Sunday, 23 September 2018

# Blogging # Lifestyle

Mau Jadi Blogger Profesional?Begini Caranya!


Dear friends,

Kalo dihitung-hitung, sudah hampir 5 tahun ini saya serius menekuni dunia blogging. Sebenarnya sih saya menulis blog dari tahun 2009, tapi baru diseriusin tahun 2013. Dari yang awalnya hanya iseng mengisi waktu di sela kesibukan mengurus rumah tangga, sekarang malah keasikan. Bahkan bisa dibilang blogger adalah profesi saya. Apakah kalian juga mau menjadi blogger profesional? 

Awalnya saya awam mengenai dunia blogging. Kemudian saya banyak membaca dan belajar, lalu bergabung dengan komunitas blogger serta berjejaring. Akhirnya sedikit demi sedikit saya mulai paham bagaimana seluk beluk dunia blogging dan mulai menikmati hasilnya belakangan ini.

Sudah dapat apa saja dari blog?

Banyak. 

Beberapa tahun setelah serius ngeblog, saya mulai mendapatkan hasilnya. Tak hanya sekadar uang, dan barang tetapi juga pengalaman yang luar biasa. Jujur saja, bahkan saya tak pernah membayangkan akan bisa mendapatkan semua itu. Dari ngeblog saya bisa mendpatkan uang, endorsement bahkan traveling ke berbagai tempat yang belum pernah saya datangi sebelumnya. 

Bagaimana saya bisa mendapatkan semua itu? Yang pasti saya melalui sebuah proses yang tidak instan. Banyak sekali waktu, energi dan pikiran yang saya curahkan untuk mencapainya. Saya juga tak pernah berhenti belajar untuk mengembangkan kemampuan saya.



Nah, apa saja langkah-langkah yang musti dilakukan untuk menjadi seorang blogger profesional? 

Memiliki Blog atau Website

Langkah paling pertama untuk menjadi seorang blogger profesional tentu saja adalah memiliki blog atau website. Buat website atau blog pribadi baik menggunakan platform blogspot maupun wordpress. Jangan lupa belikan juga domain pribadi (Top Level Domain) beserta hostingnya. Ada banyak sekali penyedia hosting yang bisa dipilih, salah satunya Niagahoster

Memiliki blog yang sudah berdomain pribadi menunjukkan bahwa kita adalah seorang profesional blogger. Setelah berdomain pribadi biasanya seorang blogger akan lebih semangat dalam me-monetize blog nya.

Memilih Niche Blog yang Sesuai

Niche adalah istilah lain untuk mengartikan "topik" yang dibahas di dalam sebuah blog. Topik dalam suatu blog memegang peran penting dalam hal SEO dan juga kenyamanan pengunjung yang ingin mencoba mengetahui isi blog. Beberapa niche yang bisa dipilih antara lain teknologi, kesehatan, fashion and beauty (kecantikan), lifestyle (gaya hidup), travel (perjalanan), food/culinary (makanan) dan sebagainya. Pilih mana topik yang dikuasai dan sesuai dengan keahlian.

Memiliki Kemampuan Menulis

Blogger juga dituntut memiliki kemampuan menulis sesuai dengan topik atau niche yang sudah dipilih baik dari segi tata bahasa, alur cerita dan diksi. Diksi merupakan  pilihan kata yang tepat dan selaras untuk mengungkapkan gagasan sehingga diperoleh efek tertentu seperti yang diharapkan. Kalimatnya membentuk ekspresi yang tepat sehingga dapat menyenangkan pendengar atau pun pembacanya.

Konsisten

Konsistensi adalah salah satu kunci menjadi seorang blogger profesional. Buatlah jadwal untuk me-maintain blog. Misalnya dengan membuat jadwal postingan blog, memperbaiki tampilan blog, belajar membuat infografis, jadwal blog walking dan sebagainya. Dengan begitu, performa blog semakin baik dan berkualitas.

Melakukan "Personal Branding"



Personal branding merupakan cara memasarkan diri secara individu. Temukan passion melalui hal-hal yang paling kalian sukai lalu infomasikan kepada khalayak. Buat profil diri dan gunakan  platform yang untuk membangun profil kalian. Salah satu platform paling kuat yang sebaiknya adalah sebuah website. Gunakan website kalian sebagai tempat utama untuk berbagi informasi atau ide. Selain itu kalian juga bisa memanfaatkan sosial media untuk memperkanalkan diri pada lingkup yang lebih luas.

Kreatif dan Inovatif

Blogger yang kreatif dan inovatif adalah blogger yang bisa menemukan hal-hal baru dalam berkarya. Misalnya saja menemukan hal baru dalam membuat sebuah tulisan berkualitas atau mempromosikan blog atau website nya.

Berjejaring

Salah satu cara meningkatkan kualitas performa blog adalah dengan berjejaring. Optimalkan sosial media untuk bersosialisasi dengan blogger lain. Membangun koneksi melalui sosial media juga bisa membantu untuk mencari kesempatan dalam membangun blog kalian. Tetapi perlu diperhatikan  juga bahwa tidak semua sosial media cocok untuk membangun hubungan profesional. Pilih yang benar-benar mampu membangun koneksi dengan banyak orang.

Nah, beberapa cara di atas bisa kalian lakukan agar menjadi seorang blogger profesional. Gimana friends, siap untuk menjadi blogger profesional?


7 comments:

  1. Wah udah lama juga ya kak, udah 5 tahun ngeblog dan bisa konsisten.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sebenarnya udah dari tahun 2009 sih mas, tapi baru serius ngeblognya 5 tahun belakangan ini, hehe

      Delete
  2. wah, tipsnya mantap nih. benar2 bisa mengantarkan pada profesionalisme :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mbak Farida, semoga kita bisa konsisten menerapkannya ya

      Delete
  3. hai mba, wah lama ga berkomentar di blog ini. bener, jangan lupa personal branding

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hai dek, iya ya...akhirnya dikomenin sama dek Nay lagi

      Delete
  4. Bermanfaat sekali ini tipsnya mbak buat aku yang sedang dalam proses serius dengan dunia blog.

    ReplyDelete

Terima kasih sudah berkunjung dan tidak meninggalkan link hidup. Jangan lupa komentarnya yaaa.....
bundafinaufara.com

Follow Me @ikapuspita1