Tuesday, 5 June 2018

# Event # Health

Sembutopia dan Sebuah Takdir Kejayaan


Dear Friends,

The first wealth is health. Rasanya banyak orang yang setuju dengan quote dari Ralph Waldo Emerson. Kekayaan paling berharga adalah kesehatan. Apa gunanya harta kekayaan bila kita sakit-sakitan. Bisa-bisa harta kekayaan yang kita punya hanya digunakan untuk membiayai pengobatan saja. Punya harta tapi tak bisa menikmatinya. Apa enaknya?

Sehat adalah kunci nikmatnya hidup. Agar bisa menikmati hidup maka tugas kita adalah menjaga hidup kita agar tetap sehat.  Kebanyakan orang baru sadar pentingnya kesehatan kalo sedang sakit. Disaat sakit kita baru sadar berapa banyak waktu, tenaga, materi yang terbuang hanya untuk kembali sehat.

Banyak cara yang bisa dilakukan untuk menjaga kesehatan. Makan teratur, istirahat yang cukup dan rutin berolahraga. Iya sih, kadang kita sudah berusaha untuk hidup sehat tetapi lingkungan sekitar kita tidak mendukung. Misalnya saja, perokok aktif yang merokok di sembarang tempat dan menyebabkan kita menjadi perokok pasif. Tahu sendiri, efek menjadi perokok pasif justru lebih berbahaya daripada si perokok aktif itu sendiri.

Sembutopia dan Harapan untuk Indonesia Sehat

Adalah Kafi Kurnia beserta kawan-kawannya yang memprakarsai sebuah platform digital yang diberi nama SEMBUTOPIA sejak November 2017 lalu. SEMBUTOPIA adalah ide sederhana untuk memotivasi dan menginspirasi Indonesia agar kita bersama-sama menciptakan sebuah lingkungan yang lebih sehat dan terbebaskan dari semua penyakit dan konflik baik secara kejiwaan dan keragaan. Atas visi misinya yang memiliki tujuan untuk menyembuhkan dan menyehatkan masyarakat, hanya dalam kurun waktu 6 bulan saja Sembutopia sudah memiliki ribuan pengikut.

Sembutopia memiliki 5 pilar untuk memotivasi untuk menyembuhkan masyarakat, antara lain :
  • Hope
  • Heal
  • Habitat
  • Health
  • Happiness
Sembutopia ingin masyarakat memiliki harapan yang merupakan langkah awal untuk menyembuhkan diri. Proses penyembuhan diri memerlukan lingkungan yang mendukung masyarakat untuk hidup sehat. Setelah tercipta lingkungan yang sehat, masyarakat akan hidup lebih sehat dan lebih berbahagia.



Mungkin kita menganggap impian Sembutopia untuk membentuk sebuah lingkungan masyarakat yang sehat terlalu muluk-muluk. Apalagi masih banyak masyarakat yang bersikap skeptis dan menganggap bahwa untuk hidup sehat itu ribet dan butuh banyak biaya. Nah, hal inilah yang menjadi pekerjaan rumah bagi kita semua untuk mengubah mindset masyarakat bahwa hidup sehat itu berat dan susah, berubah. Tujuannya hanya satu yaitu menuju Indonesia lebih sehat dan berjaya.

Sembutopia juga melakukan pemberdayaan komunitas, termasuk komunitas blogger dengan mengadakan kegiatan seperti lomba fotografi dan lomba menulis blog. Hal ini dimaksudkan agar para blogger maupun komunitas lain bisa ikut mengkampanyekan berbagai isu mengenai kesehatan. Sembutopia juga memanfaatkan momen-momen penting untuk menyebarkan informasi kesehatan terkait.

Seperti hal nya World No Tobacco Day (Hari Tanpa Tembakau Dunia) yang diperingati tiap tanggal 31 Mei menjadi momen bagi Sembutopia untuk menyebarkan informasi terkait dengan bahaya rokok bagi kesehatan.

Kafi Kurnia, founder Sembutopia
Tak hanya memperingati Hari Tanpa Tembakau Dunia, Sembutopia juga mengajak blogger untuk mengkampanyekan tentang bahaya penggunaan kantong plastik dan semua yang berbahan plastik bagi lingkungan. Salah satu cara untuk menarik minat para blogger untuk ikut mengkampanyekan bahaya plastik bagi lingkungan adalah dengan menggelar lomba penulisan blog. Sembutopia yakin bahwa blogger mampu menjadi sarana penyebaran informasi yang cukup efektif  kepada masyarakat.

Indonesia 2020 Sebuah Takdir Kejayaan

"Indonesia 2020 adalah sebuah visi yang bertujuan menggelorakan semangat bangsa untuk segera mencapai takdir kejayaan Indonesia, dengan bermodalkan warisan nenek moyang kita dan memberdayakan warisan itu sehingga menjadi prestasi yang membanggakan"
Indonesia dikenal sebagai negara kepulauan dengan jumlah pulau lebih dari 17 ribu pulau yang tersebar dari Sabang hingga Merauke. Letak Indonesia yang berada di garis khatulistiwa membuat Indonesia memiliki kekayaan sumber daya alam yang luar biasa. Kekayaan sumber daya alam inilah yang bisa menjadi modal Indonesia untuk berjaya di masa mendatang. Bahkan diperkirakan pada tahun 2030 mendatang, Indonesia akan masuk dalam 5 besar negara dengan tingkat ekonomi terbesar di dunia dengan nilai ekonomi lebih dari 5,4 trilyun dollar Amerika. Wow. 

Bukanlah hal yang mustahil bila suatu hari Indonesia benar-benar mencapai kejayaannya baik di bidang ekonomi maupun kesehatan. Berangkat dari program 20/20 yang memiliki harapan visioner untuk Indonesia berjaya di masa depan. Apalagi tahun 2020, Indonesia juga memasuki usia 75 tahun. Ini bisa jadi langkah awal untuk mencapai prestasi di berbagai bidang di tingkat dunia. Sembutopia berharap agar masyarakat ikut berperan serta dalam gerakan menyebarkan semangat dan informasi untuk mewujudkan kejayaan Indonesia.

Bagaimana dengan kalian, friends?




4 comments:

  1. mungkin telah banyak resolusi2 yang mirip2 di tahun2 sebelumnya.. resolusi2 seperti ini yang kita harapkan agar masyarakat lain termotivasi untuk terus bergerak maju ke depan..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mas, masyarakat Indonesia butuh motivasi untuk maju

      Delete
  2. semoga Indonesia menemukan takdir kejayaannya ya

    ReplyDelete

Terima kasih sudah berkunjung dan tidak meninggalkan link hidup. Jangan lupa komentarnya yaaa.....
bundafinaufara.com

Follow Me @ikapuspita1