Resolusi Bisnis dan Cita-cita Menjadi Pengusaha Kuliner


Dear friends,

Akhir tahun lalu, tiba-tiba saja terbersit keinginan untuk kembali berbisnis. Jauh sebelum saya menjadi bloger, saya pernah berwirausaha. Bahkan usaha yang saya lakukan bermacam-macam. Mulai dari jualan makanan, pakaian, tas, warung makan bahkan pernah jualan es dawet juga di pinggir jalan. Sayangnya, semua usaha saya tak ada yang bertahan. Semuanya bubar di tengah jalan. 

Penyebabnya? 

Banyak hal. Manajemen yang "asal-asalan" dan tidak fokus pada usaha. Bahkan saya sempat "trauma" kalau ada yang ingin mengajak kerjasama atau mulai berbisnis. Saya selalu menolak karena takut gagal lagi.

Setelah gagal berbisnis, saya mulai menyibukkan diri di dunia pendidikan dan blogging. Saya mulai asyik dengan dunia menulis dan mulai tenggelam di dalamnya. Saya bahkan mulai lupa bagaimana sakitnya gagal berbisnis.

Tetapi, setelah tahun demi tahun berlalu, tiba-tiba saja timbul niatan untuk mulai berbisnis. Niatan saya ini terinspirasi dari beberapa sahabat dan adik saya sendiri yang tetap konsisten dan gigih berbisnis. Mereka tak kenal lelah berupaya untuk memajukan bisnisnya. Mereka juga tetap kreatif mencari cara agar tetap bertahan dalam terpaan badai persaingan. Salut.

Resolusi Bisnis 2019 

Bermula dari hobi saya dan keluarga yang gemar makan bakso, timbul keinginan untuk bisnis kuliner bakso dalam bentuk frozen. Seperti yang kita ketahui bahwa bakso merupakan salah satu makanan yang digemari masyarakat dari berbagai usia dan kalangan. Bahkan diolah dengan berbagai cara pun, bakso masih tetap jadi yang terfavorit. 

Baksoo Yummmy

Keinginan saya untuk kembali berbisnis direspon positif oleh suami dan keluarga saya. Mereka bahkan memberikan ide dan saran yang membuat saya makin mantap untuk segera memulainya. Kebetulan saya ingin bisnis kuliner ini dipasarkan melalui online, jadi banyak hal yang musti diperhatikan. Nggak hanya soal kualitas dan rasa tetapi juga memikirkan bagaimana packaging yang tepat untuk makanan frozen

Sebelum mulai memulai bisnis bakso frozen ini, saya pun musti melakukan uji coba hingga menemukan komposisi dan resep yang pas demi mendapatkan rasa bakso yang sesuai dengan selera para pecinta bakso. 

Selain itu saya juga harus memilih bahan-bahan yang berkualitas dan membuat komposisi yang tepat agar kualitas bakso yang saya produksi terjaga. 

Dalam berbisnis, harga bahan baku juga menjadi pertimbangan agar bisa mendapatkan profit. Memang sih, ada harga ada rupa. Bahan baku dengan harga bagus (baca : mahal) pasti kualitasnya juga bagus. Tapi kalau ada yang menawarkan bahan baku yang berkualitas dengan harga terjangkau, kenapa enggak? 

Emangnya ada?

Coba deh, buka Ralali.com. Ralali.com ini adalah sebuah perusahaan e-commerce yang menyediakan layanan jual beli berbagai produk kebutuhan bisnis antara pemasok dan pelaku bisnis melalui portal website. 

Ralali.com merupakan penyedia layanan B2B marketplace (business to business) yang bertugas menghubungkan bisnis satu dengan bisnis lainnya untuk memenuhi kebutuhan bisnis mereka agar bisa berkembang. Bisa dibilang Ralali.com ini juga merupakan pusat grosir online. 




Ralali.com ini juga bisa disebut sebagai pelopor B2B Marketplace di Indonesia. Ralali bisa menjadi solusi bagi para pelaku bisnis, yang memudahkan mereka untuk terhubung dengan para penjual dari seluruh negeri agar dapat menemukan produk-produk kebutuhan bisnis dengan mudah. Bagi pebisnis pemula seperti saya, Ralali bisa menjadi solusi untuk mencari supplier yang dapat dipercaya dan mendapatkan produk dengan hagra grosir. 

