Cara Memilih Domain untuk Bisnis


Dear friends,

Saat kita memulai bisnis online dan ingin membuat website sebagai sarana untuk menjalankan bisnis, maka nama domain adalah salah satu hal yang musti diperhatikan. Memilih nama domain bisa diibaratkan seperti memilih nama anak. Pastilah kita bakal memberikan nama yang baik, karena nama adalah doa. Nggak mungkin kan, memberikan doa yang nggak baik buat anak kita? 

Pikirkan nama domain tersebut sebagai nama bisnis yang akan dikenal secara online. Memilih nama domain sama pentingnya dengan memberikan nama bayi yang baru lahir, karena bisnis kita akan dikenal seumur hidup dengan nama itu. Sebenarnya mudah mencari nama domain yang sesuai dengan bisnis kita, asalkan kita mengikuti aturan yang ada. 

Beberapa teman yang sudah pernah membeli domain untuk bisnis mengatakan bahwa lebih sulit mengamankan nama domain dibanding memilih nama domain. Tahu nggak apa sebabnya? Sebab nama domain yang kita inginkan biasanya adalah kata popular yang umumnya didomain dengan ekstensi dotcom, dotnet, dotorg serta domain tingkat atas yang sudah dimiliki oleh perusahaan atau orang lain. 

Kabarnya, banyak juga orang-orang yang sengaja mengamankan beberapa nama domain yang popular untuk dibisniskan kembali. Jadi kalau kita nggak segera mengamankan nama domain bisnis yang kita inginkan, bisa dipastikan kita akan kehilangan nama domain bisnis yang diinginkan. 

Nah, sebelum kita memilih nama domain untuk bisnis, pastikan dulu kita tidak melanggar kebijakan apapun dengan merek atau hak cipta yang sudah ada. Jangan menggunakan nama merek yang sudah ada karena bisa-bisa kita dituntut secara hukum. Huhu, takuut. Usahakan untuk menghindari pelanggaran hak cipta ini, agar tidak terjadi penyesalan di kemudian hari. 

Yang pasti ketika akan memilih nama domain untuk bisnis, kita harus mempertimbangkan untuk memilih nama yang sama dengan merk dagang kita. Ada beberapa cara memilih domain untuk bisnis yang bisa dipertimbangkan. 

Nah, berikut ini diantaranya :

1. Pilih Nama yang Mudah Diingat

Pilihlah nama yang singkat dan catchy sehingga mudah diingat oleh banyak orang dan mudah dicari di mesin telusur. Jangan lupa untuk memilih sebuah nama yang singkat dan catchy. Jadi, orang bakalan terngiang-ngiang akan nama bisnis kita. Nah, idealnya sih nama domain terdiri antara 1 hingga 3 kata, ya. Nama domain yang panjang akan membuat orang  sulit untuk mengingat nama bisnis kita. Tentunya ini akan berimbas buruk pada bisnis kita. Nggak mau dong, nama bisnis kita nggak dikenal orang hanya karena nama domain terlalu panjang.

2. Gunakan  Nama Sendiri

Boleh juga menggunakan nama sendiri untuk nama domain asalkan sesuai dengan bisnis yang sedang dijalankan. Cara ini bisa digunakan bila kita menempatkan diri sebagai seorang expert dalam bisnis kita sendiri dan tidak mengubah nama dalam jangka waktu panjang. Domain bisnis yang menggunakan nama sendiri bisa juga dimanfaatkan untuk personal branding, Tapii, jangan lakukan hal ini jika nama kita sulit dieja ya. 

3. Gunakan Nama yang Berkaitan dengan Produk

Usahakan untuk memilih nama domain yang sesuai dengan produk yang kita jual. Misalnya kita menjual produk batik, bisa saja menggabungkan nama kita dengan produk yang kita jual seperti puspitabatik.com. Terlihat lebih menjual dan gampang diingat, kan. Nama domain seperti ini juga memudahkan kita untuk melakukan promosi. 

