Aksi #SiapDarling bersama Mahasiwa Hijaukan Kawasan Candi Prambanan



Dear friends,

Alhamdulillah, tanggal 26 Juni 2019 lalu, untuk kali kedua saya berkunjung ke Candi Prambanan. Tapi kedatangan saya ke Candi Prambanan kali ini nggak sekedar berkunjung sebagai wisatawan, loh. Kali ini saya ikutan program Candi Darling yang akan beraksi bersama 500 mahasiswa menghijaukan Kawasan Candi Prambanan. Para Darling Squad ini akan menanam di beberapa lokasi sekitar kawasan Candi Prambanan kurang lebih 250 pohon dan 5000 semak berbunga yang terdiri dari 25 varietas pohon dan semak berbunga. Harapannya, dengan ditanamnya beberapa varietas pohon dan semak berbunga kawasan candi menjadi teduh dan nyaman untuk dikunjungi.

Program yang diselenggarakan oleh Bakti Lingkungan Djarum Foundation ini merupakan sebuah langkah nyata dalam upaya menggerakkan para generasi milenial khususnya mahasiswa agar lebih peduli terhadap lingkungan. Program ini diharapkan mampu menumbuhkan rasa memiliki  dan bangga karena mereka turut berperan aktif menghijaukan situs-situs cagar budaya dan menularkannya kepada masyarakat luas. "Harapannya adalah langkah ini akan menciptakan ekosistem lingkungan yang berkelanjutan," tutur Vice President Director Djarum Foundation, FX. Supanji.

Kenapa kawasan Candi Prambanan yang dipilih untuk program Siap Darling?

Vice President Director Djarum Foundation

Alasan utamanya adalah, kawasan Candi Prambanan merupakan salah satu destinasi wisata favorit yang dikunjungi kurang lebih 2,4 juta wisatawan baik lokal maupun internasional sepanjang tahun 2018. Sedangkan pada libur lebaran lalu, wisatawan yang berkunjung ke Candi Pambanan mencapai 50 ribu wisatawan. Sebagai peninggalan leluhur yang merupakan warisan cagar budaya yang sangat berharga, kita harus melestarikan keberadaan cagar budaya tersebut.

Program Candi Darling ini berawal dari kepedulian Djarum Foundation terhadap cagar budaya yang ada di Indonesia. Maka dari itulah Bakti Lingkungan Djarum Foundation melibatkan generasi millenial dari berbagai universitas di DIY dan sekitarnya untuk bergabung dalam gerakan Candi Darling atau Candi Sadar Lingkungan. 

Gerakan Siap Darling mengajak para millenial untuk tak hanya sekedar peduli tetapi juga terlibat langsung dalam melakukan aksi nyata dan bergerak bersama mewujudkan mimpi masa depan tanpa meninggalkan jejak kerusakan di muka bumi.

Para Darling Squad nih. Doc. by Tim Djarum

Program Candi Darling ini mendapatkan dukungan dan apresiasi dari Bupati Sleman Sri Purnomo dan Bupati Klaten Sri Mulyani. Selain melakukan penanaman pohon, pada kegiatan Candi Darling ini juga memberikan edukasi kepada para peserta aksi Siap Darling mengenai pemanasn global yang kini sudah mulai dirasakan akibatnya oleh kita semua. Semua ini akibat dari perbuatan manusia sendiri. Edukasi ini dikemas dalam bentuk talkshow yang dipandu oleh Tommy Tjokro dan menghadirkan rapper ternama, Igor Saykoji dan youtuber Andovi da Lopez (Skinny Indonesian 24).

Menurut Andovi, "pemanasan global ini masalah yang sangat serius, kita harus bertindak sekarang. Tidak akan ada lagi hari esok jika kita tidak mulai hari ini. Mulailah dari hal-hal sederhana, seperti buang sampah ke tempat seharusnya, dan pilahlah sampah sesuai jenisnya. KIta harus mengubah diri kita sendiri sebelum kita bisa mengajak orang lain untuk berubah."

Sepeerti hal nya Andovi, Igor Saykoji juga mulai memberikan edukasi soal dampak sampah dan tata kelola dari penggunaan plastik termasuk penghijauan demi kelestarian alam. "Gerakan bersama mahasiswa seperti menanam pohon ini menunjukkan adanya harapan besar untuk memiliki lingkungan yang lebih baik di masa yang akan datang," tutur Igor.

