Wednesday, 17 July 2019

# Education # Life Story

Penutupan Lomba Kompetensi Siswa SMK 2019, Petjah!


Dear friends,

"Alah lulusan SMK, paling ntar ga bisa lanjut kuliah." Anak SMK itu pengetahuannya terbatas".. bla bla bla. Banyak banget omongan miring tentang SMK. Banyak orang yang memandang sebelah mata pada SMK dan lulusan SMK. Padahal sebenarnya, para lulusan SMK adalah lulusan yang siap terjun di dunia kerja. Mereka dididik dengan ketrampilan-ketrampilan yang akan mereka hadapi di dunia kerja. 

Nah, beruntung banget pada tanggal 12 Juli yang lalu, saya berkesempatan datang ke acara penutupan Lomba Kompetensi Siswa SMK ke 27 tahun 2019 di Ballroom Sleman City Hall Yogyakarta. Dalam kesempatan ini, Yogyakarta didaulat menjadi tuan rumah penyelenggaraan LKS SMK ke 27 di tahun 2019 ini. Lomba Kompetensi Siswa SMK tahun 2019 ini digelar mulai tanggal 7-13 Juli 2019. Dengan mengusung tema “Kompeten Menyongsong Revolusi Industri 4.0” diharapkan para siswa SMK mampu bersaing di era industri 4.0 ini. 

Lomba Kompetensi Siswa SMK digelar di 4 lokasi yaitu di Universitas Negeri Yogyakarta (UNY), SMKN 6 Yogyakarta, Jogja Expo Center (JEC) dan Hotel Dafam. Ada sekitar 759 siswa yang  terbagi dalam beberapa bidang keahlian dan berpartisipasi dalam lomba kompetensi siswa SMK ini. 


Lomba Kompetensi Siswa SMK ini merupakan bagian dari rangkaian seleksi untuk mendapatkan siswa-siswi SMK terbaik yang akan dibimbing lebih lanjut untuk diikutsertakan pada kompetisi keahlian di tingkat Asean dan dunia. Nah, para siswa SMK yang menjadi pemenang LKS tingkat Nasional ini akan mewakili Indonesia ke ajang ASEAN Skills Competition (Kompetisi Keahlian tingkat ASEAN) dan World Skills International Competition (Kompetisi Keahlian tingkat Dunia). Keren banget kan mereka? 

Dari sekian banyak lomba kompetensi yang dilombakan, akhirnya didapatkan para pemenang yang diumumkan pada acara penutupan LKS SMK 2019 di Sleman City Hall. Malam itu, ballroom Sleman City Hall dipenuhi oleh para siswa SMK dari seluruh Indonesia beserta para pendampingnya yang sudah siap mengikuti acara penutupan Lomba Kompetensi Siswa SMK 2019.

Ada kurang lebih 32 bidang keahlian yang dilombakan pada event Lomba Kompetensi Siswa SMK 2019 ini. Antara lain Electronics, Electrical Instalations, Mechatronics, Autobody Repair, Cabinet making, Joinery, Plumbing and HeatingMotorcycle Repair and Maintenance, CNC Milling, CNC Turning, Welding, Plastic Die Engineering, Bricklaying, Wall and Floor Tilling, Landscape and Gardening, Tractor Engine Assembly, Fashion Technology, Mobile Robotic, Marketing (online), Metrology, Web Technologies, IT Software Solution for Business, Mechanical Engineering CAD, IT Network Systems Administration, Automobile Technology, Prototype Modeling, Industrial Control, Graphic Design, Technology Hairdressing, Beauty Therapy, Restaurant Service  Patisserie and Confectionery. 

dokpri. Suasana ballroom 

Sambil menunggu peserta lain dan para undangan berdatangan, terdengar suara musik yang dibawakan oleh siswa-siswi SMKN 2 Kasihan Bantul. Aksi mereka tak kalah loh dengan musisi-musisi terkenal di Indonesia. Ya, karena mereka memang siswa dari sekolah menengah kejuruan  musik satu-satunya yang ada di Indonesia. 

