Meriahnya Ulang Tahun BUMN di Semarang, Pecahkan Rekor MURI



Dear friends,

Meriahnya hari ulang tahun BUMN di Semarang pecahkan rekor MURI. Tanggal 13 April merupakan hari jadi Kementerian Badan Usaha Milik Negara. Syukuran hari ulang tahun BUMN ke 21 dihelat di Marina Convention Center Semarang. Tak hanya di Kota Semarang saja, rangkaian HUT BUMN ke 21 ini juga diadakan di beberapa daerah lain. 

Syukuran ulang tahun BUMN ke 21 ini tak hanya dihadiri oleh Menteri BUMN Ibu Rini M. Soemarno saja tetapi juga diramaikan oleh sekitar 30.000 keluarga karyawan BUMN yang berasal dari 56 BUMN di seluruh Indonesia. Mereka berkumpul dan bersuka cita bersama di Marina Convention Center Semarang untuk bersama-sama mengucapkan rasa syukur dan doa atas prestasi, kinerja, serta sinergi BUMN dalam membangun negeri sesuai dengan tagline BUMN yaitu "one family, one nation, one vision to excellence"

Acara pagi itu dibuka dengan senam lintas generasi diantaranya SKJ 88, senam poco-poco dan zumba yang diikuti seluruh peserta. Setelah itu ada kirab lintas BUMN dan persembahan tari oleh para millenial. Para millenial yang berasal dari berbagai anak perusahaan BUMN membawa bendera dan atribut yang merupakan simbol perusahaan menggambarkan sebuah sinergi dan kerjasama yang baik. Usai kirab dan pertunjukan tari,seluruh peserta juga diajak menyanyikan jingle BUMN bersama dengan para millenial BUMN, loh. 

Kirab budaya

Pada syukuran hari ulang tahun BUMN di Semarang kali ini, panitia telah menyiapkan tumpeng khusus berbentuk stupa. Tumpeng raksasa berukuran 6mx6mx4,12m merupakan hasil karya dari WIKA. Berkat ukurannya yang terbilang besar, tumpeng tersebut berhasil memecahkan rekor MURI yaitu “Tumpeng berbentuk Miniatur Borobudur berukuran raksasa. 

Tingginya puncak tumpeng ini menggambarkan kinerja BUMN yang terus menanjak.  Berdasarkan data Kementerian BUMN, aset  dari keseluruhan BUMN dalam kurun waktu 4 tahun terakhir atau sejak tahun 2015 hingga 2018 mengalami pertumbuhan rata-rata 12 persen. Pada tahun 2018 lalu, aset BUMN bahkan mencapai Rp 8.092 triliun atau naik sebesar 12 persen dibandingkan tahun 2017. Keren nih BUMN.

Menteri BUMN Rini M. Soemarno memotong tumpeng dengan menaiki crane

Selain itu, rekor lain yang berhasil diraih adalah rekor "Makan nasi kuning lebih dari 5.800 orang bersama" dan rekor MURI  untuk “Transaksi QR Code terbanyak” yakni sebanyak 50.000 transaksi dalam waktu 5 jam. Saya dan teman-teman juga sempat mencoba bertransaksi menggunakan QR Code ini dan bisa membeli berbagai jenis makanan hanya dengan 500 rupiah saja. Murah meriah pokoknya.

Menteri BUMN Ibu Rini memotong tumpeng raksasa dengan menaiki crane kemudian memberikan potongan pertamanya kepada Menteri BUMN pertama yaiu Tanri Abeng. Setelah memberikan potongan tumpeng Bu Rini bersama jajaran direksi BUMN menyanyikan jingle BUMN bersama-sama. 

Menteri BUMN Rini M. Soemarno

Usai seremonial ulang tahun BUMN, Bu Rini menyampaikan pidatonya mengenai pencapaian-pencapaian yang telah diraih BUMN selama beberapa tahun ini. Menteri BUMN Rini M. Soemarno beserta jajarannya dan 52 Direksi serta Komisaris BUMN juga menyampaikan rasa terima kasih atas kerja keras para karyawan BUMN atas kontribusinya terhadap kemajuan BUMN. 

Kontribusi BUMN terhadap penerimaan negara bertujuan untuk mendukung pembangunan. Kontribusi BUMN terhadap penerimaan Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) pada 2018 mencapai 422 triliun rupiah, baik dalam bentuk dividen, pajak maupun penerimaan negara bukan pajak. Itu artinya terjadi peningkatan sekitar 19% dibandingkan pada 2017 yang mencapai sebesar 354 triliun. Kontribusi BUMN terhadap penerimaan negara terus tumbuh bahkan dalam empat tahun terakhir rata-rata pertumbuhan tersebut sebesar 11,68%. 