Fakta yang terjadi saat ini adalah, Indonesia merupakan penghasil sampah terbanyak kedua se Asia, dan mayoritas sampah saat ini berjenis plastik yang sangat sulit diurai bumi. Sedih banget karena saya juga termasuk salah satu penyumbang sampah plastik di bumi ini. Makanya sedikit demi sedikit saya mulai meminimalisir penggunaan plastik, dengan harapan suatu saat nanti bisa benar-benar tidak menggunakan semua alat yang berbahan plastik. Bila semua orang melakukan hal yang sama, bukan tidak mungkin bumi kita akan sehat kembali.

Doc.by Djarum. Igor Saykoji, Andovi da Laopez & Tommy Tjokro menanam pohon

Nggak mau kalah dengan Igor Saykoji, Andovi dan Tommy Tjokro, saya juga ingin ikut serta dalam gerakan Candi Darling ini dengan menanam  pohon. Semoga kawasan Candi Prambanan makin hijau dan teduh.

Dokpri. Menyiram pohon

Apa aja tanaman yang sudah ditanam di kawasan Candi Prambanan? Apa dan Mengapa pohon ini dipilih?

Pulai 

Pulai adalah nama pohon dengan nama botani Alstonia Scholaris. Pohon ini merupakan jenis tanaman keras yang hidup di pulau Jawa dan Sumatra. Pulai juga dikenal dengan nama lokal pule, kayu gabus, lame, lamo dan jelutung. Pohon ini banyak digunakan untuk penghijauan karena daunna mengkilat, rimbun dan melebar sehingga memberikan kesejukan. Sedangkan kulitnya bisa digunakan sebagai bahan baku obat yang berkhasiat untuk mengobati penyakit radang tenggorokan dan sebagainya.

Tanjung 

Tanjung (Mimusops elengi) adalah sejenis pohon yang berasal dari Indoa, Srilanka dan Burma. POhon ini masuk ke nusantara berabad-abad tahun lampau. Pohon ini juga dikenal dengan  nama seperti Tanjong (BUg., Mak.) tanju (Bim), angkatan, wilaja (Bal), keupula cange (Aceh) dan kahekis, karikis, rekes (aneka bahasa di Sulut). Phon tanjung berbunga harum semerbak dan bertajuk rindang seta biasan ditanam di taman-taman dan sisi jalan. Jaman dulu, pohon tanjung digunakan sebagai pengharum pakaian, ruangan dan perhiasan. BUnda dari pohon ini berkhasiat sebagai obat penurun panas (demam).

Sawo Kecik

Sawo kecik (Mailkara kauki) adalah sejenis tanaman penghasil pangan anggota suku sawo-sawoan atau Sapotaceae. Tumbuhan berbentuk pohon ini biasanya berfungsi sebagai tanaman hias pekarangan dan pelindung. memiliki arti "Sarwa Becik" yang bermakna selalu dalam kebaikan, tanaman ini pula yang menghiasi pelataran kedhaton atau dalemipun para dharaning Nata (tempat para angsawan) di Keraton Yogyakarta.

Bodhi

Tanaman Bo (Bodhi) berasal dari bahasa Sansekerta as'sttha yang berhubungan dengan pencerahan sang Budha Gautama. Di tanah Jawa, tanaman bodhi disamakan dengan tanaman Keben yang di dalam Keraton Yogyakarta ditanam di pelataran Kamandhungan Ler. Tanaman Keben ini juga disebut sebagai tanaman kedamaian.

Nagasari

Tanaman yang memiliki nama latin Mesua Ferrea L ini adalah tanaman pohon suku manggis-manggisan yang buahnya dapat dimakan dan bijinya mengandung lemak nabati yang biasanya dimanfaatkan untuk beberapa masakan. Selain itu tanaman ini juga bisa digunakan untuk mengobati beragam penyakit seperti luka, bisul, kudis, diare, ekepektoran, eksim, rematik, kelenjar gondok seta penyakit jiwa. Hasil penelitian juga menyebutkan bahwa tanaman ini juga berpotensi sebagai analgesik (pereda nyeri) dan anti radang.