4. Kreatif Saat Memilih Nama Domain

Banyak sekali nama domain yang diambil dari kata-kata sederhana. Boleh aja sih, tapi cobalah membuat nama domain yang unik dan menarik. Coba gabungkan dua kata bersama-sama (misalnya BisnisKu, PuspitaBatik dan sebagainya) atau modifikasi sebuah kata menjadi kata baru yang unik (misalnya Tumblr) dan sebagainya. Tapi ingat ya, tetap pilih nama domain yang mudah dieja dan mudah diingat. Lebih sempurna lagi kalau nama domain yang dipilih singkat, unik, dan catchy.

5. Menggunakan Registrar yang Terpercaya

Registrar Domain adalah tempat untuk mendaftarkan nama domain atau sebuah organisasi, badan komersial yang diakreditasi oleh Internet Corporation for Assigned Names and Numbers (ICANN) atau dengan kode negara nasional top-level domain (ccTLD : country code top level domain), untuk mengelola nama domain sesuai dengan pedoman yang telah ditentukan dan menawarkan layanan tersebut kepada publik. 

Ada banyak sekali registrar yang ada di Indonesia, tetapi pilihlah registrar yang credible dan terpercaya saat beli domain, seperti Qwords.com. Registrar domain Indonesia yang menyediakan lebih dari 500 ekstensi ini sudah terakreditasi, loh. Harganya terjangkau, proses aktivasinya cepat dan yang paling nyenengin adalah sering banget bagi-bagi promo. 

Membeli domain untuk bisnis online memang gampang-gampang susah. Tapi semua itu harus kita lakukan agar bisnis kita terlihat lebih professional. Jadi, tunggu apa lagi? Pastikan nama domain bisnis kita aman dan belum dimilki oleh orang lain. 


40 comments

  1. Utk point no 5 aku baru denger tuh mba. Tp emang domain utk bisnis aku, aku belinya juga di qwords

    ReplyDelete
  2. Harus jeli dalam pilih nama domain. Jangan yg ribet susah menghafalnya. Hehehe
    Eh kok jadi aku yg nawar ya?
    Curcol kalau baca nama domain susah ngejanya itu asli ribet banget sih

    ReplyDelete
  3. iya nih, buat nama domain itu susah-susah gampang sih menurutku.. karena berhubungan dengan branding kan ^^ dan tempat membeli domain dan sewa hostingnya pun harus yang kredible dan terpercaya, apalagi buat kepentingan bisnis.

    ReplyDelete
  4. iya ya, cari nama domain itu susah susah gampang. pengennya dengan nama yang singkat, mudah diingat tapi sudah mencerminkan bidang usaha kita

    ReplyDelete
  5. Tadinya mau beli domain pake nama sendiri, tapi akhirnya milih nama catchy dari karakter favoritku di majalah Bobo hahaha.

    Aku juga belinya di Qwords lho mbaaak :))

    ReplyDelete
  6. Cari nama domain untuk bisnis memang agak sulit, jangankan untuk bisnis mbak blog keduaku aja dulu sampai sulit banget cari namanya. Alhasil, pakai namaku aja biar diingat haha, simple banget ya.

    ReplyDelete
  7. Yang gunakan nama sendiri buat domain bisnis itu sangat setuju mba, dan bebrapa orang bilang, justru yang sulit dieja itu yang paling bagus, semakin nyeleneh semakin cepat merasuk ke pikiran calon konsumen.

    Asal, jangan kepanjangan juga, nanti bingung orang ngejanya hahaha

    Jujur baru ngeh sih dengan Qword, bisa juga nih dipertimbangkan buat domain blog kedua saya :)

    ReplyDelete
  8. Aku juga pernah make qword buat beli domain, mbak. Sayangnya dulu aku lupa memperpanjang domain dan domainku diambil orang, hehehe. *curhat

    ReplyDelete
  9. Setuju pakai banget!
    Memilih domain itu erat kaitannya dengan branding, seperti apa kelak kita ingin dikenal.
    Jadi kudu kreatif dan brandable, tsaaah!

