Cara Menghilangkan Ketombe dengan Bahan Alami



Dear friends,

Cara menghilangkan Ketombe dengan Bahan Alami - Rambut adalah mahkota yang harus dirawat. Tiap wanita pasti memimpikan punya rambut yang sehat dan bebas ketombe. Tapi masalahnya, merawat rambut bukanlah perkara mudah. Apalagi buat kita yang memakai hijab. Rambut kita yang selalu tertutup menjadi lembab dan lepek. Inilah yang menyebabkan rambut kita cepat bau, mudah rontok dan berketombe.

Namun, untuk melakukan perawatan rambut secara rutin di salon membutuhkan biaya yang tidak sedikit. Meski kelihatannya susah, tapi impian untuk memiliki rambut indah dan sehat bukan impian belaka, kok. Kita bisa mendapatkan rambut yang indah dan sehat dengan mencegah pemicu masalah rambut menggunakan bahan alami (herbal) yang ada di sekitar kita. Nah, salah satu pemicu masalah rambut adalah ketombe. Untuk mengatasi masalah ketombe memang butuh kesabaran dan ketelatenan. 

Ketombe pada dasarnya tidak terlalu berbahaya. Kondisi kronis yang terjadi pada kulit kepala  ini biasanya disebabkan oleh kulit kepala yang kering atau terlalu berminyak. Kondisi ini memunculkan serpihan-serpihan sel kulit mati yang rontok yang menempel di rambut.

Apa aja sih, penyebab munculnya ketombe? Nih beberapa diantaranya :
  • Kulit kering 
  • Sensitif terhadap produk rambut 
  • Sel kulit yang terbentuk secara berlebihan
  • Kondisi kulit kepala yang tidak sehat seperti dermatitis seboroik dan sebagainya
  • Tidak membilas kepala dengan baik setelah menggunakan shampoo 
  • Jarang mencuci rambut 
Ketombe yang berlebihan pasti menimbulkan perasaan tidak nyaman dan mengganggu penampilan. Hal ini bisa menyebabkan kita kehilangan rasa percaya diri. Untuk mengatasinya, kita bisa mencoba menggunakan beberapa bahan alami untuk mengatasi ketombe.

Keramas menggunakan shampo ringan

Cobalah menggunakan shampo ringan yang tidak terlalu banyak mengandung busa (non-medicated shampoo) merupakan salah satu alternatif untuk mengurangi ketombe. Berikan pijatan lembut  pada kulit kepala lalu bilaslah dengan baik. Keramas secara rutin bisa membantu menghilangkan serpihan-serpihan ketombe, bisa membantu mencegah penumpukan sel kulit mati, dan membantu mengurangi kelebihan minyak pada kulit kepala.

Kita juga bisa menggunakan shampo over-the-counter seperti shampo anti-dandruff (anti ketombe) yang mengandung bahan-bahan seperti selenium sulfida, asam salisilat, sulfur, coal tar atau zinc pyrithione. 

Menghilangkan ketombe dengan lidah buaya


Cara lain mengatasi ketombe adalah dengan memanfaatkan bahan alami seperti lidah buaya atau aloe vera. Lidah buaya ini bermanfaat untuk memberikan rasa dingin pada kulit kepala sehingga kulit kepala tidak akan memproduksi minyak secara berlebihan.

Caranya kupas 1 batang lidah buaya, lalu ambil gel-nya. Blender atau tumbuk hingga halus kemudian gunakan air lidah buaya tersebut untuk keramas. Ratakan ke seluruh kulit kepala dan pijatlah kulit kepala dengan lembut.  Diamkan selama 30 menit, kemudian bilas dengan air bersih. Lakukan secara teratur ya, teman-teman.

Menghilangkan ketombe dengan minyak zaitun 

Salah satu bahan alami yang juga sering digunakan untuk menjaga kesehatan kulit kepala dan rambut, serta ampuh untuk menyingkirkan ketombe adalah minyak zaitun. Terapkan minyak zaitun ke seluruh permukaan kulit kepala sambil dipijat-pijat agar minyak zaitun meresap. Diamkan selama kurang lebih 30 menit, lalu bilaslah dengan air dingin

Menghilangkan ketombe dengan daun sirsak

Daun sirsak ternyata memiliki kandungan acetogenins, yaitu senyawa aktif yang bisa membunuh racun di dalam tubuh dengan menghambat adenosin trifosfat. Itulah sebabnya daun sirsak banyak dikonsumsi untuk mengatasi atau mengobati penyakit kanker. Selain terkenal ampuh sebagai obat kanker, ternyata daun sirsak juga bisa dimanfaatkan sebagai bahan alami untuk mengatasi ketombe dan kutu rambut.

Caranya ambil beberapa lembar daun sirsak kemudian tumbuk hingga halus. Tambahkan sedikit air lalu terapkan ke seluruh permukaan kulit kepala. Diamkan selama 30 menit. Setelah itu bersihkan dan bilas dengan shampo ringan.

Menghilangkan ketombe dengan minyak kelapa.

Minyak kelapa juga bisa dimanfaatkan untuk menghilangkan ketombe. Siapkan minyak kelapa, usapkan pada akar hingga ujung rambut. Pijat-pijat selama lima menit lalu tutuplah kepala menggunakan shower cap. Biarkan semalaman dan keramaslah seperti biasanya di keesokan hari. Lakukan secara teratur hingga ketombe hilang. Oh iya, pastikan untuk menggunakan minyak kelapa oganik saja, ya.

Itulah beberapa cara menghilangkan ketombe dengan bahan alami. Selamat mencoba ya, teman-teman.


No comments

Terima kasih sudah berkunjung dan tidak meninggalkan link hidup. Jangan lupa komentarnya yaaa.....
bundafinaufara.com