Menaklukkan Tantangan di Era Revolusi Industri 4.0



Dear friends,
Kalian pasti sudah pernah mendengar istilah Revolusi Industri 4.0, tapi sebenarnya kalian tahu nggak sih artinya apa? Apa jangan-jangan, kalian sama kayak saya yang belum paham artinya apa? Hehe. 
Baiklah, kita belajar bareng ya.

Menurut wikipedia, industri 4.0 merupakan otomatisasi sistem produksi dengan memanfaatkan teknologi dan big data. Di dalam pabrik mulai menggunakan teknologi baru seperti IoT (internet of things). Industri 4.0 ini menghasilkan "pabrik cerdas". Nah, di dalam pabrik cerdas berstruktur moduler, sistem siber-fisik mengawasi proses fisik, menciptakan salinan dunia fisik secara virtual, dan membuat keputusan yang tidak terpusat. 

Revolusi ini ditandai dengan adanya pemanfaatan tekonologi–teknologi baru dalam berbagai bidang, seperti kecerdasan buatan, robot, blockchain, teknologi nano, komputer kuantum, bioteknologi, Internet of Things, Printer 3D, dan kendaraan tanpa awak. Sebagaimana halnya dengan revolusi-revolusi industri sebelumnya, Industri 4.0 berpotensi meningkatkan kualitas hidup umat manusia di seluruh dunia.

Akan terjadi banyak perubahan terkait dengan adanya revolusi industri 4.0, diantaranya pemasaran digital akan menjadi strategi utama pemasaran, banyak perusahaan manufaktur yang menjangkau end user produknya secara langsung dengan pemasaran digital, potensi penjualan sangat besar, dan data akan menjadi sesuatu yang sangat penting. 

Kalau pada masa Industri 1.0, 2.0, dan 3.0, pemasaran digital masih menjadi alat dan strategi pendukung saja, maka pada masa Industri 4.0 ini, digital marketing telah menjadi alat dan strategi utama yang diterapkan perusahaan–perusahaan di seluruh dunia.
Gaya hidup manusia di seluruh dunia pun mengalami perubahan drastis di masa Industri 4.0 ini. Kalau dahulu banyak orang di dunia ini hanya memanfaatkan komputer dan internet untuk berkomunikasi saja, kini di masa Industri 4.0 komputer dan internet telah menjadi bagian dari seluruh aspek kehidupan manusia sehari-hari, mulai dari berkomunikasi, bekerja, belajar, berbelanja, hiburan, dan sebagainya.
Perubahan-perubahan yang diakibatkan Industri 4.0 pada dunia industri dan perubahan perilaku konsumen telah memaksa terjadinya perubahan pada dunia pemasaran juga. Hal ini tentunya menjadi tantangan tersendiri bagi kita semua untuk menghadapinya.

Perusahaan-perusahaan berbasis digital seperti yang ada saat ini tentunya membutuhkan aksesbilitas data. Namanya aja teknologi baru, pastinya masih banyak yang awam dengan istilah-istilahnya.

Dengan adanya bisnis yang berbasis internet, akses data pun menjadi hal penting. Hal ini menjadikan manusia selalu dihubungkan dengan mesin dan data. Hal paling utama dari bisnis digital ini terletak pada teknologi cloud. Tempat untuk penyimpanan bukan hanya berupa gudang saja. Teknologi cloud computing ini telah menjadi bagian kehidupan setiap hari. Bajhkan kita sendiri telah menggunakannya sejak lama, loh. Misalnya saja seperti penggunaan sosial media, toko online, atau bahkan bisnis keuangan seperti fintech lending.



Cloud computing adalah data komputer atau data digital yang disimpan secara online. Data digital semacam ini asalkan terkoneksi dengan internet bisa di akses di mana saja kok. Layanan cloud storage seperti ini ternyata banyak  membantu pekerjaan kita, loh. Kemampuannya dalam menyimpan file di cloud yang mampu diakses kapan saja dan di mana saja membuktikan bahwa teknologi semacam ini bukanlah sesuatu yang mustahil.

Perusahaan yang membutuhkan layanan cloud storage ini terutama perusahaan yang bergerak dalam bidang bisnis ritel. Sektor ritel ini harus mampu  membangun advanced big data analytics pada masa depan serta mengamankan data di storage lokal, yang mampu digabungkan dengan data yang lain secara global dan memanfaatkan jumlah pelanggan yang hampir 95 % menggunakan smartphone. 

Fintech lending merupakan salah satu startup bisnis yang dapat diakses dengan smartphone. Bisnis ini membutuhkan penyimpanan data yang besar dan pastinya terjaga keamanannya. Startup dapat  memperoleh keuntungan besar dari cloud computing untuk perkembangan bisnisnya karena lebih efisien, hemat biaya, fleksibel, akses data yang lebih cepat, serta data yang diback up.

Nah, untuk memenuhi kebutuhan pebisnis berbasis teknologi seperti ini, Qwords memiliki layanan unggulan dengan teknologi terbaik untuk bisnis yang membutuhkan cloud dengan big data.

Buat para pemilik bisnis ritel dengan teknologi digital, coba saja menggunakan cloud di Qwords, karena Cloud Hosting ini menawarkan paket hosting Indonesia yang ekonomis dan terbaik. Biasanya cocok untuk website promosi yang sederhana, seperti produk, blog, dan email untuk personal. Dengan memiliki kapasitas besar dengan kemampuan yang mumpuni. Cocok bagi pebisnis yang memerlukan storage lebih besar serta resource yang dapat diandalkan. Paket ini dapat digunakan untuk keperluan profesional seperti website perusahaan, pemerintah, bisnis online, hingga toko online.

Pilihan ini cocok bagi para pebisnis yang menginginkan cloud hosting dengan performa tinggi dan selalu dapat diandalkan. Performa cloud hosting ini dilengkapi dengan teknologi Ultrafast SSD dan Fitur keamanan ekstra serta terintegrasi di cPanel Hosting. Cocok sekali bagi siapapun yang ingin membuat website profesional.

Cloud hosting ini menawarkan keyakinan tanpa perlu khawatir kehabisan kapasitas. Hal ini dikarenakan optimalisasi penggunaan CloudPOP yang tentunya menjadi keungulan tersendiri.

Wordpress hosting ini mengunakan Cloud Based Hosting sehingga dalam segi skalabilitas akan jauh lebih tinggi dibanding share hosting biasa. Meski tanpa batas, tentunya ada persyaratan yang harus dipenuhi. Semua itu bisa ditemukan bila menghubungi langsung customer service QWords. Unlimited hosting Indonesia yang dapat diandalkan tanpa batasan.

Bisnis online apapun membutuhkan cloud hosting dengan kapasitas sesuai kondisi usaha. QWords akan memberikan garansi yang menguntungkan klien. Masih ragu dengan layanan cloud hosting? Buruan cari informasinya ke website Qwords!

Bersama Qwords, kita taklukkan tantangan bisnis di era revolusi industri 4.0. Semangat, kawan!

Sumber Materi :
- wikipedia
- QWords


1 comment

Terima kasih sudah berkunjung dan tidak meninggalkan link hidup. Jangan lupa komentarnya yaaa.....
bundafinaufara.com