Eloknya Bandara Udara International Baru Ahmad Yani Semarang

Dokpri. Bandara International Ahmad Yani Semarang

Dear Friends,

Sudah pernah liat eloknya bandara udara international Ahmad Yani Semarang? Oh iya, sudah tahu belum kalau tanggal 7 Juni 2018 yang lalu, Presiden Joko Widodo meresmikan bandara udara baru Ahmad Yani Semarang? Yups, bandara yang dibangun sejak Mei 2017 oleh PT Waskita Karya itu sudah beroperasi mulai tanggal 6 Juni. Meskipun pembangunannya belum sepenuhnya rampung, tetapi para penumpang sudah bisa menggunakan bandara baru. 

Bandara Udara International Ahmad Yani yang baru ini memiliki terminal dengan luas 58.652 meter persegi. Besarnya sembilan kali lipat dibanding terminal lama. Kalo bandara lama hanya bisa menampung 800 ribu penumpang per tahun, kini bandara baru mampu menampung penumpang hingga 6,9 juta penumpang per tahun. Jadi permasalahan lack of capacity  yang terjadi beberapa tahun terakhir telah mendapatkan solusi.

Bandara baru ini dibangun diatas rawa-rawa dan merupakan bandara terapung di atas air pertama di Indonesia. Untuk membangun Bandara International Ahmad Yani yang baru ini, pemerintah menginvestasikan dana sebesar Rp2,075 triliun, loh. Hebatnya lagi bandara baru ini merupakan karya anak negeri. Makin bangga deh, jadi warga Semarang. 

Eloknya Bandara Udara International Ahmad Yani Semarang 

Sebagai warga Semarang tentunya saya penasaran dong, pengen melihat seperti apa sih kondisi bandara baru di Semarang. Maklum lah, terakhir kali ke bandara bulan November lalu. Itupun masih di terminal lama. Nah, kebetulan banget, saya diajak untuk melihat-lihat bandara International Ahmad Yani yang baru. Nggak mau menyia-nyiakan kesempatan langka ini, saya pun mengiyakan ajakan untuk mengeksplor bandara baru ini. 

Pengen tahu kan, apa aja yang saya lihat di Bandara International Ahmad Yani yang baru?

Lokasi

Lokasi Bandara Udara International Ahmad Yani baru ini berada tak jauh dari bandara lama. Ada beberapa alternatif jalan untuk menuju lokasi bandara baru. Dari pusat kota atau Simpang Lima, kita bisa menggunakan kendaraan melalui jalan Puri Anjasmoro lalu menuju PRPP (Grand Maerakaca). Dari PRPP, kita hanya tinggal lurus terus hingga sampai di area bandara. Nggak perlu kuatir tersesat karena banyak petunjuk arahnya, kok. 

Desain 

bandara-internasional-ahmad-yani-semarang
Dokpri. Outdoor Garden Bandara Internasional Ahmad Yani
Desain terminal baru Bandara International Ahmad Yani ini mengadopsi konsep eco-airport, di mana bandara direncanakan, dikembangkan, dan dioperasikan dengan tujuan menciptakan sarana dan prasarana perhubungan yang ramah lingkungan serta berkontribusi positif kepada lingkungan hidup. 

Sebagian besar bangunan terminal berdiri di atas air dan dikelilingi kolam, mulai dari gedung terminal, gedung parkir dan wetland park area. Hal ini ditujukan untuk mengakomodir konteks lahan yang sebelumnya adalah lahan rawa. Untuk mendukung pelestarian lingkungan, pada area bandara juga ditanami 24 ribu bibit mangrove. Nah, keberadaan hutan mangrove di sekitar bandara nantinya bisa dikembangkan sebagai obyek wisata alam tersendiri.