    Masih bingung?
    Gunakan saja generator nama domain.

    Atau,
    Biar semakin afdol bisa juga browsing dengan kata kunci, "kiat memilih nama domain"

    Hei, gak usah jauh-jauh, di atas juga sudah ada ya, hahaha ^^

    ReplyDelete
  10. Memang memilih nama domain untuk bisnis itu gampang-gampang susah ya eh apa susah-susah gampang hehe. Setuju, cari nama yg unik dan gampang diingat :)
    Kalo untuk nama blog mungkin sedikit lebih gampang ya, banyak yg pakai nama sendiri untuk domain.

    ReplyDelete
  11. Memilih nama domain memang harus bener-bener teliti, apalagi untuk bisnis. Ya nama harus mudah diingat, mudah ditulis atau mudah dicari. Nah, perlu banget juga, register domain di tempat yang sudah terpercaya, salah satunya Qwords. Jangan sampai kita udah milih nama domain sedemikian rupa bagusnya, malah penyedia jasa domainnya kurang bagus. Kan saya juga.

    ReplyDelete
  12. Iyess Mba bener tuh semua tipsnya, pas dulu aq jualan, aq buat website dengan nama produk tersebut, cepet bgt penyebaran infonya

    ReplyDelete
  13. Nah, ini benar. kadang-kadang bingung juga sih nama domainnya apa, nama produknya apa

    ReplyDelete
  14. Wah, aku juga pengen deh punya website bisnis. Tapi gak tahu mau bisnis apaan, hahahaha.

    Tapi sepertinya Qwords.com bagus ya. Banyak banget blogger yang pake

    ReplyDelete
  15. Buat bisnis tuh kudu nama yang ngena di pikiran karena buat branding juga kan. Aku juga pakai Qwords dari 2015 dan aman jaya deh

    ReplyDelete
  16. bener banget mba, setahun lalu aku nyari domain buat bisnis ku, itu susah banget karena nama serupa sudah banyak yang pakai tapi gak aktif, setelah dicari tau, mereka mau lepas nama2 tersebut tapi kita beli gitu. dan harganya lumayan banget deh.

    ReplyDelete
  17. Tips nya berguna sekali buat yang ingin beli domain untuk bisnis. Memang harus pinter-pinter deh pilih nama domainnya yang gampang diingat orang.

    ReplyDelete
  18. Aku ngalamin nih pilih nama kayaknya agak susah buat dieeja. Hahaha. Tapi ya mau gimana lagi karena nama lidbahaweres itu identik ama aku mbaa. Makasih tipsnya mbaa

    ReplyDelete
  19. Bisnis online sekarang harus punya domain juga ya supaya terpercaya. Gampang-gampang susah memilih namanya, kalau aku gak kreatif jadi dari dulu pakai nama sendiri aja. Pilih tempat beli domain yang tepat juga harus diperhatikan.

    ReplyDelete
  20. Yups penting banget memang pilih nama domain yang gampang diingat dan mudah dicari.

    ReplyDelete
  21. Setuju mbak, memilih domain untuk bisnis kita memang gampang-gampang susah. Mungkin yang harus kita perhatikan adalah nama domain itu. Bagaimana membuat bisnis kita melejit dengan nama domain yang mudah dikenal orang dan sangat populer..karena saat ini bisnis online lebih laris ketimbang offline, masyarakat saat ini lebih memilih praktisnya ketimbang harus ribet beli sesuatu ke tempat yang susah terjangkau.

    ReplyDelete
  22. Ngga mudah memang mencari nama bisnis yang catchy ya mba.. tapi sekarang orang pad kreatif bangeet kok

    ReplyDelete
  23. Jaman sekarang yaa..
    Aku baru tau banget kalau berbisnis bakalan lebih dipercaya kalau menggunakan web sebagai media untuk beriklan.

