Masih Bingung Milih Jurusan Komunikasi Apa? Kenalan Dulu Dengan Jenis Konsentrasinya


Dear friends,

Jurusan Komunikasi merupakan jurusan yang banyak peminatnya dewasa ini, hal ini tidak lepas karena prospek kerjanya yang sangat luas di era informasi. Kebutuhan akan informasi memang menjadi hal yang wajib saat ini, bukan hanya komunikasi verbal saja namun juga komunikasi dalam bentuk lain. Jurusan Ilmu Komunikasi saat ini makin digandrungi, bukan hanya karena prospek kerjanya yang semakin luas, namun karena biaya kuliah jurusan komunikasi juga terbilang lebih murah.

Bagi yang tertarik masuk jurusan ilmu komunikasi, kamu perlu tahu ternyata jurusan ini memiliki 5 konsentrasi di dalamnya seperti:

Public Relations

Konsentrasi jurusan ilmu komunikasi satu ini akan banyak belajar tentang bagaimana menjadi penghubung antara institusi dengan masyarakat. Public Relations sendiri merupakan fungsi khusus manajemen yang didalamnya membantu membangun serta memelihara komunikasi bersama. 

Dalam prakteknya, konsentrasi jurusan satu ini juga sering disebut Humas (hubungan masyarakat). Tujuannya yaitu untuk menciptakan citra positif sebuah perusahaan di hadapan masyarakat, karena ia berperan untuk memberikan atau menyampaikan pesan dari perusahaan kepada dunia luar agar dikenal dengan baik. 

Untuk yang memiliki jiwa kreativitas yang tinggi serta handal dalam komunikasi, konsentrasi jurusan ini sangat cocok untuk dipilih. Ada banyak pilihan universitas untuk jurusan satu ini, salah satunya universitas mercubuana. 

Advertising

Pengertian aslinya merupakan sebuah penyajian materi secara persuasif kepada publik, dengan bantuan media massa tujuannya untuk mempromosikan barang atau jasa. Meski jurusan yang satu ini kental akan seni visual maupun audio visual, namun kemampuan skill menggambar tidak mutlak dibutuhkan. 

Seorang bidang periklanan diharuskan memiliki naluri serta ide pemasaran, begitu ia bisa memadukan semua usulan penjualan dan nilai nilai komersial sebuah gagasan dengan baik.

Mahasiswa jurusan ini akan banyak mempelajari bagaimana menyampaikan pesan dengan cara sekreatif mungkin, tentunya dengan bantuan berbagai mata kuliah yang ada seperti Desain komunikasi visual, storyboard, visualisasi, topografi perikanan, atau lainnya. Prospek konsentrasi jurusan satu ini juga terbilang sangat luas, beberapa diantaranya seperti copywriter, art director, account executive, dan lainnya.

Broadcasting

Bagi yang senang dunia komunikasi dan suka berkreasi, konsentrasi penyiaran atau broadcasting jurusan Komunikasi cocok untuk dipilih. Konsentrasi jurusan satu ini banyak belajar hal berkaitan dengan prodi jurnalistik serta televisi dan film, karena ia merupakan studi mengenai komunikasi melalui media massa elektronik seperti radio, televisi, dan yang terbaru adalah media internet. Mahasiswa di jurusan ini akan mempelajari bagaimana memproduksi sebuah program berita dan nonberita, baik di media televisi atau radio. 

Untuk produksi programnya sendiri di kipas mulai dari aspek kreatif, arti aspek jurnalistik (pertanyaan wawancara), konsep dan script, sampai pada aspek teknis (pengambilan gambar dan tata cahaya). Selain itu mahasiswa juga akan belajar berbagai hal yang terkait industri broadcasting, mulai dari riset dan pemasaran, aturan penyiaran, dan perkembangan teknologi penyiaran.

Ilmu Komunikasi

Konsentrasi jurusan ini yang lebih kepada program Scientist, dimana mahasiswa akan disiapkan untuk menjadi ahli di bidang ilmu komunikasi. jika ingin menjadi dosen atau senang melakukan penelitian terhadap suatu daerah maupun suku tertentu, konsentrasi jurusan ini sangat cocok untuk dimasuki. Setelah lulus nanti masih akan banyak menghasilkan jurnal yang berkualitas, tentunya dari kegiatan penelitian yang dilakukan. 

Bukan hanya mendapatkan ilmu untuk pribadi, namun ilmu tersebut juga bisa diberikan kepada orang lain melalui jurnal yang dihasilkan. Selain universitas mercubuana, kamu juga bisa memilih Universitas lainnya seperti Universitas Muhammadiyah Jakarta untuk jenjang S2-nya. Menariknya, UMJ bekerjasama dengan pintarnya menawarkan program kuliah online untuk jurusan ini dengan biaya yang terjangkau.

Jurnalistik

Bagi yang menyukai berita atau meliput sebuah kejadian, konsentrasi jurusan ilmu komunikasi ini sangat cocok untuk kamu. Di konsentrasi jurusan satu ini, siswa akan batik untuk menjadi seorang jurnalis yang beretika dan tentunya handal. Konsentrasi jurusan ini bisa dikatakan sebagai program yang paling dinamis di antara lainnya, jurnalistik sendiri merupakan kegiatan mencari, mengolah, serta menyebarluaskan berita kepada khalayak umum melalui media massa. 

Pada program studi ini mahasiswa akan diajari teknik mencari, menulis, serta menyunting berita dan bagaimana berita tersebut didistribusikan melalui berbagai media cetak atau elektronik. 

Biasanya mahasiswa akan diberikan kebebasan untuk mendalami jurnalistik mana yang ingin dipilihnya, antara media cetak dan elektronik. Jika memilih media cetak, mahasiswa harus memperkuat logika serta keahlian menulisnya. Sedangkan untuk jurnalis radio maupun televisi, mereka harus melatih kekuatan verbalnya.

Jurusan Komunikasi menjadi salah satu jurusan yang banyak diminati saat ini, hal ini tidak lepas dari peran dunia digital yang mulai berkembang dengan pesat. Media komunikasi yang dipelajari tidak terbatas pada media cetak saja, namun juga berbagai media lainnya seperti Media elektronik termasuk di dalamnya media digital. 

Beda media yang digunakan, berbeda pula cara mengkomunikasikan suatu hal kepada masyarakat. Oleh karenanya, Ilmu Komunikasi menunjang semua itu. Ada banyak universitas yang menawarkan program kuliah di jurusan ini, bahkan untuk program kelas karyawan seperti kelas karyawan mercu buana.


No comments

Terima kasih sudah berkunjung dan tidak meninggalkan link hidup. Jangan lupa komentarnya yaaa.....
bundafinaufara.com