Bandara Ahmad Yani yang baru ini juga ditargetkan mendapatkan Gold Certificate dari Green Building Council Indonesia (GBCI). Saat ini aspek desainnya sedang dalam proses untuk mendapatkan Gold Certification Design Recognition dari GBCI. Ikut mendoakan, semoga bandara baru kita mendapatkan Gold Certificate dari GBCI, ya. 

Fasilitas

Terminal baru Bandara International Ahmad Yani memiliki luas 58.652 meter persegi dan apron seluas 72.522 meter persegi  yang mampu menampung 12 pesawat. Disediakan area parkir seluas 43.633 meter persegi yang mampu menampung hingga 1.200 kendaraan. Oh iya, Pemkot Semarang juga menyediakan sarana transportasi Trans Semarang (BRT) yang beroperasi selama 24 jam penuh. Jadi, pengguna jasa bandara akan semakin nyaman berada di bandara dengan fasilitas yang ada.

Gedung terminal baru terdiri dari 3 lantai yaitu lantai bawah, lantai atas, dan lantai mezzanine dengan fasilitas 2 travelator, 8 eskalator, dan 8 elevator yang bisa digunakan oleh para pengguna jasa transportasi udara. 

Dokpri. Check in counter Bandara International Ahmad Yani

Kalo di terminal lama penumpang berdesakan, sekarang sudah sangat lega dengan public hall yang luas. Penumpang bisa check in dengan leluasa karena ada 30 check in counter dan juga 4 visa on arrival counter. 


Gedung terminal baru terdiri dari 3 lantai yaitu lantai bawah, lantai atas, dan lantai mezzanine  dengan fasilitas 2 travelator, 8 eskalator, dan 8 elevator yang bisa digunakan oleh para pengguna jasa transportasi udara.

Dokpri. Garbarata Bandara International Ahmad Yani
Teminal bandara Ahmad Yani Semarang kini juga sudah dilengkapi 3 garbarata untuk memudahkan penumpang keluar masuk pesawat. 

Fasilitas umum lainnya antara lain toilet bersih yang disiapkan di 11 titik, mushola, ruang menyusui,  playground, internet corner, serta counter ATM di beberapa lokasi. Ada juga fasilitas untuk charging hape di beberapa tempat, loh.

Dokpri. Ruang tunggu
Beberapa counter makanan juga tersedia di beberapa tempat, jadi nggak bakal kuatir kelaparan meski harus menunggu lama di bandara.

Dokpri.  Periplus
Tersedia juga lounge VIP yang bisa digunakan, bila kita menginginkan suasana yang lebih privat. Untuk hari biasa kita hanya perlu membayar Rp115 ribu per pax, sedangkan untuk hari-hari khusus seperti peak season Rp 135 ribu per pax.

Dokpri. VIP Room Concordia Lounge
Ruangan VIP ini bisa kita sewa dengan harga Rp 300 ribu per jam. Ruangan ini bisa dipakai untuk rombongan dengan tempat duduk yang disesuaikan dengan kebutuhan.

Dokpri. All you can eat
Selain memiliki ruang VIP, Concordia Lounge juga memiliki fasilitas untuk relaksasi, toilet dan mushola. Jadi, sembari menunggu keberangkatan, kita bisa istirahat sejenak di lounge ini. Di sebelah ruangan lounge ini terdapat open area yang digunakan juga sebagai smoking area

Dokpri. Ruang pengambilan bagasi 
Dokpri. Fasilitas pendukung lainnya

Overall, setelah berkeliling bandara mulai dari pintu keberangkatan, public hall hingga pintu kedatangan, saya jadi bangga banget pada dengan bandara baru kita ini. Meski belum sepenuhnya selesai, saya yakin nantinya bandara International Ahmad Yani ini akan menjadi bandara ikonik yang menjadi kebanggaan semua warga Semarang.

Saya bangga jadi "wong Semarang". 





