Wednesday, 3 October 2018

# Ads # Teknologi

Tips Aman Menggunakan Generator pada Instalasi Rumah



Dear friends,

Generator atau yang sering dikenal dengan nama genset merupakan perangkat instalasi listrik yang sangat membantu ketika lampu padam. Meski begitu, generator juga dapat berbahaya  ketika diinstal dan digunakan dengan cara yang tidak semestinya. 

Nah, berikut merupakan tips aman menggunakan generator pada instalasi rumah.

1. Jangan Menghubungkan Generator Langsung Pada Kabel Rumah

Menghubungkan generator kelistrikan langsung dengan kebel rumah tangga tentunya memiliki risiko yang sangat berbahaya. Generator yang berhubungan langsung dengan kabel rumah tangga cenderung memiliki umpan balik ke saluran listrik yang dapat mengakibatkan kerusakan pada peralatan utilitas maupun genset. 

2. Jangan Pasang Generator ke Portabel Stopkontak

Memasukkan generator ke dalam stopkontak perangkat instalasi listrik tentunya dapat menyebabkan jaringan listrik menjadi mati. Kamu hanya perlu menghubungkan peralatan individu yang memiliki outdoor ke dalam outlet wadah generator. Agar lebih praktis, kamu juga dapat menghubungkan peralatan kabel luar yang terhubung pada generator.

3. Jangan Membebani Generator

Hal terpenting yang perlu kamu perhatikan adalah jangan mengoperasikan peralatan yang melebihi ratingoutput dari generator. Overloading pada generator tentunya dapat menyebabkan kerusakan pada peralatan elektronik kamu. Jadi, prioritaskan kebutuhan kamu ketika hendak menggunakan generatorkelistrikan. 

4. Jangan Menggunakan Generator di Dalam Ruangan

Sama halnya dengan mobil, generator sebagai perangkatinstalasilistrikmemiliki mesin pembakar internal yang dapat menghasilkan karbon yang sangat berbahaya. Jadi, hal yang perlu kamu perhatikan adalah menempatkan generator di tempat terbuka sehingga gas pembuangan dari genset tidak akan dapat masuk ke dalam rumah.

5. Gunakan Kabel Listrik yang Tepat

Pada umumnya, perangkat individu pada generator menggunakan prinsip heavy-duty. Kelebihan beban pada kabel generator tentunya dapat menyebabkan kebakaran dan kerusakan pada perangkat elektronik. Jangan letakkan kabel generator di bawah karpet karena dapat meningkatkan risiko terjadinya kerusakan kabel yang tidak diketahui.

Nah, di atas merupakan cara aman menggunakan generator kelistrikan pada instalasi rumah. Pastikan bahwa kamu menggunakan generator dengan tepat sehingga menurunkan risiko terjadinya hal-hal yang tidak diinginkan. Sewatama merupakan solusi terbaik masalah kelistrikan kamu.


No comments:

Post a Comment

Terima kasih sudah berkunjung dan tidak meninggalkan link hidup. Jangan lupa komentarnya yaaa.....
bundafinaufara.com

Follow Me @ikapuspita1