Cara berbelanja di Ralali juga sangat mudah. Fitur-fitur yang terdapat di dalamnya membantu kita mencari produk yang kita butuhkan. Bila produk yang kita cari tidak ada di website Ralali atau di merchant manapun, kita bisa menggunakan fitur RFQ (Request for Quotation). Fitur ini akan membantu kita mencari produk-produk yang  kita butuhkan. 



Karena saya produsen makanan, saya biasa mencari produk bahan baku di kategori Agriculture & Food. Di dalamnya juga ada beberapa kategori yang bisa kita pilih sesuai kebutuhan. Setelah itu tinggal pilih produk yang akan dibeli. Tinggal klik aja. Gampang banget.



Belanja bahan baku di Ralali memberikan banyak keuntungan, diantaranya :
  • Bisa berbelanja berbagai macam jenis kebutuhan dalam satu marketplace
  • Merupakan pelopor B2B Marketplace dengan harga grosir, pastinya bisa lebih hemat
  • Sistem pembayaran aman, karena Ralali menggunakan sistem pembayaran rekening bersama atau escrow. Ralali.com berperan sebagai pihak ketiga yang menengahi transaksi antara penjual dan pembeli di Ralali.com. 
  • Metode pembayaran yang tersedia dan beberapa Bank yang telah bekerja sama dengan Ralali diantaranya BCA, BRI, BNI, Mandiri untuk metode transfer, BII, Permata, Mandiri, BNI  untuk metode pembayaran virtual account, Kartu Kredit Visa dan Master Card, Kredit Kredivo dan Ralalicicilan.
  • Ada banyak promo dan diskon yang ditawarkan Ralali
  • Ada peluang kerjasama bagi produsen untuk ikut berjualan di Ralali

Gimana friends? Jadi tertarik untuk berbisnis juga, kah? Saya sih iya, insyaAllah yakin dan mantap banget untuk segera memulai bisnis bakso frozen ini. Bersama Ralali, mewujudkan impian untuk menjadi pengusaha kuliner jadi lebih mudah.

Yuk, kita wujudkan resolusi bisnis tahun ini bersama Ralali. 


24 comments

  1. Masya Allah, sangat menggiurkan makanannya. Jadi ingin.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hihi...maaf yaa, tapi bisa pesen lho kalo pengen

      Delete
  2. Ralali.com memang jos. Sudah banyak pelanggan sepertinya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. banyak banget, hampir semua produsen ngumpul di sini

      Delete
  3. Masya Allah, barakallah Mbak. Mulai bisnis lagi nih.

    ReplyDelete
  4. Selamat berbisnis Mbak. Semoga lancar.

    ReplyDelete
  5. Semoga lancar terus Mbak bisnisnya. Semoga berkembang pesat dan mempunyai banyak cabang, hehe.

    ReplyDelete
  6. Ayo segera kerjakan mba, aku mupeng bakso bikinan mba Ika. Kelihatan banget tuh dari Fotonya baksonya pasti enak

    ReplyDelete
  7. Aku tergoda liat baksonya menul2 semuaa pasti enak pas dikasih kuah sama bawang goreng

    ReplyDelete
  8. Wahhh baksonya... bikin lafarrrrr. Bagi2 yaa kesini. Hihihi

    ReplyDelete
  9. Waa..lihat baksonya jadi ngilerr..apalagi aku Bakso Lovers mba..hmmm.

    Yummy

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hihi...bakso emang favorit semua orang dan semua kalangan ya mbak

      Delete
  10. Wah moga terwujud ya mba resolusi bisnisnya. Dengan Ralali insyaallah lancar ya..

    ReplyDelete
  11. Wah baru tau mbak ika pengen jadi pengusaha kuliner tak doain segera terwujud. Sukses ya mbak

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iyaa...udah lama pengen bisnis kuliner, semoga tahun ini bisa terwujud. Tengkiuu say

      Delete

Terima kasih sudah berkunjung dan tidak meninggalkan link hidup. Jangan lupa komentarnya yaaa.....
bundafinaufara.com