Posting Komentar

43 Komentar

  1. Aku kok nggak lihat ada periplus yak kemarin huhuhu, asik ya mba fasilitas bandara sekarang lengkap kayak mi jowo komplit XD

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ada kok Sept...hihi, kamu nggak fokus yaa
      Asik banget bandaranya sekarang, nggak bakalan kerasa kalopun harus nunggu lama di sana

      Hapus
  2. Cantiknyaaa .... Instagramable juga ya mbak jd pengen kesana deh

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya...bagus banget sekarang. SEmoga lekas rampung proyeknya

      Hapus
  3. Sebagai orang Semarang seneng banget ya mbak lihat Semarang sekarang makin cantik banyak pembangunan di mana-mana. Ini bandara jadi kelihatan modern banget gitu yaa

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya Vit, sekarang makin keren nih sarana prasarana yang ada di Semarang. Semarang pantas dibanggakan

      Hapus
  4. Saya juga bangga 😍
    Kemarin dah kesana. Tapi sebagai pengantar. Meski gabisa masuk tapi cukup bahagia dengan fasilitas di area ini.

    Oiya, yang ruang vip 300ribu per jam itu max berapa orang mba? Dapat makan juga?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Apalagi saya yang dibolehin masuk mbak Martha, bangga banget. Kalo ruangan VIP itu ada 10 seat, tapi kayaknya masih bisa nambah. Per orang masih harus bayar 115ribu untuk menu all you can eat

      Hapus
  5. Aku kemarin udah ke bandara yg baru pas anter adikku umroh. Sayang gagal waktu pengen foto bareng pak Jokowi ��

    BalasHapus
  6. Terakhir ke semarng naik kereta, tapi bandaranya keren banget ya skrng. Mending naek pesawat dah, nyaman bandaranya dan fasilitas lengkap.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sekarang bandaranya udah luas dan nyaman mbak. Ayo ke Semarang lagi, ntar kita meet up yaa

      Hapus
  7. Wuih... keren ya mbak....semua org semarang pasti setuju bener nih ikonnya di kalimat terakhir "saya bangga jadi wong semarang" 😉

    BalasHapus
    Balasan
    1. Keren sangat pokoknya. Bener2 bangga jadi wong Semarang

      Hapus
  8. Wah besar dan nyaman ya sekarang bandara Ahmad Yani Semarang Semoga tidak riweuh kaya bandara Yogyakarta ya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya mbaak, bandara yang baru ini luasnya 9 kali lipat dari bandara lama loh. Luas dan nyaman pokoknya

      Hapus
  9. Awal Juli nanti aku mau antar Tanteku balik ke Malaysia, Mbak. Jadi, lewatnya itu PRPP masuk ya? Aku kok penasaran banget. Soalnya pas jemput pulang masih di bandara lama. Pun saat antar nenekku umroh juga masih di lama. Yang terkenal berdesak2an itu. Alhamdulillah kalau Semarang kini bandaranya sudah baguuuuus gitu, mbak.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya dek, bisa masuk dari PRPP, ntar belok kiri trus lurus aja. Udah nyampe bandara baru

      Hapus
  10. Keceee yaa bandara barunya. Semoga bisa sering2 berkunjung buat melalang Buena hahaha...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ketje banget, makanya aku seneng waktu diajakin muter2 bandara, hihi

      Hapus
  11. Luar biasa. Bandara kita semakin berbenah, ya. Gak minder lagi sama Changi ah. :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya kak, makin banyak fasilitas umum yang nggak kalah keren dari negara lain

      Hapus
  12. Kalo bandaranya sebagus ini sihh.. Main main di bandara doang udah seneng banget pasti..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Betul mbak, cuma liat aktivitas orang yang sedang lau lalang di bandara aja udah hepi ya, hihi

      Hapus
  13. Sampai sekarang sih belum nyobain bandara baru. Tapi bangga dengan keadaan bandara baru. Semoga lebih banyak penerbangan dari dan ke semarang :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ayp Pai main ke bandara baru. Hihi
      Iya semoga semakin banyak penerbangan bisa dilalui dari dan ke Semarang ya

