Thursday, 25 July 2019

Menumbuhkan Semangat Gotong Royong


Negara Indonesia dibangun dengan semangat gotong royong yakni mampu mengembangkan persatuan dari beraneka ragam perbedaan, bukan menolak persatuan.

Gotong royong merupakan peninggalan nenek moyang yang mengutamakan semangat kebersamaan, rasa mencintai, rasa kesatuan, rasa toleransi dan untuk membangun bangsa yang satu kesatuan. Mengedepankan sikap gotong royong akan muncul rasa tolong menolong kepada sesama.

Semangat gotong royong sangat diperlukan dalam kehidupan berbangsa dan bernegara.‏ ‎Semangat tersebut merupakan bagian dari semangat persatuan yang berada dalam diri Pancasila.

Namun seiring dengan perkembangan waktu, perilaku gotong royong yang dimiliki masyarakat dari berbagai lapisan terlihat mulai memudar. Kemajuan teknologi dalam berbagai aspek kehidupan menjadi alasan yang cukup signifikan bagi minimya perilaku gotong royong tersebut. Beberapa kemajuan dalam bidang kehidupan dapat diamati saat ini yaitu dengan semakin beragamnya tampilan yang berbau digital.

Tapi jangan salah, kemajuan di bidang teknologi informasi bisa juga digunakan untuk berbagai hal positif sesuai dengan apa yang kita kerjakan dalam kehidupan sehari-hari. 



Kita juga bisa berkontribusi dan bergotong-royong dalam hal positif, loh. Seperti contohnya pada kasus kemanusiaan, kita bisa bergotong-royong dengan melakukan gerakan "kita bisa" dengan cara galang dana online, atau dengan bersama-sama melakukan petisi online.

Ada tips dari Mak Mira Sahid yang bisa kita lakukan untuk berkontribusi pada bangsa dan negara di era industri 4.0 seperti saat ini, diantaranya :
-kenali passionmu
-konten yang kuat
-kuasai aplikasi gambar dan video
-komunikasikan dua arah
-konsisten dan kontinue
-kolaborasi

Pekerja­an yang kita lakukan itu setidaknya bisa dirasakan masyarakat secara universal. Baik masyarakat di pedesaan maupun di perkotaan. 

Budaya gotong royong meru­pakan salah satu perwujudan nyata dari semangat dan jiwa persatuan masyarakat Indonesia,‏ ‎karenanya budaya gotong ro­yong seharusnya terus dijaga dan diamalkan dalam kehidupan se­hari-hari, khususnya dalam pem­bangunan masyarakat.

Pentingkah?

Berbicara mengenai go­tong royong dalam hidup ber­ma­syarakat,‏ ‎terlintas pertanyaan apakah sebegitu penting­kah semangat gotong royong? Ja­waban dari pertanyaan itu ada­lah tentu sangat penting.

Mengapa?

Semangat gotong royong hadir dalam jiwa Pancasila yang merupakan ideologi bangsa Indonesia. Semangat tersebut terkandung dalam Sila ketiga Pancasila yaitu Persatuan In­donesia. 

Semangat gotong royong juga menyiratkan arti yang sama yaitu tindakan kebersamaan antar bangsa dalam melakukan suatu pekerjaan. Kebersamaan itulah yang mampu menumbuhkan persatuan yang kita inginkan.


No comments:

Post a Comment

Terima kasih sudah berkunjung dan tidak meninggalkan link hidup. Jangan lupa komentarnya yaaa.....
bundafinaufara.com

Follow Me @ikapuspita1