Wednesday, 19 September 2018

# Health # Lifestyle

Olimpiade Olahraga Siswa Nasional, Ajang Unjuk Prestasi Pelajar Seluruh Indonesia


Dear friends,

Senin 17/09/2018 lalu ribuan pelajar beserta para official kontingen dari berbagai wilayah diseluruh Indonesia berkumpul di Sportorium Universitas Muhammadiyah Yogyakarta. Mereka berkumpul dalam acara pembukaan Olimpiade Olahraga Siswa Nasional (O2SN) 2018 yang tahun ini diselenggarakan di Yogyakarta. O2SN 2018 ini berlangsung sejak 16-21 September 2018 dan digelar di beberapa lokasi di Yogyakarta.

Betapa bangganya saya dapat menyaksikan secara langsung bagaimana meriahnya acara pembukaan Olimpiade Olahraga Siswa Nasional (O2SN) 2018 bersama rekan-rekan blogger dan vlogger yang berasal dari berbaga daerah. Apalagi euforia Asian Games beberapa waktu lalu masih terasa hingga kin, jadi makin membuat saya dan rekan-rekan semangat untuk mendukung dan menyukseskan event tahunan ini.


Perhelatan tahunan yang telah diselenggarakan ke 11 kalinya ini sungguh meriah. Para hadirin dibuat terpukau dengan pertunjukan orkestra dan penampilan dari siswa-siswa SMK yang energik. Bahkan para hadirin terlihat ikut larut dalam suasana gegap gempita kemeriahan pembukaan O2SN 2018.

Dalam acara tersebut hadir pula Dirjen Pendidikan Dasar dan Menengah, Hamid Muhammad, selaku ketua Pelaksana Olimpiade Olahraga Siswa Nasional (O2SN) 2018. Bapak Hamid Muhammad dalam sambutannya mengatakan bahwa O2SN tahun ini mengambil tema "Aktualisasi Potensi Bakat dan Prestasi Siswa". Harapannya adalah olimpiade siswa nasional tahunan ini mampu membina minat dan bakat olahraga siswa untuk membentuk jiwa dan karakter yang sportif. 

Olimpiade Olahraga Siswa Nasional (O2SN) 2018 kali ini, diikuti oleh sekitar 4423 orang, yang terdiri dari 1938 atlet dari mulai jenjang pendidikan SD/MI-SMP-SMA/SMK dan Sekolah Luar Biasa (SLB) beserta 510 pendamping, 306 official, 240 pembina, 1057 wasit dan asisten wasit, serta 408 panitia dan fasilitator.

O2SN 2018 kali ini memperebutkan 138 medali emas, 138 medali perak dan 172 medali perunggu. Cabang olahraga yang dilombakan  antara lain karate, pencak silat, bulutangkis, atletik dan renang. Sedangkan untuk siswa tingkat SD/MI ada tambahan senam.


Sebagai tuan rumah penyelenggaraan Olimpiade Olahraga Siswa Nasional (O2SN) tahun 2018, Gubernur DIY  Sri Sultan Hamengku Buwono X yang diwakili oleh Wakil Gubernur DIY, Sri Paduka Paku Alam ke-X berpesan agar setiap atlet mengedepankan sportivitas dan menjunjung tinggi harkat dan martabat bangsa.

Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia, Muhadjir Effendy melepaskan sebuah anak panah yang menandakan bahwa Olimpiade Olahraga Siswa Nasional 2018 telah resmi dibuka. Beliau juga memberikan pesan kepada seluruh atlet yang akan berlaga di O2SN agar bisa memberikan prestasi yang terbaik.


Bukan tidak mungkin, prestasi yang ditorehkan oleh para atlet ini dilihat dan dicatat oleh pemandu bakat. Para atlet yang diinventarisir akan disiapkan untuk mengikuti olimpiade tingkat nasional maupun internasional di masa mendatang.

Mendikbud juga menyampaikan bahwa para atlet penyumbang medali di Asian Games beberapa waktu lalu merupakan alumni peserta Olimpiade Olahraga Siswa Nasional pada tahun-tahun sebelumnya.


Secara umum, seluruh rangkaian upacara pembukaan O2SN 2018 berjalan dengan tertib dan lancar. Seluruh pengisi acara mampu memukau seluruh hadirin yang memenuhi sportorium Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.  

Yuk dukung dan sukseskan Olimpiade Olahraga Siswa nasional 2018, ya!

Bersama rekan-rekan Blogger dan Vlogger
Bersama atlet pencak silat dari Nusa Tenggara Timur


13 comments:

  1. Aduh, keren-keren banget deh anak banga ini. Saya benar-benar bangga. :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iyaa...pas openingnya aja aku terharu dan bangga banget liat semangat mereka

      Delete
  2. Banyak juga ya yang berpartisipasi pada acara O2SN 2018 kali ini ya. :)

    ReplyDelete
  3. Wah, pasti seru banget ya acaranya, sayang banget gak bisa ikut acaranya. Bruntung banget deh yang bisa ikut berpartisipasi. :) Sukses selalu ya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Alhamdulillah dapat kesempatan langka nih. Seru banget acaranya

      Delete
  4. Sukses selalu untuk anak bangsa. :)

    ReplyDelete
  5. Sukses terus buat anak bangsa Indonesia, siapa kita...Indonesia...

    ReplyDelete
  6. Aku baru tahu kalo OSN ini event tahunan. Seru yaaa. Bisa lihat siarang pertandingannya atau mesti datang langsung nih?

    ReplyDelete
  7. Wow serunya. Moga bermanfaat ya segala pencapaiannya

    ReplyDelete
  8. Barokallah ya mba Ika. Mereka justru penebar prestasi yang keren. Alhamdulillah bisa ikutan mensupport kemarin ๐Ÿ˜๐Ÿ˜

    ReplyDelete
  9. Hai mba...aku juga seneng lho...bisa terlibat dalam event keren, bertemu tmn2 blogger+vlogger.

    Acaranya meriah ya...

    ReplyDelete
  10. Keren banget ya event ini bisa membangkitkan semangat juang para pelajar, turut bangga..

    ReplyDelete

Terima kasih sudah berkunjung dan tidak meninggalkan link hidup. Jangan lupa komentarnya yaaa.....
bundafinaufara.com

Follow Me @ikapuspita1