk melihat-lihat bandara International Ahmad Yani yang baru. Nggak mau menyia-nyiakan kesempatan langka ini, saya pun mengiyakan ajakan untuk mengeksplor bandara baru ini. 

Pengen tahu kan, apa aja yang saya lihat di Bandara International Ahmad Yani yang baru?

Lokasi

Lokasi Bandara Udara International Ahmad Yani baru ini berada tak jauh dari bandara lama. Ada beberapa alternatif jalan untuk menuju lokasi bandara baru. Dari pusat kota atau Simpang Lima, kita bisa menggunakan kendaraan melalui jalan Puri Anjasmoro lalu menuju PRPP (Grand Maerakaca). Dari PRPP, kita hanya tinggal lurus terus hingga sampai di area bandara. Nggak perlu kuatir tersesat karena banyak petunjuk arahnya, kok. 

Desain 

bandara-internasional-ahmad-yani-semarang
Dokpri. Outdoor Garden Bandara Internasional Ahmad Yani
Desain terminal baru Bandara International Ahmad Yani ini mengadopsi konsep eco-airport, di mana bandara direncanakan, dikembangkan, dan dioperasikan dengan tujuan menciptakan sarana dan prasarana perhubungan yang ramah lingkungan serta berkontribusi positif kepada lingkungan hidup. 

Sebagian besar bangunan terminal berdiri di atas air dan dikelilingi kolam, mulai dari gedung terminal, gedung parkir dan wetland park area. Hal ini ditujukan untuk mengakomodir konteks lahan yang sebelumnya adalah lahan rawa. Untuk mendukung pelestarian lingkungan, pada area bandara juga ditanami 24 ribu bibit mangrove. Nah, keberadaan hutan mangrove di sekitar bandara nantinya bisa dikembangkan sebagai obyek wisata alam tersendiri.

Bandara Ahmad Yani yang baru ini juga ditargetkan mendapatkan Gold Certificate dari Green Building Council Indonesia (GBCI). Saat ini aspek desainnya sedang dalam proses untuk mendapatkan Gold Certification Design Recognition dari GBCI. Ikut mendoakan, semoga bandara baru kita mendapatkan Gold Certificate dari GBCI, ya. 

Fasilitas

Terminal baru Bandara International Ahmad Yani memiliki luas 58.652 meter persegi dan apron seluas 72.522 meter persegi  yang mampu menampung 12 pesawat. Disediakan area parkir seluas 43.633 meter persegi yang mampu menampung hingga 1.200 kendaraan. Oh iya, Pemkot Semarang juga menyediakan sarana transportasi Trans Semarang (BRT) yang beroperasi selama 24 jam penuh. Jadi, pengguna jasa bandara akan semakin nyaman berada di bandara dengan fasilitas yang ada. 

Dok. dotsemarang.
Gedung terminal baru terdiri dari 3 lantai yaitu lantai bawah, lantai atas, dan lantai mezzanine  dengan fasilitas 2 travelator, 8 eskalator, dan 8 elevator yang bisa digunakan oleh para pengguna jasa transportasi udara. 

Dokpri. Check in counter Bandara International Ahmad Yani
Kalo di terminal lama penumpang berdesakan, sekarang sudah sangat lega dengan public hall yang luas. Penumpang bisa check in dengan leluasa karena ada 30 check in counter dan juga 4 visa on arrival counter. 

Dokpri. Garbarata Bandara International Ahmad Yani
Teminal bandara Ahmad Yani Semarang kini juga sudah dilengkapi 3 garbarata untuk memudahkan penumpang keluar masuk pesawat. 

Fasilitas umum lainnya antara lain toilet bersih yang disiapkan di 11 titik, mushola, ruang menyusui,  playground, internet corner, serta counter ATM di beberapa lokasi. Ada juga fasilitas untuk charging hape di beberapa tempat, loh.

Dokpri. Ruang tunggu
Beberapa counter makanan juga tersedia di beberapa tempat, jadi nggak bakal kuatir kelaparan meski harus menunggu lama di bandara.

Dokpri.  Periplus
Tersedia juga lounge VIP yang bisa digunakan, bila kita menginginkan suasana yang lebih privat. Untuk hari biasa kita hanya perlu membayar Rp115 ribu per pax, sedangkan untuk hari-hari khusus seperti peak season Rp 135 ribu per pax.

Dokpri. VIP Room Concordia Lounge
Ruangan VIP ini bisa kita sewa dengan harga Rp 300 ribu per jam. Ruangan ini bisa dipakai untuk rombongan dengan tempat duduk yang disesuaikan dengan kebutuhan.

Dokpri. All you can eat
Dokpri. Concordia Lounge
Selain memiliki ruang VIP, Concordia Lounge juga memiliki fasilitas untuk relaksasi, toilet dan mushola. Jadi, sembari menunggu keberangkatan, kita bisa istirahat sejenak di lounge ini. Di sebelah ruangan lounge ini terdapat open area yang digunakan juga sebagai smoking area

Dokpri. Ruang pengambilan bagasi 
Dokpri. Fasilitas pendukung lainnya

Overall, setelah berkeliling bandara mulai dari pintu keberangkatan, public hall hingga pintu kedatangan, saya jadi bangga banget pada dengan bandara baru kita ini. Meski belum sepenuhnya selesai, saya yakin nantinya bandara International Ahmad Yani ini akan menjadi bandara ikonik yang menjadi kebanggaan semua warga Semarang. 

Saya bangga jadi "wong Semarang". 





4 comments:

  1. Aku kok nggak lihat ada periplus yak kemarin huhuhu, asik ya mba fasilitas bandara sekarang lengkap kayak mi jowo komplit XD

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ada kok Sept...hihi, kamu nggak fokus yaa
      Asik banget bandaranya sekarang, nggak bakalan kerasa kalopun harus nunggu lama di sana

      Delete
  2. Cantiknyaaa .... Instagramable juga ya mbak jd pengen kesana deh

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya...bagus banget sekarang. SEmoga lekas rampung proyeknya

      Delete

Terima kasih sudah berkunjung dan tidak meninggalkan link hidup. Jangan lupa komentarnya yaaa.....
bundafinaufara.com

Follow Me @ikapuspita1