      Hapus
  14. Saya paling suka di dalem bandara, ada sturbucksnya juga dan periplus hehe..
    Mau nunggu berapa jampun makin betah. Pernah, waktu saya lihat2 di periplus lebih dari 1jam, hanya untuj melihat2 :)))

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iyaah, makanya nggak bakaan boring nungguin waktu untuk terbang di ruang tunggunya. Pokoknya suasananya bikin betah deh

      Hapus
  15. Aku wow banget sama bandara A.Yani yang baru ini, mbak. Beberapa kali sempat lihat-lihat pas lagi nganterin teman. Bangunannya keren & jauh lebih besar dari bandara lama. Ditambah juga dengan konsepnya sebagai Eco Airport. Semoga aku bisa cepat jadi penumpang, hehe, biar bisa ngeliat & ngerasain fasilitas yang di area dalam juga :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hihi iyaa, bandara baru ini emang wow banget, kok. Aku juga takjub begitu masuk ke dalamnya. Jadi pengen piknik kemana gitu, kan :D

      Hapus
  16. Duhh jadi pengen banget ke bandara baru, tempatnya kece abis cucok juga buat poto poto.
    Nunggu besok deh pas mau terbang hehehhee

    BalasHapus
  17. unyu unyu banget bandara nya.... duh terakhir terbang ke Jakarta masih pakai bandara lama... bikes deh

    BalasHapus
    Balasan
    1. Nah, kapan2 terbang lagi kemana gitu Zain, biar bisa ngerasain bandara baru juga :p

      Hapus
  18. Bener banget, mbak. Punya bandara baru jadi berasa tinggal di kota besar dengan bandara yang sebenarnya..ya meski saya belum sempat mencoba semua fasilitasnya sih hehehe... kalau saya sih berharap, selain BRT dan taksi bandara, ada alternatif transportasi lain.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya mbak, moda transportasi bandara baru sebatas taxi bandara sama BRT aja. Semoga kedepannya ada alternatif transportasi lain yang masuk ke bandara juga, ya

      Hapus
  19. Kemarin coba main ke sana. Bandaranya luas sekali, meski rasanya kurang ada sentuhan bangunan yg iconic seperti daerah lain.
    Semoga makin memperlancar transportasi udara di Semarang (Jateng) ya ��

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sepertinya nanti akan ada sentuhan ikoniknya loh, mbak Olip :D
      Semoga secepatnya terealisasi

      Hapus
  20. waduh, ciamik sekali ya Mbak Ika.
    keren euy! bisa terbang ke luar negeri dari Semarang :)
    nuhun pisan buat infonya mbak.

    BalasHapus
  21. Koreksi dikit mbak, Bis Trans Semarang beroperasi sampai pukul 24, bukan 24 jam. Lagian jam operasional bandara kan hanya sampai pukul 23, kalau beroperasi 24 jam, nanti penumpang bisnya tante kunti dan teman-temannya dong hehehe...

    Oiya, judul yang pas harusnya bandara internasional, bukan bandara udara. Bandara kan singkatan dari bandar udara. Suwun...

    BalasHapus
  22. Yang beda dari bandara ini, di ruang pengantaran dan penjemputannya menyatu, dan diterima di Hall yang luas. Hall ini bisa untuk pameran (pernah lihat pameran mobil juga), dan ada foodcournya yang beragam banget pilihannya. Jadi buat yang nunggu di kedatangan juga, kalo penerbangannya dellay nggak mati gaya juga. Seringkali juga ada Homebandnya konser disitu. Kayaknya di bandara lain seperti Hasanudin, Denpasar, Solo, Surabaya , Bandung, Batam, Padang nggak ada yang seperti ini. keren cakep deh.

    BalasHapus

Terima kasih sudah berkunjung dan tidak meninggalkan link hidup. Jangan lupa komentarnya yaaa.....
bundafinaufara.com