Tips Berburu Promo Belanja Online


Dear friends,

Serunya Berburu Promo Belanja Online - Meski lebaran masih beberapa minggu lagi, tapi banyak orang yang sudah mulai menyicil belanja kebutuhan rumah. Mulai dari belanja sembako, belanja baju lebaran, belanja buat bingkisan dan sebagainya. Biasanya sih sambil berburu promo belanja online juga.

Jaman saya kecil dulu, tiap mendekati lebaran semua orang berbondong-bondong pergi ke pasar untuk berbelanja. Semua pasar atau toko-toko pasti penuh dengan penuh dengan orang yang hendak berbelanja. Belanja jelang lebaran seolah sudah menjadi sebuah tradisi.

Tapi kini jaman sudah berubah jauh. Belanja secara online telah menjadi bagian dari gaya hidup sehari-hari bagi masyarakat Indonesia. Inilah yang membuat e-commerce tumbuh bak cendawan di musim hujan. Sebut saja Tokopedia, Bukalapak, Shopee, Lazada, MatahariMall, Blibli, Hijup, Zalora dan banyak lainnya.

Nggak cuma praktis dan efisien, belanja online juga mudah dan nyaman karena bisa dilakukan di manapun dan kapanpun. Apalagi sekarang banyak banget toko online yang memberikan berbagai penawaran menarik. Mulai dari diskon, gratis ongkos kirim, flash sale dengan harga gila-gilaan hingga fasilitas pengembalian atau penukaran produk. 

Untuk lebih menarik perhatian konsumen biasanya banyak e-commerce yang menggelar promo belanja pada waktu-waktu tertentu, misalnya promo ramadan, promo lebaran, promo ulang tahun, promo awal tahun/ akhir tahun, promo cashback atau promo diskon dengan bank tertentu. Menggiurkan pastinya.


Teman-teman yang hobi belanja online pasti suka berburu promo, kan. Padahal promo tuh kadang menjebak, loh. Kenapa menjebak? Karena promo bikin kita kalap belanja dan pastinya juga bisa bikin kantong kita jebol.

Nah, ada beberapa tips nih, biar sukses berburu promo belanja online tanpa bikin kantong jebol.

Buatlah anggaran belanja dan berkomitmen

Sering bikin anggaran belanja tapi sering melanggar juga? Hmm, sekaranglah saat yang tepat buat berubah. Coba deh, buat anggaran melalui aplikasi di ponsel, jadi kita akan lebih bisa mengontrol pengeluaran. Tai yang penting kita bisa tahan diri. Kalo pengen beli barang yang lagi promo, coba komit untuk beli 1 barang yang paing dibutuhkan saja. Ingat juga, masih ada kebutuhan lain yang lebih penting.

Belilah barang ketika butuh

Beli barang ketika membutuhkannya? Kedengarannya memang susah. Tapi, coba diakali dengan cara membuat daftar kebutuhan setiap bulannya. Kalau tergiur diskon untuk membeli pakaian baru, coba ingat-ingat lagi, berapa banyak pakaian di rumah yang masih belum terpakai?

Bandingkan harga dengan e-commerce lain

Sebelum memutuskan untuk membeli barang, coba deh bandingkan dulu dengan harga di e-commerce lain. Ini bisa jadi pertimbangan saat teman-teman berbelanja online. Apalagi, kalau beli barang secara online, lebih mudah untuk mencari perbandingan, mulai dari ongkos kirim, harga barang atau promo.

Pilihlah metode pembayaran tercepat

Sistem belanja saat promo ini bisa dibilang rebutan. Tentunya teman-teman harus memilih untuk metode pembayaran yang paling cepat proses verifikasinya. Dengan begitu, pesanan teman-teman secara otomatis akan terpesan. Kalau nggak cepat-cepat memilih bisa jadi produk yang teman-teman pilih diberikan pada pemesan lainnya, loh. Sayang kan, udah pilih tapi ga bisa beli.

Berburu promo belanja online emang seru ya, tapi jangan lupa selain e-commerce, banyak juga kok mall atau toko konvensional yang ngasih promo besar-besaran. Bahkan kadang lebih heboh daripada promo di e-commerce, loh. Ikuti aja informasi di media sosial mereka mengenai promo-promo yang berlangsung.

Selamat berburu promo, friends.



1 comment

  1. Naaahh, ini dia mbaaa, jebakan betmen buat para emak hehehehe.
    Saking hobinya belanja online, kadang lihat barang bagus, langsung cuss transaksi aja.
    Padahal, bisa jadi harganya lebih murah kalo kita mau cek toko sebelah :D

    ReplyDelete

Terima kasih sudah berkunjung dan tidak meninggalkan link hidup. Jangan lupa komentarnya yaaa.....
bundafinaufara.com