Tuesday, 26 February 2019

5 Tanaman Hias yang Memunculkan Energi Positif dalam Hunian

Dear friends,

Menempatkan tanaman di luar atau dalam hunian dikatakan sangat berperan baik untuk kehidupan sang penghuninya. Tidak cukup hanya sebagai hiasan, di zaman pemanasan global (global warming) ini yang memunculkan suhu panas dan udara yang terkena polusi, sebagian besar orang menginginkan huniannya menjadi lebih sejuk dan segar serta berkontribusi dalam meredam dampak negatif yang terjadi karena fenomena tersebut.

Tak hanya itu, sebuah tanaman hias juga dapat membawa keberuntungan bagi sang pemilik hunian. Jika kalian menginginkan tanaman hias yang memberikan energi positif pada hunian kalian, berikut adalah beberapa pilihannya.

Peace Lily



Tanaman hias berdaun hijau lebat ini memiliki bunga dengan warna putih. Memiliki nama latin Spathiphyllum, tanaman yang tergolong sebagai tanaman tropis ini ini berasal dari hutan hujan tropis di Amerika Selatan dan Amerika Tengah. 

Selain enak untuk dipandang, bunga peace lily juga menyemburkan aroma wangi yang tidak terlalu menyengat yang mana tidak terlalu mengganggu penciuman dari hidung kita. Daun hijaunya pun memiliki peran yang baik dalam penyerapan racun di udara ruangan, misalnya seperti zat amonia hingga karbon monoksida. Untuk memelihara tanaman ini, jauhkan kontak langsung dari sinar matahari. Usahakan pula tanah pada tanaman untuk tidak dalam keadaan sangat basah.

Morning Glory



Jika kalian memiliki kebiasaan memandang tanaman pada pagi hari, tanaman morning glory merupakan tanaman yang harus dipilih. Tanaman dari famili Ipomoea, memiliki bunga yang mekar sempurna hanya pada waktu pagi hari. Tanaman ini memiliki khasiat untuk menyembuhkan berbagai penyakit, maka dari itu sering dimanfaatkan sebagai bahan campuran obat tradisional, khususnya di Tiongkok.

Tanaman yang mirip dengan kangkung air ini diketahui memiliki lebih dari 1.000 jenis warna. Jika ingin merawatnya, pilihlah warna yang paling kalian favoritkan. 

Untuk pemeliharaan dan perawatan yang maksimal, tempatkan tanaman ini dengan kemudahan akses langsung kepada sinar matahari. Sinar matahari juga yang membuat mekarnya bunga menjadi maksimal. 

Lidah Mertua



Jangan percaya jika tanaman ini dikatakan sebagai tanaman pembawa sial. Pasalnya tanaman yang dikenal dengan sebutan Snake Plant (Sansevieria trifasciata) memiliki manfaat yang sangat baik untuk kesehatan. Selain dapat menyerap racun dan zat polutan di udara dengan sangat cepat jika ditanam di dalam atau luar rumah, tanaman hias ini diyakini dapat menghalau energi negatif untuk masuk ke dalam rumah  kita jika ditanam di depan rumah.

Manfaat lainnya, tanaman lidah mertua memiliki gel yang biasa dimanfaatkan sebagai tonik untuk mencegah kerontokan dan mengencangkan akar rambut.

Anggrek



Bunga Anggrek diketahui merupakan tanaman yang biasanya dipilih masyarakat untuk menghias dalam atau luar dari hunian. Sama seperti saat melakukan jual beli rumah, seberapa pun mahalnya suatu hunian, jika hunian tersebut dapat memberikan manfaat untuk kehidupan kita, kita pasti akan mempertimbangkan untuk membelinya. Begitu pula dengan anggrek, manfaat yang diberikan pun dikatakan worth untuk kehidupan kita. 

Selain untuk mempercantik baik luar maupun tiap spot ruangan yang dikehendaki saat ditempatkan sebagai hiasan, Anggrek memiliki peran yang baik dalam membuat kualitas udara baik luar atau dalam area hunian kita. Tiap malam, bunga anggrek akan melepaskan oksigen yang juga besar. Teruntuk penempatan di dalam ruangan, kamar tidur merupakan tempat yang disarankan guna membuat kualitas udara menjadi lebih baik saat kita tidur di malam hari. Anggrek juga memiliki manfaat dalam membentuk mood positif dari sang penghuni saat memandangnya karena kecantikan kombinasi warna pada bunganya.

Manfaat lainnya yang diberikan oleh tanaman hias ini, sejak dahulu kala, dalam ajaran feng shui, Anggrek dipercaya dapat memberikan keberuntungan dalam hubungan dan percintaan bagi sang pemiliknya.

Sweet Pea



Tanaman hias yang memiliki nama latin Lathyrus Odiriatus ini memiliki bentuk yang sangat mirip dengan bunga anggrek, yakni berwarna ungu dengan tekstur bunga yang sangat lembut. Penamaan 'sweet' pada tanaman hias ini dikarenakan kebiasaan bunga ini yang menyemburkan aroma manis saat dicium oleh indera penciuman kita yang mana dapat membangkitkan energi positif dan mood baik untuk kita. 

Untuk merawat tanaman ini, pastikan tanah dalam pot tidak sampai kering. Kita harus sesering mungkin memastikan tingkat kebasahan dari tanahnya. Tempatkan pula dengan akses langsung sinar matahari untuk membuat perkembangannya semakin baik.

Nah gimana friends, tertarik untuk mempercantik hunian dengan tanaman hiasa juga?


