Tuesday, 16 July 2019

# Blogging # Life Story

5 Langkah Sederhana Mengoptimalisasi Website dengan SEO



Dear friends,

Menjadi seorang blogger nggak semata harus punya kemampuan menulis saja tetapi juga harus memiliki skill untuk mengoptimalkan blognya. Percuma aja kan, kalo artikel yang kita tulis bagus dan informatif tetapi nggak banyak dibaca atau dikunjungi pembaca?

Kadang suka iri deh sama blogger yang blognya selalu rame dikunjungi pembaca. Padahal saya selalu sharing postingan di semua sosial media, bahkan sampai di grup-grup blogger juga. Hingga akhirnya saya mendapatkan ilmu mengenai cara mengoptimasi blog dengan SEO.

Katanya untuk membuat website kita masuk dalam halaman pertama pencarian google itu nggak mudah, tapi kalau kita mau hal itu juga bukanlah hal yang sulit untuk dilakukan. Bahkan di google sendiri banyak informasi mengenai bagaimaba cara meningkatkan trafic blog atau website dengan SEO.

Nah, berikut ini langkah-langkah yang wajib dilakukan untuk mengoptimalkan SEO sebuah blog atau website :

1. Melakukan riset “keyword” atau kata kunci

Saat akan membuat sebuah website, terutama untuk bisnis, tentunya kita tidak akan membuatnya tanpa ada perencanaan. Nah, langkah pertama yang sangat penting dan harus dikerjakan adalah mencari tahu bagaimana orang mengetik kata kunci di mesin pencarian google untuk mencari informasi yang butuhkan. Gimana caranya? Kita bisa melakukan riset keywords dengan menggunakan Google Adwords: Keyword Tools. Oh iya, layanan ini disediakan oleh Google secara gratis, loh.

2. Menggunakan Domain Berisi Kata Kunci

Setelah update algoritma yang lalu, ada beberapa orang yang mengatakan bahwa keywords on domain tidak disarankan karena bisa dianggap SPAM oleh search engine. Sebenarnya domain tidak harus berisi kata kunci, tapi dengan memasukkan keywords dalam domain tentu akan membantu mesin pencari untuk mengetahui fokus website yang dibuat, kan. Misalnya ketika kita membuat web tentang bisnis batik, bisa saja kita menggunakan domain rajabatik.com, gudangbatik.com, fashionbatik.com, atau yang masih berhubungan dengan bisnis kita. Intinya sih, keywords on domain tidak berbahaya untuk website kita.

3. Menggunakan Platform Yang Tepat

Sebenarnya nggak masalah sih, mau bikin website dengan menggunakan platform yang kita sukai. Tapi, kalau ingin membuat sebuah website atau blog yang Google friendly dan user friendly maka platform WordPress adalah pilihan terbaik. Pada platform WordPress kita juga dapat menginstal berbagai plugins yang dapat membantu kegiatan SEO dan membantu tampilan website supaya terlihat lebih baik.

4. Membuat Konten yang Berkualitas

Ada yang mengatakan bahwa konten berkualitas itu “artikelnya minimal 500 kata”, ada juga yang bilang “artikel berkualitas itu minimal 700 kata”, tetapi faktanya adalah tidak ada yang lebih baik dari sebuah konten yang original. Buat konten untuk pembaca kita hingga pembaca ingin membaca semua konten kita terus menerus. Bahkan google sendiri mengatakan bahwa konten adalah RAJA, maka sebaiknya kita tetap mengupdate website dengan konten yang original dan menarik bagi pembaca.

Selain membuat konten original jangan lupa juga untuk meningkatkan kecepatan situs web kita. Kita juga musti memperhatikan keamanannya serta faktor on page lainnya. Ada beberapa hal yang bisa dilakukan diantaranya mengoptimasi judul postingan dengan menggunakan kata kunci di dalamnya, mengoptimasi halaman deskripsi di website kita serta mengoptimalkan url halaman website kita.

Supaya kecepatan situs kita optimal sebaiknya kita mencari menggunakan hosting yang mumpuni. Karena target visitor website kita adalah dari Indonesia, ada baiknya kita pakai Hosting Indonesia. Dan salah satu hosting yang saya percaya untuk meningkatkan kecepatan website ini adalah Qword. Qword merupakan penyedia layanan domain dan hosting di Indonesia yang memiliki reputasi baik.

Cloud Hosting di Qword ini memiliki paket hosting terbaik dengan perfoma tinggi dan selalu bisa diandalkan oleh para penggunanya karena memiliki kapasitas besar dan kemampuan yang mumpuni.

5. Gunakan Sosial Media

Di era digital seperti sekarang ini siapa sih yang nggak kenal sosial media seperti twitter, facebook, Instagram, dan lainnya. Hampir semua orang setidaknya pasti mengenal atau bahkan menggunakan salah satunya. Kita bisa memanfaatkan sosial media yang kita miliki untuk membagi postingan blog agar bisa menjaring lebih banyak pembaca.

Nah, itu dia beberapa langkah sederhana yang bisa digunakan untuk mengoptimalkan SEO pada website atau blog kita. Jika langkah-langkah tersebut dilakukan tiap kali membuat konten blog, maka dipastikan trafic blog akan mulai meningkat. Tapi intinya adalah kita harus konsisten membuat konten yang berkualitas agar bisa tetap menarik minat para pembaca untuk mengunjungi website atau blog kita. Siap mengoptimalisasi website kita dengan SEO?


1 comment:

  1. Terimakasih sharingnya Mbak Ika. Mengenai jumlah kata ada yang bilang harus panjang, minim lebih 500 kata. Tapi saya pernah menemukan blog yg tulisannya pendek, iseng saya hitung 300 kata. Semua artikel di blog itu rata2 300 kata.

    SEO memang unik. Belajar SEO bikin selalu penasaran ��

    ReplyDelete

Terima kasih sudah berkunjung dan tidak meninggalkan link hidup. Jangan lupa komentarnya yaaa.....
bundafinaufara.com

Follow Me @ikapuspita1