7 Langkah Mudah Meningkatkan Trafic Blog


Dear friends,

7 langkah mudah meningkatkan trafic blog. Selain menulis artikel, tugas blogger yang tak kalah penting adalah meningkatkan trafic blog. Seperti yang kita ketahui bahwa setiap harinya ada jutaan konten yang diupload di internet. Blogger atau pemilik website harus memastikan bahwa mereka bisa tetap stand out di antara website dan blog lainnya sehingga mereka bisa mendapatkan traffic yang stabil di website mereka. Sebagai blogger, kita kan mau kalau artikel kita bakal dibaca oleh jutaan orang. Ya, kan.

Sebenarnya Traffic itu sih?

Traffic website bisa didefinisikan sebagai jumlah orang yang mengunjungi website, halaman yang mereka lihat, dan durasi saat pengunjung melihat atau membaca halaman-halaman tersebut. Ketika seseorang mengunjungi website kita, kunjungan tersebut serta semua link yang mereka klik dan follow direkam oleh domain kita. Nah, nantinya angka-angka ini bisa memberi informasi tentang seberapa populernya website milik kita.

Trafic untuk sebuah website sangat penting, sebab jika  website kita tidak dikunjungi oleh banyak orang, tentunya website kita akan tenggelam di antara website-website lain di internet. Setiap website butuh traffic. Seberapa pun bagusnya website kita, jika pengunjungnya sedikit, website dan bisnis kita mungkin nggak bisa bertahan. Website kita akan hanya bertahan jika memiliki traffic flow yang stabil.

Trus, gimana dong caranya untuk meningkatkan trafic website?

Ada beberapa langkah yang harus diperhatikan untuk meningkatkan traffic website kita, antara lain :

1. Long-tail keywords
Salah satu cara untuk membawa traffic ke website kita adalah dengan fokus memilih long-tail keywords. Long tail keyword ini biasanya terdiri dari tiga kata atau lebih. Pastikan juga keyword yang digunakan relevan dan berhubungan dengan topik di setiap post.

2. Buat Headline/ Judul yang Menarik
Headline atau judul artikel merupakan elemen penting dalam sebuah konten. Headline adalah hal yang pertama kali menarik perhatian orang untuk membaca konten website kita, terutama jika kita sharing konten kita ke media sosial. Buatlah headline yang  menarik perhatian dan dapat menggambarkan isi dari konten dengan jelas. 

3. Buat Konten yang berkualitas
Konten yang tepat dan berkualitas adalah unsur penting untuk meningkatkan traffic website. Konten yang baik adalah konten yang bersifat informatif dan dibutuhkan banyak orang, sehingga butuh riset yang mendalam. Ini untuk memastikan bahwa isi konten lengkap, unik, dan menarik. Kita bisa menggunakan multimedia seperti gambar, video, ataupun infografis agar konten makin menarik. Artikel yang panjang biasanya dinilai lebih informatif. 

4. Optimalkan SEO
Jangan lupa untuk mengaplikasikan teknik-teknik On Page SEO. Sudahkah menggunakan keyword yang tepat? Sudahkah menggunakan alt text untuk gambar-gambar yang dicantumkan di dalam artikel kita? Sudahkah memasukkan external dan internal link? Lalu bagaimana dengan meta descriptions? On Page SEO tidak membutuhkan banyak waktu untuk diaplikasikan, kok. SEO juga merupakan salah satu hal terpenting untuk meningkatkan traffic website kita. Gunakan template website yang ringan dan SEO friendly. Pastikan juga menggunakan Hosting Indonesia yang terpercaya untuk mendukung aktivitas blogging kita. Hosting murah dan terpercaya di Indonesia hingga saat ini adalah Qwords. Qwords.com Web Hosting adalah perusahaan penyedia jasa layanan Web Hosting (Web Hosting Provider) yang melayani registrasi nama domain & Web Hosting sejak Juli 2005. 

5. Bergabung dengan Komunitas Blogging
Selain menggunakan langkah-langkah teknis, kita juga bisa bergabung dengan komunitas blogging. Belakangan ini makin banyak komunitas blogger yang terdapat di media sosial seperti Facebook dan Whatsapp. Ini merupakan salah satu cara untuk saling berinteraksi dengan blogger lain dan mempromosikan blog dengan sesama blogger lain. Interaksi dengan blogger lain sangat penting untuk meningkatkan traffic website kita. Biasanya dalam komunitas blogger ini ada waktu untuk saling berkunjung ke blog sesama anggota komunitas yang biasa disebut Blog Walking. Inilah salah satu cara yang bisa membuat trafic blog kita meningkat.  

6. Sertakan Internal Link
Salah satu yang nggak boleh dilupakan adalah internal link. Internal link adalah link dari satu halaman website menuju halaman lain di website yang sama. Internal linking hanya menggunakan link post dari website milik kita yang isinya masih berhubungan dengan artikel yang akan kita unggah. Internal link ini akan membantu Google untuk menjelajahi halaman website kita. Internal link juga memungkinkan para pengunjung website kita untuk menemukan informasi yang terkait dengan apa yang mereka baca. Hal ini juga dapat meningkatkan durasi pengguna saat menjelajahi website kita, loh. Internal linking sendiri adalah salah satu teknik on-page SEO yang sangat penting karena mereka akan membantu crawler mesin pencari untuk mencari konten dan menjelajahi website kita. Internal link juga membantu meningkatkan page authority dan memperbolehkan pengguna untuk menjelajahi website dengan lebih mudah.

7. Gunakan Media Sosial Kita
Tak cukup hanya dengan membuat konten yang berkualitas, kita juga perlu aktif berbagi konten agar bisa menarik orang-orang  untuk membacanya. Jika kita membagi konten kita di media  sosial seperti Facebook dan Twitter, kita  bisa mendapatkan pembaca baru untuk website kita. Apalagi jika konten kita berkualitas, konten tersebut bisa mendapatkan lebih banyak share bahkan memiliki kemungkinan untuk menjadi viral. 

Konten yang paling baik pun harus dibagi dan dipromosikan. Meski begitu kita juga harus mengatur jadwal sharing postingan blog kita ke media soaial agar tidak ditandai sebagai spamming. Jika perlu kita atur strategi untuk sharing di media sosial. Buat desain yang tepat untuk branding dan marketing agar target kita untuk meningkatkan trafic blog dapat tercapai. 

Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa untuk meningkatkan trafic blog sesuai dengan yang kita targetkan, kita harus tetap produktif dalam membuat konten yang berkualitas dan aktif berbagi di media sosial. Siap bersaing dengan konten kreator yang lain?

Sumber : Qwords


1 comment

  1. ini trafict blog ku ambyar banget mbak ika.... aku coba terapkan tipsnya deh.. terimakasih yaaa...

    ReplyDelete

Terima kasih sudah berkunjung dan tidak meninggalkan link hidup. Jangan lupa komentarnya yaaa.....
bundafinaufara.com