23 comments:

  1. Baru tahu tanaman lidah mertua banyak manfaatnya terutama bisa mengusir energi negatif, pengen deh nanam morning glory, bunganya cantik ya

    ReplyDelete
  2. Cuma punya lidah mertua itu pun yg jenis kecil2..lumayanlah ya..hehe..

    ReplyDelete
  3. Kalau di rumah ada Mawar dan ada 7 jenis bunga dan jujur saya enggak tahu tuh namanya hehe. Soalnya suami yang nanam hehe.

    ReplyDelete
  4. Lidah mertua dan anggrek aku sudah ada.. morning glory dah lama banget ngga lihat.. kalo bunga lily sering lihat di toko kembang aja huhu.. nice info mba.. nambah ilmu tentang tanaman dan keunggulannya

    ReplyDelete
  5. Wah, lidah mertua ternyata punya manfaat ya. Ada nih di rumah. Kalau Anggrek sudah pasti ya, dan hampir semua punya. Morning glory yang gak ada. Btw, makasih mbak. Nice articel ��

    ReplyDelete
  6. Pantes saja temanku suka lidah mertua mbak, ternyata ada manfaatnya juga. Dan memang rumah yang dipenuhi bunga2 itu terasa adem dan indah. Kalau bunga itu berbau wangi, pemiliknya pasti akan merasakan energi yang luar biasa dr wangi bunga itu. TFS ya mbak.... Bisa jadi rekomendasi kalau ingin menanam bunga di rumah.

    ReplyDelete
  7. Wahh ternyata lidah mertua bagus ditanam di dalam maupun luar rumah yaa, pantas aja banyak yang menanamnya, mungkin karena sudah tahu manfaatnya :)

    ReplyDelete
  8. Sweet peanya cantik banget, Mba. Emang mirip banget dengan anggrek yaa, rumah pasti bakalan indah banget saat di sekitarnya ada si ungu nan mempesona ini :)

    ReplyDelete
  9. I really love morning glory and also sweet peas. They smelled very wonderfully. But I don’t know whether we can actually have them in Indonesia

    ReplyDelete
  10. Mbak, lidab mertua itu yg daunnya kaku dan keras gtkah? Sama bentuk dg lidah buaya tapi bedanya lidah buaya ada isinya gt? Apa malah lidah mertua sama lidah buaya sama? Saya sampai zoom pingin lihat detail, hehehe

    ReplyDelete
  11. Iya mbak. Tentunya hunian akan semakin nyaman, indah dan sejuk ketika ada tanaman hiasnya. Btw selama ini saya tahunya cuma tanaman lidah buaya saja, so baru tahu nih ada tanaman yang namanya lidah mertua, jadi penasaran kenapa namanya disebut lidah mertua gitu.

    ReplyDelete
  12. Lidah mertua ini mudah banget nanem dan budidayanya, Mbak. Biasanya ujung-ujungnya yang runcing dikasih cangkang telur yang sudah dibuang, Mbak. Bagus lho.

    ReplyDelete
  13. morning glory nya cakep. aku paling suka bunga yg cakep pagi2 sambil ngantarin suami berangkat sambil mandangin halaman yg cantik.

    ReplyDelete
  14. Aku hanya tahu lidah mertua mba. Soalnya tanaman itu mudah ditemui dimana saja. Bahkan aku juga sempat punya tanaman hias ini

    ReplyDelete
  15. Aku sering denger nama bunganya tuh Morning Glory, tapi baru kali ini lihat bentuk bunganya hehehe.

    Dan sering banget lihat bunga Lidah Mertua di komplek rumahku, tapi gak tahu namanya hehehe.

    ReplyDelete
  16. Ahahaha abis namanya serem ya "lidah mertua" jadinya banyak yang miir gmn gtu, ternyata malah bagus ya buat menghalau polusi. Hmmm kalau aku mungkin akan memilih anggrek,selain karena buat hiasan juga, ternyata jg bisa memunculkan energi positif :D
    TFS

    ReplyDelete
  17. Aku nanam tanaman herbs di rumah. Kayak rosemarry, dill, kemangi, dll. Suka aja sama wanginya

    ReplyDelete
  18. Saya mau nanam macam2 tanaman di rumah, tapi karena halaman terbatas, mau pakai polybag aja. Jadi pengen cari2 tanaman yang disebutkan d sini. Baru punya lidah mertua

    ReplyDelete
  19. seneng sekali melihat tanaman tanaman indah, apalgi yang ada bunganya. Tapi sekarang rasanya kok kurang waktu buat merawatnya (emang malas sih heheheh}

    ReplyDelete
  20. Ternyata ada manfaatnya yaa tanaman-tanaman ini selain untuk mempercantik. Saya suka banget sweet pea dan peace lily.

    ReplyDelete
  21. Lidah mertua menjadi idola dirumah teman2 saya yang senang berkebun, ditempat didalam rumahpun cantik banget...tapi untuk saya yang kurang telaten jadinya kasihan lihat tanaman-tanaman yang nantinya bakalan gak keurus.. hiksss

    ReplyDelete
  22. Wah, aku baru tahu nama kembang itu "lidah mertua"
    Kayaknya harus browsing nih kenapa dikasih nama seperti itu, hahaha

    Aku termasuk orang yang gampang meleleh dan terhipnotis dengan keindahan, terutama oleh rupawan bunga.

    ReplyDelete
  23. bunga bikin teduh mata memandang ya. saya malah baru tahu kalau itu tanaman bernama lidah mertua. jadi pengen ketawa sama namanya.

    ReplyDelete

Terima kasih sudah berkunjung dan tidak meninggalkan link hidup. Jangan lupa komentarnya yaaa.....
bundafinaufara.com

Follow Me @ikapuspita1