BUMN sudah banyak melakukan kegiatan untuk lebih mendekatkan diri kepada masyarakat di seluruh Indonesia, terutama melaui kegiatan BUMN Hadir Untuk Negeri yang dilakukan untuk dapat lebih mengakrabkan dan menghangatkan hubungan BUMN dengan masyarakat, sehingga BUMN dapat selalu hadir untuk negeri dan memberi manfaat untuk masyarakat.

Berkaitan dengan hari ulang tahun BUMN, rangkaian kegiatan social edukatif juga telah digelar Kementerian BUMN bersama seluruh keluarga besar BUMN dan mencapai puncaknya pada Sabtu, 13 April 2019 bertepatan dengan Hari Ulang Tahun Kementerian BUMN ke-21.

Peserta memadati Marina Convention Center

Sebagai bagian dari Good Corporate Governance (GCG), BUMN juga turut aktif  dalam kegiatan sosial dan edukatif dengan melibatkan masyarakat maupun milenial BUMN. Bahkan melalui program BUMN Goes to Campus yang dilakukan sekitar 27 BUMN telah berhasil meraih perhatian sekitar 30.000 mahasiswa dari berbagai perguruan tinggi di berbagai wilayah Indonesia, seperti Karawang, Riau, Tasikmalaya, Lampung  serta  Padang.

Program edukatif ini juga melibatkan para petinggi BUMN, loh. Program ini dikemas dalam kegiatan seperti CEO Talks, Kelas Kreatif, Magang & Vokasi Bersertifikasi untuk 10.000 mahasiswa dan perekrutan bersama BUMN untuk 11.000 orang. Keren abis pokoknya deh BUMN.

Selain itu, ada juga kegiatan sosial yang melibatkan masyarakat umum, yaitu program Pangan Murah, juga digalakkan oleh 38 BUMN dengan menyalurkan 600.000 paket di 56 kota dan kegiatan Bersih-bersih Kampung Sehat di 18 kota dengan melibatkan 11.000 warga.

Kegiatan yang dilakukan oleh BUMN ini tidak hanya merujuk pada profit dan kinerja di atas kertas, tapi juga berprestasi mendapatkan tempat di masyarakat dengan memberikan bantuan kepada mereka yang membutuhkan sebagai wujud Social Corporate Responsibility BUMN.

Para millenials BUMN

Dalam seluruh rangkaian HUT BUMN tersebut para milenial BUMN senantiasa dilibatkan dengan misi khusus oleh Kementerian BUMN. Dalam pidatonya di Marina Convention Center di depan hadapan milenial, Menteri BUMN Rini M. Soemarno juga berpesan agar para generasi milenial yang bekerja di BUMN memiliki jiwa kreatif, inovatif dan berani menyuarakan pemikirannya untuk membuat BUMN besar dan tangguh untuk menghadapi segala tantangan di masa depan.

Pada kesempatan itu Bu Rini juga memberikan penghargaan kepada beberapa karyawan BUMN yang berprestasi. Selain mendapatkan piagam, mereka juga mendapatkan hadiah berupa perjalanan religi bagi yang muslim mendapatkan hadiah umroh sedangkan untuk yang non muslim berziarah ke tempat yang diinginkan. Seneng banget, yaa.

Dalam rangka mensosialisasikan alat bayar digital hasil kerjasama 8 BUMN yang diwujudkan dalam LinkAja, sejumlah promo juga diberikan ke masyarakat umum yang sudah menggunakan LinkAja,. Nah, promo-promo tersebut antara lain cashback untuk pembelian makanan, minuman hingga pembelian voucher listrik dari mitra-mitra BUMN maupun swasta.



Hingga saat ini, ada sekitar 75.000 merchant yang sudah bergabung dan bekerjasama dengan LinkAja dan memiliki sejumlah promo menarik. Harapannya, ekosistem BUMN akan meningkatkan frekuensi dari transaksi LinkAja ke depannya, dan manfaatnya bisa dirasakan oleh masyarakat dan BUMN itu sendiri. 

Yang pasti, saya bahagia banget bisa hadir di acara syukuran hari ulang tahun BUMN ke 21 di Marina Convention Center Semarang dan menyaksikan secara langsung kemeriahannya. 

Dirgahayu BUMN, selalu bersinergi untuk membangun negeri. 


Posting Komentar

0 Komentar