Kepel

TUmbuhan kepel atau burahol (Stelecarpus burahol) adalah pohon penghasil buah hidangan meja yang menjadi flora identitas DI Yogyakarta dan di Tanah Pasundan dikenal sebagai burahol. Buah kepel digemari puteri kraton di Jawa karena dipercaya menyebabkan keringat menjadi beraroma wangi dan membuat air seni tidak berbau tajam. Makna dari kepel sendiri adalah genggaman tangan tangan manusia yang memiliki arti "greget" (niat) dalam bekerja. Pohon Kepel melambangkan "manunggaling sedya kaliyan gegayuhan (bersatunya niat dengan kerja".

Keben

Butun atau keben (Barringtonia asiatica) adalah sejenis pohon yang tumbuh di pantai-pantai wilayah tropika dan memiliki nama lain putat laut. Keben pernah mendapat julukan sebagaipohon perdamaian, bermakna sebagai merangkul kebenaran dan sebagai lambang negara yang agung dan bersih. Keben juga bermakna di PUlau Anak Krakatau karena kono keben merupakan tanaman yang pertama tumbuh di pulau itu setelah meletusnya Gunung Krakatau. Pohon dan bijinya mengandung saponin yang dapat digunakan sebagai racun ikan. Di Jawa cairan yang diperoleh dari bijinya dapat digunakan sebagai perekat dalam pembuatan payung seta membunuh ekto parasit seperti lintah.

Maja

Maja (aegle marmelos(L) Correa, suku jeruk-jerukan atau Rutaceae adalah umbuhan berbentuk pohon yang mampu tumbuh di lingkunan keras namun mudah luruh daunnya. Tanaman ini berasa dari daerah Asia tropika dan sub tropika. Tanaman ini biasanya tumbuh di pekarangan tanpa perawatan dan dipanen buahnya. Dalam sejarahnya, Maja dikaitka dengan asal nama Majapahit yaitu sebuah kerajaan yang membentang di nusantara dari abad 13 hingga 15. Konon, Raden Wijaya sang pendiri kerajaan menerima sebidang tanah di daerah Tarik (Terik atau Trik). Ketika hendak membangun daerah tersebut, seorang anak buahnya memakan buah Maja dan kebetulan buahnya terasa pahit. Oleh sebab itulah daerah itu kemudian dinamakan "Majapahit" atau "Wilwatikta".


Tak hanya di kawasan Candi Prambanan saja, Siap Darling melalui program Candi Darling juga membidik candi-candi lainnya untuk dihijaukan. Program ini ditargetkan akan selesai pada tahun 2015 dengan menyasar seluruh candi yang ada di seluruh Indonesia. Kalian ingin bergabung dengan Darling Squad?

Siap darling membuka kesempatan untuk kalian para mahasiswa untuk terlibat dalam program Candi Darling berikutnya melalui situs www.siapdarling.id  . Ayo bergabung dan sebarkan semangat dan aksi untuk memperbaiki bumi!! Karena perubahan nggak bisa sendirian.










7 comments

  1. Salut nih Mbak sama program yang diadakan ini #SiapDarling hehe

    ReplyDelete
  2. Dengan adanya program ini setidaknya bisa membantu mengurangi efek pemanasan global ya

    ReplyDelete
  3. Wah ada Andovi juga nih ya Mbak. Pasti seru banget nih acara #CandiDarling ini

    ReplyDelete
  4. Wah Mbak juga ikutan dalam acara ini ya. Keren banget nih Mbak acaranya. Membuat semuanya sadar akan lingkungan

    ReplyDelete
  5. Semoga saja kedepannya bumi bisa menjadi sehat kembali ya Mbak. Salut sama acaranya

    ReplyDelete
  6. Keren nih programnya mbak Ika.. Aku juga salah satu penyumbang sampah plastik. Huhu
    Tp udh lg berusaha mengurangi pemakaian plastik demi sayang bumi dan dia. Eh

    ReplyDelete
  7. Wow, ini program yang perlu di besarkan. Karena Indonesia harus bersih dari sampah plastik, namun perlu waktu. Jadi harus semua bisa mulai sedini mungkin!

    ReplyDelete

Terima kasih sudah berkunjung dan tidak meninggalkan link hidup. Jangan lupa komentarnya yaaa.....
bundafinaufara.com