Cara Mudah Memilih Nama Domain


Dear friends,

Ibarat memilihkan nama untuk anak, kita juga sering merasa bingung ketika akan memilih nama domain untuk website. Pastinya semua ingin memilih nama yang memiliki arti, nama yang baik, nama yang bakalan dikenang oleh banyak orang. Tapi, gimana caranya? Gimana sih caranya memilih nama untuk domain, supaya tidak terkesan asal-asalan dan terlihat lebih profesional?

Saya juga punya pengalaman kesulitan dalam memilih nama domain untuk blog saya beberapa tahun lalu. Saya belum paham bahwa nama domain untuk sebuah blog bisa mengartikan sekaligus memuat identitas, brand, atau visi/tujuan blog itu dibuat. Nama domain yang saya pilih adalah nama yang sudah jamak dimiliki oleh orang lain. Hal itu membuat saya harus segera mencari alternatif nama domain lain yang tidak pasaran. 

Saya akhirnya mengerti bahwa nama domain merupakan salah satu hal yang penting dan juga berpengaruh terhadap perkembangan blog nantinya. Meskipun hari ini tidak berpengaruh banyak, tetapi bisa jadi di kemudian hari nama domain sangat mempengaruhi blog kita.

Nah, sebelum memutuskan memilih nama domain, pastikan kita menggunakan cara berikut ini:


Pilih  Nama Domain yang Mudah Diingat

Nama domain yang eyecatching dan simple akan mudah diingat oleh banyak orang maupun mesin telusur. Pilih nama yang singkat dan mudah dilafalkan. Idealnya nama domain tidak lebih dari 3 kata, jadi orang akan lebih mengingatnya. 

Pilih Domain yang Sesuai dengan Branding Kita

Pilih nama domain sesuai dengan branding yang kita ingin kita kenalkan kepada orang lain. Seperti yang terjadi pada saya ketika hendak memilih nama domain untuk blog saya beberapa tahun lalu. Branding saya adalah seorang mom blogger. Akhirnya saya memilih domain dengan menggabungkan nama ketiga anak saya yaitu Finaufara (Fina, Aufa, Rara) dan lalu saya tambahkan dengan kata bunda didepannya. Jadilah nama domain blog saya adalah bundafinaufara yang menggambarkan seorang blogger perempuan beranak tiga. Nama bundafinaufara juga mudah diucap dan diingat. 

Pilih Nama Domain yang Tidak Bercitra Negatif

Jangan pernah sekali-sekali menggunakan nama domain yang berbau SARA atau PORN karena inii akan berdampak buruk pada website atau blog kita. Selain itu, image atau branding kita bisa jadi buruk karena hal ini. Mesin telusur  seperti google biasanya berorientasi pada kata kunci, bila domain yang kita pilih mengandung kata-kata yang berbau SARA, maka website atau blog kita akan diblacklist  oleh search engine. Hal ini akan berdampak pada jumlah pengunjung website kita. 

Pilih Ekstensi Domain secara Tepat

Selain nama domain, ada satu lagi yang harus dipikirkan yaitu ekstensi domain. Ada berbagai macam ekstensi domain yang bisa dipilih dari mulai ekstensi domain yang jamak  digunakan orang maupun ekstensi domain antimainstream.

Nah, berikut ini ada beberapa ekstensi domain yang cukup populer di internet :

.com : digunakan untuk keperluan komersial
.org : digunakan untuk keperluan organisasi
.net : digunakan untuk keperluan internet/ network
.edu : digunakan untuk keperluan pendidikan
.info : digunakan untuk keperluan informasi
.net : digunakan untuk keperluan internet
.asia : digunakan untuk domain di asia
.edu : digunakan untuk pendidikan
.gov : digunakan untuk pemerintahan
.id : digunakan untuk nama domain di Indonesia
.ac.id : digunakan untuk lingkungan akademik/perguruan tinggi
.co.id : digunakan untuk kepentingan komersial
.desa.id : digunakan untuk situs pemerintahan desa
.or.id : digunakan untuk organisasi
.net.id : digunakan untuk penyelenggara jasa telekomunikasi
.web.id : digunakan untuk perseorangan maupun organisasi
.sch.id : digunakan untuk sekolah
.go.id : digunakan untuk instansi pemerintah

Dari sekian banyak ekstensi domain, domain .com merupakan ekstensi domain yang paling banyak digunakan dan sangat populer di internet. Kita bisa menggunakan domain .com ini untuk keperluan komersial seperti untuk web/ blog pribadi, online shop maupun website perusahaan. 

Pilih Registrar Domain yang Terpercaya

Registrar Domain merupakan tempat untuk mendaftarkan nama domain atau sebuah organisasi, badan komersial yang diakreditasi oleh Internet Corporation for Assigned Names and Numbers (ICANN) atau dengan kode negara nasional top-level domain (ccTLD : country code top level domain), untuk mengelola nama domain sesuai dengan pedoman yang telah ditentukan dan menawarkan layanan tersebut kepada publik. 

Ada banyak sekali registrar yang ada di Indonesia, tetapi pilihlah registrar yang kredibel dan terpercaya saat beli domain, seperti Qwords.com. Registrar domain Indonesia yang menyediakan lebih dari 500 ekstensi ini sudah terakreditasi, loh. Harganya terjangkau, proses aktivasinya cepat dan yang paling sering bagi-bagi promo. Beli domain murah hanya di Qwords.com.  

Nah, gimana friends. Udah nggak bingung lagi bagaimana caranya memilih nama domain yang bagus, sesuai dengan branding kita dan juga mudah diingat, kan. 

Sumber :
Wikipedia
Bundafinaufara
Qwords


3 comments

  1. saya dulu juga bingung mau pake domain utk blog. apalagi begitu kita pilih, sdh ada yg punya hehehe... Alhamdulillah akhirnya punya nama domain sesuai keinginan :)

    ReplyDelete
  2. Aku dulu udh di wanti2 sama bang Ipuy&Idah buat milih nama domain yang gampang diinget mbak. Dari beberapa pilihan jadilah yg nempel di blog skrg. Lumayan mrmbantu branding bgt sih ..

    ReplyDelete
  3. yang aku bingung malah extension nya.... kadang selain .com susah page one di Google

    ReplyDelete

Terima kasih sudah berkunjung dan tidak meninggalkan link hidup. Jangan lupa komentarnya yaaa.....
bundafinaufara.com