    Dan dengan domain jadi terlihat lebih pro.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nama yang ga ribet ini perlu banget.
      Ditambah yang bisa membawa citra brandingnya yaa...
      **mikirnya mesti khusyu' ini...

      Delete
  24. Suamiku sampai sekarang masih bingung cari nama untuk website usahanya. Harus yang ada nama konstruksi gitu deh mba, enaknya pakai nama apa ya, hahaha... gak ada ide nih

    ReplyDelete
  25. nomer 5 masih ga paham, nih. Domainnya perlu didaftarkan terlebih dahulu atau gimana? aku juga beli di qwords, sih.

    ReplyDelete
  26. Registrar domain itu sama dengan penyedia web hosting bukan mbak? Pilih nama yg catchy dan mudah diingat itu tantangan bangeeeeeettttt.

    ReplyDelete
  27. Wah setuju Mba dgn tulisan ini..aku pun sdh menulis tentang ini deh..

    ReplyDelete
  28. Iya banget ya, pilih nama domain ini gak bisa sembarangan. Apalagi buat bisnis. Nentuin banget ke traffic dan penjualan. Salah dikit, bisa-bisa malah beralih ke kompetitor.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalo untuk temenku, selain hal di atas, dia juga milih nama domain dari sisi hoki. :D

      Delete
  29. jadi inget dulu waktu mau bikin blog TLD, 6 bulan ngga bikin-bikin juga gara-gara galau milih nama domain, dan akhirnya pakai nama sendiri buat domain hahaa.

    ReplyDelete
  30. saya termasuk orang yang gak kreatif dalam memilih nama, Mba, termasuk nama domain blog. Karena susah cari nama lain, jadilah nama blogku saya pakaikan aja nama lengkap, hehehe. Dan sepertinya kalo punya website untuk bisnispun kayaknya gak akan jauh-jauh dari nama sendiri juga :)

    ReplyDelete
  31. Kadang memilih nama domain ini yang dilema karena seringnya pengen personal branding tapi juga pengen nama unik biar dikenal orang. Bingung euy.

    ReplyDelete
  32. Kalau untuk masalah memilih nama aku sih lebih pakai nama aku soale lebih nranding aja hehe,, dan Alhamdulillah masalah domain tiap tahun di bantu ltemen blogger juga.

    ReplyDelete
  33. Nah ini nih soal registrar terpercaya, pengaruh juga ke kredibilitas domain bisnis kita ya. Aku udah pake Qwords untuk domain pribadi. Ntar klo mau bikin utk bisnis mau ke situ lagi aaahh...

    ReplyDelete
  34. Memilih nama memang gampang gampang susah ya.. nama itu selayaknya doa, jadi harus bener bener dipilih dengan niat dan tujuan baik, seperti halnya memilih domain untuk bisnis, nama yang mudah diingat itu penting, sekaligus branding yang kuat untuk sebuah bisnis

    ReplyDelete
  35. Ada keinginan sih bikin web sendiri khusus untuk bisnis craft aku, sering ikut seminar bisnis katanya paling aman jualan di web nggak takut resiko ke depan, tapi sementara masih seneng di market place. Nanti kalau rencana matang bisa lah ke qwords. Thanks infonya mbak ��

    ReplyDelete
  36. Milih nama domain itu gampang-gampang susah. Kalau aku sih, gitu. Tujuh hari tujuh malam belum tentu nemu yang cocok. Noted banget tipsnya. Besok-besok kali mau bikin blog lagi.

    ReplyDelete
  37. Milih nama domain susah sekaligus mudah, ya. Nyari yang catchy susah, tapi sebetulnya mudah kalau jago melihat sekitar.

    ReplyDelete
  38. Kasih nama domain dan akun media sosial itu memang perlu dipikirkan matang-matang. Banyak hal yang harus dipikirkan.

    ReplyDelete

Terima kasih sudah berkunjung dan tidak meninggalkan link hidup. Jangan lupa komentarnya yaaa.....
bundafinaufara.com