dokpri. Penampilan dari siswi SMKN 2 Kasihan Bantul

Selain persembahan musik dari siswa SMKN 2 Kasihan Bantul, ada pula persembahan tari Nyai Ahmad Dahlan yang dibawakan oleh Duta Seni Pelajar kontingen Daerah Istimewa Yogyakarta dengan spektakuler. 

dokpri. Persembahan tari Nyai Ahmad Dahlan

Semua pertunjukan yang dipersembahkan oleh para siswa SMK itu benar-benar memukau dan membuat saya enggan mengalihkan perhatian dari mereka. 

Acara penutupan LKS SMK 2019 pada malam hari itu juga dihadiri oleh Bupati Sleman, Gubernur DIY yang diwakili oleh Sekretaris Daerah DIY, Direktur Pembinaan Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Kemendikbud Bapak M. Bakhrun beserta seluruh jajaran terkait.

dokpri. Sambutan Bupati Sleman Sri Purnomo

Berdasarkan laporan  yang disampaikan oleh  Direktur Pembinaan Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Kemendikbud Bapak M. Dalam perhelatan Lomba Kompetensi Siswa ini juga ada sejumlah kegiatan menarik seperti pameran hasil kreativitas siswa, worskhop, fashion show, pentas musik dan juga job fair. Ada pula program OSOP (One School One Provinces) yaitu program pengenalan SMK dengan mengunjungi 1 sekolah di wilayah DIY.

Setelah event LKS SMK 2019 resmi ditutup, akhirnya tiba juga saatnya untuk mengumumkan hasil lomba. Lomba Kompetensi Siswa SMK 2019 ini memperebutkan 32 medali emas.  Dalam event ini, Provinsi Jawa Tengah berhasil menyabet gelar sebagai juara umum karena berhasil memperoleh 11 dari 32 emas yang diperebutkan. Yeay...selamat untuk kontingen Jawa Tengah.

dokpri. Para juara LKS SMK 2019

Akhirnya selesailah sudah Lomba Kompetensi Siswa SMK tingkat Nasional tahun 2019 ditandai dengan penyerahan kembali piala bergilir. Suasana pada malam hari itu sungguh riuh dengan sorak sorai penuh kebanggaan dan keharuan. Saya pun turut bangga melihat prestasi yang diraih oleh para siswa SMK yang telah berhasil menunjukkan bahwa SMK Bisa dan SMK Hebat.

Saya yakin bahwa lulusan SMK mampu bersaing dalam menghadapi tantangan industri di  era 4.0 ini bahkan bisa menginspirasi banyak orang. Sampai jumpa di LKS SMK tingkat Nasional tahun depan ya, friends. Terus semangat berkompetisi dan menginspirasi!

Informasi lebih lanjut mengenai kegiatan seputar pendidikan, sila ikuti akun media sosial Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah di bawah ini, ya!

Instagram : dikdasmen_kemdikbud
Twitter : Dikdasmen Kemdikbud



3 comments:

  1. Aku juga lulusan SMK nih.
    Dan ternyata SMK ga sejelek yang mereka kira.
    Justru dari sekolah SMK aku jadi tahu jati diri sendiri...

    ReplyDelete
  2. Terimakasih infonya, thanks for sharing..

    ReplyDelete
  3. Inovasi dan kreasi anak smk bagus2 ya mb ika. Aku aja heran bs sekreatif itu. Ada lampu yg bs nyala.pake aplikasi, ada jemuran anti hujan. Rasanya pengin tak beli buat di rumah.

    Acaranya seruu. Smg diadain lg tahun depan.

    ReplyDelete

Terima kasih sudah berkunjung dan tidak meninggalkan link hidup. Jangan lupa komentarnya yaaa.....
bundafinaufara.com

Follow Me @ikapuspita1