Thursday, 16 May 2019

# #30HariKebaikanBPN # #BPN30DayChallenge2019

Cara Memasak Ketupat Menggunakan Panci Presto



Dear friends,

Ketupat merupakan salah satu hidangan wajib yang biasanya ada di hari raya Idul Fitri. Hampir di seluruh wilayah nusantara memiliki tradisi memasak ketupat di hari nan suci ini. Bahkan kini banyak sekali pedagang ketupat siap saji yang bisa ditemukan. Meski begitu, tidak afdol rasanya kalau tidak membuat ketupat sendiri di rumah. 

Memasak ketupat memang ada cara dan teknik tersendiri. Selain pemilihan janur dan beras yang baik, kita juga perlu memperhatikan cara merebusnya. Kalau jaman dulu, nenek atau orangtua kita memasak ketupat menggunakan dandang besar dengan menggunakan kayu. Memasaknya pun membutuhkan waktu yang cukup panjang, yaitu sekitar 5 hingga 6 jam. 

Tapi kini jaman telah berubah. Kita nggak perlu lagi memasak ketupat menggunakan kayu bakar dengan waktu lama. Saat ini kita sudah bisa memasak ketupat menggunakan panci presto atau panci bertekanan tinggi yang tak butuh waktu lama untuk memasaknya.  

Lalu, bagaimana caranya membuat ketupat yang empuk dan enak dalam waktu tak lebih dari dua jam. Perhatikan tips berikut ini : 

Perhatikan Takaran Beras

Rendam beras yang akan digunakan untuk ketupat sebaiknya selama kurang lebih 30 menit lalu ditiriskan. Jika kita menggunakan beras pulen, cukup isikan 2/3 bagian saja pada selongsong ketupat. Namun jika berasnya sedikit pera, cukup isikan 1/3 bagiannya saja.

Merebus dengan Panci Presto

Siapkan panci presto. Masukkan ketupat berisi beras hingga terendam sempurna di dalam air. Masak ketupat hingga mendidih yang ditandai dengan bunyi nyaring yang keluar dari panci presto. Kecilkan api, lalu masak lagi selama 1 hingga 1,5 jam dengan api sedang.

Matikan api jika sudah cukup waktu. Ingat, sebelum membuka tutup panci presto, pastikan uap dari panci presto telah keluar. Ganjal besi yang ada di tutup panci menggunakan sendok atau benda lainnya. Setelah uap sudah keluar semua, buka tutup panci. Ambil ketupatnya, tiriskan lalu  angin-anginkan hingga dingin.

Cara Menyimpan Ketupat

Kita bisa menyimpan ketupat di dalam kulkas dengan cara membungkusnya menggunakan plastik. Untuk menghangatkan ketupat kembali, kita bisa mengukusnya. Ketupat yang utuh biasanya ebih tahan lama dibandingkan ketupat yang sudah dipotong-potong. 

Mudah bangat kan cara membuat ketupat menggunakan panci presto? Yuuk, cobain di rumah. 


14 comments:

  1. Wah....tips nya perlu dicoba ni mbak. Lumayan menghemat waktu dan menghemat gas ya mbak.

    ReplyDelete
  2. Emang lebih ngirit waktu kalau pake panci presto mba. Dulu klo bikin pake panci biasa, waduuuhh mpe 4 jam deh kayaknya. Sungguh pemborosan gas deh :)) Panci presto jadi kebutuhan nih kalau musim lebaran gini buat masak ketupat.

    ReplyDelete
  3. aku seumur hidup belum pernah bikin ketupat, lontong, hehehe, biasanya nunggu mertua atau ibu hehehe, kayaknya wajib punya panci presto ya biar lebih praktis

    ReplyDelete
  4. Aku si kalo urusan ketupat pasrah aja mbak. Beli di pasar dan si ibu penjual udah jd langganan mama sejak lama hehhe. Eh tapi aku kasih tau mama deh cara bikin ketupat pake panci x aja mama mo nyobain aku si nyobain makannya aja

    ReplyDelete
  5. Aduh, aku kalau soal masak memasak beneran angkat tangan mb :)
    Tapi, baca tips mb Ika berasa ikut ngerasain praktisnya bikin ketupat.

    ReplyDelete
  6. Apakah dg panci presto ketupatnya jadi tetep ijo mba? Hihi.. BTW, thanks tips nya y mba..ntar adikku tak suruh nyoba deh..soale bikin ketupat bagian dia..haha..

    ReplyDelete
  7. Bisa jg ya ternyata? Kirain cuma pake dandang itu. Enak dong makin kesini cari yg praktis. Tetep bisa melestarikan ketupat pula 😁

    ReplyDelete
  8. Bikin ketupat dengan panci presto lebih hemat waktu, tenaga, dan gas juga ya mba. Bayangkan pakai dandang, bisa sampai 7 jam, kalo presto cukup 1,5 jam

    ReplyDelete
  9. Aduh beneran deh masak ketupat itu lama bikinnya tapi sekejap makannya hehehhe..bisa nih dicoba masak pakai tipsnya mbak ika...tapi harus beli panci prstonya dulu nih :)

    ReplyDelete
  10. Aku ngga ngerti banget masak ketupat, tahunya sudah terhidang di meja, siap dipotong dan disantap bareng opor hihi

    ReplyDelete
  11. Pas malam takbiran kemarin, ibuku masak ketupat, Mbak. Karena jumlahnya banyak, terus panci prestonya kan nggak seberapa besarnya, ya sudah dimasak pki panci biasa. Iya, lamaaaaa banget, sampai ngisi dua kali airnya biar masak betul.

    ReplyDelete
  12. Pake panci presto emang memudahkan dalam segalana
    masak lama jadi cepet, dulu pas di Hongkong aku masaknya make presto Bund
    tapi sekarang belum punya sendiri hahaha

    ReplyDelete
  13. Aku suka makannya aja kalo ketupat. Wkwkwkwk. Jadi, kapan mbak Ika masak ketupat lagi? Mau bantu ngabisin nih :D

    ReplyDelete
  14. Ini mbak ika kyak mbakq bgt, masak ketupat n lontong pke presto. Selain itu masak daging2 jg pke presto, hemat gas katanya

    ReplyDelete

Terima kasih sudah berkunjung dan tidak meninggalkan link hidup. Jangan lupa komentarnya yaaa.....
bundafinaufara.com

Follow Me @ikapuspita1